selasar-loader

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Last Updated Nov 23, 2016

29 answers

Sort by Date | Votes
Habibi Yusuf
Alumni UI dan ITB

Uqon4kNg36Q3lxQjS-VnNFq07qV6oiEg.jpg

Sebagai alumni UI, saya dulu juga merasa bahwa kuliah di UI itu begitu menarik dan merasa prestisius. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, saya sering mengajak teman satu alumni SMA untuk berkeliling ke kampus UI sambil banyak cerita tentang A, B, C, dan seterusnya meski dia adalah mahasiswa IPB yang notabene tidak terlalu jauh dari UI, baik lokasi maupun popularitasnya.

Bagi saya, ada beberapa hal yang membuat kuliah di UI begitu menarik dan prestisius.

Pertama adalah namanya. UI adalah salah satu perguruan tinggi yang menggunakan nama negara. Meski ada UPI, UII, dan UMI, namun hanya UI yang nama negaranya tidak ditambahin kata lainnya. Universitas Indonesia. Berarti universitas pusatnya Indonesia. Dari sini saja sudah merasa wow. Ini kampus pusatnya Indonesia, lho.

Lokasi UI terletak di ibu kota negara. Meski kampus utamanya sudah lama pindah ke Depok, yang masuk ke Provinsi Jawa Barat, namun image orang tetap saja bahwa UI itu berada di Jakarta. Ibu kota negara. Bahkan, pada lagu wajib anak UI yang berjudul Genderang UI dan Pahlawan Muda secara tegas disebutkan bahwa UI itu di ibu kota (Jakarta Raya).

UI juga dikenal sebagai pusat rujukan berbagai bidang keilmuan. Sebut saja di bidang kedokteran, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sastra, kesehatan masyarakat, dan lain-lain, banyak yang mengakui bahwa tradisi keilmuan dan kepakaran tokoh-tokoh UI menjadi rujukan secara nasional.

Selain itu, perjalanan sejarah modern juga mengakui peran UI dalam setiap peristiwa-peristiwa besar di republik ini, mulai dari gerakan Ampera di tahun 1966, peristiwa Malari 1972, hingga penggulingan rezim Orde Baru tahun 1998 dan beberapa peristiwa politik setelahnya. Baik itu mahasiswa UI maupun para dosen, sivitas akademika UI telah banyak mewarnai sejarah penting bangsa Indonesia.

Saya masih ingat ketika zaman '98 dan era Presiden Gus Dur, saya sering menonton televisi dan banyak jaket kuning di sana, baik dalam aksi-aksi demonstrasi maupun acara debat dan talkshow. Sangat gagah dan intelektual sekali melihat para mahasiswa UI di sana. Kala itu saya masih SMP dan kemudian termotivasi untuk kuliah di UI juga.

Belum lagi banyak alumni dan tokoh UI yang menjadi tokoh nasional, baik sebagai pejabat negara maupun sebagai ilmuwan/guru bangsa karena kepakaran, kebijaksanaan, kepemimpinan, dan keluasan ilmunya. Hal ini tentu menjadi daya tarik dan motivasi tersendiri bahwa kuliah di UI bisa membuat kita menjadi "orang besar" seperti para tokoh nasional tersebut.

Yang terakhir adalah jaringan yang dimiliki UI dalam semua bidang dari berbagai pihak. Jaringan UI bersifat sangat luas di seluruh dunia. Maka, kuliah di UI artinya membuka seluas-luasnya jaringan tersebut yang dapat kita manfaatkan secara optimal, baik untuk pengembangan keilmuan, karier, hobi, maupun hal-hal positif lainnya.

Namun demikian, tentu menjadi mahasiswa UI juga punya beban tersendiri, yaitu harus bisa berbuat yang terbaik bagi bangsa, bagi masyarakat sekitar. Ini pun menjadi nilai-nilai yang diwariskan bahwa mahasiswa UI adalah sekelompok manusia istimewa yang diberi kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk berada di kampus terbaik sehingga harus bisa berkontribusi yang terbaik pula bagi bangsa Indonesia, tidak hanya egois memikirkan kepentingan diri sendirinya saja.

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Jan 4, 2017

Iklim pembelajaran di UI berkelas  dunia dan menjamin kebebasan akademik. Kualifikasi itu lah yang membuat proses perkuliahan menjadi sangat bernilai. Jadi bukan pertama-tama soal prestisenya.

