selasar-loader

Apa inovasi teknologi yang Anda dambakan dapat terjadi?

Last Updated May 12, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Pendiri dan Chief Business Development Officer Selasar

LmgEg8HClg9a4ec2dtBRJoZC3GFpApTF.jpg

Brain Hack. Saya membayangkan ketika saat itu datang.

Selayaknya di Hari ini setiap orang bisa jadi jurnalis (citizen journalist) karena perkembangan teknologi informasi. Saya yakin dan berharap, cepat atau lambat, setiap orang bisa jadi scientist, expert, bahkan alim-ulama secara cepat dan mudah.

Saya akan beri satu contoh: manusia dapat jadi ulama untuk dirinya sendiri.

Mengapa kebutuhan ini menjadi penting untuk ras manusia? 

Saya melihat “mengerti kehendak Tuhan” adalah salah satu hal/persoalan yang paling penting untuk diketahui oleh umat manusia saat ini. Karena setiap orang bisa memiliki penafsiran masing-masing, dan kala tafsiran satu berbeda bahkan saling bertentangan satu sama lain, chaos terjadi. Bahkan untuk kondisi tertentu, dapat menimbulkan sikap yang berlebih-lebihan (ekstrem).

Perlu diketahui bahwa dahulu (terlebih) dan saat ini, cuma orang-orang tertentu aja yang punya kesempatan sekolah agama di negara-negara Islam atau hanya sedikit orang yang bisa bahasa Arab untuk mengerti kandungan Alquran dan hadist. Karena Alquran dan hadist disajikan dengan bahasa Arab, saat ini tidak banyak orang yang dapat mengerti layaknya kita mengerti sebuah teks yang disajikan dalam bahasa ibu. 

Untuk itulah bahkan ada yang mengatakan bahwa untuk muslim yang tidak mengerti bahasa arab, salat yang dilakukannya setiap hari adalah sebuah praktik keagamaan yang jauh dari cita-cita shalat itu sendiri: mengingat Tuhan dan mencegah perbuatan keji dan munkar. Salat dilakukan seakan sekedar menggugurkan kewajiban. Berucap tanpa mengerti apa yang diucapkan. Seperti merapal mantra.

Jadi wajar saja, karena keterbatasan tersebut, orang yang hari ini bisa berbahasa Arab ataupun pernah mengenyam pendidikan Islam, kita menyebutnya sebagai ustadz, menjadi rujukan. Jadi special. Bahkan untuk beberapa orang tertentu, cuma satu golongan pemikiran ustadz aja yang jadi acuan. Hal-hal seperti ini yang biasanya memicu orang berpikir sempit, tidak open minded dan beresiko memicu konflik horizontal. Konflik sektarian.

Ini masalah!

Saya yakin, cepat atau lambat, akan ada sebuah artificial intelligence (AI) yang dapat membantu memaksimalkan fungsi kerja otak dengan membantu supply seluruh informasi yang ada di dunia ini ke dalam otak manusia untuk diproses dengan cepat, dan akhirnya di-convert jadi sebuah kesimpulan yang menentukan sikap dan perilaku seseorang. Mudahnya, AI tersebut bukan hanya mengumpulkan seluruh informasi dengan cepat, tetapi juga membantu otak untuk mengolah informasi tersebut dalam hitungan millisecond.

Mungkin, semacam Google yang diinstal langsung ke otak. Tapi dengan kinerja yang jauh-jauh lebih baik.

Dengan teknologi ini, informasi atas kandungan Alquran dengan berbagai macam tafsirnya, kitab-kitab klasik islam, ribuan hadist sahih yang dikumpulkan Bukhari-Muslim, berbagai macam pemikiran ulama, atau informasi apapun di dunia, dapat cepat hadir di otak kita dalam hitungan yang super cepat.

Saya berharap, ketika saat itu datang, dunia ini sudah "ga butuh” ulama-ulama konvensional karena manusia kala itu sudah bisa jadi ulama (dengan kapasitas yang jauh lebih baik) secara cepat dan utuh, baik untuk dirinya sendiri dan mungkin untuk masyarakat di sekitarnya. 

