selasar-loader

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Last Updated Nov 16, 2016

4 answers

Sort by Date | Votes
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

pShYUtDrrsQBS0q45LZzlRWMEt-ZEQxu.jpg

Junkers Ju-87 "Stuka" - Jerman

Pesawat ini paling ditakuti oleh tentara Sekutu. Kemampuan terbaiknya bisa menukik sehingga mampu melepaskan bom dengan presisi yang baik. Saat menukik, Stuka akan mengeluarkan suara menakutkan yang dijuluki Terompet Jericho.

 

Selain itu, Stuka juga dilengkapi senjata di bagian belakangnya. Pesawat ini dibuat dari bahan yang sangat ringan sehingga mampu terbang dengan cepat.

 

Gambar via google, video via youtube

Answered Dec 18, 2016
Granito Ibrahim
Belajar sejarah itu seru, lho...

 L5xh6HJRNMHq9jqJvARe5tH1eo8X3sON.jpg

P51D Mustang milik Amerika. Sebab, selain memiliki paling banyak senapan mesin, desainnya memungkinkan kelincahan bermanuver, paling cepat, dan mempunyai kanopi yang memungkinkan pilot melihat ke segala arah. Selain itu, P51D mampu menjadi pembom ringan.

Ilustrasi via imgproc.airliners.net

Answered Dec 21, 2016
Nauval El-Hessan
Humble servant of God

4uPKSkTRfCuyEvRdOE5TnHqi5cpo0koK.jpg

Messerschmitt ME-262. Produksi Jerman sekitar tahun 1943 atau 1944. Pesawat ini merupakan prototipe jet tempur di dunia atau jet tempur pertama. Tapi sayang, pesawat ini telat diproduksi. Seandainya pesawat ini diproduksi lebih awal, mungkin sejarah akan berpihak ke Jerman.

Answered Mar 2, 2017
Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan

Selama Perang Dunia II, pesawat terbukti sangat menentukan sebagai salah satu senjata yang paling dominan di medan perang. Berbeda dengan Tank atau kapal perang besar, pesawat paling serbaguna dari kemampuan menyerang baik itu di darat, udara, atau bahkan di laut.

Mereka tidak hanya berjuang untuk pengendalian dari udara, tetapi juga memberikan dukungan taktis dan strategis penting bagi bangsa-bangsa yang berperang. Mereka menyamakan kedudukan industri pertanian musuh, memberikan dukungan di arena pertarungan, pengintaian, dan pengepungan pasukan bahkan tersedia di belakang garis musuh.

Selama periode enam tahun konflik, 1939-1945, desain pesawat telah berkembang pesat. Dari biplan usang, jet tempur pertama di dunia, minyak mentah dua pembom bermesin, dengan desain radikal dari heavy-bomber B-29 Superfortress, Perang Dunia Kedua telah memperlihatkan penggunaan pesawat paling radikal di medan perang.

Berikut merupakan pesawat paling menakutkan yang digunakan pada Perang Dunia Kedua. Masing-masing pesawat ini telah secara signifikan berdampak baik terhadap jalannya perang, atau telah menyebabkan dunia kagum terhadap keajaiban dan keindahan mereka.

Pertunjukan luar biasa dalam peran mereka, mereka mendapatkan rasa hormat dan kekaguman tidak hanya dari orang-orang yang menerbangkannya, tetapi juga dari musuh bebuyutan yang berperang melawan mereka.

1. North American Aviation P-51 Mustang

aZ2Ex0uVCQdopev9tb4fyLl8RmhXy65a.jpg

The North American Aviation P-51 Mustang adalah pesawat jarak jauh Amerika, single-seat fighterdan fighter-bomber digunakan pada masa Perang Dunia II, Perang Korea, dan beberapa perang lainnya. Pada masa Perang Dunia II pilot Mustang mengklaim telah membunuh 4.950 pilot pesawat musuh dari berbagai pertempuran sekutu.

Mustang disusun, dirancang, dan dibangun oleh North American Aviation (NAA), di bawah arahan insinyur Edgar Schmued, dalam menanggapi spesifikasi diterbitkan langsung ke NAA oleh British Purchasing Commission; prototipe badan pesawat NA-73X digulirkan, meskipun tanpa mesin, 102 hari setelah kontrak ditandatangani.

Mustang pada awalnya dirancang untuk penggunaan ketinggian rendah menggunakan mesin Allison V-1710, dan pertama kali diterbangkan oleh Royal Air Force (RAF) sebagai pesawat taktis-pengintai dan fighter-bomber.

Versi definitif, P-51D, ini didukung oleh Packard, V-1650-7 versi lisensi-built dari Rolls-Royce Merlin 60 dua-tahap dua kecepatan mesin supercharged, dan dipersenjatai dengan enam senapan mesin kaliber .50 (12,7 mm) M2 Browning.

Dari tahun 1943 akhir, P-51Bs (dilengkapi oleh P-51Ds dari pertengahan-1944) yang digunakan oleh USAAF's Eighth Air Forceuntukmengawal pesawat bomber dalam penggerebekan atas Jerman, sementara RAF's 2TAF dan USAAF's Ninth Air Force menggunakanMerlin-powered mustangs sebagai pesawat fighter-bomber, peran di mana Mustang membantu memastikan keunggulan udara Sekutu pada tahun 1944. P-51 juga melayani pasukan Sekutu udara di medan Afrika Utara, Mediterania dan Italia, dan pelayanan terbatas terhadap Jepang dalam Perang Pasifik.

