selasar-loader

Jenis investasi apakah yang tepat untuk seorang karyawan?

Last Updated Nov 24, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Chandra Firmantoko
Aktivis pengembangan komunitas bidang pendidikan, ekonomi, pertanian

FNjNnVJnevbwyPOLcA5CQTI32UcZABIo.jpg

Jawabannya sangat tergantung dari kondisi karyawan tersebut.

  1. Apakah dananya akan diinvestasikan dalam jangka pendek (1-2 tahun), menengah (2-5 tahun), atau panjang (di atas 5 tahun). Perlu dipahami bahwa jika dana diinvestasikan, artinya dana tersebut (seharusnya) tidak diganggu selama proses investasi.
  2. Apakah investasinya akan dilakukan berkala (harian/ mingguan/ bulanan) atau bersifat satu kali saja?
  3. Apakah si karyawan siap untuk menerima risiko 'kehilangan' uangnya? Perlu dipahami bahwa dalam investasi, uang tidak sungguh-sungguh berkurang atau hilang sampai si investor melakukan penarikan/ withdrawal terhadap uangnya itu.

Tips dari saya: Jangan biarkan dana di tabungan Anda menumpuk. Pindahkanlah ke instrumen investasi, minimal deposito. Leih baik kalo di reksadana. Silakan baca ulasan saya tentang reksadana di https://www.selasar.com/question/1523/Bagaimana-cara-terbaik-berinvestasi-reksadana. Dannnn...  Akan lebih baik jika dana Anda digunakan bukan untuk investasi di pasar modal, melainkan di sektor riil, misalnya turut dalam modal kerja usahanya teman. Lebih baik, karena itu sungguh-sungguh menggerakkan roda perekonomian di masyarakat.

Salam,

Chandra

 

ilustrasi via apartemensingapore.info

Answered Jul 1, 2017