selasar-loader

Apa tips yang dapat Anda berikan kepada seseorang yang hendak pergi liburan sendirian?

Last Updated Jun 6, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Rininta Ariastyanti
Penggemar negara Swiss sejak belajar IPS

tvTg9Kx8bRR0yk8lp_UVRY1MbjcneSoZ.jpg

Liburan sendiri sebenarnya liburan yang paling menyenangkan. Bisa melakukan segala sesuatu tanpa tergantung keinginan dan kebutuhan orang lain, bisa ke mana saja tanpa peduli kemampuan fisik orang lain yang berbeda. Namun, liburan sendiri bisa jadi liburan paling membosankan dan paling sia-sia jika tidak punya persiapan yang baik. Apa saja yang harus disiapkan?

1. Ukur Kemampuan Diri Sendiri

Tidak ada teman untuk menopang saat pingsan kelelahan, tidak ada teman untuk patungan jika uang pas-pasan, tidak ada yang mengingatkan jika tasmu tertinggal. Jika kamu liburan sendirian, hal itu akan kamu hadapi. Ukur dulu kemampuan diri jika ingin pergi sendiri. Contoh, jangan bikin rencana menjelajah dua kota satu hari jalan kaki kalau kamu naik tangga di kantor saja sudah kecapekan. Jangan pula banyak jajan di kafe kalau budget cuma cukup buat ngopi di warkop.

2. Rencanakan yang Matang

Saya pernah escape ke suatu daerah yang keren karena pening permasalahan kuliah tanpa perencanaan sama sekali. Pikir saya "ah kumaha engke (ah gimana nanti)". Nyatanya saya merugi karena sesampainya di sana, saya bingung harus ke mana. Saya hanya menghabiskan waktu duduk diam buka internet untuk cari tempat yang seru dan bagaimana sampai ke sana. Ternyata waktu operasional tempat tersebut tutup 20 menit lagi. Akhirnya saya hanya berputar-putar di jalan itu dan pulang lagi.

Jangan sampai apa yang terjadi pada saya terjadi lagi. Buatlah rencana yang matang sebelum mulai jalan.

3. Disiplin Diri

Sudah merencanakan liburan bagus-bagus, sudah datang dan check-in hotel, ternyata kasurnya sungguh menggoda. Jangan sampai terjerumus! Tetaplah pada rencana agar tidak menyesal di akhir waktu. Masa sih datang jauh-jauh dari Jakarta ke Ambon tapi hanya tidur di hotel? Pantai-pantai cantik menunggu lho.

Hal ini juga berlaku pada budget. Jangan terjerumus mengorbankan budget arung jeram untuk beli sepatu-sepatu lucu! Jika tidak dipikirkan matang-matang, penyesalan pasti akan datang.

 

foto via kotakgame.com

Answered Jul 4, 2017