selasar-loader

Apakah imam dalam ajaran Syiah sama kedudukannya dengan khalifah?

Last Updated May 2, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Nauval El-Hessan
Quranic disciple

kcBuS5ea-ojDVugbm-K2ea0I_7HFN4hx.jpg

Dalam ajaran Syiah, kedudukan imam lebih tinggi daripada khalifah karena imam penunjukannya didasarkan pada Qur'an dan Sunnah. Ali Asgar Nusrati, salah seorang cendekiawan Syiah menyebutkan bahwa legitimasi imam tidak membutuhkan baiat dari umat, sedangkan khalifah membutuhkan baiat umat. Tentu saja pembaiatan khalifah oleh umat bukan hanya dibenarkan oleh ulama Syiah seperti Murtadha Mutahhari dan Muhammad Baqir Ash-Shadr, melainkan juga oleh ulama Sunni sekaligus pendiri Hizbut Tahrir, Taqiuddin an-Nabhani.

Ketika saya menyebutkan imam dalam konotasi Syiah, maka itu berbeda dengan konotasi Sunni dan aliran lainnya. Imam dalam konotasi Syiah adalah mereka yang berasal dari keturunan Nabi Muhammad, dari jalur Sayyidah Fathimah Az-Zahra. Lebih khusus lagi, dari jalur Imam Husain (Asy-Syuhada) bin 'Ali bin Abu Thalib. Memang, bila kita melihat Syiah sendiri terdapat banyak perbedaan. Misalkan Syiah Kaisaniyah berpendapat bahwa imamah berhenti pada Muhammad Al-Hanafiyah. Muhammad Al-Hanafiyah merupakan anak dari Imam 'Ali (Amirul Mu'minin) bin Abu Thalib, namun dari jalur istrinya setelah Sayyidah Fathimah wafat, yaitu dari rahim Khawlah binti Ja'far.

Namun, itu bukan permasalahan pokok. Hal yang paling pokok adalah ketika saya menyebut imam dalam konotasi Syiah, maka selain berasal dari garis keturunan Nabi Muhammad, juga mereka diasumsikan maksum (suci dari dosa dan kesalahan). Tentu saja, meskipun saya Syiah, saya tidak setuju dengan ide kemaksuman ini. Akan tetapi, bukan saatnya saya menawarkan ide saya. Hal yang saya ingin tunjukkan adalah bahwa Syiah mengasumsikan para imam itu sama seperti para nabi, yaitu maksum, walaupun kadar kemaksumannya berbeda.

Para khalifah, berada di bawah imam karena khalifah tidak ditunjuk langsung oleh Allah dan Nabi-Nya, juga tidak mencapai derajat kemaksuman. Tentu saja ini didasarkan oleh Syiah pada Qur'an dan Sunnah. Ayat pamungkas yang menjadi dalil Syiah adalah surah Al-Ahzab (33): 33. Sunnah yang menjadi dalil pamungkas Syiah adalah tentang Hadits Ghadir Khum dan Hadits Ahlul Kisa. Kedua hadits tersebut tidak hanya diriwayatkan oleh ulama Syiah seperti Al-Kulaini, Al-Harrani dan Syekh Shaduq, melainkan juga diriwayatkan oleh ulama Sunni sekaliber Bukhari dan Muslim al-Hajjaj. Selain Ghadir Khum dan Ahlul Kisa, terdapat pula hadits yang menjadi dalil pamungkas Syiah, yaitu Hadits Tsaqalain yang kurang lebih berbicara tentang dua pusaka yang harus dipegang oleh umat Islam sepeninggal Nabi Muhammad, yaitu: Qur'an dan itrah (garis keturunan Nabi atau biasa disebut dengan Ahlul Bait).

Singkatnya, imam dalam konotasi Syiah adalah lebih tinggi daripada khalifah karena imam ditunjuk langsung oleh Allah dan Nabi-Nya. Oleh karena ditunjuk langsung, maka juga terdapat ciri-ciri yang membedakan dengan khalifah. Salah satu ciri tersebut adalah kemaksuman para imam. Murtadha Mutahhari menyebutkan bahwa sangat tidak logis bila imam yang maksum ditunjuk oleh umat Islam; yang paling mengetahui siapa yang maksum adalah Allah karena hanya Allah yang memiliki hak dalam memaksumkan seseorang.

