selasar-loader

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Last Updated Nov 23, 2016

9 answers

Sort by Date | Votes
El Hakim Law
Penikmat Politik

Karena kita bangsa yang ramah dan tak sadar kalau sedang "dijajah" secara ekonomi. Kayak sekarang kali ya.

Hasil gambar untuk indonesia dijajah belanda

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Dec 31, 2016
Habibi Yusuf
PNS di Kementerian Perindustrian

zDtnndpVOc10evTUolBppeAZAfQBHvEQ.jpg

Daerah-daerah di Indonesia saat itu masih menggunakan sistem kerajaan. Tentu dengan sistem kerajaan, ada kalangan elite (kerajaan) dan ada kalangan alit (rakyat biasa). Salah satu yang membuat penjajahan Belanda bertahan lama adalah karena Belanda memberlakukan standar ganda, yaitu kejam/intimidatif terhadap kawulo alit namun bersahabat dengan kawulo elit. Banyak elite kerajaan yang "kooperatif" dengan Belanda, antara lain karena kaum kerajaan juga mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Sementara di sisi lain, kawulo alit kondisinya lemah dan cenderung nrimo. Mau melawan tidak sanggup.

Di samping itu, tentu saja ada kerajaan-kerajaan atau elite kerajaan yang tidak demikian. Mereka tidak terima dijajah Belanda karena pada hakikatnya penjajahan itu sangat merugikan, baik bagi kawulo alit maupun kalangan elite juga. Untuk itu, sebagian elite kerajaan melakukan perlawanan kepada penjajah Belanda.

Namun, karena skala perlawanan ini relatif kecil, hanya regional. Belanda dapat dengan mudah mematahkan perlawanan ini satu per satu. Tentu saja Belanda didukung oleh pasukan yang banyak dan persenjataan yang jauh lebih modern. Karena perlawanan-perlawanan ini bersifat sporadis, maka Belanda masih mampu untuk menyelesaikannya.

Sampai akhirnya, ada momentum ketika Belanda mulai kerepotan, yaitu saat perlawanan bangsa Indonesia yang dipelopori kaum elite kerajaan berbeda daerah namun dalam waktu berdekatan. Antara lain Perang Diponegoro di Jawa dan Perang Padri di Sumatera. Dengan waktu yang berdekatan, Belanda kewalahan. Rupanya, sehebat-hebatnya pasukan dan teknologi Belanda akan susah juga menghadapi musuh dalam waktu beruntun.

Jadi, meski bangsa Indonesia ini besar jumlahnya, namun waktu itu masih belum bersatu. Belum ada juga perasaan satu ikatan nasib yang membuat para pejuang dari berbagai daerah menyatukan kekuatan dan waktu perlawanan sehingga penjajahan Belanda dapat langgeng bertahan lama. Hingga suatu hari, frekuensi perlawanan semakin meningkat dengan berbagai variasi gerakan dan persatuan bangsa Indonesia yang semakin kokoh, dan tibalah saatnya penjajahan Belanda berakhir dengan perjuangan bangsa Indonesia yang telah bersatu.

Ilustrasi via uodoo.com

Answered Jan 3, 2017
Fahmi Ramadhan
Constitutional Law Enthusiast | Anti Corruption Activist

afMZ1i0Qg_iT_wkw05DjkNPZORikQ6Xq.jpg

Karena perjuangan yang bersifat kedaerahan yang membuat kita bersatu untuk melawan Belanda, serta strategi Belanda yang dikenal dengan divide et impera atau adu domba. Belanda tahu kelemahan Indonesia adalah mudah dipecah belah.

 

sumber gambar: yukepo.com

Answered Jun 16, 2017
Muhammad Aufa
Admin di www.sekelumitpandang.com

vxGkqeo3HtRx8WSKfqt1KE-Al5POL40i.jpg

Dengan agak kesakit hatian kalau diperkenan saya mengataka berdasarkan apa yang ada di buku gold,germ and steel yang meski baru sekilas dibaca. 

Yang mana memang tidak hanya di Indonesia saja yang mengalami penjajahan. Karena mungkin sudah menjadi garis jalin takdir yang membuat peradaban eropa superior dikala mereka sedang bersiap ingin mengitari dunia.

Dan dalam buku tersebut dideskripsikan sebab sebabnya tanpa bermaksud untuk meninggikan suatu ras atau budaya tertentu. Dengan awal pertanyaan pembuka di dalam buku itu adalah kenapa bukan bangsa timur yang menjajah ke barat? Dan kemudian dilanjutkan dengan narasi bab bab panjang sejarah manusia yang ditampilkan dengan bukti kuat.

Hanya saja nasib kita yang terjajah belanda terlebih dahulu yang lebih kejam dan massif eksploitasinya. Dan belanda yang kalah perang dengan negara eropa lain membuat bangsa kita semakin tersedot sumber dayanya.

Meski dengan yaa, dengan agak memohon agar ada fakta lain lagi tetapi ternyata tidak juga.. Fakta sejarah tersebut tidak melulu membuat kira harus tunduk diri kita dapat melakukan sikap lain berdasarkan sejarah yang ada yaitu memberontaknya untuk masa depan kita. Tidak perlu berkecil dan bersakit hati. Rengkuh masa depan untuk kita.

