selasar-loader

Apakah Islam identik dengan kekerasan?

Last Updated Nov 16, 2016

30 answers

Sort by Date | Votes
Agil (Ragile) Abdullah
orang NU dan belajar Sufi

Hasil gambar untuk islam dan kekerasan

Islam dipersepsikan identik dengan kekerasan bila sering terjadi aksi kekerasan oleh muslim atas nama agama. Namun, bukan cuma Islam, semua agama dapat dipakai untuk tindak kekerasan atas nama Tuhan.

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Jan 4, 2017
Rina Karlina
Mahasiswi Program Studi S1 Akuntansi Universitas Bakrie.

s42sDAOmAENMVFY3YFRL73Z_78fP2udR.jpg

Tidak kok. Islam itu indah. Sangat indah. :)

ilustrasi via wordpress.com

Answered Jul 9, 2017
nida ilmi
nida ilmi salsabila bercita-cita menjadi seorang konsultan hukum yg profesional

Tidak.

Answered Aug 10, 2017

Tidak, karena agama Islam adalah agama yang tenang dan damai. 

Answered Aug 12, 2017

Tidak, karena agama Islam itu agama yang baik dan benar.

Answered Aug 12, 2017

Tidak.

Answered Aug 13, 2017
Siti Nurjanah
Management da'wah '17 of UIN Jkt

Tidak. Bagaimana mungkin Islam dikatakan identik dengan kekerasan jika ada duri di jalan, kita disuruh megambilnya. Islam adalah agama yang damai dan membawa perdamaian, bukan hanya kepada pemeluknya saja--tapi seluruh alam semesta.

Answered Aug 13, 2017

Tidak, karena Islam adalah agama rahmatan lil alamin yang mana kita diajarkan untuk saling kasih-mengasihi terhadap sesama makhluk, baik sesama manusia, hewan, tumbuhan, bahkan lingkungan hidup di sekitarnya.

Answered Aug 13, 2017
Dina Mariana
Mathematics student'17 of UIN Jakarta

-WGVIu9keWu_ggIDhgWJzdB5-V5NKCdO.png

Tidak, Islam sangat jauh dari kata kekerasan. Justru Islam yang menegakkan hak asasi manusia jauh dari sekarang, yaitu zaman kenabiaan. Islam adalah negara yang damai tanpa ada kekerasan.

sumber gambar: media muslim online

Answered Aug 13, 2017

Tidak... Karena Islam itu agama yang identik dengan kebaikan.

Answered Aug 15, 2017
Anonymous

Tidak, karena Islam tidak mengajarkan yang namanya kekerasan, apalagi dalam bentuk dakwah, sudah jelas pada surah Al-Kafirun ayat ke-6 yang artinya untukmu agamamu dan untukku agamaku.

Answered Aug 15, 2017

Jelas tidak. Islam adalah agama yang tegas, namun sangat toleransi.

Answered Aug 18, 2017
Ismi Wan Azizah
mahasiswi uin syarif hidayatulloh fakultas fidikom jurusan manajemen dakhwah

Tidak, justru Islam itu identik dengan kebaikan, bahakan sewaktu Nabi Muhammad SAW dakhwah, dan dakhwannya tidak diterima, nabi tidak marah, justru nabi membalasnya dengan suatu kebaikan.

Answered Aug 18, 2017

Tidak.

Karena Islam adalah Rahmatan Lil 'Alamin.

Islam akan bertindak ketika dihina dan semacamnya.

Answered Aug 19, 2017
AJ Danial
Nama : Abdul Djabar Danial, Fakultas Syariah dan Hukum, Jurusan PM

tidak, islam tidak identik dengan kekerasan justru agama Islam melarang kita agar tidak berbuat kekerasan karena  nabi  muhammad pun mengajarkan kepada kita agar berlemah lembut dan Islam itu agama damai, mungkin sebagian agama lain memandang islam itu keras tapi perlu diketahui bukan agamanya yang disalahkan akan tetapi orang-orang tertentu yang melakukannya, tidak semua orang islam begitu. hanya saja mungkin karena kertas putih terkena oleh satu titik tinta maka kertas itu menjadi ternodai, maka dari itu sebagai manusia yang berilmu jangan lah memandang suatu agama dengan sebagian orang saja, akan ttpi teliti terlebih dahulu bagaimana isi agama tersebut.