Satu hal yang perlu saya ingatkan: imam belum tentu khalifah dan khalifah belum tentu imam (menurut Syiah). Mengapa? Hal itu dikarenakan legitimasi. Imam belum tentu khalifah karena status khalifah membutuhkan baiat atau legitimasi dari umat. Khalifah belum tentu imam karena imam membutuhkan legitimasi dari Qur'an dan Sunnah (Allah dan Nabi Muhammad).

Ini bukan berarti bahwa pemimpin Iran saat ini adalah imam. Pemimpin Iran saat ini, Ali Khamenei, disebut sebagai khalifah atau dalam istilah Syiah adalah na'ib. Imam, khususnya menurut Syiah Imamiyah, telah berhenti hingga imam ke-12, dan imam ke-12, Imam Muhammad (Al-Mahdi) bin Hasan (Al-Askari) sedang berada di masa keghaiban. InsyaAllah, penjelasan tentang na'ib secara terperinci akan saya suguhkan di jurnal. Akan tetapi, di jawaban ini saya akan menjelaskan sedikit tentang na'ib.

Na'ib sama dengan khalifah. Bedanya, na'ib pernah ditunjuk langsung oleh Imam Muhammad al-Mahdi sebelum masa keghaiban-nya, sedangkan khalifah ditunjuk langsung oleh umat Islam. Singkatnya, terdapat perubahan dalam penunjukkan na'ib. Na'ib saat ini ditunjuk sesuai dengan Qur'an, hadits Nabi dan perkataan para imam; maksudnya, na'ib ditunjuk oleh umat Islam secara langsung namun dengan memperhatikan ciri-ciri yang terdapat dalam Nas (Qur'an dan Sunnah), sedangkan na'ib dahulu ditunjuk langsung oleh para imam.

sumber gambar: http://ya7oo.com

Answered May 4, 2017

Question Overview


2 Followers
639 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Mengapa Tuhan membuat surga, padahal insentif tertinggi umat Islam adalah ridha Allah?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Bagaimana cara mengakhiri konflik antara Sunni dan Syiah?

Apakah Syiah bukan Islam?

Mengapa Nabi Muhammad tidak mengizinkan Ali mempoligami Fatimah?

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Apa yang dimaksud dengan halal?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa yang dimaksud dengan mubah?

Seperti apa kebijakan luar negeri Donald Trump terhadap pemerintahan Rodrigo Duterte?

Sejauh mana keterlibatan CIA (Central Intelligence Agency) dalam konstelasi politik Indonesia?

Adakah kemungkinan sejumlah negara bagian di Amerika Serikat memisahkan diri jadi negara berdaulat akibat kemenangan Donald Trump?

Mengapa negara-negara Islam tidak lebih mudah bersatu dibanding negara-negara Barat (Uni Eropa)?

Apakah Anugerah Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi masih pantas dipertahankan?

Kenapa Setya Novanto bisa menjadi Ketua DPR kembali?

Apakah Indonesia harus menerima pengungsi dari negara yang sedang berkonflik? Mengapa?

Apa itu "post truth politics"?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Apakah yang menyebabkan berkembangnya golongan Syiah di Timur Tengah pasca meninggalnya Rasulullah?

Mengapa ajaran Syi'ah lebih berkembang di Iran dibandingkan dengan daerah lain di Timur Tengah?

Siapakah aktor utama di balik munculnya ajaran Syiah dan terjadinya fitnah besar dalam umat Islam (Perang Jamal salah satunya)?

Kenapa sahabat dan menantu Nabi Muhammad SAW, Ali RA, tewas dibunuh?

Apa yang Anda ketahui dari kota Mashhad?

Apakah Syiah menghalalkan nikah mut'ah?

Siapakah Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan dalam pandangan syiah? Serta apakah peristiwa pembunuhan Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan menjadi perhatian serius bagi syiah selain pembunuhan terhadap Ali bin Abi Thalib dan Husain bin Ali? Lalu, bagaimanakah juga dengan pembunuhan yang dilakukan terhadap Hasan bin Ali?

Apakah Tuhan perlu dibela?

Mengapa Ibrahim meninggalkan Hajar dan Ismail sendirian di Mekah?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?