selasar-loader

Berkas/Dokumen/Syarat apa saja yang diperlukan untuk berkuliah pascasarjana di luar negeri?

Last Updated Nov 23, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

O_5pbly5XkkQo8H_ChTzDcyc1gA0Fuyb.jpg

via: kissr.edu.krd

Berkas-berkas yang diperlukan untuk kuliah pascasarjana di luar negeri pada umumnya sama, meski ada beberapa perbedaan yang tergantung dari negara tujuan belajar.

Beberapa berkas yang diperlukan adalah:

1. Ijazah dan transkrip 

Tentu ijazah dan transkrip diperlukan untuk melamar program studi yang kita inginkan. Jika ijazah dan transkripnya tidak dalam bahasa Inggris atau bukan model yang bilingual, segera terjemahkan melalui penerjemah yang tersumpah.

2. Sertifikat bahasa

Masing-masing universitas dan program studi tentu mempunyai standar sertifikat bahasa apa yang menjadi syarat, apakah TOEFL IBT, IELTS, TOEIC, atau yang lainnya, tergantung bahasa apa yang digunakan beserta skor minimum yang harus dicapai.

3. Motivation letter

Sering juga disebut personal statement atau statement of purpose atau cover letter. Ini merupakan surat yang isinya menjelaskan secara singkat tentang diri kita, mengapa kita memilih universitas dan program studi yang kita inginkan, serta harapan jika kita diterima. Buatlah surat ini secara orisinil, jangan copy paste dari orang lain.

4. Surat rekomendasi 

Surat rekomendasi berasal dari dosen, atasan, atau orang-orang yang pernah bekerjasama dengan kita sehingga mengetahui pribadi kita dengan baik. Biasanya diperlukan minimal dua buah surat rekomendasi. Pastikan surat tersebut dicetak pada kertas berkop.

5. Paspor

Paspor yang masih berlaku tentu diperlukan. Jika paspor mendekati habis masa berlakunya, segera perpanjang.

6. Surat sponsor 

Surat ini menyatakan siapakah yang akan membiayai, apakah diri sendiri, kantor, atau lembaga pemberi beasiswa.

7. Surat kesehatan 

Beberapa negara mengharuskan para pelajar internasional menjalani medical check up terlebih dahulu, terutama untuk screening Tuberculosis. Program studi tertentu, misalnya kesehatan/kedokteran, juga mensyaratkan sudah vaksinasi Hepatitis B.

8. Proposal riset

Bagi yang memilih program studi yang by research, proposal riset penting untuk disiapkan. Cari kontak juga dengan profesor atau pengajar yang bersedia menjadi pembimbing riset.

9. Hasil GMAT atau GRE

Universitas di Amerika Serikat sering mensyaratkan skor GMAT/GRE untuk mendaftar program studi yang ada.

Secara umum, dokumen-dokumen tersebutlah yang penting untuk disiapkan. Jangan lupa membaca detail persyaratan dari masing-masing universitas atau program studi.

Answered Feb 1, 2017