Salah satu referensi yang dapat digunakan:

https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/university-indonesia#ranking-dataset/600172

Answered Jan 29, 2017
Nobi Zen
Anak Mama dan Ayah

Statusnya sebagai "Universitas Terbaik di Indonesia" membuatnya segalanya menjadi menarik :)

Answered Jan 29, 2017
Muhammad Asadullah Al Ghozi
Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia

fXLlKYuqgbY4rTazmNT-TiZBg4Ht0Ha0.jpg

Saya sudah kuliah di Universitas Indonesia dari tahun 2015 dan selama itu saya mendapatkan banyak sekali akses untuk mengembangkan diri. UI menjadi sangat menarik dan prestisius karena nama besar yang disandangnya. UI adalah Universitas tertua di Indonesia, yang cikal bakalnya mulai dari tahun 1849.

Selain itu, yang menarik dari UI adalah pengajarnya yang sekelas tokoh nasional. Dosen dan tenaga pengajar di UI sudah teruji dan sangat kompeten di bidangnya. Makanya, jangan kaget kalau misalnya kamu nanti diajar oleh tokoh-tokoh nasional seperti Julian Aldrin Pasha (Mantan Juru Bicara SBY), Andrinof Chaniago (Mantan Menteri Bapenas), dan masih banyak lainnya. Orang-orang hebat di negeri ini berkumpul di kampus UI. Itulah mengapa UI begitu menarik.

UI punya sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) tersendiri yang disebut Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B). Jawaban terakhir mengapa UI menjadi menarik dan prestisius adalah walaupun dengan kualitas kampus yang sangat baik, menurut saya, UI adalah universitas termurah dengan sistem BOP-B yang digunakan. Penanya mungkin bisa riset kecil-kecilan dan membandingkan biaya kuliah teman yang berkuliah di UI dengan yang berkuliah di universitas lain.

Selain itu, UI setiap tahunya tidak pernah kering beasiswa, setiap bulan akan ada perkembangan beasiswa terbaru. Beasiswa tersebut sangat membantu bagi mahasiswa yang terbatas kemampuan ekonominya.

Sekian.

Answered Mar 19, 2017
Kessa Ikhwanda
Ketua BEM IM FKM UI 2017 | kessaikhwanda.com | Founder Catatan Kesmas

zxZatdnHTYiZfs09x_FPOW07TkjmQTlf.jpg

via bp.blogspot.com (FR)

Bagi saya, yang membuat UI menarik dan prestise dikarenakan banyak hal. Pertama, universitas tersebut menyandang nama Indonesia tanpa embel-embel lainnya, satu-satunya yang ada di Indonesia. Jadi, menurut saya hal itu merupakan salah satu poin lebih untuk UI. Kedua, sebagai kampus tertua, tentunya hal ini menjadi suatu hal yang bisa dijadikan nilai lebih dibandingkan dengan kampus lainnya. Menurut saya, UI mempunya sejarah tersendiri yang kuat di dalamnya. Ketiga, kampus ini menjadi referensi bagi bidang ilmu lainnya, sebut saja kesehatan masyarakat, kedokteran, maupun ilmu lainnya. Ya, menurut saya, ketiga hal tersebut yang menjadikan UI menarik dan prestisius.

Answered Mar 29, 2017

Karena Universitas Indonesia merupakan universitas terbaik di Indonesia. 

Answered Jul 29, 2017
Anonymous

Karena Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik di negeri ini dan banyak lulusan dari UI memiliki prospek kerja yang bagus untuk kedepannya.

Answered Jul 29, 2017
Anonymous

Karena Univesitas Indonesia adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Answered Jul 29, 2017
Girsha Cahya Maharani
aspire to inspire

Karena UI adalah salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia dan prospek kerja bagi lulusan UI sangat luas.

Answered Jul 29, 2017
Rino Destama Sugandhi
Mahasiswa FMIPA UI 2017

Karena UI merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia juga memiliki proses pembelajaran yang kondusif, memiliki segudang prestasi, dan memiliki fasilitas yang sangat memadai, serta sangat memanjakan mahasiswanya. Salah satu fasilitas UI, yaitu perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbaik di Asia Tenggara.

Answered Jul 29, 2017

Karena tidak cukup dengan mengakui UI sebagai universitas negeri terbaik di Indonesia, namun juga pemahaman tentang peristiwa-peristiwa dan nama-nama besar dalam garis waktu perjalanan pemerintahan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi keterbukaan, perjalanan waktu dunia pendidikan tinggi Indonesia yang penuh dahaga terhadap pembaruan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsanya.

    Dan banyak hal lain yang melatarbelakangi dan menjadi akibat dari berdirinya Universitas Indonesia di masa lampau yang dapat kita jadikan alasan utama berkuliah di Universitas Indonesia sebagai hal yang prestigius.

