selasar-loader

Novel apa yang paling mengesankan hati dan pikiran Anda?

Last Updated Nov 23, 2016

10 answers

Sort by Date | Votes
Hana Fitriani
Penggemar buku

XuU91jO2uKRr7fMG8r_o634zpgsq3MhC.jpg

Animal Farm oleh George Orwell

Novel ini berkisah tentang kehidupan di suatu peternakan. Hewan-hewan di sana merasa bahwa manusia hanya membuat hidup mereka sengsara. Akhirnya mereka melakukan kudeta pada petani. Kehidupan pun berlanjut dalam keadaan tanpa pemimpin, akhirnya muncullah dua ekor babi yang mencalonkan diri menjadi pemimpin. Dari sini, terlihat sudah bagaimana persaingan dalam merebutkan kekuasaan, penyalahgunaan sistem politik dan wewenang, hingga terbentuk tirani.

Yang paling berkesan adalah kesederhanaan buku ini. Bukunya tipis, tidak sampai 300 halaman. Tokoh-tokoh di buku ini pun lucu-lucu: babi, kuda, ayam, dan hewan peternakan lainnya. Namun, kisahnya cukup berat: politik dan tirani. Saya sangat ringan membaca buku ini, tidak seperti membaca berita politik di koran. Karakter tokohnya sangat kuat, walaupun hanya kuda, ayam, atau babi. Bahkan, anak umur 8 tahun pun bisa menikmati buku ini. Saya rasa George Orwell adalah penulis yang sangat jenius karena bisa menyederhanakan hal-hal serius. 

Gambar via i.ytimg.com

Answered Dec 20, 2016
Erin Nuzulia Istiqomah
Pencinta museum dan berbagai wisata budaya lainnya

r2i5_8tvvJuyNCQ4IcN-IFZMzS9Wm-oE.jpg

Tetralogi Biografi Muhammad karya Tasaro GK.

Novel ini sukses membuat saya sesenggukan membayangkan Hamzah bin Abdul Muthalib pada saat itu gugur di medan perang karena dibunuh menggunakan tombak oleh seorang budak suruhan Hindun istri Abu Sofyan yang kala itu masih memerangi Rasulullah. 

Hati saya begitu teriris, marah, kesal, dan segala perasaan emosi lainnya saat membaca detail ketika Hindun merobek dada Hamzah, lalu mengambil jantungnya dan memakannya saat itu juga. 

Pilu, saya lemas seketika. Ingin rasanya saat itu bisa memeluk Rasulullah, mengungkapkan bela sungkawa, sekadar puk-puk, atau memeluknya agar dikuatkan hatina saat melihat jenazah pamannya tercinta tak lagi utuh seperti saat sebelum berangkat berperang melawan kaum kafir. 

Tentu saja hal di atas hanya satu dari ribuan potongan sejarah yang dituliskan Tasaro GK dalam novelnya. Semua detail yang ia berikan, sungguh mampu mengaduk-aduk emosi dan perasaan saya. 

Novel karya Tasaro ini, dengan berbagai detai Shiroh yang ada di dalamnya, membuat saya merasakan banyak hal yang belum saya lakukan untuk agama ini. Novel ini begitu mencerahkan, membuat saya tidak hanya terpaku pada hal-hal yang bersifat dunia, tetapi juga berusaha untuk menjalankan kewajiban sebagai hamba Allah dengan sebaik-baiknya seperti teladan yang telah diberikan Rasulullah dalam setiap jejak hidupnya. 

Sesungguhnya, saya sangat ingin berterima kasih kepada Tasaro, adanya Tetralogi Biografi Muhammad membuat saya sangat terbantu untuk terus mengerti seperti apa kehidupan Rasulullah sejak awal hingga akhir hayatnya. 

Bagi Anda yang kesulitan membaca Shiroh Nabawiyah karena berat bahasanya, Tetralogi Biografi Muhammad ini menjadi alternatif yang mengesankan, sangat memudahkan Anda memahami sejarah kehidupan Rasulullah dengan bahasa yang lebih mudah dipahami dan deskripsi yang membuat Anda mampu mengimajinasikan berbagai latar yang terjadi saat itu di kepala Anda. 

Gambar via blogspot.com

Answered Dec 20, 2016
Zulfian Prasetyo
Sastra bukan hanya bahasa. Sastra adalah puncak peradaban.

Dari luar negeri, saya memilih Harry Potter.

