selasar-loader

Apakah itu literasi? Apa saja pembagian dari literasi itu sendiri? Dan seperti apa contohnya?

Last Updated May 5, 2017

Apakah itu literasi? Lalu,apa saja pembagian dari literasi itu sendiri? Dan seperti apa contohnya?

4 answers

Sort by Date | Votes
Ikhwanul Halim
Ayah, Suami, Penyair, Penulis, Pengarang, Editor, Satiris, Humoris

WhIKWgpQ81Ao4Ltuqg63-lKrVIOQZv0W.jpg

Secara tradisional, arti literasi adalah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung aritmatika (calistung).  

Diperdalam lagi, makna literasi adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, membuat, berkomunikasi, dan menghitung dengan menggunakan bahan cetak dan tulisan serta kemampuan untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan gagasan.

UNESCO mendefinisikan literasi sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, berkomunikasi dan menghitung, menggunakan materi cetak dan tulisan yang terkait dengan berbagai bidang. Melibatkan sebuah rangkaian pembelajaran yang memungkinkan individu untuk mencapai tujuan mereka untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi mereka dan untuk berpartisipasi sepenuhnya dalam masyarakat mereka dan masyarakat luas.

Contoh dari literasi adalah kemampuan berbahasa yang lengkap menyangkut aspek-aspeknya, mulai dari tata bahasa, teknik berbahasa, fonetik, dan lain-lain. Termasuk di sini kemampuan menguasai bahasa asing. 

Contoh lain adalah kemampuan menulis sesuai kaidah bahasa, sastra, atau aturan penulisan dokumen.   

Gambar via nusantaranews.co

Answered May 5, 2017
Hamdi Alfansuri
Menggemari kata-kata dan yang ada padanya.

hSHhNk7BapRBB26rwE15gf5Z6kVj1Y_X.jpg

Ketika membaca pertanyaan tentang arti atau definisi suatu kata, yang pertama saya buka adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan (KBBI Daring). Ketika memasukkan kata ‘literasi’ pada bagian pencarian, muncul pemberitahuan ‘Maaf, tidak ditemukan kata yang dicari’.

Lalu saya mencoba mencari menggunakaan mesin pencari Google dan menemukan banyak artikel atau tulisan yang merujuk pada pengertian literasi. Literasi secara bahasa adalah keberaksaraan, yaitu terkait dengan aksara. Dalam bahasa inggris, literacy artinya kemampuan membaca dan menulis dan kompetensi atau pengetahuan di bidang khusus.

Menurut Kamus Online Merriam-Webster, literasi berasal dari istilah latin ‘literature’ dan bahasa inggris ‘letter’. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis.

National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Definisi ini memaknai Literasi dari perspektif yang lebih kontekstual.

Atau secara sederhana Literasi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar terkait dengan huruf/akrasa, seperti menulis, membaca, berhitung, dan memahami. Apabila dirincikan lebih lanjut dalam dibagi menjadi beberapa poin sebagai berikut:

Membaca

baca/ba·ca/ v, membaca/mem·ba·ca/ v 1 melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati 2 mengeja atau melafalkan apa yang tertulis; 3 mengucapkan: - doa, 4 mengetahui; meramalkan 5 memperhitungkan; memahami

Secara istilah membaca merupakan kegiatan mengeja atau melafalkan serta memahami isi dari apa yang tertulis. Membaca pada umumnya digunakan untuk mengetahui, memahami dan memperoleh informasi baru dari sumber bacaan baik berupa buku, selebaran, dan hal tertulis lainnya.

Menulis

menulis/me·nu·lis/ v 1 membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya) 2 melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan 3 menggambar; melukis 4 membatik (kain)

Menulis adalah kegiatan membuat huruf-huruf dengan pena dalam bentuk visual atau melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang dengan tulisan. Menulis saat ini menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua orang. Dengan menulis juga akan mempermudah dan mengakomodasi beragam informasi dan pemikiran sehingga dapat disampaikan secara luas dan masif.

