selasar-loader

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Last Updated Nov 16, 2016

17 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Rizki Ramadhani
Penyuka sejarah dan intrik :)

gIsiiNpBFOuGP1KPPwK2kMiyX3dAd9W2.jpg

mtholyoke.edu

 

Ada tiga faktor yang bisa dikatakan membuat Perang Dunia II jauh lebih populer dari Perang Dunia I.

1. Luas wilayah cakupan pertempuran yang cukup luas. Secara garis besar, Perang Dunia II mencakup perang di wilayah Eropa (European Theatre) dan perang di wilayah Pacific (Pacific Theatre). Cakupan wilayah perang ini jauh lebih luas ketimbang perang dunia I. Di PD I misalnya, wilayah Asia yang tersentuh perang hanya seputaran laut Okhotsk saat terjadi perang antara Jepang dan Rusia. Sementara PD II mencakup seluruh Asia Timur, Asia Tenggara, termasuk perairan Pasifik yang luas. Cakupan wilayah ini membuat lebih banyak negara dan pihak yang terlibat dalam perak ini sehingga lebih banyak dikenang dalam sejarah

2. Teknologi yang berkembang dari Perang Dunia II jauh lebih banyak dan lebih pesat dari PD I. Dari perang dunia II lah berkembang ketertarikan ilmuwan dalam teknologi nuklir, berkembangnya teknologi komunikasi seperti cikal bakal televisi, komputer atau juga teknologi persandian yang kemudian berkembang menjadi sandi seperti Morse, sandi telegraf yang kita masih pakai sampai saat ini

3. PD II memiliki implikasi politik yang jauh lebih besar dari PD I. Proses dekolonisasi yang melahirkan negara-negara baru di Asia dan Afrika, pembentukan badan bersama yang beranggotakan seluruh negara di dunia yang kita kenal sebagai PBB, dan juga berkembangnya blok Barat yang dipimpin AS dan blok Timur yang dipimpin Soviet merupakan sebagian di antaranya.

Answered Nov 16, 2016
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

Saya pernah membaca di website sebelah, bahwa alasan lain dari PD2 lebih terkenak dari PD1 adalah PD1 lebih mengandalkan brute force, sedangkan PD2 juga mengandalkan trik-trik para intel.

Contohnya bisa dilihat pada kemampuan Jerman untuk membuat kode rahasia bernama Enigma yang memaksa Amerika mengerahkan tenaga untuk memecahkan kode tersebut (yang kemudian menjadi ide film The Imitation Game yang dibintangi Benedict Cumberbatch).

ZYEapk0xlhNlYG7QrCZDanCNwg94JtCd.jpg

Gambar via i.ytimg.com

Answered Dec 16, 2016
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

Hasil gambar untuk pd 2

1. Cakupan lebih luas

2. Teknologi

3. Adolf Hiltler

4. Amerika terlibat secara nyata

Gambar via jejaktapak.com

Answered Dec 18, 2016
Heru Prasetyo
Seorang pejalan kaki yang juga suka naik trans Jogja dan becak.

Karena satu itu kurang. Dua itu cukup. Tiga itu berlebihan (gak ada hubungannya sama Pilgub DKI lho ya hehehehe :D ).

Hasil gambar untuk pd 2

Gambar via upload.wikimedia.org

Answered Dec 19, 2016
Agil (Ragile) Abdullah
Penulis blog Kompasiana, ex programer komputer, staff keuangan, Gusdurian

Hasil gambar untuk perang dunia 2

Karena terjadi tragedi pembantaian jutaan Yahudi oleh Hitler, serangan bom nuklir Amerika ke Jepang di kota Hiroshima dan Nagasaki.

IIustrasi via media.keepo.me

Answered Jan 4, 2017
Benedictus Erwin
Operator Jalan Tol & Penggemar sejarah perang dunia ke 2 di Eropa

Teknologi informasi lebih maju dari dari perang dunia I, negara/benua yang terlibat lebih banyak, teknologi persenjataan lebih maju, ada sosok Hitler.

Answered Jan 13, 2017
Mattewakkan Monga
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan

Perang Dunia II merupakan perang yang membebaskan. Banyak negara terjajah yang merdeka setelah usai Perang Dunia II.

Answered Jan 13, 2017
Rezdi Luthfan
Penulis Amatir | Mahasiswa FEB UI

Hasil gambar untuk perang dunia ii

Semua jawaban adalah murni pendapat saya.

1. Kejahatan perang masif seperti Holocaust dan Unit 731. Holocaust adalah suatu tragedi di mana Nazi membantai hingga 6 juta orang Yahudi di seluruh penjuru Eropa dengan cara ditembak langsung, mati di kereta sempit, atau di kamp konsentrasi seperti di Auschwichtz, Polandia. Sedangkan Unit 731 adalah suatu laboratorium di mana Jepang melakukan eksperimen terhadap manusia (tangan disambung menjadi kaki, dibekukan, dan banyak lagi contoh lainnya), dengan objek rakyat Tiongkok saat itu. Namun, alasan unit 731 tidak terlalu terkenal dan terdengar adalah karena AS memutuskan untuk membebaskan ilmuan Jepang di unit 731 dengan syarat AS mendapatkan hasil dari eksperimen tersebut. 