Mainstream, memang. Mau bagaimana lagi, novel ini memang menemani masa remaja saya hingga beranjak dewasa.

Serial Harry Potter mungkin bukan novel sihir pertama yang diciptakan manusia. Namun, saya kira semua orang setuju bahwa itulah novel sihir tersukses sepanjang masa. Joanne Kathleen Rowling menuliskannya dengan deskripsi dan tempo yang tepat. Tidak cepat, tidak juga lambat. Kita tahu bahwa kesuksesan Harry Potter tidak dibatasi dalam bentuk novel semata.

Di dalam negeri, saya menggemari cerita-cerita komedi. Namun, Sabtu Bersama Bapak adalah yang terbaik bagi saya.

ylz6q2H-iBhh5xwXcQVCrRYTdPQl93yp.jpg

Bila Anda belum mengetahuinya, novel ini bercerita tentang keluarga Garnida dengan mengedepankan kehidupan Cakra, Satya, dan ibunya (Itje) sepeninggal tokoh Bapak yang wafat akibat kanker. Meskipun bukan keluarga yang kekurangan, ketiga orang ini memiliki masalahnya masing-masing. Namun, berpegang dari nilai-nilai yang telah dipersiapkan Bapak setahun sebelum meninggal melalui video, mereka bertahan dan sukses melewati ujian-ujian hidup.

Adhitya Mulya sukses dalam membuat saya tertawa sekaligus menangis melalui novel ini. Ia juga memiliki andil dalam membantu saya menyiapkan value sebagai seorang ayah bagi anak-anak kelak. Saya tidak bisa tidak berkata terima kasih atas jasanya.

Gambar via goodreads.com

Answered Dec 20, 2016
Pepih Nugraha
Karena budaya melekat dalam kehidupan sehari-hari, maka budaya itu penting

GXL6e_ZKO1Zxj2CgSE2MsJ9BjstQpkM7.jpg

Ronggeng Dukuh Paruk. Novel karya novelis asal Banyumas, Ahmad Tohari, demikian menguasai hati saya sampai tertancap dalam ingatan untuk sekian lama, bahkan sampai sekarang. Saya mungkin lupa nama-nama tokohnya selain Srintil dan Rasus (nama lain yang masih saya ingat Sakarya, Secamenggala, Wirsiter), tetapi saya tidak akan lupa jalan ceritanya, terutama unsur-unsur yang berbau seks seperti acara "bukak klambu" dan konsep "gendak" yang ternyata pernah hidup dalam budaya Jawa.

Tentu saja seks yang lumayan dieksploitasi Tohari bukan penggambaran vulgar, jorok, dan rendahan, melainkan seks sebagai salah satu unsur budaya yang hidup di Dukuh Paruk, lokasi rekaan di mana tokoh-tokoh seperti Srintil, Rasus, Sakarya, Secamengala, Wirsiter, dan lain-lain hidup. Pedukuhan itu hancur secara politis dan psikis karena dianggap terlibat G30S PKI, di mana ronggeng adalah tulang punggung provokasinya. Ibaratnya, PKI menyusup lewat kesenian rakyat, Ronggeng.

Ketika saya membaca Ronggeng Dukuh Paruk masih berupa cerita bersambung yang dimuat Harian Kompas, saat saya masih duduk di bangku SMA awal tahun 1980-an, saya menganggap inilah novel yang paling berbobot yang pernah saya baca. Tidak ada cerita bersambung yang membuat saya menanti-nanti sampai tidak bisa tidur mengenai kelanjutan ceritanya esok hari.

Mengapa mengesankan? Salah satunya karena saya tinggal di desa yang aroma tanah dan sawahnya setiap pagi saya hirup, sedangkan Ronggeng Dukuh Paruk mengambil setting sebagaimana desa di mana saya tinggal. Jadi, ada kesamaan geografis yang membuat novel itu menarik buat saya. Novel itu juga berbicara tentang cinta dan kehidupan dan secara bersamaan saya tengah tumbuh sebagai remaja dan tengah mengalami pubertas pertama, sehingga berlipat-lipatlah kesan saya kepada novel itu.

