selasar-loader

Apa makna dari lagu Indonesia Jaya?

Last Updated May 7, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Ragil Rizki Satria
Tenorist at Psm Gitasurya Umm

UtOr2M1doQ4XhjIxbG6CTvq31h3GourX.jpg

Hari-hari terus berlalu
Tiada pernah berhenti
S'ribu rintang jalan berliku
Bukanlah suatu penghalang

Hadapilah segala tantangan
Mohon petunjuk yang kuasa
Ciptakanlah kerukunan bangsa
Kobarkanlah dalam dada
Semangat jiwa Pancasila

Hidup tiada mungkin
Tanpa perjuangan
Tanpa pengorbanan
Mulia adanya…
Berpegangan tangan
Satu dalam cita
Demi masa depan
Indonesia Jaya

Indonesia Jaya, sebuah mahakarya putra bangsa bernama (Alm.) Chaken M. yang dengan penuh optimisme berusaha mengajak seluruh warga Indonesia untuk menyadari betapa pentingnya sebuah perjuangan dan pengorbanan yang jika dilalui bersama niscaya akan mampu mengantarkan kepada impian bersama.

Lagu ini memang bisa dibilang cukup lawas, namun entah kenapa setiap kali lagu ini saya nyanyikan di jalanan ataupun bersama paduan suara binaan saya, rasa merinding selalu datang dan saya tidak pernah bisa menahan air mata ini untuk mengalir. Seakan jiwa dari lagu ini selalu muncul dan merasuki hati ini.

Teringat bagaimana ketika tim binaan saya gagal memasuki babak final dari kompetisi paduan suara di Surabaya pada bulan Mei 2015 dan kami menyanyikan lagu ini sesaat setelah kami mendapat kabar bahwa tim paduan suara kami tidak lolos ke babak final. 

Ketika itu banyak dari anggota kami yang merasa sedih dan tertekan, namun setelah lagu ini kami nyanyikan bersama, seakan semua rasa sedih itu hilang seketika berganti dengan perasaan membara untuk berusaha lebih baik lagi di kompetisi berikutnya.

Lagu ini berhasil menyadarkan kami bahwa kami tidak gagal. Hanya saja, kami harus berusaha lebih baik di kesempatan berikutnya. Kami menyadari betapa pentingnya solidaritas dan kebersamaan, dan kesadaran itu pula yang melahirkan perasaan "greget" untuk membalas kegagalan kami. Irama, lirik dan alunan nada yang muncul dari lagu tersebut sukses menghipnotis semua orang yang menyanyikan maupun mendengarkannya.

Ada lagi sebuah cerita ketika saya diminta membina tim paduan suara karang taruna yang dibentuk secara dadakan. Jujur saja, saya sempat pesimis dengan diri sendiri karena saya tahu saya belum terlalu cakap dan juga waktu yang diberikan hanya 6 hari ditambah lagi anggota yang silih berganti.

Dan di saat itulah Mestakung juga terjadi, lagu Indonesia Jaya yang tadinya saya khawatirkan tidak dapat dikuasai dengan baik oleh penyanyi, justru dapat diselesaikan dengan baik dalam waktu hanya 5 hari dan berkat lagu itu pula, tim ini dapat bertahan dan solid serta memperoleh apresiasi yang luar biasa saat membawakan lagu tersebut bersama 4 lagu lainnya seperti Syukur, Indonesia Pusaka, Hari Merdeka, Indonesia Raya dalam acara Malam Renungan Hari Kemerdekaan di daerah Karang Taruna tersebut.

Sekali lagi, lagu ini mengajarkan betapa hidup ini akan selalu penuh rintangan. Namun ketika kita menyadari dan menjalaninya dengan penuh harapan kepada Yang Maha Kuasa serta bekerja sama untuk berjuang, maka segala impian kita akan menjadi nyata.

Terima kasih kepada Tuhan karena kami diberikan kesempatan menyampaikan rasa cinta tanah air melalui lagu ini. Terima kasih pula kepada (Alm.) Chaken M. yang telah menginspirasi kami lewat lagu ciptaannya yang sangat menggugah hati. Semoga Tuhan memberikanmu tempat terbaik di sisi-Nya.

