selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Last Updated Nov 16, 2016

Apa batasannya?

42 answers

Sort by Date | Votes

AhL1Fmpw_WlYpRasssvk2O0V1FNbrnM1.jpg

Cek awal surat Al-Baqarah.

 

sumber gambar: blogspot.com

Answered Dec 31, 2016
Agil (Ragile) Abdullah
orang NU dan belajar Sufi

Gambar terkait

Sikap dan perbuatan yang berlawan dengan perkataan dengan maksud untuk mengelabui orang dan demi keuntungan pribadi. Misalnya, saya berkata antikorupsi, tapi pada saat yang sama, saya mencuri uang perusahaan.

Tapi, beda perbuatan dengan perkataan tidak tergolong munafik bila dilakukan untuk memperbaiki perbuatan masa lalu setelah menyadari bahwa perbuatan masa lalu ternyata salah. Dalam hal ini pasti tidak ada unsur mengelabui orang demi keuntungan pribadi.

 

Ilustrasi via read.html5.qq.com

Answered Jan 5, 2017
Rachmah Dewi
Media worker | 50% writer, 30% blogger, 20% author | Jakarta

Munafik bisa diibaratkan "Orang yang bermuka dua" artinya apa yang dia ucapkan lain dengan apa yang dia perbuat.

dalam agama islam ciri orang munafik ada 3, yaitu: apabila berkata dia dusta, apabila berjanji dia mengingkari, dan apabila diberi amanat kepercayaan dia berkhianat.

Answered Jan 13, 2017
Ahmad Mustofa
Jurnalis dan penyuka sepak bola....

Dalam islam, munafik merupakan perbuatan tercela. Ada tiga tanda-tanda seseorang akan disebut sebagai seorang munafik. yang pertama, bila berkata dia berbohong artinya seseorang yang suka berbohong dan tidak jujur dalam berkata, ia bisa disebut sebagai seorang munafik. Tanda yang kedua, seseorang bisa dikatakan munafik jika sering mengingkari janji, setiap membuat janji dengan seseorang, ia tidak pernah menepati janjinya. sementara tanda munafik yang ketiga ialah ketika dipercaya selalu berhianat. dia tidak bisa memegang kepercayaan atau amanah yang sudah diberikan kepada dirinya.

Answered Jan 20, 2017
Siti Umi Mudhongafah
Mahasiswa Program Studi Indonesia, Universitas Indonesia

munafik.jpg

Ada berbagai sikap tercela yang dimiliki manusia. Salah satunya adalah munafik. Definisi munafik menurut KBBI adalah 'berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak; suka (selalu) mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya; bermuka dua'.

Inti dari makna munafik adalah berpura-pura dan itu adalah sikap yang tidak baik dan tercela. Mengapa tercela? Karena, seseorang yang bersikap munafik dapat memecah belah persaudaraan antara sesama manusia. Hidupnya akan dipenuhi dengan kebohongan-kebohongan yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Semoga kita senantiasa terhindar dari sifat yang munafik. Amin

 

Ilustrasi via www.an-najah.net

Answered Aug 1, 2017

jgOPPobIBvn1JE3bJ7WXuzUbCg6g-a2_.jpg

Gambar via oldpathsjournal.com

Munafik adalah kata yang biasa diucapkan manusia kepada manusia lain akibat dirinya merasa dikhianati, dibohongi, dan sebagainya.

Munafik sendiri memiliki artian bahwa setiap perkataan dan pemikiran memiliki jalan yang berbeda. Alhasil memunculkan kebohongan.

Lebih banyak dari kita merasa dirinya dimunafiki oleh orang-orang yang ada di sekelilingnya, tanpa menyadari bahwa hal itu mungkin saja merupakan teguran dari Allah swt.

Apa kaitannya kemunafikan dengan teguran dari Allah swt?

Kaitannya adalah tanpa sadar bisa jadi kita adalah bagian dari manusia yang memiliki sifat kemunafikan. Bagaimana tidak, karena kenyataannya banyak dari kita yang sering mengingkari perintah dari-Nya, contoh utamanya adalah salat. Banyak dari kita yang bisa dengan sengaja meninggalkan salat, padahal setiap kali kita salat sebelum membaca Al Fatihah, kita telah berjanji bahwa "sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup, dan matiku hanyalah karena Allah. Tuhan Semesta Alam"

Berpikirlah kembali sebelum menilai orang lain bersikap munafik kepada kita, karena boleh jadi itu adalah teguran Allah karena kita melakukan itu pula kepada-Nya.

