selasar-loader

Apa pekerjaan yang ideal menurut Anda?

Last Updated Apr 28, 2017

14 answers

Sort by Date | Votes
Aqil Wilda
Pribadi Pembelajar // External Relation Rumah Kepemimpinan

4wSJ_72Ll2fmhhAL-BV8_60e9vnkdn64.jpg

Pekerjaan ideal menurut saya adalah ketika pekerjaan tersebut mengantarkan kita pada titik kesetimbangan dalam hidup. Titik kesetimbangan akan beberapa aspek dalam kehidupan kita. Pekerjaan yang baik adalah ketika mampu memenuhi secara optimal aspek-aspek berikut. Aspek-aspek yang saya maksud antara lain :
 

1. Self Awareness

Setiap orang pasti memiliki pemaknaan dalam hidupnya. Apa makna saya hidup? Untuk apa saya diciptakan? Setiap hati pasti memiliki jawaban yang beragam antara satu dengan yang lain. Seseorang yang telah menemukan pemaknaan dalam hidupnya maka akan secara jelas mendefinisi bagaimana kelak ia akan melangkah, termasuk dalam memilih pekerjaan. Seseorang dengan Self Awareness yang tinggi maka akan memilih pekerjaan yang akan mengantarkan ia menemukan secara mendalam apa makna hidup baginya. 

2. Passion 

Passion mudahnya diartikan sebagai kesenangan atau kegemaran dalam melakukan sesuatu hal. Hal ini ditandai dengan kegandrungan dalam melakukan suatu hal. Seseorang dengan passion akan lebih cepat menguasai suatu aktivitas dibanding mereka yang tidak menyertakan passion di dalamnya. Menemui apa passion kita memang perlu melalui proses pencarian yang mendalam. Seringkali passion tidak dapat ditemukan secara cepat. Hanya dengan kesabaran dan kegigihanlah, seseorang dapat menemukan passionnya.

3. Financial

Motif financial/mencari nafkah untuk diri dan keluarga merupakan motif yang seringkali dipakai seseorang dalam mencari pekerjaan. Seseorang akan cenderung memilih pekerjaan dengan imbal jasa yang besar dibandingkan dengan yang sekadarnya/sebatas UMR. Motif ini berbanding lurus dengan skill fulfilling seseorang. Semakin hebat skill seseorang akan sesuatu, maka ia akan dibayar lebih untuk itu. Motif ini pun juga berbanding lurus dengan tekanan dan beban kerja di mana kita berada. Semakin besar tekanannya semakin besar pula imbal jasanya.

4. Impact

Aspek terakhir yang saya akan bahas, setidaknya adalah lanjutan dari aspek yang pertama. Seseorang yang telah menemukan pemaknaan hidupnya akan dengan hati-hati memikirkan impact dari pekerjaan terhadap diri, keluarga, dan masyarakat. Ia tidak akan gegabah dan terburu-buru dalam memilih pekerjaan. Bolehlah suatu pekerjaan berimbal jasa tinggi, namun ketika diambil lantas keluarga tergadaikan, bisa jadi malah menjadi boomerang buat kita.

 

sumber gambar: daihatsu.co.id

Answered Jun 16, 2017
wisma cibanteng
SEO SPECIALIST

Yang ideal adalah yang sesuai dengan kemampuan, baik soft skill atau pun hard skill.

Answered Aug 2, 2017
Arbi Arif
Belajar Memahami Dunia

http://www.questnethosting.com/blog/wp-content/uploads/2016/10/T.jpg

Ketika kita mencintai pekerjaan kita sendiri dan pekerjaan yang tidak memakan waktu sehingga kita lupa untuk bahagia. Saya sering sekali melihat orang yang bekerja tidak bahagia dengan pekerjaannya, dan itu banyak terjadi di Indonesia. Mungkin karena kurangnya lapangan pekerjaan dan pilihan pekerjaan yang itu-itu saja membuat orang tidak passion dengan pekerjaannya. Ditambah dengan gaji yang tidak sesuai dengan yang dikerjakan.

Saya sering melihat anak kecil di negara lain, ketika ditanya mau jadi apa besar nanti? Dengan bahagianya mereka akan bilang ingin menjadi penjaga kebun binatang, pelukis, peselancar, atau pemadam kebakaran, sedangkan anak-anak Indonesia pilihannya cuma dokter, polisi, pilot, atau guru dan ujung-ujungnya akan jadi PNS. Tidak salah memang akan pilihan tersebut, namun menurut saya semua itu sangat membosankan.

Pekerjaan harusnya tidak membosankan untuk dikerjakan, bersyukurlah orang yang bekerja di bidang seni di mana mereka dapat berimajinasi dan menciptakan sesuatu tetapi tetap menghasilkan uang dan punya waktu untuk menikmati hidup.