Berhitung

berhitung/ber·hi·tung/ v 1 mengerjakan hitungan (menjumlahkan, mengurangi, dan sebagainya) 2 berunding untuk memeriksa laba-rugi (perniagaan)

Berhitung merupakan kemampuan yang mirip dengan membaca, namun yang diterjemahkan adalah dalam bentuk angka bukan huruf. Melalui kemampuan berhitung seseorang dapat mengenal dan mengerti perihal jumlah, membilang banyaknya benda, dan pada tingkat lanjut dapat melakukan proses perhitungan.

Selain itu literasi juga dapat dibagi menurut konten bahasannya, sehingga saat ini muncul beberapa istilah seperti Literasi Media, Literasi informasi, Literasi Maklumat, Literasi Anak dan lain sebagainya.

Contoh dari literasi itu sendiri seperti kemampuan membaca, menulis, menghitung, mengalisa dan memahami persoalan tersurat dan tersirat, menghasilkan karya sastra, dan lain-lain sebagainya.

 

Hamdi Alfansuri

Bandung, Agustus 2017

 

Referensi: satu, dua, tiga, dan KBBI Daring.

Sumber foto: disini

Answered May 6, 2017
Ade Rainaldo
Beswan Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung || Penulis Buku Resonansi 2017

uvxxciBZJ9y8xydlTud-3NzxBaneXN-r.jpg

Literasi oh Literasi. Fenomena yang sangat unik berada di sekitar kita saat ini.

Yuk, kita terjun.

 

sumber gambar: sekolahguruindonesia.net

Answered May 12, 2017
Zulfian Prasetyo
Sastra bukan hanya bahasa. Sastra adalah puncak peradaban.

Saya sebenarnya agak bingung dengan pernyataan awal Hamdi Alfansuri. Ia bilang, kata itu (atau istilahnya lema) tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Karena penasaran, saya buka URL yang merupakan KBBI daring yang asli (FYI, ada beberapa yang tidak asli, kalau saya tidak diperkenankan melabelinya "kw").

Saya coba ketikkan lema "Literasi" demi memuaskan rasa penasaran. Ternyata, ada. Inilah pengertian atau definisi dari literasi. Saya sadurkan dari kbbi.kemdikbud.go.id.

li.te.ra.si1 /litêrasi/

  1. n kemampuan menulis dan membaca
  2. n pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu: -- komputer

li.te.ra.si2 /litêrasi/

  • n penggunaan huruf untuk merepresentasikan bunyi atau kata
 
Definisi atau pengertian literasi sudah terungkap. Selanjutnya adalah pembagian literasi. Untuk yang satu ini, saya agak bingung juga mau mulai dari mana. Tapi saya menemukan bahwa diri saya sepakat dengan pernyataan dari Pak Ikhwanul Halim, seorang pria yang sehari-hari berkutat dengan jagat literasi, juga mas Hamdi si pecinta kata (dan sekaligus wanita, mudah-mudahan).
 
Baca, tulis, dan hitung dapat dianggap sebagai pembagian dari literasi karena merupakan bagian dari literasi itu sendiri. Sebenarnya kalau mengacu pada KBBI, yang utama adalah baca dan tulis sih. Tapi saya teringat juga perihal literasi finansial yang rasanya mustahil dilakukan tanpa melibatkan keahlian menghitung. Jadi, berhitung seharusnya bisa dianggap sebagai pembagian dari literasi, meski mungkin masih debatable juga. Pihak KBBI mau mempertimbangkan ulang, mungkin?
 
Contoh-contoh literasi adalah seperti berikut ini.
 
Literasi Kesehatan

Literasi kesehatan merupakan kemampuan untuk memperoleh, mengolah serta memahami informasi dasar mengenai kesehatan serta layanan-layanan apa saja yang diperlukan di dalam membuat keputusan kesehatan yang tepat.

Literasi Finansial

Yang kedua adalah literasi finansial, yakni kemampuan di dalam membuat penilaian terhadap informasi serta keputusan yang efektif pada penggunaan dan juga pengelolaan uang, di mana kemampuan yang dimaksud mencakup berbagai hal yang ada kaitannya dengan bidang keuangan.

