selasar-loader

Bagaimana cara untuk mengurangi sifat pelupa pada diri kita?

Last Updated May 9, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Annisa Sri Aulia Mutiara
Pecinta sepakbola. Penikmat sastra.

Bagi Anda yang memiliki sifat pelupa, sebaiknya mulai membiasakan untuk mencatat segala aktivitas atau kepentingan Anda. Jika Anda malas mencatat di buku catatan, Anda bisa menggunakan notes di gawai sebagai media penggantinya. Dengan mencatat jadwal, aktivitas, maupun tugas-tugas, Anda akan lebih mudah mengatur dan mengingatnya. Hanya dengan rajin membuka catatan tersebut, Anda tidak akan skip.

Saya memang bukan orang yang pelupa, tapi saya juga menggunakan metode itu dalam kegiatan sehari-hari saya. Biasanya, saya mencatat jadwal atau to-do-list saya di sticky notes yang ada di laptop. Setiap kali saya membuka laptop, sticky notes tersebut akan muncul dan menjadi pengingat hal apa yang harus saya lakukan dalam waktu dekat.

Answered May 9, 2017

Hasil gambar untuk pelupa

Saya adalah tipe orang yang cukup pelupa, apalagi ketika di tengah banyak tugas yang harus saya kerjakan dalam waktu yang sudah ditentukan. Untuk mengakalinya, saya biasanya mencatat agenda yang harus saya kerjalan dalam handphone atau buku catatan kecil yang biasa saya bawa ke mana-mana.

Perilaku yang selalu mencatat ini saya terapkan pula ketika mengikuti kelas. Sejak dahulu, saya harus mencatat apa pun yang saya tangkap dari materi yang disampaikan oleh guru-guru sampai atau saya. Meskipun ada bebrapa guru atau dosen saya yang tidak suka murid atau mahasiswanya mencatat ketika ia sedang menerangkan, saya tetaap bandel untuk mencatat karena jika saya tidak mencata, saya akan mengalami kesusahan dalam belajar dan mengadapi ulangan.

Jika dikaitkan dengan kehidupan ketika sehari-hari yang dipenuhi dengan berbagai tugas yang menumpuk, kita bisa meminta tolong kepada teman yang satu agenda dengan kita untuk mengingatkan ketika acara atau tugas tersebut sudah mendekati hari H. Itulah cara yang biasa saya lakukan untuk mengurangi atau mengatasi sifat pelupa saya. 

Gambar via edupost.id

Answered May 9, 2017

          MWRLv_RJjb0qqLSNeVZJHnsDnkrV3uji.gif

Credit image: tumblr.com

Lupa merupakan salah satu dari sekian banyak kekurangan saya. Karena sifat ini pula, saya seringkali mendapatkan masalah. Contoh singkatnya adalah saya lupa menaruh barang yang saya perlukan. Ketika kehilangan dan betul-betul tidak ingat di mana saya meletakkan barang tersebut, saya akan mendapat kesulitan. Pun dengan lupa akan tugas atau ulangan, saya akan mendapat masalah di kemudian hari. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa saya bagikan di sini, yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan untuk mencatat. Saya selalu mencatat apapun di buku saya, mulai dari hal penting sampai tidak penting. Seringkali, semuanya menjadi penting untuk saya. Seperti jika saya takut sifat saya muncul, saya akan membaca catatan tersebut agar saya kembali mengingatnya.

  2. Menaruh barang pada tempatnya. Sifat lupa yang satu ini menyangkut kebiasaan saya yang teledor dalam menaruh barang, lalu langsung lupa setelahnya. Jadi, saya berusaha disiplin pada diri saya untuk tidak menaruh barang-barang sembarangan agar sifat lupa saya bisa berkurang sedikit.

  3. Meminta pada keluarga atau teman saya untuk mengingatkan. Jadi, biasanya saya akan bilang bahwa pada hari kesekian, saya harus pergi kemana. Itu penting. Lalu, saya akan ceritakan itu pada anggota keluarga saya atau teman saya agar saat menjelang hari tersebut, saya pun diingatkan dan terhindar dari masalah yang akan muncul.

Dari tips di atas, itulah yang selama ini saya lakukan. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Memang cara tersebut belum terlalu ampuh dan sifat pelupa memang sulit untuk dikurangi, namun dengan membiasakan diri untuk hal di atas, diharapkan semuanya dapat sedikit mengurangi kebiasaan ini.

Selasar Taria Ayu Lestari Macbook

 

Answered May 29, 2017

Question Overview


3 Followers
510 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Inggris?

Bagaimana tips singkat dan mudah mendapatkan skor TOEFL yang tinggi?

Bagaimana tips singkat dan mudah mendapatkan skor IELTS yang tinggi?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Arab?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa China/Mandarin?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Jepang?

Bagaimana tips singkat dan mudah menghapal Al Quran?

Siapa yang paling menginspirasi hidup Anda?

Apa cerita yang paling menginspirasi dan mengubah hidup Anda?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Apa kegagalan-kegagalan terbesar dalam hidup Anda?

Apa film yang paling menginspirasi dan mengubah hidup Anda?

Siapakah tokoh olahraga Indonesia paling menginspirasi?

Siapakah tokoh olahraga dunia yang paling menginspirasi?

Apa hal paling menyedihkan yang pernah Anda dengar, baca, dan lihat?

Siapa di antara anggota keluarga besar Anda yang memiliki prestasi paling mengesankan?

Apa 10 pengalaman yang harus dijalani selama hidup?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?