selasar-loader

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Last Updated Nov 23, 2016

13 answers

Sort by Date | Votes
Indria Salim
Penulis dan penerjemah lepas, bangga menjadi orang Indonesia.

Yang sudah terbukti, antara lain:
1. Nasi Goreng: Bahannya mudah dicari, masaknya praktis, dan bisa diterima oleh lidah dari berbagai latar belakang budaya di dunia.
2. Sate Ayam: Makanan ini banyak penggemarnya (warga non-Indonesia). Sering dijumpai di perhelatan oleh kedutaan besar di negara lain. Cita rasanya yang mudah disesuaikan dengan lidah warga dunia, membuatnya lekas dikenal dan disukai secara internasional.
3. Tempe: Makanan ini bahkan sudah ada beberapa yang ingin memproduksinya, di negara luar Indonesia maupun oleh warga non-Indonesia, misalnya di Inggris, di Jepang, di Amerika.
4. Rendang: Makanan ini berbahan daging atau ayam sebagai bahan utama, meskipun bisa terbuat dari telur atau lainnya. Cita rasanya juga bisa disesuaikan menurut selera, dan keberterimaannya oleh banyak kalangan membuatnya mudah go internasional. Tentu rempah-rempah sebagai bumbunya menjadi pertimbangan tersendiri untuk pengadaannya.
 

Answered Jan 13, 2017
Badrul Munir Chair
Penulis dan Dosen

Rendang, karena memiliki kekayaan bumbu khas Indonesia.

Answered Jan 15, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

IBpOkCXyVBnQShnYkK7VT7jgzoaDq0vh.jpg

Menurut saya Soto Betawi, karena lidah orang luar kemungkinan tidak suka dengan yang pedas seperti kebanyakan masakan Sumatera. Lagipula, masakan Sumatera cenderung bias secara identitas, karena dimiliki juga oleh negara lain seperti Malaysia. Pengaruh masakan India dan Cina juga sangat melekat di masakan-masakan Sumatera. Kemudian, bila masakan Sumatera yang ditonjolkan, relatif tidak adil juga untuk masakan daerah lain, seperti gudeg, kaledo, atau papeda.

Nah, Soto Betawi adalah identitas ibukota Indonesia. Akses orang luar untuk kenal Soto Betawi seharusnya lebih mudah dibandingkan masakan lain. Soto Betawi juga bisa mewakili soto-soto lain yang menyebar di Indonesia, seperti Soto Banjar, Soto Lamongan, Soto Padang, dan lain-lain. 

Sekian!

Answered Feb 9, 2017
Gery Anggriawan
Blogger @ busaisah.blogspot.com :D

Rm2guOR8_A68giN4ICe_TuNzG6bcowsw.jpg

Mendoan. :D

Answered Feb 9, 2017
Jonathan Sadikin
Tinggal di Indonesia.

Pertama, pikirkan dulu kriteria "go internasional". Ada beberapa kunci dari masakan internasional. Pertama, masakan itu harus lezat, populer, memiliki bahan baku yang mudah didapat, terjangkau, dan memiliki karakteristik tersendiri.

Lul00uTJDPUgD1uwtx-NZs1jZoectqD_.jpg

Dengan mempertimbangkan kriteria ini, apa masakan yang PALING mungkin? Sate dengan saus kecap dan bumbu kacang. Lezat? Pastinya! Bayangkan puluhan tusuk daging ayam, kambing, atau sapi yang dipanggang perlahan-lahan di atas bara api... sampai mendesis panas dengan lemak dan membentuk kulit luar yang gurih dan bagian dalam yang empuk dan sedap... lalu diberi saus kacang yang enak, kecap manis, dan sambal serta bawang merah dan jeruk nipis... Tiap kali ada tamu dari luar negeri yang ingin mencicipi masakan Indonesia, saya tanpa ragu akan menawari sate. Dari puluhan sahabat yang pernah mencoba, belum ada yang tidak ketagihan! Populer? Jelas. Bahkan tanpa promosi dari siapapun dan dengan mengingat politik kuliner Indonesia yang ketinggalan zaman, sate dan bumbu kacang sudah mencapai channel memasak internasional seperti food network (Valerie's Home Cooking pernah menggunakan bumbu sate sebagai bahan masakan utama). Bahan baku mudah didapat? Yap! Kacang indonesia dan kacang luar seperti mete, kacang tanah, atau soy bean bisa digunakan sebagai bahan pembuat saus kacang yang enak. Kecap memang agak sulit... tapi kecap manis bisalah didapat di luar negeri walaupun lebih mahal dari biasanya. Daging ayam, kambing, dan sapi tersedia melimpah. Arang ada, cabai ada, bawang merah ada... lengkap! Terjangkau? Yup! Dari bahan-bahan yang diperlukan, paling mahal di luar Indonesia cuma kecap manis! Karakteristik tersendiri? Oh pastinya. Sate tidak bisa disamakan dengan shish kebab atau daging panggang di luar negeri. 100% Indonesia, 100% unik, 100% mantap.