2. Figur di balik PD 2 lebih terkenal daripada PD 1. Ayolah, sudah jelas lebih terkenal Adolf Hitler daripada Conrad von Hotzendorf dari Austria-Hungaria atau Winston Churchill daripada Erich von Falkenhayn dari Kekaisaran Jerman era PD 1. Figur pada PD 2 juga menjadi lebih terkenal karena saat itu sudah ada kemajuan teknologi sehingga informasi jauh lebih cepat dan mudah untuk diakses.

3. Di Indonesia dan dunia lain selain Eropa, PD 2 lebih berpengaruh. Mengapa demikian? Pada PD 1, terdapat kesan bahwasanya PD 1 adalah Perang Eropa, karena merupakan efek kelanjutan dari perang-perang sebelumnya seperti Franco-Prussian War tahun 1870-an. Situasi Eropa akhir 1800-an merupakan situasi yang sudah tidak kondusif, sehingga terbunuhnya Franz Ferdinand merupakan trigger terakhir untuk terjadinya perang dunia 1. Sedangkan pada PD 2 trigger pertama adalah dari perjanjian Uni Soviet dan Jerman untuk mempartisi Polandia dengan Perjanjian Molotov-Ribbentrop Pact. Faktanya, PD 2 lebih membekas untuk Indonesia khususnya karena PD 2 merupakan awal dari merdekanya negara-negara dari cengkeraman Eropa (termasuk Indonesia saat itu merdeka dari Jepang yang menguasai Indonesia saat PD 2). Walaupun pada PD 1 terjadi perang di Arab dan Afrika (akibat Kekaisaran Ottoman yang ikut blok Jerman dan Austria-Hungaria), tetapi pada PD 2, terjadi perang yang secara skala lebih masif. 

4. Aksi Heroik Amerika Serikat lebih nyata. Terbukti banyaknya film tentang D-Day Normandy, contohnya Saving Private Ryan yang menjadi box office. Tentunya pada PD 1, Amerika juga memiliki andil seperti pada pertempuran Bastogne dan Belleau Wood dimana Marinir AS diberi julukan Teufelhunden atau Devil Dogs from the Sea. Karena industri Hollywood yang mendunia, tentu memberikan persepsi bahwa PD 2 lebih populer.

Gambar via blogspot.com

Answered May 15, 2017
Cok Deniro Panjaitan
Historian UI 2015

5kU2D3s-hGEtqDB2qwgae0wQBLmnjVPz.jpg

Perang Dunia II terasa lebih populer dikarenakan cepatnya perkembangan teknologi militer yang dipelopori oleh Jerman sendiri. Di bawah kendali Nazi, negara tersebut berhasil membuat kapal selam U-Boat yang diakui sebagai kapal siluman terhebat di masanya karena sulit untuk dideteksi keberadaannya.

eh4qJHWKa9EpMwigbXnhIEQgBt5MVFEF.jpg

Meskipun begitu, perkembangan teknologi pada masa Perang Dunia I juga tidak boleh dilupakan oleh karena pada masa tersebut, tank untuk pertama kalinya digunakan bersamaan dengan pesawat-pesawat tempur.

sumber gambar 1: jejaktapak.com
sumber gambar 2: airfields-freeman.com

Answered May 29, 2017

karena jumlah negara yamg terlibat di perang dunia kedua relatif lebih banyak,serta bayaknya jenis perang yang muncul pada perang dunia kedua seperti perang ekonomi,urat syaraf dan perang nuklir membuat perang dunia kedua lebih populer

Answered Aug 14, 2017
Ismi Wan Azizah
mahasiswi uin syarif hidayatulloh fakultas fidikom jurusan manajemen dakhwah

Karena perang yang ke II lebih dahsyat dan membawa dampak kepada mereka.

Answered Aug 18, 2017

Karena perang dunia 2 menelan banyak korban terbanyak dan dunia jatuh dalam kehancuran yang lebih parah dari perang manapun di muka bumi

Answered Aug 20, 2017
Novi Nurkomarini Jauhari
Mahasiswa HI UI │ Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Perang Dunia I (1914-1918) dan Perang Dunia II (1939-1945) memiliki karakteristik dan implikasi yang berbeda sehingga terdapat perbedaan popularitas di antara keduanya. Berdasarkan jumlah negara, luas wilayah konflik, dan angka kematian masyarakat sipil yang melibatkannya, PD I yang hanya melibatkan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat dan terjadi secara terbatas di dataran utama benua Eropa memiliki skala peristiwa dan pengaruh yang lebih kecil ketimbang PD II yang turut melibatkan negara-negara koloni di Asia dan Afrika serta pertempuran di Pasifik. Selain itu, penumpasan kelompok Yahudi oleh Nazi serta penjatuhan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki dalam PD II meninggalkan catatan kelam dalam sejarah peradaban manusia, sementara momentum berakhirnya PD II tersebut berhasil membangkitkan gerakan perkembangan nasionalisme dan kemerdekaan di negara-negara dunia ketiga. Dengan adanya skala pertempuran yang lebih besar dan luas secara umum pada PD II serta setidaknya tiga peristiwa khusus yang menandai PD II tersebut, maka PD II terasa lebih populer daripada PD I.

