selasar-loader

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Last Updated May 1, 2017

Myers-Birggs Type Indicator adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis dalam melihat dunia dan mengambil keputusan.

9 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Iman Adi Perkasa
penulis fesyen dan pemberi advokasi atas perspektif lain dari dunia fesyen

ENFJ-T

Answered May 1, 2017
Dewi Naharia
Content Writer, interested media and psychology. ❤

Qr_3v7U8BSljvJ-IgPq6VHF6T91rXyx4.jpg

Ternyata, saya bertemperamen tak hanya satu, ya. Masih ada tiga sifat lainnya.

Setelah tes 3 kali di platform Youthmanual, ternyata hasil tes MBTI saya adalah ISTP (Introversion, Sensing, Thinking, dan Perception). Dan, karakter si ISTP ternyata cocok dengan kebanyakan hal-hal yang saya alami.

sumber gambar: Psychology Junkie

Answered Jul 7, 2017
Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

ycafhpB3iUoRaOAiAduNobb7cA4Uv9es.jpg

gambar via quora.com

ENTJ (Extrovert, Intuition, Thinking, Judging)

Saya melakukan test Myers-Briggs Type di sini. Tes ini, dibanding test personality yang lain, saya pikir merupakan alat ukur kepribadian yang cukup komplit dalam menjabarkan tentang karakter kita yang sebenarnya. Mengetahui karakter diri tentunya amat sangat bermanfaat untuk mengetahui diri kita secara lebih dekat.

Mengetahui diri sendiri adalah elemen penting untuk memenangkan pertempuran (hidup) yang semakin challanging ini. Seperti yang diungkapkan Sun Tzu dalam The Art of War:

“If you know the enemy and know yourself, you need not fear the result of a hundred battles. If you know yourself but not the enemy, for every victory gained you will also suffer a defeat. If you know neither the enemy nor yourself, you will succumb in every battle.” 

Kalau dalam cerita Harry Potter, saya adalah James Potter:

G-UO6Rts5swvbNdyUlNZa52j8nPXZ2Dk.jpg

gambar via pinterest.com

Kalau dalam kehidupan yang lebih populer, saya adalah:

cc-C-fybicMUGZjLDzOh1DgxiQqUFNNq.png

Buat kawan-kawan yang belum familiar dengan alat ukur Myers-Briggs Type ini, mungkin kuadran ini bisa membantu memahami:

hEkQJr49pCxxjhaEsdUl00xGqqLO8C4_.jpg

gambar via tistory.com

 

Answered Jul 7, 2017
Indriyani Latri
Manusia pembelajar; Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga

tUz98KWZbjbqrAQMf25OZwGFCh5ZFPTl.jpg

sumber gambar : pinterest.com

Answered Jul 7, 2017
Arief Bahari
Graphic Designer at Selasar. Data Visualization • Motion Artist

-4CP3is87viCKFvhHxBFNGwhHruSvvy1.png

gambar via 16personalities.com

Saya ESFP, semoga nasib saya mirip-mirip dengan para orang-orang dibawah ini. Amin.

Ov9a_EddVae3umlbtAXrTC1kzsOBQAAC.png

 

Answered Jul 7, 2017
Kartika Ayu Masyitha
Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga

-gH8L86DauRp926_6ypSLvqfixXC-mxr.png

Sumber gambar : http://cms.bsu.edu

Selama 3 tahun melakukan tes MBTI hasilnya selalu sama, yaitu INFP. Namun, saat tes terakhir beberapa bulan lalu, hasilnya adalah INFJ. Hal tersebut dikarenakan persentase antara P dan J saya beda tipis. Setelah dianalisis, ternyata kepribadian saya memang lebih sesuai dengan INFP daripada INFJ.

Answered Jul 7, 2017
Ahmad Taufik
Psikologi Sosial, Intervensi Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Kajian Strategis

BSpWYqqJWRPRH4t6hnF-basorLcJMDTi.jpg

Setelah mengikuti tes sederhana ini, saya kaget melihat hasilnya, sehingga ada beberapa hal yang mungkin membuat saya ragu dengan hasil ini, antara lain:

1. Validitas dan reliabilitas alat ukur, dan

2. bahasa yang digunakan (english).