Saya membaca Romeo and Juliet atau Sam Pek Eng Tay yang keduanya berkisah mengenai cinta sejati dan abadi antara dua insan. Usai membaca Ronggeng Dukuh Paruk, yakni Catatan buat Emak, bagian pertama dari trilogi (dua lagi Lintang Kemukus Dini Hari dan Jantera Bianglala), saya menganggap Srintil dan Rasus adalah "The Javanese Romeo and Julet" atau kasarnya "Romeo dan Juliet Jawa" paling abadi. Bahkan, saya melihat percintaan Srintil, ronggeng dari Dukuh Paruk itu, dengan Rasus lebih dahsyat tinimbang Sam Pek Eng Tay.

Srintil dan Rasus berteman sejak kanak-kanak. Akan tetapi, saat Srintil berusia 11 tahun, inang ronggeng atau semacam ruh ronggeng terdahulu merasuki jiwa Srintil. Dengan kata lain, Srintil adalah titisan atau penerus ronggeng sebelumnya di mana ronggeng terakhir mati 12 tahun silam. Selama 12 tahun itu, ronggeng yang berupa tarian erotis dengan mengeksplotasi gerakan tubuh secabul-cabulnya itu beku, vakum. Tetabuhan ronggeng sudah berdebu dan Wirsiter yang buta kehilangan mata pencahariannya.

Ketika kakek Srintil mengetahui cucunya kemasukan inang saat Srintil yang sedang bermain diminta menari oleh Rasus dan kawan-kawannya, sang kakek tidak ragu lagi untuk menjadikan Srintil ronggeng sungguhan yang tentu saja harus mengalami prosesi yang biasa dialami ronggeng pada umumnya, termasuk prosesi malam "bukak klambu" itu. Bagi saya, inilah bagian yang paling menarik dari novel Ronggeng Dukuh Paruk, selain pada momen akhir di mana Srintil yang pikirannya oleng dibawa paksa Rasus yang sudah jadi tentara untuk berobat, mengobati pikiran Srintil yang mendadak oleng.

Malam "buka klambu" adalah prosesi mengobral keperawanan sang ronggeng, dalam hal ini Srintil yang masih berusia 11 tahun kepada lelaki hidung belang. Peserta malam "bukak klambu" bukan sembarang orang, kalau bukan kepala desa, dia haruslah orang kaya dari kampung seberang atau pedagang kelontong yang sukses. Kakek dan nenek Srintil sedemikian cerdik, saat mengobral keperawanan Srintil, para peserta lelang dibikin mabuk berat, sementara diam-diam Srintil ke luar lewat jendela. Di luar, di bawah temaram bulan, Rasus sudah menunggu.

Srintil anak pembuat tempe bongkrek yang meskipun baru berusia 11 tahun, naluri kewanitaan dewasanya sudah muncul. Ia hendak berserah diri malam itu, menyerahkan keperawananannya kepada orang yang dicintainya, Rasus, yang juga sudah siap "mengeksekusi"-nya. "Cepat sini kau, Rasus!" bisik Srintil meminta ketika gaun yang menutupi tubuhnya sudah ia lepas semua. Rasus menjawab, "Sebentar, aku mau kencing dulu!"

Saya sudah membayangkan kecerdikan nenek Srintil yang berhasil mendapatkan harta hasil lelang dari kedua peserta lelang. Uniknya karena keduanya dalam pengaruh tuak, masing-masing merasa dirinyalah yang pertama-tama "memerawani" Srintil, padahal saat seorang hidung belang masuk menindih Srintil, ia baru saja terjaga dan setengah sadar diri, padahal ada peserta lain yang telah mendahului Srintil. Intinya, Srintil sudah sah dinyatakan sebagai ronggeng titisan karena sudah mengalami malam "bukak klambu" dengan tiga lelaki sekaligus dalam satu malam saja!

Di novel ini juga ada budaya gendakan yang pernah hidup. Orang tua yang berada akan menyewa pelacur atau, maaf janda (perempuan tak bersuami), untuk "menemani" anak lelakinya yang akan menikah dengan seorang perempuan. Fungsi gendak adalah mengajari si calon penganten lelaki bagaimana berumah tangga seperti menyapu, mencuci piring, sampai kemudian melakukan aktivitas seksual. Tujuannya agar si pengantin lelaki tidak canggung lagi saat menjalani malam pertama. 

Dalam sepenggal perjalanan hidupnya, Srintil juga bertindak selaku gendak yang disewa seorang pedagang kaya yang memiliki satu-satunya anak lelaki yang mentalnya terbelakang. Karena kekecewaanya terhadap Rasus yang meninggalkannya, Srintil ingin membuang kenangan lamanya dengan menjadi gendak buat Waras, pemuda yang mentalnya terbelakang itu karena sudah cukup waktu dinikahkan. 

