selasar-loader

Apa destinasi wisata terbaik di Indonesia?

Last Updated Nov 23, 2016

9 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

w67ONP-swZvU1v3LdPC34YglRuHg-cGu.jpg

Gunung Rinjani!

Pertama kali saya melakukan pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 m dpl) ketika baru masuk kuliah. Alasannya sederhana, mumpung masih kurus dan belum banyak urusan. Itu saja!

Perlu saya jelaskan sebelumnya bahwa selain memiliki status sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani (3.726 m dpl) juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Jambi dan Puncak Cartenz Pyramid di Papua. Hal inilah yang membuat saya tertarik menyambanginya.

Lokasinya juga relatif dekat dan berada di kisaran daerah wisata terbaik di Indonesia. 10 hari perjalanan kami Jakarta-Lombok-Depok via darat. Petualangan keliling Lombok dan Bali juga menjadi menu tambahan petualangan pendakian kala itu. Poin ini juga yang menjadi alasan kenapa mendaki Rinjani adalah petualangan terbaik yang pernah saya alami. Sangat berkesan!

Selain karena keindahan alamnya yang sangat luar biasa, gunung ini juga menyimpan berbagai misteri, salah satu di antaranya tentang keberadaan Dewi Enjeni atau Anjani. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Dewi Enjeni adalah ratu jin penguasa Gunung Rinjani yang selalu bersemayam di sekitar Danau Segara Anak. Mereka meyakini bahwa Dewi Enjeni lahir dari perkawinan manusia Sasak dengan jin, berparas cantik, sering mengendarai kuda dan menurut kepercayaan masyarakat setempat Dewi ini masih keturunan Raja Selaparang. Untuk menghormati Dewi Enjeni, masyarakat sering mengadakan upacara religius di Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, dengan melepaskan ikan-ikan kecil yang terbuat dari emas tipis ke Danau Segara Anak.

Secara administratif Gunung Rinjani berada di bawah tiga kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m, memanjang kearah timur Anda barat. Di kaldera ini terdapat danau Segara Anak seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan untuk memancing. 

Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan anak lautan, karena itulah disebut "Segara Anak". Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut, dan di sebelah timurnya terdapat gunung Baru yang oleh bahasa setempat disebut dengan Gunung Baru Jari. yang memiliki kawah seluas 170 x 200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m dpl. Pada tahun 1994 gunung Baru Jari ini meletus dan memuntahkan isi perutnya di sekitar danau Segara Anakan.

Perjalanan dari pos pendaftaran sampai ke pos pertama (Pos Pemantauan) yang kami lakukan kala itu memakan waktu sekitar 2–3 jam. Pada awal pendakian medan yang harus ditempuh tidaklah terlalu sulit dan terjal, hanya berupa lintasan yang terbuka (sabana) yang relatif datar dan berbukit-bukit. Meskipun medan yang ditempuh selama perjalanan dari pos pendaftaran sampai ke pos pemantauan tidak terlalu sulit dan menguras tenaga, perjalanan yang ditempuh amatlah jauh dan tentunya hawa yang dirasakan sangat panas ketika pendakian di lakukan siang hari. Oleh karena itulah, maka disarankan bagi para pendaki agar memulai perjalanan dari pos pendaftaran Desa Sembalun sekitar jam 14.00 - 15.00 untuk menghindari sengatan matahari yang membakar kulit.

Di awal pendakian lintasan ini, tampak Gunung Rinjani berada di sebelah kiri pendaki. Jika tidak, mungkin pendaki telah mengambil jalur yang salah. Sepanjang jalur ini pula, jika beruntung, para pendaki akan menjumpai beberapa satwa yang terlihat sedang merumput di kejauhan seperti kerbau liar, rusa (Cervus Timorensis), dan kijang (Muntiacus Muncak).

Udara yang tipis dan dinginnya suhu udara pada saat itu membuat beberapa orang dari kelompok kami mengalami sedikit kesulitan. Kondisi medan di daerah itu berupa pepohonan yang memiliki tinggi sekitar 2 meter (tumbuhan dataran tinggi dengan daun kecil dan tipis) dengan pijakan pasir halus berwarna hitam agak kecokelatan serta tanjakan yang lumanyan terjal.

