selasar-loader

Apa yang membuat Surabaya menarik?

Last Updated May 23, 2017

Anda orang Surabaya? atau pernah singgah di Surabaya? atau ngebet ke Surabaya?

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta, apa yang membuat Kota Pahlawan ini begitu terkenal dan terkenang?

Sejarahnya? masakannya? masyarakatnya? kultur "arek"nya? kata-kata khas legendaris (maaf) janc#k-nya kah? atau ada hal lain yang menurut Anda yang "Iki Suroboyo!".

Tek enteni ulasanmu Cak Ning!

Salam satu nyali, Wani!

15 answers

Sort by Date | Votes
El Hakim Law
Arek Suroboyo

Bung Tomo dan pidatonya adalah legenda Indonesia bahkan dunia.

Saya senantiasa memutar rekamannya di setiap momen - momen heroik seperti 17 Agustus dan 10 Nopember.

Setiap mendengarkannya tidak ada rasa bosan bahkan dada saya tergetar dan semangat meningkat ketika diujung pidatonya beliau memekikkan Takbir.

Allaahu Akbar!

Seakan - akan ada kebanggaan tersendiri yang tersirat dari pidato tersebut, karakter dan semangat juang dari arek - arek suroboyo tergambarkan dengan gamblang di setiap kata-kata Bung Tomo.

Surabaya adalah Bung Tomo.

Surabaya Kotanya Pahlawan.

Answered May 23, 2017
Rizqy Amelia Zein
Peneliti Psikologi Sosial di Universitas Airlangga

EvesuC-dOIXi7aVS1du65w3FRjpkRtH2.jpg

Kuliner dan masyarakatnya.

Surabaya gudangnya makanan enak, terutama bagi yang suka masakan yang asin dan pedas. Kalau ke Surabaya wajib mencoba bebek goreng dan aneka penyetan. Masakan dengan petis seperti lontong balap, tahu tek dan rujak cingur juga harus dicoba.

Masyarakat Surabaya menurut saya unik, karena meskipun Surabaya termasuk kota besar, tapi karakter rural masyarakat Surabaya masih sangat kental, terutama di kampung-kampung lama. Kebiasaan masyarakat dan pola relasinya sangat mirip dengan masyarakat yang tinggal di desa, sehingga ada rasa yang 'unik' ketika merasakan atmosfir kampung-kampung lama di Surabaya. 

Answered May 23, 2017
Yunaz Karaman
Children's book author / Rumah Kepemimpinan/ Universitas Airlangga

Surabaya adalah Kota Sejarah. 

Sebagai gemeente mulai tahun 1906, Surabaya sudah memulai otonominya secara mandiri. Sejak dulu Surabaya sudah dipilih menjadi lokasi strategis, utamanya sebagai pelatihan tersibuk Dan terbesar yang kemudian menyebabkan terjadinya proses diaspora yang besar. Hal itu terbukti dengan banyaknya orang asing di Surabaya, bahkan selain orang Belanda. 

Pasca proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Surabaya tetap menjadi lokasi strategis, utamanya dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Saat Belanda dibarengi NICA (Inggris) ingin berkuasa kembali, Surabaya menjadi salah satu daerah pertama yang dikuasai. Hal itu dikarenakan Surabaya sebagai pusat di wilayah Indonesia Timur. Saat itulah arek-arek Suroboyo mempertaruhkan darah dan nyawanya untuk mengusir mereka. Banyak peristiwa yang terjadi, tembak menembak di dalam Kota, perobekan bendera di hotel Yamato (hotel Majapahit), hingga tewasnya Jenderal A.W.S Mallaby. Ditambah dengan sulutan api semangat di pidato Bung Tomo. Sifat-sifat patriotisme ini lah yang melahirkan bonek-bonek sebagai pejuang sejati.

Bonek: Pejuang asli Suroboyo

Meskipun istilah bonek muncul setelah peristiwa-peristiwa diatas. Namun sifat-sifat bonek (arek Suroboyo) sudah tercermin. Sifat wani mati dan wani perang yang sejak dulu hingga kini mewarnai warna arek-arek Suroboyo. Kini sifat itu juga ada dalam walikota Surabaya, Bu Risma. Beliau meningkat sifat-sifat boneknya melalui ketegasannya dalam memimpin.