Karena 12 tahun yang lalu, saya pernah melakukan tes MBTI yang dilakukan oleh dosen (Psikolog) di Psikologi dengan hasil ENTJ (Locus of control Internal).

Dengan dua hasil yang cukup jauh perbedaannya, mungkin saya perlu analisis ulang kepribadian saya, alias saya masih sakit (belum lulus sepertinya) atau memang masih butuh untuk melanjutkan kuliah di Psikologi.  :)

Ilustrasi via dokumen pribadi

Answered Jul 8, 2017
Rinhardi Aldo
Penulis dan Pekerja - Teknik Jaringan Akses SMK Telkom Jakarta

I1EODXPrnoNlwU5bwy9k45gLpuL3Bt5u.png

Kalau saya ISFP. Konsisten hasilnya dua kali diuji di tempat berbeda. Kaget sih, karena ada unsur Sensing dan Perceiving yang secara tidak sadar telah dipikirkan oleh pikiran saya sendiri.

gambar via personalityclub.com

Answered Jul 9, 2017
Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Pertama dan terakhir mengambil tes Myers-Briggs Type Indocator, yang menjadi jawaban adalah INFP. Rasanya, hal itu sangat sesuai dengan apa yang dirasakan oleh diri sendiri. 

Kepribadian INFP (katanya) adalah seorang idealis sejati, bahkan kadangkala cenderung menjadi seorang yang konservatif. Ia selalu mencari celah kebaikan bahkan pada orang atau kejadian terburuk sekalipun, mencari cara untuk membuatnya menjadi lebih baik, yang kadang menjadi bumerang bagi diri mereka sendiri. Walaupun mereka mungkin dirasa pendiam, tidak ramah, bahkan pemalu, INFP yang merupakan Mediator memiliki api dan semangat bergelora di dalam dada yang benar-benar dapat bersinar gemilang dan mencapai 4% dari populasi di dunia. Namun sayangnya, risiko merasa salah dipahami cukup tinggi bagi tipe kepribadian INFP – tetapi jika mereka menemukan orang yang memiliki kecenderungan yang sama untuk diajak berbicara dan diskusi, maka keharmonisan yang mereka rasakan akan menjadi sumber kesenangan dan inspirasi.

Mediator dipandu oleh prinsip mereka, bukan oleh logika, kegembiraan, atau kepraktisan yang ada. Saat menentukan cara untuk bergerak maju, mereka akan memperhatikan kehormatan, keindahan, moralitas dan nilai – INFP dipimpin oleh kemurnian itikad mereka, bukan penghargaan dan hukuman. Orang yang memiliki tipe kepribadian seringkali merasa bangga dengan kualitas ini, dan memang demikian, tetapi tidak semua orang memahami pendorong dibalik perasaan itu dan itu dapat menyebabkan pengucilan.

Dalam bentuk terbaiknya, kualitas ini memungkinkan orang dengan tipe kepribadian INFP berkomunikasi secara mendalam dengan orang lain, mudah berbicara menggunakan metafora dan perumpamaan, serta memahami dan menciptakan simbol untuk menyampaikan ide mereka. Kekuatan gaya komunikasi intuitif ini sangat memungkinkan untuk berkecimpung di pekerjaan kreatif. Tidak mengherankan jika banyak INFP terkenal adalah pujangga, penulis, dan aktor. Memahami diri dan tempat mereka di dunia ini merupakan hal yang penting bagi kepribadian INFP. Mereka menjelajahi ide ini dengan menonjolkan diri dalam pekerjaan mereka.

INFP juga dikenal memiliki bakat untuk mengekspresikan diri; memperlihatkan keindahan dan rahasia mereka melalui mefora dan karakter fiksi.

Kemampuan INFP dalam berbahasa tidak hanya dalam bahasa ibu mereka. Mereka juga dianggap berbakat dalam hal mempelajari bahasa kedua (atau ketiga!). Bakat berkomunikasi juga memungkinkan tercapainya keinginan INFP untuk menggapai keharmonisan dan membantu kepribadian ini untuk bergerak maju memenuhi panggilan mereka.

