selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan hukuman percobaan?

Last Updated May 9, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Arsil Kurus
Kepala divisi hukum dan kebijakan peradilan LEIP

Hasil gambar untuk hukuman percobaan

Hukuman percobaan atau yang biasa disebut juga dengan pidana bersyarat, atau dalam bahasa Belandanya voorwaardelijke veroordeling, merupakan penjatuhan hukuman namun terpidana tidak perlu menjalankan hukumannya dengan persyaratan. Persyaratan yang ditentukan bisa hanya syarat umum maupun syarat khusus.

Syarat umumnya yaitu tidak melakukan tindak pidana lagi selama masa percobaan. Hakim juga bisa menetapkan adanya syarat khusus, yaitu mengganti kerugian kepada yang dirugikan dan atau berperilaku atau tidak berperilaku tertentu selama kurun waktu tertentu. 

Ketentuan mengenai pidana percobaan ini bisa dibaca di pasal 14a s/d 14f KUHP. 

Gambar via liputan6.static6.com

Answered May 9, 2017
Justika Indonesia
www.justika.com

Lo-rzAIFXsjm7hzHMv5twKVFAAVZuLsW.jpg

Gambar via google.com

Hukuman percobaan atau bisa juga disebut pidana percobaan diatur di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 14a sampai 14f, untuk pengertian dari hukuman percobaan itu sendiri ada pada Pasal 14a KUHP yang berbunyi:

(1)    Apabila hakim menjatuhkan pidana paling lama satu tahun atau pidana kurungan, tidak termasuk pidana kurungan pengganti maka dalam putusnya hakim dapat memerintahkan pula bahwa pidana tidak usah dijalani, kecuali jika dikemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain, disebabkan karena si terpidana melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan yang ditentukan dalam perintah tersebut diatas habis, atau karena si terpidana selama masa percobaan tidak memenuhi syarat khusus yang mungkin ditentukan lain dalam perintah itu.

(2)    Hakim juga mempunyai kewenangan seperti di atas, kecuali dalam perkara-perkara yang mangenai penghasilan dan persewaan negara apabila menjatuhkan pidana denda, tetapi harus ternyata kepadanya bahwa pidana denda atau perampasan yang mungkin diperintahkan pula akan sangat memberatkan si terpidana. Dalam menerapkan ayat ini, kejahatan dan pelanggaran candu hanya dianggap sebagai perkara mengenai penghasilan negara, jika terhadap kejahatan dan pelanggaran itu ditentukan bahwa dalam hal dijatuhkan pidana denda, tidak diterapkan ketentuan pasal 30 ayat 2.

(3)    Jika hakim tidak menentukan lain, maka perintah mengenai pidana pokok juga mengenai pidana pokok juga mengenai pidana tambahan.

(4)    Perintah tidak diberikan, kecuali hakim setelah menyelidiki dengan cermat berkeyakinan bahwa dapat diadakan pengawasan yang cukup untuk dipenuhinya syarat umum, bahwa terpidana tidak akan melakukan tindak pidana, dan syarat-syarat khusus jika sekiranya ditetapkan.

(5)    Perintah tersebut dalam ayat 1 harus disertai hal-hal atau keadaan-keadaan yang menjadi alasan perintah itu.

Yang kemudian dipertegas pada Pasal 14b ayat (2), bahwa masa percobaan dimulai pada saat putusan telah menjadi tetap dan telah diberitahukan kepada terpidana menurut cara yang ditentukan dalam undang-undang.

Pada prakteknya, hukuman percobaan dijatuhkan melalui beberapa pertimbangan, seperti usia yang sudah sangat tua, kesehatan yang buruk, pendidikan dan lain sebagainya. Yang pasti, hukuman percobaan ini akan dijatuhkan dengan suatu alasan, yakni seorang terdakwa telah terbukti melakukan tindak pidana, namun pidana penjara tidak usah dijalani karena berbagai pertimbangan hakim. Biasanya, pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman percobaan ini adalah ingin mendidik agar terdakwa menyadari perbuatan yang dilakukan merupakan kesalahan dari sudut pandang hukum pidana.

Pertimbangan hakim di dalam menjatuhkan hukuman percobaan merupakan salah satu bentuk putusan hakim yang tidak semata-mata ”memberikan hukuman” kepada pelaku, tapi juga hukuman percobaan dijatuhkan karena ingin mendidik terdakwa sehingga terdakwa menyadari kesalahannya. Dengan begitu, selain memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa perbuatan yang dilakukan terdakwa tersebut merupakan kesalahan menurut hukum, hukuman percobaan juga dianggap bisa menggapai keadilan yang diberikan kepada terdakwa dengan memberikan kesempatan untuk menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi. Lebih lanjut, anda juga bisa menanyakan hal-hal seputar hukuman percobaan kepada para praktisi hukum yang memiliki bidang ahli hukum pidana.(ra)

Answered May 12, 2017

Question Overview


3 Followers
805 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Kinerja ketua KPK siapa yang paling baik; T. Ruki, Antasari Azhar, Busyro Muqoddas, Abraham Samad, atau Agus Rahardjo?

Mengapa selama ini kaum pria lebih banyak tersangkut kasus korupsi dibandingkan perempuan?

Apakah hukuman yang paling memberikan efek jera untuk koruptor laki-laki?

Apakah hukuman yang paling memberikan efek jera untuk koruptor perempuan?

Apakah Anda setuju hukuman mati untuk para koruptor?

Mengapa sosok Presiden RI secara otomatis juga menjabat sebagai panglima militer tertinggi di negeri ini?

Apakah keluarnya surat perintah penyidikan juga berarti ada tersangka?

Mengapa Lampung terkenal sebagai provinsi yang tinggi tingkat kriminalitasnya?

Bagaimana negara seharusnya melindungi HAM atas saksi kasus korupsi?

Bagaimana cara mendapatkan bantuan hukum gratis?

Apakah Anda pernah mendapat pelecehan seksual?

Apakah status tersangka bisa membuat seorang calon gubernur gagal ikuti proses pemilihan kepala daerah?

Apa yang harus dilakukan ketika ada oknum yang mengaku wartawan dan melakukan pemerasan?

Mengapa perlu ada hukuman bagi tindak pidana?

Mengapa duta besar memiliki hak imunitas (kebal hukum)?

Hukuman apa yang paling pantas untuk para koruptor di Indonesia?

Apa beda pelanggaran dengan kejahatan?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?