selasar-loader

Bagaimana transportasi umum yang Anda impikan di Jabodetabek?

Last Updated May 13, 2017

Apakah teman-teman merindukan transportasi umum yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu dalam beraktivitas ?... 

apa yang teman-teman rasakan dari kondisi transportasi umum sekarang ini ?... 

menurut teman-teman kapan negara kita ini , setidaknya Jabodetabek dan Banten transportasi umumnya bisa seperti yang diimpikkan?... 

1 answer

Sort by Date | Votes
Arfi Bambani
Cofounder dan Chief Content Officer Selasar

drxhcyDJM7dwrbDeU-jvQjPQ5BqTKBjb.jpg

Saya mimpikan transportasi umum berbasis rel yang menjangkau seluruh sudut Jabodetabek. Sayangnya, itu sulit dilakukan karena proses pembebasan tanah atau jika tidak membangun rel bawah tanah sangat mahal untuk dilakukan.

Namun, menuju ke sana, pemerintah sebenarnya bisa membuat perencanaan integrasi angkutan kota dengan transportasi berbasis rel. Pelan-pelan, semua jalur bus TransJakarta diintegrasikan dengan jalur kereta sehingga bisa membuat arus penumpang terus mengalir tanpa mereka perlu menaiki kendaraan pribadi atau angkutan transportasi lainnya.

Misalnya, beberapa stasiun kereta api bisa dikoneksikan dengan halte TransJakarta. Sejauh ini, belum ada satupun halte TransJakarta yang terkoneksi langsung dengan stasiun, yang ada hanya berdekatan. Terkoneksi artinya, aliran orang antara kedua tempat ini tidak terganggu oleh yang lain.

Beberapa usulan integrasi stasiun dengan halte ini antara lain:

1. Stasiun Jatinegara dengan Halte TransJakarta Jatinegara

2. Stasiun Tebet dengan pemberhentian TransJakarta Tebet (fasilitas pemberhentian ini perlu ditingkatkan menjadi halte yang juga terkoneksi antara jalur Kampung Melayu dan jalur Casablanca).

3. Stasiun Cawang dengan Halte Cawang.

4. Stasiun Palmerah diintegrasikan dengan TransJakarta jalur Cawang-Pluit dengan membuat koridor pejalan kaki yang nyaman.

5. Stasiun Klender dengan Halte Stasiun Klender

6. Stasiun Manggarai dengan Terminal Manggarai (sekaligus Halte TransJakarta Manggarai)

 

Answered Jun 9, 2017