 

Answered May 23, 2017

Keramahan dari seluruh elemen masyarakat di surabaya

Sikap saling tenggang rasa dan menghormati yang tinggi yang membuat setiap orang yg singgah apapun budayanya  etap akan melekat sebuah kenangan yg indah dan berkesan yang membuat setiap orang kagum dan ketagihan ke kota ini

Answered May 23, 2017

Surabaya yg membuat menarik adalah destinasi wisata dari history sejarahnya. Karena kemenangan pasukan Sekutu, khususnya Inggris diuji di Surabaya. Saat menghadapi tentara Jerman dalam Perang Dunia II, Inggris tak pernah sekalipun kehilangan jenderalnya. Namun di Kota Surabaya, kenyataan terbalik 180 derajat. Arek Suroboyo dengan tekad Salam Satu Nyali WANI!!! dapat menewaskan seorang Jenderal yg terkenal dengan rekor kemenangan saat berperang.

Selain itu Surabaya yg bikin menarik adalah kuliner yg khas Lontong Balap dan Semanggi Suroboyo, tak hanya itu kehidupan masyarakat Surabaya sangat welcome dan gotong royong. Uakeh wes pokok.e lek menarik.e Suroboyo iku, gak bakal nyesel urip lan manggon nang Suroboyo.

Answered May 23, 2017

Pernahkan teman-teman sadari bahwa pemuda Suroboyo memiliki semangat berapi-api meraih cita-citanya? atau Pemimpin kece yang berani seperti Bu Risma?

Nah nyambungnya kesini menurut saya yang menarik khasnya Suroboyo itu budaya "boneknya" dalam artian "bondho nekat". Dalam bahasa Indonesia berarti "modal nekat" yang berasal dari sejarahnya dulu. 

Pemuda Suroboyo yang dikenal arek-arek Suroboyo berani dan bersatu melawan Belanda dengan bermodalkan bambu runcing. Padahal saat itu Belanda sudah menggunakan meriam, senjata api dan alat canggih lainnya. Pertempuran heroik tersebut berhasil mengalahkan Belanda pada 10 November yang dikenal Hari Pahlawan.

Budaya "bonek" dalam artian positif menular kepada generasi arek Suroboyo dan warganya yang sangat mencintai Suroboyo, berani memperjuangkan cita-cita dan gigih menjadi seorang pemimpin.

Answered May 23, 2017

Menurut saya budaya "NYANGKRUK" sambil ngopi di WARUNG KOPI itu yang bikin Surabaya menarik, & khas.....

Tentu tak lengkap jika dalam nyangkruknya tanpa dibumbui dengan "pisuhan" khas Suroboyo.

Macam : c*k, di***ut, jan**k

"......IKI SUROBOYO C*K......" dg dialek yangg khas, mencerminkan semangat hidup arek-arek Suroboyo yang kuat tapi tetap bersahabat.

Answered May 24, 2017

Hmmm.. yang membuat Surabaya menarik ya, salah satunya mungkin ini tempat di mana aku "berkembang biak" dan menghabiskan hari-hariku di kota yang penuh dengan wisata ini :).

Surabaya menarik karena ada BONEK-nya, kulinernya, wisatanya, dan yang terakhir, orang-orang "friendly" banget. Pokoknya joss gandos #Salam satu nyali, Ngoding 

Answered May 24, 2017
Anonymous

1. Nggak macet

2. Nggak/ jarang banjir 

3. Biaya hidup murah

4. Warganya cukup supel, mau menolong (nggak individualis)

5. Aman, kondusif, terkendali

6. Ekonominya maju ( Orang nggak malas, pasti dapat uang / nafkah) 

Answered May 24, 2017
Mamik Hidayat
Hidup untuk Kehidupan, Web Master dihttps://resepmasakanbunda.info

cVK5TSgWbsSe4JYjWweNBth5V2Ok24Tg.png

Sumber : https://resepmasakanbunda.info/

Salah satu yang membuat Surabaya menarik bagi saya adalah keramahan masyarakatnya, sekilas orang melihat orang surabaya perilakunya keras,padahal hatinya tak sekeras perilakunya. Gotong royong masih sangat dijunjung tinggi. dan yang paling senang saat disurabaya adalah menikmati semangkok nasi rawon setan yang terletak diembong malang.

Answered May 25, 2017
Baskoro Aris Sansoko
Mahasiswa UNAIR; baskoroaris.com

MQfLrPhyMPMq1RrBGfxv1hhZBeI8qC3R.jpg

Piye gak menarik Suroboyo iki cuk. Lha wong aku ket mbrojol iku lho nang Suroboyo. Sampek saiki rolikur taun urip yo nang Suroboyo. Istilahe ambekanku gawe urip iki yo nggawe angine Suroboyo. Pidekanku yo tanahe Suroboyo. Adusku gawe banyune Suroboyo. Pangananku olehe yo teko pasar Suroboyo (masio digowo teko Bojonegoro hahaha).