Sumber gambar: istockphoto.com

Answered Aug 30, 2017
Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan

Sebelum mengetahu maknanya, berikut adalah lirik lagu Indonesia Jaya karya Chacken Matulatuwa [1948-2008]

Hari-hari terus berlalu
Tiada pernah berhenti
S'ribu rintang, jalan berliku
Bukanlah suatu penghalang

Hadapilah segala tantangan
Mohon petunjuk Yang Kuasa
Ciptakanlah kerukunan bangsa
Kobarkanlah dalam dada
Semangat jiwa Pancasila...

Hidup tiada mungkin tanpa perjuangan
Tanpa pengorbanan, mulia adanya
Berpeganglah tangan satu dalam cita
demi masa depan Indonesia Jaya

Indonesia Jaya merupakan satu dari 12 lagu terbaik lomba cipta lagu pembangunan tahun 1987. Penyanyi aslinya memang Harvey Malaihollo. Di album yang sama Pak Chacken juga menulis lagu Kusambut Hadirmu (dibawakan Andi Meriem Mattalatta), tapi tidak menjadi hit. Satu lagu lagi yang hit adalah Doa Anak Negeri (karya Donny Hardono dan D. Prasetyo) dengan vokalis Chrisye.

aY4G86kfmdsb013aEzvWFlDZdnismIE-.jpg

Indonesia Jaya jelas lagu perjuangan, tetapi saya rasa tidak indoktrinatif macam banyak lagu perjuangan umumnya. Bahkan penggarapannya pun dilakukan secara industri. Harvey Malaihollo, penyanyi asal Maluku membawakan Indonesia Jaya dengan sangat memukau.

Indonesia Jaya adalah sebuah lagu yang harus menjadi acuan para generasi penerus bangsa untuk menjunjung tinggi nasionalisme dengan berjuang memajukan bangsa.

Lagu ini dengan penuh optimisme berusaha mengajak seluruh warga Indonesia untuk menyadari betapa pentingnya sebuah perjuangan dan pengorbanan yang jika dilalui bersama niscaya akan mampu mengantarkan kepada impian bersama.

Answered Apr 11, 2018
Sri Wartini
Mantan Calon PNS

Hari-hari terus berlalu
Tiada pernah berhenti
S'ribu rintang jalan berliku
Bukanlah suatu penghalang

Hadapilah segala tantangan
Mohon petunjuk yang kuasa
Ciptakanlah kerukunan bangsa
Kobarkanlah dalam dada
Semangat jiwa Pancasila

Hidup tiada mungkin
Tanpa perjuangan
Tanpa pengorbanan
Mulia adanya…
Berpegangan tangan
Satu dalam cita
Demi masa depan
Indonesia Jaya

PseDuV3rC4WKxtjmopMYfa9xCF7lA3qB.jpg

Membaca lirik lagu ciptaan Chaken M.yang berjudul Indonesia Jaya tersebut mengarahkan pikiran kita untuk menggambarkan keadaaan bangsa Indonesia yang sedang terjadi saat ini, ketika krisis persatuan hampir mewarnai bumi pertiwi setiap harinya. Apalagi jika kita melihat kondisi saat ini, masyarakat terpecah membela kubu politik yang saling bersebrangan, menyerang satu sama lain, tanpa ingat persatuan.

Lebih dari 72 tahun yang lalu tepatnya tanggal 17 agustus 1945 atas nama persatuan rakyat Indonesia diikrarkanlah kemerdekaan Indonesia bangsa. Persamaan nasib karena penjajahan yang dilakukan bangsa asinglah yang mempersatukan rakyat untuk segera mengakhiri penderitaan akibat penjajahan.

Jika melihat perjuangan rakyat Indonesia pada masa itu yang begitu sangat menjunjung persatuan dan membandingkannya dengan saat ini pasti begitu berbeda. Wilayah Indonesia yang sabang sampai merauke memang berpotensi untuk terjadiny akonflik, membuat banggsa untuk selalu tegar menghadapi berbagaai tantangan.