Nasi goreng adalah ide yang menarik, tapi nasi goreng bukan secara eksklusif makanan Indonesia. Nasi goreng cina adalah nasi goreng tertua (dan banyak yang berpendapat, terbaik). Tempe bisa jadi ide yang cukup bagus, tapi proses pembuatan tempe bisa membuat beberapa calon konsumen mengernyikan dahi. Soto, rendang, dan masakan padang lainnya adalah ide yang sangat bagus dari segi popularuitas tapi tidak terlalu baik dari segi bisnis karena masalah bumbu. Siapapun yang pernah tinggal lama di luar negeri akan menyadari bahwa membeli bahan makanan Indonesia di luar negeri memang mungkin, tapi mahal... dan masakan berempah membutuhkan banyak sekali bumbu...

 

sumber gambar : tentangapa.com

Answered Apr 25, 2017
Wulandari Putri
Seorang yang memiliki hobi travelling, memasak dan mau tau aja...

xTmWKvk-fBxZB-4TWJydMdKzrcSp7zRv.jpg

Wow, kalau ditanya masakan Indonesia yang go international, ada banyak banget, misalnya nasi padang hehehe.
Selain itu, yang bisa go international adalah juga sate, soto, sambal matah Bali, rendang, dan apalagi ya... lupa.

 

Ilustrasi via lh4.ggpht.com

Answered Jul 12, 2017

FEB_Perbankan Syariah

SATE & RENDANG

Answered Aug 19, 2017
Latifah
Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

Rendang dan Nasi Padang

Answered Aug 19, 2017
Anonymous

UIN Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, HI

Soto tauco khas pekalongan, soto yang diberi bumbu tauco (sejenis fermentasi kedelai) membuat rasanya unik dan beda dari soto kebanyakan.

Answered Aug 20, 2017

Rendang. Dengan segala racikan bumbu yang serba ada, dengan citra rasa yang pas di lidah, dan aromanya yang menggugah selera. Rendang pantas menjadi makanan yg Go internasional.

Answered Aug 20, 2017

Rendang, sate ayam, nasi goreng

Answered Aug 20, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

NASI GORENG!

Mengapa? Karena saya sering mendengar orang di luar negeri yang pernah merasakannya, langsung suka sama makanan ini. Mungkin karena rasanya lebih mudah diterima oleh ras-ras lain.

Answered Aug 21, 2017
Radhiyan Pribadi
Mawapres Utama FISIP Universitas Indonesia 2017-Rumah Kepemimpinan R1 Jakarta

Pertanyaan yang sangat menarik! Mari kita bahas secara substantif dan mendalam!

Sejujurnya, saya sempat memikirkan hal ini ketika menjadi seorang siswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat sewaktu SMA dahulu. Di Amerika, makanan-makanan dari seluruh dunia ada, tapi yang paling populer adalah pasta, makanan Meksiko, dan chinese food (di luar makanan "khas Amerika" seperti hamburger dan french fries). Mungkin alasan sederhananya adalah karena makanan atau masakan tersebut dibawa oleh imigran-imigran yang datang ke Amerika lalu membuka restoran di sana. Tapi, makanan-makanan dari Thailand, yang bukan merupakan kontributor utama dari imigran di Amerika Serikat, juga populer. 

Lalu timbul pertanyaan, mengapa makanan Indonesia tidak populer?
Mengapa makanan Italia seperti pasta dan pizza sangat terkenal dan ada di mana-mana?
Mengapa makanan Jepang dapat menjadi super terkenal (siapa di dunia ini yang tidak tahu sushi?) dan makanan Indonesia tidak? 

Pembanding yang paling bisa dijadikan contoh adalah pasta dari Italia. Makanan Jepang seperti sushi mungkin memang sangat populer, tapi sushi bukan makanan yang dikonsumsi dalam keseharian dan seringkali merupakan makanan istimewa saja. Sementara itu, pasta dapat dikatakan merupakan daily staple di banyak negara di dunia. Sebuah survei yang dilakukan oleh Oxfam pada tahun 2011 menyebutkan bahwa Venezuela bahkan mengalahkan Italia dalam tingkat konsumsi pasta!

