selasar-loader

Apa motivasi terbesar Anda untuk menikah?

Last Updated Nov 24, 2016

8 answers

Sort by Date | Votes
Utari Azalika
Pegawai Pemerintah yang berusaha bekerja baik dan benar

Pr8CyNIZ_vlUUeVpDL9sv6ElcMwzGxGH.jpg

Beribadah.

 

sumber gambar: blogspot.com

Answered Dec 31, 2016
Roisiyatin Roisiyatin
Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan

gXZia7Yk2TsZoi_Ghzmc7XYBny7kRnjo.jpg

via groufiee.com (FR)

Menikah adalah tentang ibadah kepada Tuhan. Jika sebelumnya benefit hanya untuk saya sendiri, maka setelah menikah benefit itu itu menjadi berlipat.

Answered Apr 11, 2017
Shendy Adam
Birokrat, pemerhati politik, pencinta sepak bola.

TwPprkc0UtJ8s3XZoOF8KyM9roaFg1rw.jpg

Sejujurnya, motivasi awal saya saat mau menikah kurang baik : balas dendam.

Saat kuliah dulu saya dapat digolongkan sebagai 'jones' alias jomblo ngenes. Alih-alih punya banyak mantan pacar, saya malah mengoleksi mantan gebetan. Bukannya saya sering ditolak cewek. Lebih tragis lagi, kasih tak sampai dalam kisah saya sering karena perasaan yang tak tersampaikan. Saya memang cenderung 'takut' sama cewek. Boleh jadi karena kurang pede.

Pernah suatu sore di kos-kosan, sempat terucap dari mulut saya ingin menikah muda. Kebetulan saat itu saya bercerita ke teman saya yang bertipe don juan. "Pacar nggak punya, pake ngomong mau nikah. Cari pacar dulu aja," ledek dia. Saya sih santai aja, nggak baper juga.

Setelah kerja dan punya penghasilan sendiri, kepercayaandiri saya merangkak naik. Hal itu berbanding lurus dengan nasib percintaan saya yang juga membaik. Kesempatan untuk 'balas dendam' terbuka. Tapi bukan itu motivasi utamanya. Saya ingin menikah muda karena mencontoh papa dan mama saya. Mereka menikah di usia 22 dan 20 tahun. Tidak heran kalau mereka terbilang masih muda ketika saya lulus kuliah.

Sudah lama saya berandai-andai ingin cepat lulus kuliah, kerja, menikah dan punya anak. Saya menetapkan semacam target pribadi ingin mencapai semuanya sebelum usia 25 tahun.

Meski begitu, saat saya menyampaikan niat ingin menikah, Papa sempat kaget juga. Sepertinya Papa khawatir saya kurang puas menjalani masa muda karena tak pernah gonta-ganti pacar sehingga nanti menyesal. Kalau Mama sih langsung mendukung. 

Semesta kali ini mendukung saya. Selain restu dari orang tua dan calon mertua, takdir Illahi memuluskan langkah saya. Tanggal 12-11-10 saya resmi menikah. Kembali ke soal 'dendam' yang sempat saya sebutkan tadi, sejak sah menjadi suami saya mengubahnya menjadi energi positif. Dendam itu yang kemudian membuat saya ingin selalu menjadi suami terbaik bagi istri saya. Saya akan melakukan apapun yang bisa membuat dia bahagia dan tak pernah menyesal menjadi istri saya.

Answered Apr 12, 2017
Rahel Lasmaria Simbolon
Ambivert yang suka jalan kaki dan angkutan umum

jgvAK1_31mO80vzuVkCVSCZTHwOWboWy.jpg

via tumblr.com (FR)

Saya ingin bersama dengannya menjalankan ketetapan Tuhan.

Answered Apr 14, 2017
Isumi
Antusias tentang serba-serbi gaya hidup

c3Lxlkjv2McEY0Up5g3vvqI1Du_JTcxg.jpg

Sumber gambar: tumblr.com

Menikah (berdasarkan kamus pribadi saya) adalah akronim dari menjalin ikatan halal. Motivasi saya jika kelak menikah diantaranya yaitu:

1. Yakin akan semakin mantap jiwa

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (Qs. Ar. Ruum: 21).

2. Yakin akan karunia (rezeki) yang luas dari-Nya

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) dan Maha Mengetahui.” (Qs. An Nuur: 32).

3. Yakin akan pertolongan dari-Nya agar bisa ke surga-Nya

Rasulullah saw bersabda:

“Tiga golongan yang berhak ditolong oleh Allah: Orang yang berjihad di jalan Allah, seorang budak yang bersungguh-sungguh hendak menebus dirinya dari tuannya, pemuda yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari maksiat.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim)

 

#SayembaraSELASAR (Saya pilih MacBookPro)

Answered Apr 15, 2017
M Afwan Fathul Barry
Tukang tulis, juru edit, penggelut multimedia.

LBnVSf7c4RY-hD5PkYROm4pfnhYR0oBt.jpg

Cinta istri dan ibadah. Itu saja.

 

 

sumber gambar : tips-cewek.com

Answered Apr 21, 2017
Andrian Habibi
Hidup dengan menulis karena menulis memberikan kehidupan

QgjnE2X1jC6UixNtT4JxysxYZONwpqwO.jpg

Menikah adalah ikhtiar menyempurnakan penciptaan manusia. Bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan. Dengan demikian setiap insan harus melengkapi dirinya dengan pasangan agar sempurnahlah kehidupannya.

Akan tetapi apalah niat kita untuk menikah? Apakah benar untuk menjalani seperangkat aturan teknis sahnya pernikahan? Tidak juga, banyak orang yang menikah dengan berbagai alasan bukan hanya terkait teknis ijab kabul semata.

