selasar-loader

Bagaimana sejarah perusahaan Messerschmitt hingga akhirnya menjadi pembuat pesawat tempur pada Perang Dunia II?

Last Updated Nov 16, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Arif Nur
Penikmat kisah Sejarah

Z5FuKuOHb6sOZcgW-zi8DYgVe6n0zLXf.jpeg

Wilhelm Emil "Willy" Messerschmitt bergabung dengan perusahaan Bayerische Flugzeugwerke (BFW) pada tahun 1927 sebagai kepala desainer dan insinyur. Dia juga yang membentuk tim desainer khusus untuk perusahaan tersebut. Karya pertamanya adalah Messerschmitt M20.

goZnQLlYV0KqnNgx5hRth7hzFvcIjtbm.jpeg

Namun desain tersebut gagal, bahkan berujung kepada masalah personal dengan Direktur Deutsche Lufthansa, Erhard Milch, pascakematian sahabatnya dalam uji coba prototype (purwarupa) pesawat tersebut. Pihak Lufthansa pun membatalkan semua kontraknya dengan BFW yang hampir membuatnya bangkrut.

Namun program rearmament dari pemerintahan Nazi Jerman pada tahun 1933, menyelamatkan perusahaan BFW tersebut. Kedekatan Willy Messerschmitt dengan Hugo Junkers, salah satu 'jago' industri pesawat, juga menjadi faktor utama.

Konsep utama Messerschmitt untuk pesawat baru yang akan ia rancang adalah konsep light weight construction, sebuah konsep yang membuat pesawat menjadi lebih ringan dan mampu bermanuver dengan lebih baik. Konsep awal Messerschmitt yaitu Bf-108 merupakan debut suksesnya.

9vmSYIENO0ipqhLYLscXIVVidp1Ta5br.gif

Puncak kesuksesan Messerschmitt adalah keberhasilannya merancang pesawat selanjutnya, yaitu Bf-109. Keberhasilan rancangannya ini membawanya dalam pengambilalihan perusahaan BFW yang berganti nama menjadi Messerschmitt AG dengan Willy sebagai direktur utamanya.

AFg32_CYWgeEQzhyNG0VmUay-jXq_zh9.jpeg

Selama PD II, pesawat BF-109 menjadi pesawat dari negara-negara poros yang paling banyak diproduksi sepanjang perang dunia kedua. Selain Bf-109, Messerschmitt juga memproduksi tipe pesawat lainnya, seperti Bf-110 (fighter bomber), Me-262 (jet tempur pertama Jerman dan dunia), dan masih banyak lainnya.

CiUvyXvd-sDDzhMfy1i_RmtEu_09qPGF.jpeg

Adapun sisi kelam dari perusahaan Messerschmitt adalah kisah kerja paksa yang dialami para tawanan perang yang memakan korban sekitar 100 ribu hingga 300 ribu orang.

Sumber:
www.BMWgroup.com
Evelyn Le Chêne (1971). Mauthausen, The History of a Death Camp. London: Methuen

Foto:
Willy Messerschmitt: blog.goo.ne.jp
Messerschmitt M20: scalemates.com
Bf-108: pinterest.com
Bf-109: gracpiacenza.com
Me-262: hushkit.net

Answered Jul 1, 2017