Beberapa menit kami lewati dan kemudian kami masuk dedalam fase punggungan puncak Rinjani. Tampak sekitar 20 orang di bawah kami menyusul pergerakan yang sebelumya telah dilakukan pendaki lain dengan cahaya senter yang menyertainya sehingga tampak seperti butiran kismis di atas kue tart yang siap untuk disantap. Karena gelapnya lokasi, perhitungan skala menjadi sedikit agak kabur, kami memprediksi hanya dibutuhkan sekitar 1 jam untuk menggapai puncak. Namun, kenyataanya lebih lama dari yang kami prediksikan.

Berharap mencapai puncak lebih awal, kami melewati beberapa rombongan lain dan kemudian menjadi kelompok pertama dalam barisan manusia yang sedang melipir punggungan panjang tersebut. Medan semakin berat dengan pasir yang tak jarang membuat langkah menjadi tersa lebih berat dan juga angin kencang yang juga membuat setiap pendaki kewalahan. Istirahat kami lakukan berkali-kali untuk menjaga konsisi badan tetap prima. Beberapa jam kemudian keadaan fisik kami sudah hampir mencapai titik maksimal kekuatan seorang manusia, “Fisik kita memang sudah habis! yang kita andalkan cuma mental dan semangat untuk sampai ke puncak bersama... Pergi bersama dan pulang juga harus bersama, termasuk menggapai puncak”, itulah kata-kata yang sempat terekam dalam memori saya sampai saat ini ketika seorang kawan berusaha untuk mengobarkan semangat kami yang tinggal setetes. Pikiran untuk pulang, menghentikan perjalanan di tengah, dan membiarkan yang lain sampai ke puncak dan sisanya menunggu di punggungan merupakan pikiran busuk yang selalu merayu kami untuk tidak melanjutkan pendakian.

Saya tidak akan pernah lupa, waktu itu matahari pagi terbit di sisi timur Pulau Lombok. Sun rise yang diidamkan banyak pendaki tidak dapat kami raih tepat waktu. Sedih memang. Tapi dengan sisa tenaga kami tetap melanjutkan perjalanan dengan kaki tertatih dan tentunya dengan napas yang hampir habis.

Pada saat seperti inilah kita dapat melihat wujud...(more)

Answered Dec 21, 2016
Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

Gunung Tambora. Satu yang penting disitu, kopinya masih ditanam secara alami tanpa injeksi pupuk, sehingga rasa dan kualitasnya sangat alami. Selamat mencoba

Answered Jan 30, 2017
Ahmad Shoifi
Sarjana Hukum Lulusan UGM angk 98, Auditor di Bank BUMN

tetap menurut saya Bali adalah yang terbaik, gabungan antara wisata alam, wisata budaya dan wisata modern tersaji di Bali. meskipun sudah sering kesana masih saja ingin kesana karena destinasinya banyak dan tidak membosankan, layak untuk terus di explore wisata di Bali.

Answered Jan 31, 2017
Aditya Bhaskara
S.Psi, book addict, blogger, you don't know about me and you don't know my story

Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede dan Gunung Pangrango menawarkan keindahan alam yang masih dijaga sampai sekarang. Melepas lelah di ketinggian beberapa ribu meter diatas permukaan laut, dengan bermandikan cahaya matahari di kala siang dan hujan bintang di kala malam. lapangan Surya Kencana maupun Mandalawangi sangat membuat nyaman dan menyimpan sejuta kenangan ketika turun dari gunung.

Answered Jan 31, 2017
desi samosir
jurnalis wanna be

destinasi wisata yang tidak banyak sampahnya 

kenapa ? 

karena sekarang itu destinasi hampir mirip tempat sampah

miris

Answered Jan 31, 2017
Ika Putri Lestari
Prodi Indonesia, Universitas Indonesia

g5x-QqCYJoBMpepRRakHnvq3npYdOM3q.jpg

 

Jika ditanya apa destinasi wisata terbaik di Indonesia, sampai sekarang saya akan menjawab Raja Ampat. Raja Ampat adalah sebuah pulau yang sangat indah dan terletak di Papua Barat. Kepulauan ini terkenal karena pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut yang memesona. Selain keindahan bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki keindahan alam seperti pemandangan hutan lebat, warna warni batu kapur, sarang penyu di tepi laut, flora dan fauna yang langka, dan sebagainya.

