selasar-loader

Bagaimana pandangan Anda soal ronda saat Bulan Puasa?

Last Updated May 13, 2017

Pastinya tak hanya di lingkungan saya saja yang melaksanakan Ronda saat bulan puasa, surat edaran dengan nama saya jelas terlihat pada jadwal ronda yang telah dibuat oleh panitia Ramadhan, dan tentunya sebagai remaja aktif dan baik hati saya siap melaksanakan tugas, hehe..

Tapi, pernah tidak kalian berpikir, "Penting gak sih ronda?, Sebagai pekerja pasti lelah sekali bukan"

Memang semua kembali pada mindset masing-masing orang, namun menurut saya hal tersebut penting loh, selain beramal membangunkan orang sahur, kita warga setempat yang melaksanakan ronda juga pasti bisa saling mempererat tali silaturahmi, benarkan?

Lagi pula, banyak cara membuat ronda semakin asik, mendengarkan musik, main catur/lainnya hingga ngobrol sama teman sambil 'ngiterin' kampung, apalagi kalau pakai XL yang ngasih nonton YouTube GRATIS, pasti malah ketagihan ronda deh, hehehe..

So, menurut kalian bagaimana? Mau Ronda ?

2 answers

Sort by Date | Votes

rp_XlgbrxX4Od6JZ6u5xW_qJhux1O9dt.jpg

Benar juga. Sekarang ronda ada hiburannya, ya, walau dalam keadaan waspada begitu.

(sumber gambar: youtube.com)

Answered May 15, 2017
Siti Umi Mudhongafah
Mahasiswa Program Studi Indonesia, Universitas Indonesia

Hasil gambar untuk ronda malam puasa

Menurut saya, tidak masalah jika diadakan ronda malam pada bulan puasa. Meskipun ada perkataan yang mengatakan bahwa di bulan puasa setan-setan akan dikungkung oleh Tuhan tetapi setan di dalam diri manusia siapa yang tahu. Kita bahkan tak jarang melihat berita yang menyiarkan adanya berbagai tindak kriminalitas, seperti pencurian, penjambretan, bahkan pembunuhan. Jadi, tidak ada salahnya tetap diadakan ronda pada bulan puasa sebagai bentuk kewaspadaan dan kehati-hatian kita terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan. 

Selama ronda di bulan puasa sebaiknya diisi pula dengan kegiatan yang bermanfaat sehingga mereka yang beronda tetap dapat berlomba-lomba mencari pahala selama berpuasa seperti orang lain. Selain itu, kegiatan ronda malam ketika bulan puasa juga memiliki keunikan yang tidak pernah terjadi pada ronda di malam-malam pada hari biasa, yaitu kegiatan keliling kampung atau komplek untuk membangunkan orang untuk sahur dengan menggunakan kentongan atau alat-alat musik lainnya. Kegiatan keliling ini menurut saya langka dan sangat positif untuk dilakukan. Jadi, tak ada salahnya jika kita tetap mengadakan ronda pada bulan puasa.

Gambar via sangnanang.files.wordpress.com

Answered May 16, 2017