Pada awal Perang Korea, Mustang adalah petarung utama yang digunakan oleh PBB. Namun, jet tempur, termasuk F-86, mengambil alih peran ini, dan Mustang menjadi spesialisasi ground-attack fighter-bomber.

Meskipun munculnya jet tempur, Mustang tetap melayani  beberapa kekuatan udara sampai awal 1980-an. Setelah Perang Dunia II dan Perang Korea, Mustang banyak yang dikonversi untuk penggunaan sipil, terutama balap udara.

2. The Focke-Wulf Fw 190 Würger (Shrike)

E_T9z5u8GTLXbhM0rA8Y6V3cOoymaJ7Q.jpg

Focke-Wulf Fw 190 Würger (Shrike) adalah pesawat tempur single seat jerman pada perang dunia kedua, pesawat tempur bermesin tunggal ini didesain oleh Kurt Tank pada akhir 1930an. Didukung oleh mesin radial, Fw 190 digunakan oleh Luftwaffe pada berbagai macam peran, termasuk day fighter, fighter-bomber, ground-attack aircraft dan pada tingkat terendah night fighter.

Ketika Fw 190 mulai terbang dan beroperasi di udara Prancis pada bulan Agustus 1941, dengan cepat membuktikan diri lebih unggul dalam semua kecuali gilirannya radius to main tempur Royal Air Force garis depan, Spitfire Mk. V. Fw 190 merebut superioritas udara jauh dari RAF sampai diperkenalkannya Spitfire Mk IX yang jauh lebih baik.

Fw 190 membuat debut udara tempurnya di Front Timur pada bulan November / Desember 1942. Meskipun pilot Soviet menganggap Bf 109 ancaman yang lebih besar, Fw 190 membuat dampak yang signifikan.

Fw 190 menjadi tulang punggung Jagdwaffe (Angkatan Perang), bersama dengan Bf 109. Di Front Timur, Fw 190 sudah cukup fleksibel untuk digunakan dalam Schlachtgeschwader (Battle Wings or Strike Wings), unit serangan khusus darat yang mencapai banyak keberhasilan melawan pasukan darat Soviet.

Sebagai sebuah interceptor, 190 Fw mengalami perbaikan untuk membuatnya efektif di ketinggian tinggi, memungkinkan untuk menjaga paritas relatif dengan lawan Sekutu nya.

Fw 190A menurun performanya pada saat terbang lebih tinggi (biasanya 6.000 m (20.000 kaki), yang mengurangi efektivitasnya sebagai pencegat ketinggian tinggi, tetapi masalah ini sebagian besar diperbaiki dalam model selanjutnya, khususnya di Junker Jumo 213 inline-engine Focke-Wulf Fw seri 190D, yang diperkenalkan pada bulan September 1944. Terlepas dari keberhasilan, ia tidak pernah sepenuhnya menggantikan Bf 109.

Fw 190 sangat disukai para penerbang. Beberapa dari kartu As tempur yang paling sukses  Luftwaffe itu mengaku banyak sekali membunuh mereka saat terbang, termasuk Otto Kittel, Walter Nowotny dan Erich Rudorffer.

3. Supermarine Spitfire

sg1DEKhpSo9cmtG5hGPtuPvVfRzBbAF1.jpg

Supermarine Spitfire adalah salah satu pesawat tempur single-seat Inggris yang digunakan oleh Royal Air Force (RAF) dan banyak negara sekutu lainnya pada Perang Dunia ke 2. Spitfire selanjutnya digunakan sebagai garis depan tempur dan peran sekunder sampai tahun 1950-an.

Diproduksi dalam jumlah lebih besar daripada pesawat Inggris lainnya dan satu-satunya pesawat tempur Inggris yang di produksi di seluruh perang dunia ke 2.

Spitfire didesain untuk jarak pendek, pesawat pencegat dengan performa tinggi yang didesain oleh R.J...(more)

Answered Apr 10, 2018

Question Overview


6 Followers
4427 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Bagaimana sejarah perusahaan Messerschmitt hingga akhirnya menjadi pembuat pesawat tempur pada Perang Dunia II?

Bagaimana reaksi warga Jerman mengenai Adolf Hitler dengan negaranya dalam hal Perang Dunia II dan Holocaust?

Pesawat milik Amerika Serikat apa saja yang terlibat dalam Perang Dunia II?

Seberapa signifikan peran pesawat B-17 bagi kemenangan Sekutu pada Perang Dunia II?

Mengapa pabrik Messerschmitt yang jaya pada Perang Dunia II tidak lagi berproduksi?

Apakah faktor yang melatari gagasan pembuatan Bf 109Z "Zwilling"?

Pesawat tempur tercanggih apakah yang dimiliki Sekutu pada Perang Dunia II?

Pesawat tempur tercanggih apakah yang dimiliki Jerman pada Perang Dunia II?

Pesawat tempur tercanggih apakah yang dimiliki Jepang pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Pertempuran apakah yang paling menarik pada Perang Dunia II?

Apa sajakah kontribusi George Patton pada Perang Dunia II?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Sikap politik luar negeri yang paling signifikan dilakukan Amerika Serikat pada Perang Dunia II?