Answered Aug 19, 2017
Muhammad Rafly
Rayhan Muhammad rafly

tidak, ini pertanyaan menjebak orang, sebab Islam itu mengajarkan kasih sayang dan tidak sama sekali mengajarkan kekerasan

Answered Aug 20, 2017

Tidak, dalam islam sesungguhnya islam tidak identik dengan kekerasan. islam identik dengan kekerasan karena oknum-oknum tertent. Islam tidak membenarkan adanya praktik kekerasan. Demikian juga dengan ajaran agama lain yang ada di muka bumi. Islam tidak membenarkan adanya praktik kekerasan. Demikian juga dengan ajaran agama lain yang ada di muka bumi. Islam menyelesaikan persoalan secara prosedural, bukan dengan kekerasan.

Answered Aug 20, 2017

Apakah kekerasan dibolehkan oleh Allah?

Jawabannya jelas tidak.

Kekerasan dalam arti hukuman dari Allah bagi yang melanggar perintahnya pun Allah mengampuninya apabila manusia itu benar-benar bertaubat. Karna Allah--tuhan umat Islam--menyayangi makhluk-Nya.

 

Answered Aug 20, 2017

kfpOh_CAFUmMFmkEG9FQonbbfDMMO40h.jpg

Islam tidak keras dan tidak identik dengan kekerasan. Hal ini perlu saya utarakan karena akhir-akhir ini, Islam yang merupakan agama yang saya anut sering mendapatkan berbagai hujatan buruk dan fitnah dengan mengatasnamakan Islam sebagai agama dengan aliran dan model hidup yang keras. Hal ini sudahlah pasti salah.

Islam merupakan agama rahmatalill'alaamin yang dibawakan oleh nabi Muhammad SAW selaku rasul dan nabi terakhir umat Islam. Sebagai agama samawi, Islam mengajarkan manusia dengan konsep iman, Islam, dan ihsan yang tidak hanya mengatur masalah hablumminallah (hubungan manusia dengan Tuhan), tetapi juga hablum minannas (hubungan antarmanusia), seperti muamalah.

Selain itu, dalam Islam, dikenal konsep rukhshah (keringanan) sehingga dengan adanya rukhshah itu, sudahlah pasti Islam bukanlah agama yang kaku dan keras karena Allah merupakan arrahman dan arrahim yang memberikan keluwesan bagi umat Islam untuk tidak hanya mengatur masalah dunia, tapi juga mengatur masalah akhirat dengan persentase masing-masing 50%.

Untuk itu, penegakan hukum Islam bukanlah berarti kekerasan yang berdampak pada pengekangan, melainkan karena semua itu semata untuk kehidupan bermaslahah seperti misi Islam, yaitu rahmatallill'alamiiiin.

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Aug 20, 2017
Muhammad Rasyid R
Mahasiswa Teknik Kelautan ITS Surabaya-Rumah Kepemimpinan Surabaya

Tidak. Islam adalah agama kedamaian. Hidup berbeda keyakinan tapi berdampingan. Sebagian orang yang tidak memahami Islam secara kaffah (menyeluruh) akan bertindak dengan penuh kekerasan. Logikanya, jika memang Islam adalah kekerasan, semua negara yang ada Islamnya akan menimbulkan gejolak dan peperangan karena mereka mengimplementasikan kekerasan tadi. Akan tetapi, faktanya tidak seperti itu.

 

#Jawabanku September 2017
#Rumah Kepemimpinan
#RK Regional Surabaya

Answered Oct 2, 2017