Mengapa hal ini menjadi penting? Karena dengan hadirnya kapasitas keilmuan ulama/alim/orang yang berilmu dengan cepat dalam diri setiap manusia, hal ini harusnya dapat membuat manusia sampai pada tingkatan yang lebih tinggi, bukan hanya berpengetahuan secara tidak terbatas, tapi juga lebih dekat dengan esensi manusia dengan derajat tertinggi: bijak dan takwa. 

Mengapa bijak? Karena kebijakan hanya dapat dimiliki oleh orang-orang dengan input informasi yang beragam, tidak terbatas akan informasi milik sekelompok golongan tertentu. 

Kenapa takwa? Dengan asumsi tidak terdapat variable kesombongan, harusnya setiap orang yang berilmu (alim) lebih deket sama Tuhannya. Seperti tantangan dan perintah Tuhan agar kita selalu berpikir dan merenungi setiap ayat-ayat kauniyah (ayat tekstual) dan kauliyah (fenomena alam) yang ada agar lebih mengenal-Nya dan ciptaan-Nya.

Lebih jauh lagi, teknologi ini akan dapat memanipulasi kerja syaraf otak dan melakukan rekoneksi antar syaraf menjadi lebih kompleks sehingga dapat membuat kinerja otak lebih cepat. Lebih baik. 

Tidak hanya itu, hal ini juga akan meningkatkan kemampuan muscle memory sehingga hanya dengan sekali latihan/menyerap informasi, seseorang sudah dapat melakukan sesuatu yang bahkan sebelumnya ia tidak kuasai. Cohtoh: berbahasa di luar bahasa ibunya dan menguasai alat musik tertentu.

Ketika masa ini terjadi, saya yakin dunia akan makin damai, tidak ada lagi misallocation of resources, dan pastinya manusia sedang berada dalam tingkatan peradaban yang lebih tinggi.

Answered May 12, 2017
Naufan Nurrosyid P
Pernah menjadi tukang bebersih di Lab TheoComp ITB

xzKUZM2SYEABW8o8IZO_W2iVyYiFWvsf.gif

Sekitar tahun 300.000 SM, mungkin manusia purba kala itu tidak mempunyai ide sama sekali tentang angka dan perhitungan. Namun, pada kisaran 50.000 hingga 20.000 SM, kemungkinan makhluk cerdas itu mulai mengerti pentingnya menghitung, ditandai dengan penemuan tulang-tulang yang penuh goresan seperti yang kita temukan saat perhitungan suara di pemilu.

Sekitar 8500 SM, sebuah penemuan mengenai goresan yang menunjukkan angka prima 11, 13, 17, dan 19 ditemukan di Afrika. Berlanjut pada tahun 6000 SM, penyebutan latin dari 12 (dwawash), 2 (treemi), dan 300 (trishat) pada teks purba ditemukan di India. Mulai pada tahun 5000 SM konsep dasar algoritma diperkirakan lahir di Mesir.

Pada sekitar 3000 SM, bangsa yang begitu kokoh, Babilonia, mengembangkan suatu alat untuk memudahkan perhitungan. Eropa menyebutnya sebagai the abacus, sedangkan masyarakat kita lebih mengenalnya dengan nama sempoa.

Perhitungan terus berkembang dari masa ke masa. Kemudian, hal itu melahirkan nama-nama penting di dunia baru, seperti John Napier yang menemukan logaritma di tahun 1614, Wilhem Schickhard dengan alat penghitung binary-nya di tahun 1623, dan berlanjut pada Pascal dengan kalkulator pertamanya yang meramaikan 1642.

Pada 1800-an, cikal bakal komputer mulai nampak. Dimulai pada 1822, saat Charles Babage mulai menyusun suatu alat yang dapat menghitung angka dengan “cepat dan otomatis”. Kemudian, ia dan tim mempublikasikan Analytical Engine di tahun 1837.

Merangkak 1 abad setelah masa itu, tiga perusahaan teknologi kala itu melakukan manuver dengan merging menjadi CTR, perusahaan yang akan melahirkan penemuan yang mengubah dunia. Berbagai hardware yang menggabungkan alat penghitung mulai digabungkan dari CTR, yang berubah menjadi IBM pada tahun 1924. Dari tahun ini, inovasi-inovasi manusia untuk alat hitung berkembang sangat pesat. Amat sangat pesat.

