selasar-loader

Bagaimana cara Nazi mengenali orang Yahudi pada Perang Dunia II?

Last Updated Nov 16, 2016

5 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Husein Ali
Pelajar Serabutan

Hasil gambar untuk perang dunia 2

via 1.bp.blogspot.com (SUM) 

Secara teknis tentu saja sederhana.

1. Birokrasi Jerman
Birokrasi Jerman merupakan salah satu birokrasi yang paling efisien. Pendataan masyarakat jelas tercatat dalam catatatan sipil. Orang-orang yang tercatat beragama Yahudi bisa terlihat dari catatan sipilnya.

2. Panggilan Sukarela
Saya sekalipun kalau mendapat panggilan dari otoritas bahwa "Ayo umat muslim berkumpul di lapangan", maka saya akan berkumpul di lapangan. Nazi juga demikian. Melakukan panggilan dan orang-orang akan sukarela untuk mengaku kalau dirinya adalah seorang Yahudi.

3. Racial Profilling
Ini agak rasis sih, namun mungkin ada cirian khas orang-orang Yahudi. Kalau dalam Islam mungkin contohnya adalah jenggot lebat, dahi yang agak hitam, dll. Mungkin dalam orang Yahudi juga ada yang demikian dan itu dianggap sebagai suatu ciri-ciri bagi NAZI.

4. Cherry Picking
Ini yang paling kejam. NAZI bisa jadi tidak tahu orang itu benar Yahudi atau bukan tapi tetap saja diperlakukan seperti orang Yahudi lainnya hanya karena asumsi bahwa orang tersebut adalah Yahudi. Tuduhan sesat bisa untuk siapa saja, begitu pula tuduhan kafir, tuduhan PKI, dan tuduhan Yahudi. Setelah itu, apa yang dilakukan negara NAZI kepada Yahudi dijustifikasi kebenarannya oleh pemerintah. Maka, kalau pada saat itu kau benci seseorang dan orang itu data catatan sipilnya tidak jelas, menuduh dia Yahudi dapat menyebabkan nyawanya hilang.


Maka, saya tanya balik, Yahudi itu ras atau agama? Gimana cara mengidentifikasinya?

Oleh karena itu, janganlah kita mudah berasumsi yang merugikan orang lain.

Answered Dec 4, 2016
Gregorius Reynaldo
komunikasi itu kewajiban, menulis politik itu panggilan dan passion

nzxZtNLmHCMV1ttjQfXGAbkIimRRd6Ks.jpg

Saya tertarik untuk menjawab pertanyaan ini setelah menyaksikan film "The Pianist" yang rilis tahun 2002, berkisah tentang seorang bernama Waldek Spilman dan keluarganya yang merupakan keturunan Yahudi dan menjadi korban saat Jerman menyerang Polandia tahun 1939.

Film ini merupakan kisah nyata, dan setelah mencari dari beberapa tulisan dan ulasan tentang ras Yahudi di Eropa pada zaman NAZI yang berhubungan dengan film ini, saya menemukan beberapa jawaban yang sekiranya dapat menjawab pertanyaan ini.

Pertama adalah dengan kain putih yang yang bergambar bintang daud berwarna biru (lambang bendera Israel) yang dikenakan di lengan kanan setiap orang Yahudi ketika keluar rumah. Mereka yang tidak mematuhi aturan ini akan diberikan hukuman berat. Dengan aturan ini, maka akan dengan sangat mudah bagi tentara Jerman untuk membedakan yang mana Yahudi dan yang bukan Yahudi.

Kedua adalah dengan memisahkan tempat tinggal. Beberapa lokasi di Jerman dan Polandia selama Perang Dunia II dijadikan camp Yahudi, untuk membedakan Yahudi dan non-Yahudi, dan juga untuk mempermudah pendataan dan tentu saja pemusnahan terhadap masyarakat Yahudi pada saat itu. Di Polandia, mereka menyebutnya dengan Ghetto, sebuah tempat kecil di seperti camp di tengah kota tetapi sudah di batasi dengan tembok tinggi, dan didalamnya menampung 500-600 ribu orang Yahudi.

 

sumber gambar : http://kinoprosmotr.tv

Answered Apr 30, 2017
Isumi
Antusias tentang Sayembara Selasar dan memilih MacBook Pro

C0ornMizM20O5UwZp1maLOJ-NaHyJZmy.jpg

Saya pernah baca buku tentang sejarah Nazi untuk menjawab pertanyaan ini, tapi saya lupa judul bukunya. Dan pertanyaan ini erat kaitannya dengan peristiwa genosida terhadap bangsa Yahudi (dikenal dengan Holokaus). Meskipun sejarah tentang hal ini masih simpang siur dan saya tidak bisa memastikan kebenaran yang sesungguhnya kerena belum lahir ketika itu. Tapi, saya tetap mencoba menjawab berdasarkan beberapa referensi yang saya dapatkan.