Lalu, bagaimana caranya pasta bisa jadi populer?

Rupanya alasannya adalah karena pasta murah, serbaguna, dan praktis menurut Jim Winship dari Pizza, Pasta & Italian Food Association yang berbasis di Inggris. Selain itu, pasta juga merupakan suatu produk yang mudah diproduksi secara massal dan memiliki usia rak (shelf life) yang panjang. Pasta merupakan produk hasil dari industrialisasi, yang mudah didistribusikan ke rumah-rumah dan supermarket di seluruh dunia. 

Lalu, melalui kasus studi pasta, kira-kira makanan Indonesia apa yang dapat menaklukkan dunia? Memang, jawaban cepat mungkin menyatakan nasi goreng atau rendang adalah juaranya. Akan tetapi, melihat kriteria yang dibutuhkan dari studi kasus pasta, saya tidak yakin. Rendang memiliki proses memasak yang rumit dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan juga relatif banyak sehingga akan membuatnya menjadi makanan yang mahal dan kurang serbaguna. Sementara itu, nasi goreng membutuhkan beras yang mungkin sulit ditemukan sehingga kurang praktis.

Saya akan berargumen bahwa bedasarkan bukti empiris, mie goreng atau mie rebus adalah makanan yang paling mungkin go international. Salah satu merek terkenal dari mie goreng atau mie rebus instan dari Indonesia telah merajai 70 persen pangsa pasar di Nigeria. Yep, mie goreng atau mie rebus merupakan produk yang dapat diindustrialisasi secara massal, murah, serbaguna (dapat diadopsi menjadi rasa-rasa lain yang cocok dengan tempat ia dipasarkan), dan praktis. Memang dan mungkin Anda berpikir bahwa mie goreng atau mie rebus bukanlah masakan yang benar-benar khas Indonesia, akan tetapi saya percaya bahwa dunia kuliner merupakan tempat perkawinan budaya-budaya dan kuliner-kuliner lain dari seluruh dunia. Mie goreng dan mie rebus dapat mempertahankan identitas Indonesianya. Di sisi lain, kedua makanan ini juga mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat ia dijual. 

PHL8MMwsCjkLczkJ1D5pdXmpHzNo-bIZ.jpg

Selain mie rebus dan mie goreng, makanan yang menurut saya juga potensial adalah sate ayam atau kambing, melihat popularitas kebab. Dendeng juga merupakan suatu makanan yang memiliki usia rak yang cukup panjang, walaupun mungkin belum tentu mudah diproduksi. Akan tetapi, kedua makanan tersebut memiliki potensi menjadi lauk-pauk yang terkenal di seluruh dunia. 

Saya harap Indonesia sebagai negara yang kaya rasa dapat terjun ke kuliner dunia dan menjadi raja. Seandainya kita bertualang di New York atau Amsterdam suatu hari nanti, mungkin kita bisa melepas rindu dengan mudahnya di jalanan membeli masakan Padang layaknya kita membeli burger. Semoga benar-benar terjadi!

Answered Oct 2, 2017

Question Overview


18 Followers
2170 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Seperti apakah pengaruh budaya populer pada makanan?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Kenapa Indomie bisa enak dan murah sekali?

Bagaimana asal mula menjamurnya tenda pecel lele di Indonesia?

Sebagai negara kelautan, mengapa masyarakat Indonesia jarang mengkonsumsi ikan?

Makanan Indonesia apa yang paling Anda suka?

Apa saja makanan asli dari leluhur/pendahulu Indonesia?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Bagaimana cara memasak rendang yang enak?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa masakan Jepang sering disajikan dalam keadaan mentah?

Dari setiap masakan/makanan Jepang yang ada, apa yang terbaik menurut Anda dan apa alasannya?

Makanan apakah yang menurutmu 'Jepang banget'?

Apa restoran Padang terbaik di Jakarta? Mengapa?

Kuliner apa yang menurut Anda spesial di Sydney?

Kuliner apa yang paling kamu rekomendasikan di Jakarta?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Bagaimana positioning Indonesia di dunia global?

Kapan Perang Dunia III muncul?

Apa yang membuat Israel menang dalam perang melawan gabungan negara-negara Arab?

Mengapa Israel dalam beberapa dekade menjadi maju sekali jauh meninggalkan negara-negara arab di sekitarnya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Bagaimana cara mengakhiri konflik di Syiria?

Selain Korea Selatan, Singapura, apa ada cerita tentang negara lain yang dahulu miskin kini kaya raya?