Sumber gambar: Questnet Hosting

Answered Aug 12, 2017
Rachmah Dewi
Media worker | 50% writer, 30% blogger, 20% author | Jakarta

NH0b0KzPzUwI_EswMT2LtKhRX3qF6Prx.jpg

Pekerjaan yang Ideal Menurut Saya

Selalu menarik membicarakan pekerjaan yang ideal. Kenapa? Karena di sekitar saya, banyak sekali yang mengeluhkan bahwa mereka belum mendapat pekerjaan yang "gue banget"

Dari saya singkat saja, jika diberikan pertanyaan "apa sih kerjaan yang ideal itu?". Kerjaan yang ideal menurut saya adalah kerjaan/pekerjaan yang dilakukan sesuai passion atau sesuai minat kita. Saya merupakan seorang sarjana ekonomi yang selama kurang lebih 4 tahun bergelut dalam dunia ekonomi dan keuangan di bangku kuliah.

Namun apakah pekerjaan saya sekarang di kantor dengan jabatan staff keuangan atau staff accounting atau staff HRD? Jelas tidak.

Saya saat ini malah berkarir di perusahaan media sebagai content author. Dan Alhamduillah baru-baru ini, buku pertama saya bisa diterbitkan. Saya lebih memilih berkarier sesuai passion saya di dunia kepenulisan dibandingkan lebih memilih karier saya sesuai jurusan kuliah dulu.

Karena saya merasa menemukan "feel" yang tepat saat saya berkarier sesuai passion saya. Dari kecil saya hobi menulis, namun kedua orang tua saya memang masih berharap saya berkarier sesuai jurusan kuliah saya, at least di instansi keuangan atau yang ada hubungannya dengan keuangan dan akunting. Tapi, nyaman atau tidaknya adalah diri kita sendiri yang tahu. Kita adalah perancang masa depan kita sendiri. Jangan ragu mencoba sesuatu sesuai passion kita sendiri. Percayalah, kerja sesuai passion itu jauuuh lebih menyenangkan.

Saya pernah menulis di Kompasiana perihal "Jangan Anggap Remeh Profesi Penulis" sila dibuka link-nya: http://www.kompasiana.com/rachmah_dewi/jangan-anggap-remeh-profesi-penulis_58a6820766afbd733aa82950

Salam hangat!

Rachmah Dewi

 

gambar via iradiofm.com

Answered Aug 14, 2017
Rizal Al Fahmi
Hubungan Internasional Unpad 2014 | Awardee Rumah Kepemimpinan Reg. 2 Bandung

Assalamualaikum...

Pekerjaan ideal menurut saya adalah pekerjaan yang tepat dalam 4 hal, yaitu:

1. Pekerjaan yang meningkatkan kualitas iman dan kualitas skill.

2. Pekerjaan yang sesuai dengan kelebihan yang kita miliki.

3. Pekerjaan yang sesuai dengan hal yang kita sukai.

4. Pekerjaan yang sesuai sebagai jalan untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai.

Answered Aug 14, 2017
Ikhbal Zamzammi
Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Bandung

Pekerjaan yang ideal ialah pekerjaan yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri dan orang lain. 

Answered Aug 14, 2017
Royyan Dzakiy
Informatics Engineering Student, at Bandung Institute of Technology

Pekerjaan yang sejalan dengan visi hidup. Juga pekerjaan yang senantiasa menjadikan kita seutuhnya manusia. Live to make others live, not living to let others die.

Pertanyaan selanjutnya, "What do you aim in life?"

Answered Aug 14, 2017

Berdzikir

Answered Aug 14, 2017
Mino Situmorang
accountant.writer.mom.wife.

aRDX1qXZ7UHs48LlQAokVt3RfcBKq1UU.jpg

Anda pernah berganti pekerjaan? Saya sudah tiga kali. Yang sekarang adalah pekerjaan saya yang keempat. Ada beberapa alasan mengapa saya pindah kerja.

Pekerjaan pertama saya di maskapai penerbangan Jepang adalah yang paling berkesan. Pahit dan manis bercampur-aduk di sana. Yang paling tak terlupakan adalah satu hal. Bayangkanlah, gara-gara saya masih karyawan baru dalam masa training, saya salah memprogram reservasi hingga keberangkatan pesawat nyaris delay dan perusahaan rugi biaya satu seat penumpang seharga ribuan dollar.

Saya berhenti bukan karena itu, tetapi karena maskapai itu berhenti beroperasi di Indonesia waktu itu. Sesungguhnya saya senang bekerja di sana, walau pernah punya atasan ekspatriat yang kalau emosi suka membanting meja.