Dan melalui jalur ini lah, inovasi teknologi pada ranah yang lebih luas akan terus berkembang. Lantas, jika boleh berandai-andai, inovasi teknologi apakah yang saya dambakan untuk ada di masa depan? Karena berandai-andai itu gratis, mari kita coba paparkan perbidangnya.

1. Makanan

Pada masa mendatang, saat semua anak muda di dunia ini ingin menjadi engineer di bidang astrofisika, ladang-ladang mulai menipis dan bahan makanan menjadi perebutan, maka sebelum saat itu datang, teknologi pertanian yang memungkinkan rekayasa genetik pada bahan baku dibutuhkan.

Teknologi genetika ini memungkinkan manusia dapat memanen padi hanya dalam waktu satu minggu, buah dan sayuran dapat matang dalam 3 hari, serta dapat menghasilkan tanaman bumbu dalam waktu 5 hari.

Dengan teknologi ini, warung Padang Sederhana dan Warteg Kharisma Bahari mampu meningkatkan produktivitasnya. Chef mereka akan tetap ada, walaupun di sampingnya kelak akan didampingi oleh assistant digital maupun robot semacam Jarvis.

Kenapa tidak dalam bentuk kapsul instan yang menghasilkan energi pada manusia?
Karena cita rasa dan suasana makan bersama orang-orang yang kita kasihi tidak dapat tergantikan oleh teknologi apapun.

2. Medis

Dunia medis sebenarnya sudah sangat berkembang. Tetapi inovasi teknologi yang dapat membuat obat perenovasi jaringan manusia yang rusak secara spesifik perlu segera dipatenkan.

Pada masa itu, akan ada teknologi pembawa obat transport yang secara tepat mengirimkan molekul obat pada bagian yang mengalami kerusakan. Dengan demikian, kolaborasi ˆ dan saintis akan terjalin dengan semakin mesra.

Obat yang dimaksud justru bukan obat awet muda, pil yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit, atau ramuan yang dapat membuat manusia hidup ribuan tahun. Bumi kita akan segera berakhir jika obat-obat jenis ini ada, mengingat nafsu manusia untuk memperbanyak keturunan tidak ada habisnya.

Dan bayangkan tentang harga dari obat tersebut. Tak dapat dibayangkan bila planet kita akan dihuni oleh sekumpulan manusia kaya raya nan sombong, yang tak punya rasa takut mati di esok hari.

3. Transportasi

tcj-YbA6IeaOrrkc2RW0mMl4yy2HRIbS.gif

Pintu ke mana saja milik Doraemon tentu akan sangat menarik bila dapat diciptakan. Namun, mengingat bejatnya manusia, akan lebih asyik bila ada transportasi massal yang dapat bergerak dengan kecepatan 1.500 km/jam dan dapat berakselerasi dalam hitungan 3 detik. Ah, tentu dengan jumlah dan jalur yang relevan terhadap populasi manusia kala itu.

4. Energi

Bahwa akan datang waktunya manusia berhenti mencangkul perut bumi sekaligus 100% beralih kepada green energy melaui aplikasi elektromagnetik. Inovasinya sederhana, hanya tentang 100% mewujudkan energi terbarukan. Jalan raya hanya akan dilalui motor dan mobil yang tidak mengepulkan asap. Di rumah-rumah, sudah terpasang panel surya dengan efisiensi tinggi. Di pinggiran pantai, berdiri kokoh kincir angin, ditemani oleh pemanen listrik teknologi gelombang laut. Juga trotoar-trotoar yang telah dipenuhi dengan pressure converter yang mampu mengubah langkah kaki kita menuju listrik untuk global. Maka, inovasi ini akan menghentikan perebutan sumber daya energi antarbangsa dan membuat manusia saling gotong royong memenuhi kebutuhan listrik dunia.

T9BBP7VyzNf5XqU-c93SNTOjKukXfU5X.gif

Lantas dari semuanya, teknologi apa yang paling diidamkan?