Answered Nov 2, 2017
Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Perang Dunia Kedua, tidak hanya, lebih populer, namun juga melibatkan lebih banyak negara, dengan dampak kerusakan dan trauma yang lebih membekas dari perang dunia yang pertama. beberapa dampak yang bisa dirasakan oleh warga dunia adalah tercatatnya kerugian besar bagi Negara Negara di Eropa, Asia Pasifik, dan tempat tempat lain. Perang Dunia telah mengubah peta kehidupan dunia, seperti politik, ekonomi, dan social. Beberapa hal yang menjadi perubahan pada dunia ini adalah perubahan perubahan pada bidang politik, ekonomi, dan sosial akibat Perang Dunia II. 

Pada perang dunia kedua, perubahan politik nasional-internasional makin berubah dengan jelas. dapat dilihat bahwa kemudian Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul sebagai kekuatan raksasa baru dunia. Terutama setelah Amerika Serikat tampil menggetarkan Jepang dengan dua bom atom yang dijatuhkannya. Kemudian, setelah itu Terjadi perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet sehingga muncul Blok Barat dan Blok Timur dengan NATO dan Pakta warsawanya. Walaupun seiring dengan berjalannya waktu, Pakta Warsawa akhirnya dibubarkan. Setelah adanya perebutan pengaruh tersebut, tumbanglah beberapa negara imperialis di Asia dan Pasifik. Banyaknya tuntutan dari negara yang terjajah menghadirkan kemunculan banyak Negara Negara baru dan Negara Negara merdeka yang terbebas dari penjajahan. Puncaknya, adalah kemudian terbentuknya oeganisasi  perdamaian dunia PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

Sedangkan dalam bidang ekonomi, banyak sektor sektor ekomoni dunia yang mengalami kerusakan. hal ini dapat dilihat dari kerusakan parah yang terjadi pada sarana dan prasarana kehidupan, seperti gedung, jembatan, jalan raya, perumahan dan sebagainya hancur. Banyak negara membangun kembali infrastruktur ini dari nol dan bangkit untuk berjuang. Hal ini mendorong Amerika Serikat menjadi Negara penyumbang pinjaman (kreditur dunia). Kala itu, Amerika Serikat hadir dengan Bank internasionalnyayang tergabung dalam unholy trinity. Yaitu adanya WTO, IBRD, dan IMF.

Lalu apabila ditinjau dari aspek sosial, Perang Dunia II telah menelan korban jutaan jiwa. Selepas itu, kemudian Kemiskianan, kelaparan, dan wabah penyakit tumbuh dimana mana. Walau kemudian, beberapa kemajuan dalam Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat seiring dengan upaya pertahanan diri. terhadap serangan negara lain. Mulai muncul perlombaan sistem pertahanannegara yang kian mutakhir dan beradu power, antara satu negara dengan yang lainnya.

Answered Dec 13, 2017
Rizky Gian Pratama
Pemuda Minang|Rumah Kepemimpinan 8| Ketua HMTI ITS 16/17|Industrial Engineer

Perang dunia II lebih banyak melibatkan negara-negara di dunia, tidak hanya benua Eropa tetapi juga untuk kawasan Asia Fasific yang secara tidak lansung berpengaruh pada benua Eropa.

Perang dunia II pun menghabiskan banyak energi dan biaya serta pengerahan manusia terbesar dalam sejarah manusia

Answered Feb 25, 2018
Fajar Cahyono
Mahasiswa Ilmu Filsafat UGM, Peserta Rumah Kepemimpinan Reg. Yogyakarta

1. Penggunaan teknologi yang semakin maju dibanding PD I
2. Jumlah negara yang terlibat dan cakupan luas
3. Jumlah korban yang diderita kedua belah pihak
4. Momentum untuk perdamaian dunia
5. Perang (sampai saat ini) terakhir dunia.

Answered Apr 2, 2018
Kurniawati Hakim
PM BA 7 Pontianak|Mahasiswa S2 IE UNTAN|owner @kerupukbasahsidak.ulu @delidol.id

seandainya ada perang dunia ketiga, mungkin perang dunia ketigalah yang populer merunut saya. 

Answered May 2, 2018