Sebagai pekerjaan pertama, saya belajar sangat banyak di sana. Pekerjaan itu nyaris sempurna untuk saya. Nilai minus pekerjaan itu buat saya hanya satu: lokasinya bukan di Jakarta, tetapi jauh di Bali.

Tempat saya bekerja yang kedua adalah maskapai penerbangan asing lainnya. Sebenarnya ini adalah pekerjaan impian saya sejak kuliah. Bisa bekerja di perusahaan itu adalah dream came true. Tetapi ternyata keadaannya tidak seperti yang saya kira.

Saya tidak betah bekerja di sana. Lingkungan pekerjaannya tidak kondusif. Saya hanya dua tahun di sana sementara teman-teman yang tidak tahu keadaan yang sebenarnya, masih menyayangkan karena saya meninggalkan perusahaan itu. Saya ambil hikmah, rupanya tidak semua impian kita seindah yang kita harapkan.

Pada pekerjaan saya yang ketiga, saya betah tujuh tahun. Yang paling berkesan dari perusahaan itu adalah suasana persahabatan sesama rekan kerja dan rasa kekeluargaan dengan atasan yang ekspatriat. Gajinya kecil dan jenjang karir lambat sekali tapi karyawan betah di sana.

Pada akhirnya saya (dan yang lain) keluar juga karena kemudian ada perubahan yang merusak kenyamanan itu, sehingga saya putuskan tak ada lagi yang bisa saya pertahankan di sana.

Tempat kerja saya berikutnya, hampir sama, suasana persahabatan dengan rekan kerja terasa enak, walau gaji dan karir tak menjanjikan. Bagi saya, yang membedakan pekerjaan ini dari semua pekerjaan sebelumnya adalah bidang pekerjaannya.

Kali ini saya merasa cocok sekali dengan bidang pekerjaan ini. Saya suka dan merasa passion saya memang di bidang itu. Baru kali ini saya merasa secocok ini dengan bidang pekerjaan saya, setelah empat kali pindah kerja.

Ada juga faktor-faktor lain yang tidak kondusif di lingkungan pekerjaan ini, tetapi karena saya menikmati sekali bidang pekerjaan saya, saya berusaha untuk tidak mau terdistraksi.

Saking excited, saya bahkan pernah mengalami keanehan, yaitu rasa ketidaksabaran hari segera berganti pagi karena ingin segera ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan, dan saya segera mulai bekerja dari pagi walau itu belum mulai jam kerja, dan tak peduli walaupun lembur tidak dibayar di malam harinya.

Lalu saya simpulkan, memang benar kata orang, lakukanlah apa yang kita sukai. Do what you love. Kalau tak dapat pekerjaan yang kita sukai, love what you do. Itulah kunci kebahagiaan dalam dunia kerja. Saya baru sadar bahwa apa yang terjadi di pekerjaan saya yang kedua dan ketiga adalah sikap love what you do, sedangkan pekerjaan pertama dan yang sekarang, adalah passion.

Juga saya setuju dengan kata orang, bahwa melakukan apa yang kita sukai itu terasa menyenangkan, tak perlu dipaksa, kita menikmati dan bisa lupa waktu, layaknya kita mengerjakan hobi.

Sejauh ini bagi saya, pekerjaan ini adalah yang paling ideal dari semua pekerjaan yang pernah saya lakoni. Dan setelah bekerja hampir delapan belas tahun, saya mengambil kesimpulan sendiri (Anda boleh tidak setuju) sebagai berikut:

Jika Anda mencari pekerjaan yang ideal atau sempurna, lupakan. Tak akan pernah ada. (Mungkin ada sih, tapi itu mungkin satu di antara seribu).

Pernah saya dan teman membuat list faktor-faktor bahan pertimbangan, karena bingung apakah ingin tetap di situ atau pergi mencari pekerjaan baru. Seperti ini:

  1. Gaji/karir
  2. Suasana lingkungan kerja/interpersonal relation
  3. Bidang pekerjaan/passion

Teman saya itu pindah kerja ke sebuah grup perusahaan terbesar Jepang. Baru masuk seminggu dia sudah stress. Nomor 1 ada di sana tapi nomor 2 tidak ada dan nomor 3 agak minim. Gaji besar, jabatan tinggi, tapi katanya, semua orang seolah saling menjatuhkan, menghasut, dan menjerumuskan. Pekerjaannya pun sangat menekan batin.

Lalu seorang teman lain, juga baru pindah kerja ke tempat lain. Dia memiliki nomor 1 dan 2, gaji besar dan rekan kerja yang kooperatif, tetapi dia tidak menikmati pekerjaan itu. Aslinya, dia adalah tipe pekerja belakang meja, tetapi pekerjaan yang ini mengharuskannya sering terjun ke lapangan. Dan itu membuatnya tidak bahagia.