Berbagai konflik muncul bukan hanya pada saat ini saja, bahkan jauh sebelumnya, dimulai tidak lama setelah Indonesia dinyatakan merdeka.

Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang meliputi Pancasila, UUD 1945, bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika tentunya akan mengantarkan Indonesia pada cita-cita perjangan yang sesungguhnya.

Pancasila adalah dasar negara yang merupakan identitas nasional,bangsa Indonesia, jadi dalam kehidupan sehari-hari sebisa mungkin sebagai warganegara Indonesia bersikap dengan bercermin pada Pancasila.

Sedangkan hukumnya berpegangan dengan sumber hukum yang berlaku di Indonesia yaituUUD 1945. Untuk bentuk Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI) tidak bisa ditawar lagi, Indonesia adalah negara kepulauan yang nusantara, begitu buruknya jika NKRI harus terpecah, untuk itulah semboyan Bhinneka Tunggal Ika harus terus dijayakan karena dalam perbedaan yang bersatu padu sesungguhnya ada banyak keindahan di dalamnya.

Itulah alasan Tuhan menciptakan manusia dalam wujud yang berbeda-beda agar saling mengenal satu sama lain bukan untuk membeda-bedakan. Bersatulah untuk Indonesia Jaya. Dirgahayu Indonesiaku.

-mHa5k44yPWDREJYpQ-W51AZeMv4ZvbS.jpg

Lagu ini diciptakan oleh Chaken Matulatuwa.  Ia adalah komposer lagu pop indonesia. Dia menyusun beberapa lagu untuk penyanyi manapun, dan kadang untuk kompetisi. Lagu yang berjudul Indonesia Jaya yang ditafsirkan oleh seorang penyanyi terkemuka Harvey Maleholo adalah komposisi paling populer di antara Chaken.

Tidak banyak yang memiliki data detail tentang karyanya. Ia dahulu tinggal bersama keluarganya di Bekasi, kota kecil dekat Jakarta (Jalan Pontianak I nomor 132 perumahan Naga Mas, Jaka Mulya Bekasi)

Chaken menderita stroke beberapa tahun yang lalu dan dia tidak memiliki dana yang cukup untuk mendapatkan pengobatan. Akhirnya, Indonesia memiliki seorang Presiden SBY yang memberikan perhatian mendalam terhadap kehidupan komposer.

Komposer Indonesia Chaken M meninggal pada tanggal 4 Maret 2008 di Rumah Sakit Cikini Jakarta Pusat.

Answered Apr 18, 2018

Question Overview


4 Followers
7792 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Apakah Xenophobia adalah konsekuensi logis dari Nasionalisme?

Bagaimana Anda memandang desa?

Seberapa dalam Anda mengenal Indonesia?

Seberapa nasionaliskah keturunan Cina di Indonesia?

Apa yang membuat Anda bangga menjadi orang Indonesia?

Bagaimana cara menanamkan nasionalisme kepada Gen Y/Net Genner/Millenials?

Apakah Anda rela jika Indonesia dihancurkan?

Apa makna dari lagu Indonesia Raya?

Apa makna dari lagu Bagimu Negeri?

Apa lagu yang paling menggetarkan hati yang pernah Anda dengarkan?

Apa yang Anda rasakan saat pertama kali mendengarkan musikalisasi puisi berikut ini?

Apa yang Anda pikirkan tentang lagu Surti Tejo karya Jamrud?

Ketika dia yang kau sayang sangat akhirnya pergi menyakitimu, akankah kau terus tenggelam?

Apa lagu anak-anak yang masih melekat di benak Anda hingga kini?

Apa lagu Nike Ardila yang paling anda suka, mengapa?

Lagu Jamal Mirdad apa yang paling Anda sukai? Mengapa?

Apakah Anda mempunyai kenangan khusus dengan musik atau lirik lagu tertentu sehingga sulit melupakannya?

Apa lirik lagu, jenis musik atau suara penyanyi yang mampu menghadirkan kenangan masa lalu?

Apa musik, lagu atau lirik lagu yang tidak ingin Anda dengar lagi dan apa sebabnya?