selasar-loader

Buku favorit apa yang telah Anda baca berkali-kali?

Last Updated May 15, 2017

Setiap penggemar buku (pembacanya, bukan kolektor doang) pastinya memiliki satu atau beberapa buku favorit sehingga dibaca (dikhatamkan) berkali-kali.

1 answer

Sort by Date | Votes
Saverinus Suhardin
Ners, Pembaca, Penulis, Pengajar

Ttz8oF6Uf2XxcA3d_eT32dw5QaDauCf1.jpg

Sekitar tahun 2009, saya mengalami perjumpaan yang tidak sengaja dengan sebuah buku. Mungkin kesannya agak berlebihan, tapi buku itu sangat mengesankan. Isinya berkaitan dengan pedoman hidup yang sangat berguna bila dipraktikkan. Beginilah kisah selengkapnya.

Saat itu saya bertandang ke kos-kosan seorang teman kuliah. Dia bercerita tentang buku yang baru selesai dibacanya. Intinya, dia katakan kalau buku itu isinya sangat bagus. Dia pun menyarankan saya langsung baca untuk membuktikan kata-katanya.

Bentuk fisik buku cukup kecil dan ringan. Sampulnya agak lusuh, menandakan buku ini sering dibaca orang. Saya lihat sepintas judulnya, Kekuatan Pikiran, dengan nama pengarang Cristian H Godefroy. Judulnya menarik minat saya untuk mencari tahu lebih lanjut, apa itu kekuatan pikiran?

Saya membaca secara perlahan. Tulisannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, serta menggunakan teknik bercerita. Sebagai pembaca, saya merasa Bapak Cristian sedang bercerita secara langsung. Selain itu, substansi atau isi tulisannya sangat bermanfaat untuk berbagai aspek kehidupan.

Saya hanya butuh beberapa menit untuk jatuh cinta pada buku tersebut. Saya pun berupaya sedemikian rupa supaya teman tadi mau meminjamkan bukunya itu. Setelah berbasa-basi agak lama, akhirnya dia mengizinkan saya membawa buku itu dengan jangka waktu yang disepakati bersama.

Tiba di kos, saya segera "melahap" buku tersebut. Tidak biasanya saya berusaha membaca buku hingga selesai. Buku itu saya baca hingga habis, karena-sekali lagi-isinya sangat bermanfaat untuk kehidupan saya.

Singkatnya, buku itu berisi tentang hebatnya kekuatan pikiran kita bila tahu cara menggunakannya. Apa saja yang kita inginkan, semuanya bisa diwujudkan menggunakan kekuatan pikiran. Kita bisa mengubah kebiasaan negatif seperti merokok, bisa mendapatkan berat badan ideal, menjadi lebih percaya diri, cerdas, sehat, kaya, dan sebagainya.

Saya pun mencoba terapkan apa yang ditulis dalam buku tersebut. Pertama, dengan bantuan buku tersebut, saya berhasil keluar dari rasa ketagihan terhadap merokok. Saya berhasil berhenti merokok, dan saat ini tidak pernah menginginkannya lagi. Mengenai hal ini, saya pernah menuliskannya di salah satu blog warga, silakan klik di sini kalau mau tahu lebih lanjut.

Kedua, saya menjadi lebih unggul dalam hal prestasi kuliah. Berkat panduan buku tersebut, saya bisa menjadi lulusan terbaik saat menyelesaikan pendidikan D3 Keperawatan di Akper Maranatha Kupang. Selanjutnya, saya berhasil diterima atau lolos tes masuk Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (salah satu universitas terbaik di Indonesia). Saat ini, saya telah lulus ners dari kampus tersebut.

Ketiga, saya juga berhasil menurunkan berat badan berkat petunjuk dari buku tersebut. Mengenai hal ini, Anda bisa membaca tulisan saya di sini dan di sini. (Silakan klik, ada dua tulisan berbeda namun saling berkaitan).

Keempat, ada begitu banyak manfaat lain yang tidak bisa atau lebih tepatnya belum sempat saya jelaskan di sini. Pada dasarnya, saya sangat merekomendasikan buku ini bagi Anda yang ingin hidupnya berubah menjadi lebih baik. Gunakan kekuatan pikiran Anda, untuk menggapai apa saja yang Anda impikan.

Mungkin Anda berpikir saya hanya membual atau sedang bergurau. Itu hak Anda. Tapi, saya harus katakan, buku itu telah saya baca berulang-ulang, karena manfaatnya sangat luar biasa. Saat saya sukses menggapai satu tujuan tertentu, maka saya kembali membacanya untuk coba hal baru lainnya.

Karena bukan milik sendiri, saya berupaya cari buku yang sama di berbagai toko buku. Saya kesulitan mendapatkan buku yang baru. Akhirnya, saya terpaksa fotokopi buku milik teman tadi. Saya sadar, tindakan saya ini melanggar hak cipta. Tapi, mau bagaimana lagi, saya betul-betul membutuhkan buku tersebut. Selain alkitab, inilah buku kedua yang sering saya baca berulang kali.

Silakan Anda cari bukunya, lalu baca dan praktikkan. Kadang kita sulit mempercayai apa yang disampaikan orang lain. Silakan buktikan sendiri. Selamat membaca.

 

Ilustrasi via penulis

Answered Aug 10, 2017