Suroboyo iki koyokane isine wong ngamukan, tapi saestu uwonge asline apikan. Gak sungkan-sungkan ngewangi, gak wedian, ambek jujur apa adanya. Istilahe gak taek-taekan koyok, amit, uwong-uwong sing nang ngarep mesam-mesem koyok (amit) silite jaran tapi nang mburi kelakuan koyok (sepurane) asu nelek.

Suroboyo iki sisan kutone apik sing noto, hasil kerjoe kabeh walikota ket jaman iko sampek saiki. Gak mek Bu Risma tok jambret. Masio Bu Risma yo jasae uakeh sisan gawe Suroboyo. Saiki tambah akeh ijo-ijone, sejuk, digawe mlaku-mlaku tambah enak daripada biyen.

Ambek ngono akeh panggonan enak gawe kelayapan isuk, awan, sore, sampek bengi. Ojo khawatir begal, onok seh, tapi gak seakeh nang kuto liyo. Gak onok gengster gengster goblok mbacoki uwong nang kene soale bakal didadikno brengkes disekan ambek wong Suroboyo.

Masio lanang ambek wedoke Suroboyo kalah ganteng ayune ambek wedok kuto kuto sebelah. Tapi titenono, sing perjuangane paling top markotop kangguh ngolehno atimu ambek calon morotuo iku arek Suroboyo.

Wis ta percoyo.o ambek aku.

 

sumber gambar: explorejavabali.com

Answered May 28, 2017

yZE-OMi02pzCt99uSrVdrOZlpQle4hS9.jpg

Karena kotanya maju, makanannya enak-enak, banyak tempat bagus buat jalan-jalan. Surabaya adalah kota paling toleran dengan berbagai perpaduan kultur ditambah dengan sejarah yang membuatnya dikenal sebagai Kota Pahlawan.

sumber gambar: photobucket.com

Answered May 29, 2017

f4EITwVYrTxCwA3w3-1VXzw0nZDKfl__.jpg

Menurut saya, Surabaya bisa terkenal :

1. Jiwa kepahlawanan arek-arek Suroboyo yang pantang menyerah dalam berperang mengusir Penjajah.

2. Keramahan & sifat yang terbuka (blak-blakan) membuat arek2 Suroboyo lebih mudah bergaul dengan siapa saja.

3. Adanya makam Sunan Ampel yang menjadi destinasi tujuan Wisata Religi.

 

sumber gambar: garuda-indonesia.com

Answered May 30, 2017

rczu7HanBc6ChwBVxNyHK-TMclbE6lMu.jpg

Surabaya is one of admirable city in Indonesia!

Tata kotanya yang keren dengan pedestrian dan taman kota yang bikin masyarakat nyaman buat jalan kaki di sana. Ditambah lagi banyak pepohonan + kebersihan kota yang oke punya.

Belum lagi kuliner kaki lima Surabaya yang juara, Mie Ujungpandang, dan seafood Genteng Besar adalah salah dua dari sekian streetfood yg harus dicoba kalo lagi ke Surabaya.

Semoga Surabaya bisa makin kece ke depannya!

 

sumber gambar: cloudfront.net

Answered May 30, 2017
Haniyah Uzlifatuljannah
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Bagi saya, Surabaya adalah sebuah kota yang sangat menarik, juga merupakan salah satu tempat yang ingin dikunjungi dalam hidup penulis.Hal utama yang menjadi perhatian saya karena Surabaya merupakan sebuah "nirwana" bagi seorang penggemar kereta api. Di Suarabaya, terdapat beberapa "spot wajib" yang harus dikunjungi dan menjadi tempat berburu potret yang sangat menarik.

1. Sidotopo

Surabaya memiliki sebuah daerah bernama Sidotopo, yang juga menjadi nama untuk sebuah stasiun yang ada di Daerah Operasi 8 Surabaya. Pasalnya, Stasiun Sidotopo merupakan  sebuah stasiun yang juga digunakan untuk menyimpan banyak rangkaian kereta ataupun gerbong yang digunakan untuk melintasi pulau jawa. Stasiun Sidotopo juga menjadi Depo Simpan Pinjam Lokomotif yang terbesar di Indonesia, yang memuat populasi Lokomotif CC206 generasi pertama. ada sekitar lebih dari 35 unit Lokomotif CC206 batch 1 yang menjadi milik Dipo Sidotopo. Walaupun kini, Dipo Sidotopo bersaing dengan Dipo Tnjung Kranag (TNK) di Sumatera yang juga menyimpan mayoritas CC206  batch 2. Stasiun Sidotopo juga menjadi terkenal karena ia berfungsi juga sebagai "kuburan" bagi lokomotif diesel hidrolik yang sudah afkir dan purna-tugas, serta beberapa kereta yang juga dipensiunkan seteah mengalami kecelakaan atau rusak parah. Seperti kereta bagasi biru legendaris milik KA Kertajaya, dan Kereta Eksekutif buatan Arad, Rumania produksi tahun 53.