Tidak seperti tipe kepribadian yang lebih sosial, INFP akan memfokuskan perhatian mereka hanya kepada beberapa orang dan satu aksi bermanfaat (diketahui hanya oleh sedikit orang). Mereka akan kehabisan energi, bahkan menjadi sedih dan bingung, oleh semua keburukan dunia yang tidak dapat mereka perbaiki. Ini menjadi pandangan yang menyedihkan bagi teman INFP, yang akan datang tergantung pada pandangan mereka yang penuh harapan. Hal ini sering sekali terjadi pada diri saya.

Jika tidak berhati-hati, INFP dapat kehilangan diri dalam petualangan mereka selamanya dan mengabaikan pemeliharan kehidupan sehari-hari. Mereka seringkali terhanyut dalam pikiran yang dalam, menikmati kontemplasi hipotetis dan filosofis lebih dari tipe kepribadian apa pun. Jika tidak dihentikan, kepribadian INFP dapat kehilangan sentuhannya, menarik diri menjadi “pertapa”, dan hal itu akan menghabiskan banyak energi dari teman dan pasangan karena harus membawa mereka kembali ke dunia nyata.

Untungnya, seperti bunga di musim semi, pengaruh, altruisme, dan idealisme kaum INFP akan selalu kembali; memberi ganjaran bagi mereka dan orang yang mereka cintai mungkin bukan dengan logika dan manfaat, tetapi dengan pandangan dunia yang menginspirasi belas kasihan, kebaikan hati, dan keindahan di mana saja mereka berada. Semoga saja demikian.

Answered Jan 22, 2018

Question Overview


13 Followers
1179 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?

Apa hal yang paling membedakan GMAT dengan GRE?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Bagaimana cara membuat keputusan yang baik dan benar?

Dapatkah Anda menentukan keputusan sendiri di saat yang genting?

Pernahkah anda bertanya, mengapa diri anda dilahirkan menjadi seperti anda?

Seberapa percaya Anda pada penjelasan yang ada di Wikipedia? Mengapa?

Apa yang Anda lakukan atau pikirkan jika sedang "deadlock" atau tidak memiliki ide dan inspirasi lagi dari hal yang sedang dilakukan?

Jika harus memilih dilahirkan menjadi pribadi yang lain, siapakah yang Anda pilih? Alasannya?

Apa yang membuat seorang pelajar memilih untuk kuliah di suatu perguruan tinggi swasta?

Adakah sertifikasi Microsoft Office Specialist di Jakarta?

Mengapa dalam sebuah perusahaan, ada 2 opsi yang harus diterima, misalnya atasan yang menyebalkan/ teman kerja yang menyebalkan?

Bagaimana pendapat Anda tentang karier Ahok di Indonesia?

Apakah kesuksesan seseorang ditentukan oleh kuliah atau tidaknya ia?

Mana yang akan Anda pilih, kerja di perusahaan dengan gaji besar tapi perusahaan itu belum stabil, atau kerja di perusahaan besar yang sudah stabil namun gajinya lebih kecil?

Bagaimana rasanya memiliki penghasilan bulanan 100 juta rupiah di Indonesia?

Apa profesi yang paling populer? Mengapa?

Apa profesi yang memiliki gaji tertinggi?

Bagaimana cara meniti karir sebagai jurnalis di Amerika?

Apa pekerjaan yang ideal menurut Anda?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana cara meniti karier sebagai seorang selebriti?

Apa yang membuat daya tawar seorang fresh graduate besar di mata perusahaan?

Mengapa seorang lulusan fakultas ekonomi/bisnis sangat menginginkan bekerja di Konsultan Asing/Perusahaan FMCG?

Pekerjaan apa yang paling Anda idamkan setelah kelulusan?

Berapa jumlah gaji yang pantas diterima oleh seorang fresh graduate perguruan tinggi?

Skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja profesional di 3 tahun masa kerjanya?