Pertama, pernikahan politik. Pernikahan jenis ini dimotivasi oleh kepentingan politik untuk menguatkan kekuasaan yang sedang dan/atau lagi diincar. Pernikahan politik tidak membutuhkan syarat apapun selain syarat politik. Apakah pernikahan menguatkan posisi, menambah suara atau memperbesar koalisi. Inilah yang sering terlihat bila kader beda partai menikah. Bukan tidak mungkin politik lah motivasi mereka menelikah.

Kedua, pernikahan bisnis. Motivasi menikah jenis pernikahan bisnis bisa ditebak adalah demi menjaga kekayaan dan menambah alat pencetak uang bagi kedua belah pihak dan kedua keluarga. Menikah karena bisnis akan lebih baik karena bisa mempertahankan harta tanpa harus mengeluarkan dana bila menikah dengan kalangan yang tidak se level. Biaya yang keluar saat pesta pernikahan bisa kembali melalui hadiah yang datang.

Ketiga, pernikahan internal. Maksudnya adalah pernikahan yang dilaksanakan karena perjodohan untuk menjaga keberlangsungan suatau adat, suku, budaya atau pertemanan. Motivasi menikah biasanya tidak ditanyakan kepada kedua belah pasangan selain hanya beberapa pertanyaan yang sebenarnya tidak membutuhkan jawaban. Pernikahan ini ditandai dengan perjodohan dan acara adat serta pengukuhan persatuan ulang keluarga. Alasan lain bisa jadi karena keluarganya takut sang anak tidak pulang walaupun di hari lebaran. Sehingga dengan menikahkannya dalam satu komunitas akan membuka peluang mereka sulit bercerai demi menjaga nama baik dan hubungan keluarga sekaligus bisa pulang bareng ke kampung kalau hari raya.

Keempat, pernikahan paska pacaran. Nah ini adalah pernikahan antara dua sejoli yang sudah memulai memadu kasih antara keduanya bagaikan hubungan suami istri. Panggilan selama pacaran pun menggunakan panggilan seorang suami dengan istrinya. Dalam beberapa aktifitas mereka bisa terlihat mesra padahal belum melalui teknis pernikahan. Jenis pernikahan ini biasanya mendalilkan rasa cinta sebagai tiang utama untuk membangun kehidupan berumah tangga. Namun, pernikahan paska pacaran tidak memiliki jaminan bahwa pasangan tersebut adalah pasangan yang sama saat pacaran. Bisa jadi salah satu atau keduanya pernah beberapa kali berganti kekasih sebelum menemukan yang pas dan menikah.

Sedangkan bila pertanyaan ini langsung ditujukan kepada saya. Saya hanya menginginkan pernikahan yang dia mau menerima kehidupan saya yang sangat menderita ini. Dia yang mau menerima keluarga saya. Motivasi menikah saya adalah membangun rumah tangga yang saling melengkapi tanpa ada alasan lain. Tidak lah mungkin bagi saya bisa bertahan hidup sendirian tanpa menikah. Akan tetapi, sulit mencari pasangan yang mengerti saya dan keluarga.

Apapun motivasi menikahmu, yang pasti niatkan menikah. Jika tidak, ikhtiar apapun tidak akan bisa membawamu ke proses pernikahan.

 

sumber gambar: dakwatuna.com

Answered May 3, 2017
Taufiq Anggara
Ekonomi Islam Unpad'15 | Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung

Saya belum menikah, tapi kalau ditanya mengenai motivasi terbesar saya untuk menikah. Maka saya menjawab;

1. Menyempurnakan agama
Dari Anas bin Malik, Rasulullah saw bersabda yang artinya; "Ketika seorang hamba menikah, berarti dia telah menyempurnakan setengah agamanya. Maka bertakwalah kepada Allah pada setengah sisanya"
2. Menjalankan sunnah
Anjuran-anjuran Rasulullah untuk Menikah:Rasulullah SAW bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku !”. (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.)
3. Memperlancar rezeki
“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendiri ( bujangan ) di antara kalian dan orang-orang shaleh diantara para hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan miskin, Allah-lah yang akan menjadikan kaya dengan karunia-Nya [QS. An-Nur (24): 32]

Setidaknya itu 3 motivasi terbesar saya disamping alasan-alasan lainnya.

Answered Apr 3, 2018

Question Overview


11 Followers
1151 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana implementasi growth hacking atau akuisisi user baru yang paling efektif untuk sebuah produk media digital?

Mengapa Indonesia merupakan negara yang miskin?

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

Perubahan seperti apa yang Anda inginkan di Indonesia?

Mengapa teleskop tidak bisa melihat lebih jauh dari 13,8 miliar tahun cahaya?

Apa sebab munculnya ekstremisme di dunia ini?

Mengapa langit berwarna biru?

Bagaimana nasib perempuan-perempuan Jerman setelah Nazi kalah dalam Perang Dunia II?

Bagaimana cara Nazi mengenali orang Yahudi pada Perang Dunia II?

Apa yang bisa Indonesia lakukan untuk meningkatkan kejayaan industri filmnya?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Mengapa ada orang yang memilih untuk tidak menikah?

Apa dampak terbesar dalam hidup Anda setelah pernikahan?

Hal apa yang paling Anda takutkan dari pernikahan? Mengapa?

Apa perbedaan Anda dan pasangan Anda?

Apa persamaan Anda dan pasangan Anda?

Bagaimana rasanya diselingkuhi?

Apa yang membuat seorang pria ragu untuk menikah?

Apakah lamanya berpacaran bisa melanggengkan hubungan pernikahan?

Apa yang perlu dilakukan oleh seorang wanita jika dia sudah berusia 35++ dan belum menikah?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?