Dari itu semua, justru teknologi informasi baru yang paling saya harapkan ada. Teknologi yang memungkinkan menyimpan seluruh informasi secara lengkap dan dapat divisualisasikan, yang tersimpan dalam DNA, dan hanya bisa diaktifkan atas restu pemilik tubuh, atau ketika si empunya tubuh telah meninggal.

AZT459Unri-XK9sNDNpEfGhsmKG5s9UI.gif

Mengapa?

Sederhana. Karena dewasa ini, sungguh sulit membedakan mana pernyataan yang benar, dan mana yang menyesatkan.

Lantas, mengapa harus menunggu si pemilik tubuh meninggal?

Karena sampai kapanpun, manusia akan mempertahankan nama baiknya, walau ia tahu ia akan meninggal. Jadi, manusia akan tetap hidup dengan baik dan mempertahankan kebenaran yang ia pikir benar. Satu lagi, bukankah guru terbaik adalah pengalaman?
:)

Intinya, akan sangat menarik jika inovasi teknologi yang terlahir kelak tidak akan menghilangkan interaksi terhadap sesama manusia. Bahwa setiap shortcut yang...(more)

Answered Jun 1, 2017
Hilman Fajrian
Founder Arkademi.com

bffBvc4qpGWqbOiNYl_gFZNLUsXgMXNa.jpg

Teknologi trans human yang kemudian membawa kita ke tahap post human. Di mana kita tidak lagi membutuhkan fisik untuk hidup, abadi, dan telah berhasil membuka semua potensi yang mungkin akan sebuah entitas. Contoh teknologi trans human ada di film Transcendents dan Chappy. Post human difilmkan dalam Lucy

Answered Jun 1, 2017
Bagus DR
Seorang copywriter dan penulis konten.

kVHc3DTfjkSse9EHl21RrB7BRcpqLC1K.jpg

Interspecies communication. Manusia akan tetap menjadi manusia. Namun, kemampuan bermasyarakatnya akan semakin maju bila terjadi interaksi antar spesies seperti dengan hewan ataupun tumbuhan.

Lewat interaksi ini, saya percaya bahwa wawasan dan kebijaksanaan, bahkan rasa empati manusia, akan meningkat melebihi apa yang telah diketahui selama ini.

Answered Jun 7, 2017

Question Overview


6 Followers
572 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Adakah kehidupan selain di bumi?

Mengapa permukaan bulan yang kita lihat di sini, selalu sama?

Mengapa pesawat tetap bisa terbang di atas bumi dan tidak terpengaruh dengan rotasi bumi?

Apakah mungkin jika pesawat terbang di suatu titik akan sampai lebih cepat di titik lain dengan menunggu bumi berotasi?

Mengapa nyamuk atau lalat tetap bisa terbang bebas meski ia di dalam mobil yang bergerak?

Berapa banyak sel yang dimiliki manusia sepanjang hidupnya?

Apa yang membuat sains di dunia Islam begitu maju di tahun 700-1100?

Mengapa jumlah jurnal ilmiah yang dilahirkan di Indonesia kalah jauh bila dibandingkan dengan negara lain?

Apa saja perusahaan besar di Indonesia yang memiliki banyak insinyur-insinyur dan ilmuwan-ilmuwan hebat Indonesia?

Apa saja prestasi ilmuan atau insinyur Indonesia yang diakui oleh dunia?

Apa dampak positif dan negatif Indonesia berada di jalur cincin api (ring of fire)?

Apa yang terjadi sebelum peristiwa Big Bang?

Mengapa alam semesta selalu mengembang?

Bagaimana caranya memotret galaksi bima sakti secara utuh, sedangkan kita (di bumi) berada di dalamnya?

Apakah ada makhluk hidup lain selain manusia di alam semesta ini?

Terkait adanya penampakan Unidentified Flying Object (UFO), apa yang Anda bisa jelaskan terkait hal ini?

Apa yang membuat pergerakan benda-benda langit selalu teratur dengan sangat detail?

Dari mana asalnya medan magnet pada Black Hole?

Bagaimana penjelasan ilmiah berubahnya kromosom dari satu makhluk hidup menjadi makhuk hidup lainnya menurut teori evolusi darwin?

Siapa manusia pertama menurut sains? Dan Apa indikator ia telah menjadi manusia pertama?