 

sumber gambar

Answered Jun 16, 2017
Noval Aditya
Mahasiswa Ilmu Sejarah FIB UI 2015 | BEM FIB UI 2017

Sebelum berbicara soal alasan, terlebih dahulu kita perlu perjelas perihal konteks ruang dan waktunya di sini. Mayoritas masyarakat Indonesia meyakini bahwa Indonesia dijajah oleh Belanda selama kurang lebih 350 tahun, mulai dari 1592--1942. Padahal, pada tahun 1592, Belanda baru mendarat pertama kali di Nusantara, tepatnya di Banten. Sementara VOC yang berdiri pada tahun 1602, baru berbentuk kongsi dagang yang bekerjasama dengan institusi pemerintah pribumi. Di sisi lain, daerah seperti Aceh dan Bali, baru takluk kepada Belanda ketika memasuki abad ke-20. Wilayah Belanda di Nusantara sangatlah kecil apabila dibandingkan keseluruhannya. Setelah itu, baru ketika memasuki pertengahan abad ke-19 dimana diterapkan politik pasifikasi untuk menegakkan pax nederlandica.

Adapun berkenaan dengan pertanyaan mengapa penjajahan Belanda bisa sangat lama di beberapa daerah adalah karena penguasaan belanda yang sangat mengakar. Belanda tidak hanya melakukan penguasaan ekonomi dan politik semata seperti halnya penguasaan Inggris atas Malaya, namun penguasaannya meliputi hukum, sosial, budaya, keagamaan, dan semua bidang kehidupan pribumi. Pembatasan peranan pribumi juga menjadikan ruang gerak rakyat sangat terbatas untuk melakukan mobilisasi. Ditambah lagi perlawanan yang bersifat kedaerahan dan tidak ditunjang oleh kesamaan ideologis sebelum memasuki abad ke-20, tidak mampu menggoyang kekuasaan politik pemerintah kolonial Hindia-Belanda. 

Answered Aug 8, 2017
Anonymous

banyak sekali orang yang rakus. Dalam artian penjajah menawarkan sejumlah uang dan mereka mau melakukan apa saja. Asal ada uang maka semua orang bisa jadi teman. Tak peduli dengan sebenarnya ia lawan yang sengaja menjatuhkan.Jika saja di masa lalu orang Indonesia lebih kompeten, memiliki teknologi yang tinggi, maka penjajah tak akan bisa masuk. Kalau pun masuk mereka tak akan bertahan lama. Kerajaan-kerajaan besar di Indonesia pasti menumpasnya dengan segara. Namun sayang beribu sayang negeri ini kalah segalanya.Orang-orang Indonesia di masa lalu mudah sekali dipengaruhi oleh kepentingan asing. Bahkan budaya itu masih bertahan hingga sekarang. Saat Indonesia telah mendapatkan kemerdekaan selama 70 tahun, nyatanya penjajah masih saja menyusup dalam bentuk lain. Bahkan bisa dibilang mengerikan

Answered Aug 17, 2017
Anonymous

Menurut saya pada waktu itu indonesia sangat kaya akan rempah-rempahnya dan juga kekayaan alam lainnya,sedangkn di negara belanda rempah" jarang di temukan untuk itu mereka datang ke indonesia dan menjajah indonesia

Answered Aug 20, 2017
Anonymous

Banyak faktor, salah satunya karena pergerakan untuk melawan penjajah masih bersifat kedaerahan, adanya kesadaran untuk melakukan persatuan perlawanan baru terealisasi di awal tahun 1900an

Answered Jan 4, 2018
deny tarut96
namaku Deny,Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Undana Kupang NTT

Aneh memang,namun itulah fakta yang terjadi.Secara luas wilayah dan jumlah penduduk jelaslah Belanda kalah jauh dari kita.Namun apa faktor utama bangsa kita dijajah selama itu?

Hemat saya,penyebabnya yaitu orang - orang kita pada zaman itu kurang memanfaatkan kesaktian dari ilmu "pelet","Santet" dan sebagainya.

Coba bayangkan,di negara mana segumpalan kawat bisa dimasukkan kedalam perut tanpa melalui mesin/alat.Jawabannya Indonesia! Dinegara mana paku bisa dimasukkan kedalam lambung tanpa disadari si "pemilik lambung" Jawabannya Indonesia!!

Orang-orang Eropa/Amerika pun pasti tidak mampu melakukannya.

Padahal  hanya dilakukan seorang diri lho..

So,seandainya ada 100 orang yang punya ilmu tersebut dan masing-masing mereka menyantet 5 orang Belanda.Udah tau siapa yang menang perang kan?

Hehehe...just kidding...my imajination

Answered Jun 26, 2018

Question Overview


11 Followers
4420 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Setelah menjajah selama 350th, Bagaimana perasaan/kesan orang Belanda terhadap Indonesia?

Apa yang membuat negara Belanda sangat istimewa di mata Anda? Bisa ceritakan alasannya?

Apakah hukum pidana yang dipakai Belanda sekarang sama dengan yang diwariskan ke Indonesia?

Apakah benar Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun?

Apakah benar pada masa penjajahan bangsa Indonesia hanya menggunakan bambu runcing sebagai senjata untuk melawan Belanda?

Bagaimana jika Belanda tidak menjajah Indonesia?

Benarkah Belanda merupakan bangsa barat pertama yang memiliki persahabatan dengan Jepang?

Apa kesulitan terbesar saat Anda belajar bahasa Belanda?

Mengapa kuliah di Belanda begitu menarik dan prestisius?