Jika kalian ingin berwisata ke Raja Ampat, jangan khawatir, banyak hal yang bisa kita lakukan di sana. Mulai dari berlayar, memancing, wisata kuliner, menyelam, naik perahu, snorkeling, dan lainnya. Di Raja Ampat, kita juga bisa memanjakan mata lewat aktivitas bird watching, yaitu kita bisa melihat langsung burung Cenderawasih tanpa harus menggunakan teropong.

foto via mountainviewtomohon.com

Answered Jul 4, 2017

raja ampat 

Answered Aug 19, 2017

BMNG0djTbSa9jan9UQ7mdgRdbUG7sdag.jpg

Kalau menurut saya, wisata terbaik adalah di Labuan Bajo, NTT. Ini adalah tempat wisata Labuan Bajo yang mempunyai daya tarik besar dan namanya sudah mendunia! Di Pulau Komodo, kamu bisa melihat dari dekat kehidupan liar kadal raksasa, Komodo.

Ada lagi Pulau Rinca yang merupakan salah satu destinasi wisata selain Pulau Komodo. Untuk medan dan terjalnya jalur track, maka Pulau Rinca memberikan tantangan yang berbeda dengan Pulau Komodo.

hAQw5MtHOOBzq9JwQsy1-keX7VVsgRxM.jpg
Pulau Rinca via indonesiana.co.id

Ini lagi Pulau Padar. Nama besar Pulau Padar mulai terdengar sejak tahun 2014. Banyak foto dan ulasan wisatawan yang pernah berkunjung ke sana, membuat Pulau Padar menjadi salah satu tujuan favorit dalam daftar tempat wisata Labuan Bajo. Keindahan pemadangan di bukit Pulau Padar adalah daya tarik utama. Tak hanya itu, kamu bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise diatas bukit Pulau Padar. Sungguh sangat mengagumkan!

ho-UkIdwZOA1XXg_NxAsCNIPMn9H2qG_.jpg
Pulau Padar via peekholidays.com

Habis itu, ada lagi Pulau Kelor menyimpan pemandangan laut yang juga sensasional! Karang dan koral yang ada di Pulau Kelor selalu menggoda para wisatawan yang datang berkunjung. Tak hanya itu, kamu juga diajak untuk menikmati pemandangan dari atas bukit Pulau Kelor. Meski bukitnya tidak setinggi Pulau Padar, namun pemadangan yang diberikan tidak kalah.

Hmmm... ini lagi, Pulau Kambing! Pulau kecil di Labuan Bajo ini berbanding terbalik dengan namanya. Meski "membawa" nama kambing, bukan berarti banyak kambing atau pulau ini bau kambing. Sama sekali tidak! Pulau kecil ini juga menyimpan keindahan alam laut yang luar biasa indah 

Terakhir, ada Pulau Bidadari. Angel Island, begitulah pulau ini akrab disapa di kalangan para wisatawan mancanegara. Jika merunut sejarah pulau ini, maka nama asli dari pulau bidadari adalah Pulau Bidara. Kamu bisa baca tentang sejarah dan apa saja yang dilakukan di Pulau Bidadari di sini. Masih banyak tempat wisata lainnya saya tidak bisa sebut satu persatu.

 

Foto utama via balicrowntour.com

Answered Oct 28, 2017
JC Princen
senang menjawab ketimbang bertanya ^_^

Misool, Raja Ampat, Papua Barat  yang paling cantik dan jarang terjamah

2I-IV-GzbMBOL_5HTAYHLZYGpYILGr4S.jpg

 

Answered Nov 19, 2019

Question Overview


10 Followers
1100 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

Gunung apa yang paling indah dan berkesan di Indonesia? Mengapa?

Apa yang istimewa dari Candi Borobudur sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Gili Trawangan sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Pulau Bali sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Danau Toba sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga banyak turis mengunjunginya?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa tempat wisata paling menarik di Indonesia yang pernah Anda kunjungi?

Bagaimana cara mendapatkan kamar hotel berbintang dengan harga murah?

Apa yang Anda tahu tentang pariwisata Sulawesi Utara?

Tempat apa yang harus/wajib dikunjungi ketika datang ke Indonesia?

Tempat wisata mana yang tidak mau Anda kunjungi lagi dan apa alasannya?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan melakukan arung jeram dan mengapa hal itu penting?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan melakukan backpacker travel dan mengapa hal itu penting?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan naik gunung dan mengapa hal itu penting?

Apa yang Kamu Ketahui Mengenai Kota Nganjuk di Jawa Timur?