    Kendati demikian, dari sisi kewajiban, seorang mahasiswa tidaklah dirasa cukup kalau hanya bisa berbangga bila berkuliah di dalamnya. Ada satu hal menarik yang sangat baik bila diterapkan yakni "jangan bangga bergabung di UI, tapi buat UI bangga bahwa kau bergabung di dalamnya".

Answered Jul 29, 2017

Karena UI adalah universitas yang terbaik di Indonesia dan alumni dari UI terbukti atas kesuksesannya.

Answered Jul 29, 2017
Nicola chandra Darmawan
Mahasiswa FMIPA UI 2017

Karena Universitas Indonesia adalah universitas terbaik di Indonesia.

Answered Jul 29, 2017

Karena Universitas Indonesia adalah salah satu,  jika bukan paling, universitas terbaik di Indonesia. UI juga sudah memiliki akreditasi dan prestasi yang diakui di dunia.

Timothy Theophilus Kristanto_1706031664_Azhiga7

Answered Jul 29, 2017
Megananda Kory Rahmawati
Mahasiswa Biologi Universitas Indonesia

Saya merasa bangga dan terharu karena bisa masuk UI, yang mana UI ini merupakan universitas yang paling terkenal dan bagus mutu, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Answered Jul 31, 2017
Cut Rana Aldila Putro
If you can't love a life you lived, start design a life you loved

Menurut saya, menjadi seorang mahasiswa Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius tentunya, karena sejarah UI yang begitu panjang dalam "membentuk" orang-orang yang tidak hanya cerdas, tetapi juga mampu menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain. Selain itu, kebesaran nama UI dan segala hal yang melekat pada kampus ini (contoh: jaket kuning) menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para mahasiswanya. 

Answered Aug 1, 2017
hotnida dear
Future Scientist || Biology 2017 University Of Indonesia

Universitas Indonesia adalah universitas terbaik di Indonesia dan telah diakui oleh dunia internasional. Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius. Menurut saya, kuliah di Universitas Indonesia  tentunya memberi fasilitas istimewa bagi mahasiswanya. Selain menciptakan sumber daya manusia yang unggul, Universitas Indonesia juga memiliki berbagai program kegiatan yang kemahasiswaan yang bermanfaat, serta Universitas Indonesia telah dikenal memiliki kualitas penelitian dan publikasi ilmiah yang terbaik.

Hotnida Dearma senta_ 1706033676_ Kertanegara02

Answered Aug 1, 2017

Karena UI  merupakan universitas unggulan di Indonesia.

Via Aulia_FKM_Samudera14

Answered Aug 1, 2017
Karina Oktavianti Putri
Usaha tidak akan mengkhianati

Karena Universitas Indonesia adalah kampus terbaik dan berkualitas di Indonesia.

 

Karina Oktavianti Putri_FIB_Ilmu Perpustakaan_Wirabhumi - 89

Answered Aug 1, 2017
Arderis Dwi Putra
Mahasiswa FMIPA 2017

Karena Universitas Indonesia mempunyai prestasi yang sangat banyak, kampus yang asri dan hijau serta telah melahirkan orang-orang hebat bertaraf nasional maupun internasional.

Answered Aug 1, 2017

Question Overview


and 28 more
46 Followers
3139 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana rasanya kuliah di UI?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa Depok berantakan meski ada kampus UI di sana?

Apa pengalaman paling mengesankan selama kuliah di Fasilkom UI?

Apa fakultas terbaik di UI (Universitas Indonesia)?

Apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) penting untuk memperoleh pekerjaan?

Apa kelebihan kuliah di Universitas Indonesia (UI)?

Siapa Whinda Y Sabri Psikolog Sosial UI Founder SANDS Analytics?

Siapa Ruby Saputra?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apakah tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

Apa beasiswa yang terbaik di Indonesia saat ini?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa itu kampus Ivy League dan seberapa prestisius berkuliah di sana?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Apa tips mendapatkan beasiswa Chevening (Pemerintah Inggris)?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships)?

Mengapa kuliah di Jepang begitu menarik dan prestisius?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Online Marketplace apa saja/mana saja yang ada di Indonesia untuk saat ini?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Komunikasi?

Apa saja hukum/prinsip fisika yang diterapkan pada sebuah roller coaster?

Apakah HIV dan AIDS itu sama?

Apa rahasia kehebatan pasangan bulutangkis Tontowi Ahmad - Liliyana Natsir?

Apa yang dimaksud dengan krisis ekonomi?

Mengapa iPod mampu mengalahkan Walkman dalam bisnis peranti musik dunia?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Siapa film director (sutradara film) terbaik menurut Anda?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?