2. Lokomotif "Si Mbah"

Kehadiran lokomotif diesel-hidrolik memang sudah digantikan oleh generasi Diesel-elektrik yang lebih kat dan handal menjalani medan pulau Jawa. Namun, kehadiran Lokomotif Seri BB304 dan D301 masih dapat ditemui di Surabaya sebagai lokomotif pelangsir kereta dan lokomotif di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Kehadiran lokomotif ini pun menjadi "ikon" kejayaan   PT KAI (Persero) dahulu yang bernama PJKA. Pasalnya, lokomotif ini hadir dengan logo roda sayap nya dan cat kuning-hijau yang khas dari kereta era 70-an. Membuat para penggemar kembali ke zaman dimana lokomotif ini menadi pilihan utama dan lambang kegemilangan PJKA kala itu. Lokomotif ini pernah menarik kereta Bima, dan layanan eksekutif lainnya. 

3. Trio Surabaya

Istilah ini merujuk pada tiga Stasiun besar yang ada di Surabaya. Yaitu, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Surabaya Kota sebagai Stasiun Terminus. Kota lainnya, seperti Semarang, Bandung, bahkan Jakarta bisa jadi memiliki banyak Stasiun besar pula. Namun, karakterisktik di Surabaya tidak akan ditemui di tempat lain. Seperti halnya jalur silang-layang yang ada di sekitar stasiun Surabaya Kota menuju Stasiun Sidotopo. Hal senada memang bisa ditemukan di Stasiun Kampung Bandan, namun di Surabaya terasa lebih sartistik, karena tiada gangguan dari Tiang LAA. Masing-masing stasiun ini juga punya karakterisktik khas serta andalan pelayanan yang beragam. Stasiun Pasarturi, menjadi stasiun utama yang melayani kereta Argo Bromo Anggrek, kereta dengan nomor 1-4 yang menjadi layanan prioritas utama di Indonesia. Lalu Stasiun Surabaya Gubeng juga memiliki layanan KA Turangga dan Argo Wilis. Kereta tesebut merupakan kereta anomali, karena mereka  merupakan satu-satunya kereta full eksekutif yang tidak menuju Jakarta, melainkan menuju Bandung.

4. Balai Yasa Surabaya Gubeng

BY SGU  merupakan balai yasa yang bertugas untuk merawat dan memproduksi kereta dan gerbong yang akan dibawa melaju sepanjang jalur tersedia. Bahkan, inovasi PT KAI beberapa waktu ini pun merupakan hasil karya Balai Yasa Surabaya Gubeng dan Balai Yasa Manggarai. Balai Yasa Gubeng pun melayanai SPA (Semi-Pemeliharaan Akhir) dan PA (Pemeliharaan Akhir) bagi kereta yang telah habis masa laju dan diretrofit atau di buat layak kembali.

Berikut sebuah sudut pandang seorang penggemar kereta api terhadap kota surabaya. Walau panas, tapi tidak menyurutkan semangat dan tekad.

Answered Nov 2, 2017
Sponsored

Question Overview


and 1 more
19 Followers
1205 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa saja hal yang Surabaya lebih baik dari kota lain?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Surabaya?

Apa yang membuat kota Surabaya demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa ciri khas Bahasa Jawa Dialek Surabaya?

Apa yang membuat Surabaya nyaman untuk menjadi tempat tinggal?

Apa yang menarik dari Jembatan Merah, Surabaya?

Apa yang menarik dari Pelabuhan Tanjung Perak?

Apa yang menarik dari Darmo, Surabaya?

Apa yang menarik dari Gubeng?

Apa yang menarik dari Sawahan, Surabaya?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Bagaimana cara memasak rendang yang enak?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa masakan Jepang sering disajikan dalam keadaan mentah?

Dari setiap masakan/makanan Jepang yang ada, apa yang terbaik menurut Anda dan apa alasannya?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Makanan apakah yang menurutmu 'Jepang banget'?

Apa restoran Padang terbaik di Jakarta? Mengapa?

Kuliner apa yang menurut Anda spesial di Sydney?

Kuliner apa yang paling kamu rekomendasikan di Jakarta?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?