Pemuda itu diajari Srintil mulai dari memasak bersama, menyapu bersama, sampai tidur malam bersama. Hingga pada saat Srintil ingin "membaptis" si pemuda menjadi manusia dewasa dengan membuka seluruh gaunnya, si Waras hanya, maaf.... memainkan puting susu...(more)

Answered Dec 29, 2016
Diaz Abraham
manusia bersahaja, berfikir sederhana, hidup alakadarnya

Image result for max havelaar

Max Havelaar karya Multatuli. Kalau kata Pram menohok kolonialisme, kalau kata aku, baca saja dulu bukunya baru bisa nilai hahaha.

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Jan 3, 2017
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

Semua karya ENID BLYTON ..... 

DmvZZsLeKCqmGHe5l9UDMEbFbp7Xcz6E.jpg

Answered Apr 15, 2017
Muhammad Husein Ali
Pelajar Serabutan

l1cCD9zmu4ef5CQle5SYPblqtcYf-GpS.jpg
via Wikipedia.com (MHA)

Apa yang terjadi bila filsafat timur tengah yang memiliki aliran sufisme dengan romansa cinta yang kuat menjadi sebuah dasar untuk menulis novel?

Inilah jadinya. Mungkin novel mungkin bukan. Namun The Prophet karya Khalil Gibran merupakan kumpulan prosa dan sajak yang ditulis oleh Ghibran dalam bentuk kisah seperti novel. Novel ini mengisahkan tentang kehidupan Al-Mustafa, seorang penyair yang dicintai warga namun dibenci oleh pemerintahnya. 

Membaca tulisan ini dapat membuat Anda "mendayu-dayu". Bagaimana rasanya seseorang penuh kasih dicintai masyarakat namun dibenci pemerintah karena syairnya dianggap berbahaya bagi kestabilan pemerintahan? Banyaknya umat yang mencintainya membuat dirinya dianggap sebagai pemimpin faksi yang memiliki risiko untuk memberontak.

Ending-nya sendiri, saya bingung, happy atau sad ending. Kalau disebut happy ending, saya merasa tidak bahagia sedangkan kalau disebut sad ending, saya tidak merasa sedih.  Ending kisah ini justru membuat hati dan pikiran Anda berkecamuk karena kagum tentang bagaimana Ghibran membentuk prosa-prosanya tentang cinta, kasih, semangat, dan perjuangan dalam sebuah kisah yang dilantunkan oleh Al-Mustafa.

Bacalah! Percayalah, rasakan keajaiban seorang Ghibran.

Answered Apr 16, 2017
Quidora soera
saya menyukai dunia tulis menulis, terutama sastra.

vrxvwycGfcdsaTRQsv6BGc8jcTt6mhJw.jpg

Novel yang paling mengesankan hati dan pikiran saya adalah novel yang belum lama ini menjadi "TENAR" di kalangan anak remaja (tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa). Novel yang saya maksudkan adalah DILAN.

Answered May 20, 2017

n27UjqWDYxQwTdEOiJkVpNhiG2LZzdT8.jpg

Saya suka baca novel Laskar Pelangi. Memurut saya novel tersebut mengajarkan banyak nilai-nilai positif. Salah satunya adalah semangat untuk belajar. 

 

sumber foto

Answered May 21, 2017
Silmy Kaaffah
Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Peserta Rumah Kepemimpinan Jakarta

VkjdDKHqWNDublI2PhpfFJrJWnI5vfrQ.jpg

Rembulan Tenggelam di Wajahmu, Tere Liye

saya merupakan penggemar bukunya mas Tere Liye. saya membaca novel ini saat kelas tiga SMP, saya merasakan ada sebuah ruh dari buku ini. saya seperti terbawa ke dalam ceritanya.  novel ini berceita tentang perjalanan hidup seorang laki-laki dari mulai bayi sampai dia sedang sekarat di tempat tidur. alurnya flash back, di awal saya kurang memahami apa maksud dari ceritanya, tapi semakin ke tengah, saya semakin klop sama bukunya.

kehidupan laki-laki itu dibagi faseny per tujuh tahun sekali, dalam setiap tujuh tahun, ia akan mengalami perubahan dalam kehiudpannya.