Literasi Digital

Literasi digital merupakan kemampuan dasar secara teknis untuk menjalankan komputer serta internet, yang ditambah dengan memahami serta mampu berpikir kritis dan juga melakukan evaluasi pada media digital dan bisa merancang konten komunikasi.

Literasi Data

Literasi data merupakan kemampuan untuk mendapatkan informasi dari data, lebih tepatnya kemampuan untuk memahami kompleksitas analisis data

Literasi Kritikal

Literasi kritikal merupakan suatu pendekatan instruksional yang menganjurkan untuk adopsi perspektif secara kritis terhadap teks, atau dengan kata lain, jenis literasi yang satu ini bisa kita pahami sebagai kemampuan untuk mendorong para pembaca supaya bisa aktif menganalisis teks dan juga mengungkapkan pesan yang menjadi dasar argumentasi teks

Literasi Visual

Literasi visual adalah kemampuan untuk menafsirkan, menciptakan dan menegosiasikan makna dari informasi yang berbentuk gambar visual. Literasi visual bisa juga kita artikan sebagai kemampuan dasar di dalam menginterpretasikan teks yang tertulis menjadi interpretasi dengan produk desain visual seperti video atau gambar

Literasi Teknologi

Literasi teknologi adalah kemampuan seseorang untuk bekerja secara independen maupun bekerjasama dengan orang lain secara efektif, penuh tanggung jaab dan tepat dengan menggunakan instrumen teknologi untuk mendapat, mengelola, kemudian mengintegrasikan, mengevaluasi, membuat serta mengkomunikasikan informasi.

Literasi Statistik

Literasi statistik adalah kemampuan untuk memahami statistik. Pemahaman mengenai ini memang diperlukan oleh masyarakat supaya bisa memahami materi-materi yang dipublikasikan oleh media.

Literasi Informasi

Literasi informasi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang di dalam mengenali kapankah suatu informasi diperlukan dan kemampuan untuk menemukan serta mengevaluasi, kemudian menggunakannya secara efektif dan mampu mengkomunikasikan informasi yang dimaksud dalam berbagai format yang jelas dan mudah dipahami.

Ini saya sadur dari gurudigital.id

Answered Mar 27, 2018

Question Overview


5 Followers
14518 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa itu Indonesia Membumi? Apa saja kegiatannya?

Mengapa kata Literasi tidak ada dalam KBBI Daring?

Berapa bahasa daerah yang Anda kuasai?

Literasi dan Kolaborasi Menjadikan Selangkah Lebih Maju

Apa yang membuat Anda kecanduan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram?

Mengapa media disebut "Pilar Keempat" dalam demokrasi?

Apa yang dimaksud "fact is sacred" dalam menulis berita?

Apa yang dimaksud "Cub Reporter"?

Apa yang disebut "Hook" dalam menulis berita?

Apa yang dimaksud "Firsthand Account" dalam meliput peristiwa?

Bagaimana membedakan antara "Firsthand Account" dan "Secondhand Account" dalam menulis berita?

Siapakah Trias Kuncahyono?

Efektifkah aksi boikot Metro TV melalui Petisi?

Model bisnis apa saja yang biasa dilakukan oleh media online?

Adakah karya sastra yang memiliki tema tentang parfum?

Apakah yang dimaksud dengan penulisan kreatif?

Apa puisi Chairil Anwar yang paling Anda sukai?

Siapa sastrawan paling "nyastra" menurut Anda? Mengapa?

Mengapa pada masa sekarang sangat sedikit penulis Indonesia yang memiliki kualitas layaknya Pramoedya Ananta Toer?

Dari mana cara termudah memulai mencari ide untuk menulis novel?

Bagaimana cara paling efektif untuk mengembangkan alur dalam menulis novel?

Bagaimana proses kreatif saat pertama kali menulis novel?

Siapakah sastrawan Indonesia paling Anda sukai? Mengapa?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?