Dalam sebuah reuni, kami membahas tentang pekerjaan kami masing-masing dan akhirnya kami menyimpulkan bahwa tak ada pekerjaan yang ideal. Kita hanya harus memilih prioritas, memilih yang paling bisa kita tolerir, dari semua faktor di atas.

Saya sendiri lebih tak bisa menolerir bekerja pada bidang yang tidak saya sukai, sehingga pada kondisi terburuk, saya akan lebih memilih pekerjaan yang tidak dapat nomor 1-nya. Prioritas saya adalah menikmati hidup melalui pekerjaan. Materi dan jabatan bisa menyusul.

Yang terpenting adalah kita melakukan tugas kita seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Seperti tertulis di Amsal 10:16; Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa. Juga seperti di Amsal 10:22: "Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya."

Bagaimana dengan Anda? Masih penasaran ingin mencoba mencari pekerjaan yang ideal?

Tulisan pernah dimuat di http://petraonline.net

Sumber gambar: letsintern.com

Answered Aug 18, 2017

 Kerja adalah  mengeluarkan energi untuk tujuan tertentu. Tertentu  masih berkonotasi materi. Nah ini yang membebani. Tidak seharusnya demikian . Setiap hari kita harus kerja supaya pekerjaan secara otomatis pasti akan mendapat materi. 

Answered Aug 28, 2017
Hafiyyan Fikri
Traveler, Intitute of Technology Bandung

Pekerjaan yang ideal menurut saya adalah, pekerjaan yang memberikan kenyamanan dalam hidup, tidak melihat banyak atau sedikitnya harta. Pekerjaan yang sejalan dengan hobby yang diminati. Serta dapat memberikan manfaat bagi sekitar , minimal memberikan inspirasi bagi sesama :)

Answered Sep 2, 2017
Ade Rainaldo
Beswan Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung || Penulis Buku Resonansi 2017

Pekerjaan yang fleksibel dimana bergerak dalam kehumasan dan berhubungan dengan orang lain serta bergerak di lapangan, bukan bersifat yang kaku dan baku, sangat fleksibel dan waktu nya bebas untuk berkreatifitas serta banyak ekgiatan

Answered Sep 30, 2017
Arief Prayogo
Mahasiswa Teknik Kimia ITS '14 | Surabaya

Pekerjaan yang ideal :

1. Lingkungan tempat kerjanya mendukung produktivitas dan kenyamanan

2. Yang sesuai dengan passion

3. Yang memberikan penghasilan yang layak

4. Yang mendorong diri untuk memberi kemanfaatan kepada orang lain

Answered Nov 2, 2017
Ragil Setia
Fisheries and Marine UNAIR | Rumah Kepemimpinan Surabaya | Ig : ragil_setia

Pekerjaan yang bermanfaat bagi sesama, dilakukan sesuai dengan passion tanpa paksaan dan on target sesuai dengan waktu yang diinginkan serta dapat memotivasi orang lain

Answered Nov 2, 2017

Question Overview


and 1 more
19 Followers
3524 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?

Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman?

Apa yang akan kamu lakukan bila hidupmu tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan?

Bagaimana cara berhenti melukai diri sendiri?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Adakah sertifikasi Microsoft Office Specialist di Jakarta?

Mengapa dalam sebuah perusahaan, ada 2 opsi yang harus diterima, misalnya atasan yang menyebalkan/ teman kerja yang menyebalkan?

Bagaimana pendapat Anda tentang karier Ahok di Indonesia?

Apakah kesuksesan seseorang ditentukan oleh kuliah atau tidaknya ia?

Mana yang akan Anda pilih, kerja di perusahaan dengan gaji besar tapi perusahaan itu belum stabil, atau kerja di perusahaan besar yang sudah stabil namun gajinya lebih kecil?

Bagaimana rasanya memiliki penghasilan bulanan 100 juta rupiah di Indonesia?

Apa profesi yang paling populer? Mengapa?

Apa profesi yang memiliki gaji tertinggi?

Bagaimana cara meniti karir sebagai jurnalis di Amerika?

Manakah alat musik yang paling sulit dipelajari berdasarkan cara memainkannya; tiup, pukul, gesek, petik, atau sentuh?

Apa Golf Course Terbaik di Kota Medan dan kenapa?

Jenis sayur dan buah apakah yang tidak cocok untuk Anda, dan mengapa?

Mengapa seseorang lebih mudah berkeringat dibanding orang lainnya?

Bagaimana cara menunggang kuda?

Apa pengalaman menarikmu saat pertama kali belajar mengendarai mobil?

Apa fungsi dan penjelasan setiap panel pada camera dSLR?

Apa yang harus dipersiapkan untuk belajar fotografi?

Apa lagu yang paling kamu sukai dan mengapa?

Apa manfaat mengikuti kegiatan pecinta alam?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?