Answered Aug 11, 2017
Anonymous

Apabila ia dikatakan munafik itu karena ada beberapa hal, apabila ia berjanji ia ingkar apabila ia berkata ia berdusta.

Answered Aug 11, 2017

Munafik itu di saat kita sudah mengucapkan dua kalimat syahadat, tetapi masih tidak melaksanakan sholat.

Answered Aug 11, 2017

MUNAFIK : Muka Nabi Fikiran Kotor, perbuatan/lisan yang saling bertentangan dengan keadaan yang sebenarnya.

Answered Aug 11, 2017

Munafik yaitu perkataan tidak sesuai dengan perbuatan

Answered Aug 11, 2017

Munafik itu perbuatan yang tercela, perkataannya tidak baik, berkata-kata kotor.

Answered Aug 12, 2017

Nama : fardia irma

Fakultas : ilmu dakwah dan ilmu komunikasi

Jurusan : KPI

Orang munafik adalah orang yang apabila dia berkata dia berbohong,  apabila berjanji selalu berkhianat,  apabila dipercaya dia berdusta

#pbakuinjkt2017

Answered Aug 15, 2017

Munafik adalah sifat di mana seseorang berpura-pura mengikuti ajaran agama namun sebenarnya mereka tidak mengakuinya dalam hati. Munafik itu adalah orang yang perkataannya tidak sama dengan hatinya.

Answered Aug 16, 2017

Munafik adalah sifat yang tidak di senangi oleh Allah SWT. Dan ada tiga ciri  dalam hadist untuk orang-orang yang munafik itu. Diantaranya :

1. Apabila dia berkata, dia berbohong

2.apabila di beri amanat, dia khianat

3.apabila di percaya, dia ingkar

 

Answered Aug 17, 2017
Fakhrotun Nisa
Mahasiswi fakultas tarbiyah jurusan pend. biologi uin syarif hidayatullah 2017

Orang munafik itu memiliki 3 tanda, yaitu jika ia bekata selalu berbohong, jika ia berjanji selalu mengingkari,dan jika ia dipercaya ia bekhianat.

Answered Aug 18, 2017

Munafik adalah suatu sifat yang amat tidak baik dan Allah amat membenci orang yang munafik. Munafik dapat diartikan sebagai sifat di mana seseorang berkata A, tetapi padahal di hatinya B. Yah bisa diperjelas seperti seseorang bersikap seolah-olah rajin ibadah padahal di hatinya amat busuk dan dia melakukan itu untuk menipu umat muslim lainnya demi mendapatkan suatu keuntungan bagi dirinya sendiri.

Answered Aug 18, 2017
luthfiyyah hanifah taqiy
mahasiswa fakultas ushuluddin,jurusan alquran dan tafsir

Nama : luthfiyyah hanifah taqiy

Nim :11170340000030

Fakultas :  ushuluddin

Jurusan : alquran dan tafsir

Pengertian munafik terdapat dalam alquran yang tepatnya pada surah al munafiqun surah yg ke 63. Adapun ciri ciri orang munafik yaitu:

١. اذا حدث كذب

٢. اذا وعد اجلف

٣. و اذا توءمن خان

Yang artinya apabila dia berbicara ia bohong apabila ia berjanji ia menyalahi dan apabila dia di percaya/di beri amanah dia ingkar/khianat.batasan orang bisa disebut munafik adalah apabila seseorang tersebut termasuk ada di dalam tiga ciri yg sudah di sebutkan di atas.oleh karna itu jangan lah kita seperti tiga ciri diatas agar kita tidak termasuk orang yang munafik

#PBAKUINJKT2017

Answered Aug 18, 2017
Ismi Wan Azizah
mahasiswi uin syarif hidayatulloh fakultas fidikom jurusan manajemen dakhwah

Yaitu seseorang yang bermuka dua, (lain di hati, lain pula di mata).

 

Answered Aug 18, 2017

Orang munafik adalah orang yg mengaku beriman dimulut tetapi hatinya kafir. Mereka hanya berpura2 beriman untuk mendapatkan keuntungan tertentu atau untuk menipu Allah dan kaum mukminin. Allah menegaskan kelompok orang2 munafik adalah orang2 yg kafir sesungguhnya, sehingga kita pun harus hati2 menuduh saudara kita adalah seorang munafik. 

Answered Aug 19, 2017

orang munafik adalah orang yang apa dia katakan berbeda dengan isi hatinya. atau dalam istilah lain bermuka 2....

Answered Aug 19, 2017