Berawal dari sebuah legislasi yang memuat sebuah “Ayat Arya”, tentang penyingkiran orang-orang Yahudi yang diundangkan oleh Adolf Hitler ketika menjabat sebagai kanselir pada bulan April 1933. Maka, semua pegawai pemerintah harus memperlihatkan dokumentasi ihwal keturunan “Arya” mereka. Untuk pertama kalinya, sebuah legislasi menetapkan siapa yang dianggap orang Yahudi. Para pegawai yang diketahui keturunan Yahudi dicopot dari jabatannya. Orang Yahudi yang ikut berperang di lini depan selama Perang Dunia I atau yang anggota keluarga dekatnya gugur di dalam konflik dibebaskan dari aturan ini sampai tahun 1935, setelah itu mereka pun dicopot dari jabatannya. 

Mulai dari tanggal 17 Agustus 1938, semua orang Yahudi di Jerman diharuskan menambahkan namanya dengan nama Yahudiah. Laki-laki wajib menambahkan "Israel" dan perempuan "Sara." Pada bulan Oktober, pemerintah Jerman menyita semua paspor yang dipegang oleh orang Yahudi. Paspor baru yang diberikan kepada orang Yahudi memiliki cap huruf "J," yang menandakan bahwa si pemegang paspor adalah orang Yahudi.

Pada 19 September 1941, ditetapkan aturan bagi orang Yahudi berusia di atas enam tahun di Jerman diwajibkan untuk setiap waktu memakai bintang enam-titik berwarna kuning bertuliskan kata "Jude" ("Yahudi" dalam bahasa Jerman) dalam warna hitam yang melintang di bagian muka, yang dijahit pada baju luar. Setelah itu orang Yahudi di Jerman pun dapat dikenali secara visual. Deportasi secara sistematis kaum Yahudi dari Jerman dimulai pada bulan Oktober. Pada bulan Maret 1942, orang Yahudi juga diharuskan memperlihatkan lambang bintang tersebut di tempat tinggal mereka.

Dengan demikian, pejabat Jerman dapat mengidentifikasi orang-orang Yahudi yang tinggal di Jerman melalui catatan sensus, pengembalian pajak, daftar anggota sinagoge (tempat ibadah orang Yahudi), catatan paroki (untuk orang Yahudi yang telah dikonversi), formulir pendaftaran polisi yang rutin tapi wajib, pertanyaan dari saudara, dan dari informasi yang diberikan oleh tetangga dan pejabat. Untuk wilayah yang diduduki oleh Nazi Jerman atau mitra Axisnya, orang-orang Yahudi sebagian besar diidentifikasi melalui daftar anggota masyarakat Yahudi, surat identitas individu, dokumen sensus yang didapatkan, catatan polisi, dan jaringan intelijen lokal.

 

Link referensi:

https://www.ushmm.org/outreach/id/article.php?ModuleId=10007753
https://www.ushmm.org/educators/teaching-about-the-holocaust/common-questions#answer%204

Sumber gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Holocaust

Answered May 1, 2017
deni nur fauzi
Rumah Kepemimpinan Surabaya

Perang dunia II banyak menimbulkan kejahatan dunia, mulai dari genosida hingga pelanggaran hak berperang. Salah satunya dilakukan oleh Jerman. Kebencian Nazi kepada Yahudi sangatlah amat. Salah satu yang mereka gunakan untuk mengenali orang Yahudi adalah dengan warna rambutnya. Rambut para pria dan perempuan, di atas usia 40 tahun, biasanya dipenuhi uban atau bahkan seluruhnya memutih. Agar tampil lebih muda, mereka akan menyemir rambut. Itulah mengapa produk pewarna rambut habis dengan cepat di toko-toko di lingkungan yang dihuni kaum Yahudi.

Answered Nov 2, 2017
Andika Yudianto
Mahasiswa Arsitektur Lanskap l Peserta Rumah Kepemimpinan Regional V Bogor

Para Nazi dapat dengan mudah mengenali orang yahudi pada Perang Dunia II dari nama mereka. Pihak Nazi adalah pihak yang memenangkan Pemilihan Fuhrer pada jamannya, hingga mereka dengan sangat mudah memonopoli semua pergerakan sipil termasuk pencatatan identitas mereka. 

Nama penduduk yang beragama Yahudi di dataran Skandinavia sangatlah jelas dan berbeda dengan nama orang Jerman Austria, walaupun terkadang penduduk Austria Yahudi juga susah dibedakan. 

Answered Nov 3, 2017

Question Overview


6 Followers
13123 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana implementasi growth hacking atau akuisisi user baru yang paling efektif untuk sebuah produk media digital?

Mengapa Indonesia merupakan negara yang miskin?

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

Perubahan seperti apa yang Anda inginkan di Indonesia?

Mengapa teleskop tidak bisa melihat lebih jauh dari 13,8 miliar tahun cahaya?

Apa sebab munculnya ekstremisme di dunia ini?

Mengapa langit berwarna biru?

Bagaimana nasib perempuan-perempuan Jerman setelah Nazi kalah dalam Perang Dunia II?

Apa yang bisa Indonesia lakukan untuk meningkatkan kejayaan industri filmnya?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Sikap politik luar negeri yang paling signifikan dilakukan Amerika Serikat pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Bagaimana sejarah perusahaan Messerschmitt hingga akhirnya menjadi pembuat pesawat tempur pada Perang Dunia II?

Bagaimana reaksi warga Jerman mengenai Adolf Hitler dengan negaranya dalam hal Perang Dunia II dan Holocaust?

Pesawat milik Amerika Serikat apa saja yang terlibat dalam Perang Dunia II?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?