tujuh tahun pertama menggambarkan kehidupannya di panti asuhan,

tujuh tahun kedua menggambarkan kehidupannya di perantauan, nakal

tujuh tahun ketiga ia mulai merintis karirnya

tujuh tahun keempat ia mulai jatuh cinta, menikah dan saat itu pula kehiikangan istrinya

tujuh tahun kelima ia semakin mengambangkan bisnis kontraktornya

tujuh tahun selanjutnya selanjutnya selanjutnya menggambarkan jiwa dia yang kering, memiliki harta yang begitu banyak namun tidak ada rasanya.

ia bertanya pada Tuhan apa maksud dari semua ini, dan ia kembali pada hidupnya, menelusuri semua perjalanan dan menemukan jawaban dari lima pertanyaan yg ia ajukan.

kenapa akhirnya saya memilih novel ini sebagai novel yang berkesan karena tokoh di novel ini selalu melihat bulan saat purnama, ia merayakan purnama bersama gelapnya malam dan desiran angin malam. ia bersukacita, bercerita kepada rembulan. mungkin secara alam bawah sadar, saya juga suka sekali melihat bulan purnama. rasanya seperti banyak yang ingin diceritakan, seperti ia teman baik yang dinanti-nanti setiap bulannya. purnama tidak pernah berbohong, tanpa bercerita ia mengerti apa yang kita rasakan. purnama sangat indah, bebas dan berkharisma, purnama juga menjadi teman baik saya. terimakasih mas tere novelnya bagus sekali.

Answered May 5, 2018

Question Overview


14 Followers
1930 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa buku yang paling menginspirasi yang pernah Anda baca?

Siapakah pengarang buku yang paling berbakat yang pernah ada?

Apa buku yang paling mengubah dunia?

Apa buku yang wajib dibaca oleh remaja?

Mengapa buku dari pengarang Jepang selalu memberikan unsur seks yang vulgar?

Mengapa buku Jostein Gaarder yang lain tidak ada yang sefenomenal Dunia Sophie?

Siapa pengarang Indonesia yang paling berpengaruh? Mengapa?

Manakah yang lebih baik, membaca buku fiksi atau nonfiksi?

Apakah buku yang paling berpengaruh dalam hidup Anda?

Dari mana cara termudah memulai mencari ide untuk menulis novel?

Bagaimana cara paling efektif untuk mengembangkan alur dalam menulis novel?

Siapakah menurut Anda yang patut disamakan kualitas penulisannya dengan Pramoedya Ananta Toer?

Bagaimana proses kreatif saat pertama kali menulis novel?

Apa karya sastra/novel yang paling berkesan bagi Anda?

Mungkinkah Tereliye melakukan plagiasi dalam beberapa karya atau novelnya?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Mengapa Helvy Tiana Rosa tidak lagi menerbitkan novel?

Di antara novel-novel Haruki Murakami, yang manakah yang paling Anda sukai?

Apakah kutipan Haruki Murakami yang paling berkesan bagi Anda?

Adakah karya sastra yang memiliki tema tentang parfum?

Apakah yang dimaksud dengan penulisan kreatif?

Apa puisi Chairil Anwar yang paling Anda sukai?

Siapa sastrawan paling "nyastra" menurut Anda? Mengapa?

Mengapa pada masa sekarang sangat sedikit penulis Indonesia yang memiliki kualitas layaknya Pramoedya Ananta Toer?

Siapakah sastrawan Indonesia paling Anda sukai? Mengapa?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Apa kebenaran atau prinsip yang Anda yakin benar tapi semua orang di sekeliling Anda mengatakan itu salah?

Bagaimana membuktikan bahwa Tuhan ada?

Apa dunia ini adil?

Mengapa ada gravitasi di alam semesta ini?

Jika memang hanya satu diantara tiga agama langit (Islam, Kristen dan Yahudi) yang benar, mengapa Tuhan tidak menimpakan adzab kepada ajaran yang salah seperti yang Tuhan lakukan kepada kaum Ad, Nuh, Tsamud?

Mengapa kisah-kisah Israiliat seringkali dijadikan referensi yang sahih dalam mengajarkan hikmah dalam budaya Islam?

Apa agama orang tua Muhammad SAW? Jika mereka non-Islam, apakah mereka masuk neraka?

Apakah sebagai seorang manusia biasa, para nabi juga memiliki dosa? Jika benar demikian, apa saja dosa mereka?

Bagaimana Anda dapat menjelaskan keberadaan Tuhan dan Malaikat secara ilmiah?