selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan penistaan agama?

Last Updated Nov 16, 2016

18 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

Hasil gambar untuk penistaan agama

Penistaan agama adalah tindakan, perkataan, dan perbuatan dan sebagainya dari diri atau kelompok satu agama yang berusaha ikut campur dan/atau mengurusi agama lain.

Gambar via static.republika.co.id

Answered Dec 9, 2016
Josua Collins
Kinerja nomor satu

Ketika seseorang dengan sengaja menghina atau mengejek ajaran agama tertentu dan menghalangi berjalannya ibadah dari agama tertentu.

Gambar terkait

Ilustrasi via annasindonesia.com

Answered Dec 24, 2016

Hasil gambar untuk penistaan agama

Segala bentuk tindakan untuk menyebarkan kebencian dan permusuhan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol agama. Namun, kritik terhadapnya tidak tergolong penistaan, mengingat relativisme kebenaran.

Ilustrasi via republika.co.id

Answered Jan 4, 2017
hafidzul alim
Jauh yang dekat itu kadang lebih baik dibanding dekat yang jauh.

N6tLUP9bvaVCtv2daeDCvsWAnhb0t0Tk.jpg

Menjabarkan agama yang tidak diyakininya serta mencampuradukkan kegiatan beragama dengan yang berbeda keyakinannya. . .

.

Cukup, yakini dan jalani. Tidak perlu mencapuradukkan semua kegiatan agama menjadi satu. . . 

gambar via republika.co.id/

Answered Jan 9, 2017
Anonymous

Penistaan agama adalah menghina tokoh atau kitab suci agama lain secara sengaja di muka umum...

Answered Jan 15, 2017
Hilmy Mahfuzra
A passionate learner and writer

Menurut KBBI:

Nista = Hina

Penistaan = penghinaan

Maka, penistaan agama adalah penghinaan agama. Artinya, aktivitas yang dilakukan dengan maksud menghina, merendahkan atau menjelekkan sebuah agama.

Answered Jan 18, 2017

Cu5O-SekGMyZvSmKO_c_sk8nVrB5kRhk.jpg

Secara umum penistaan (penodaan agama) diartikan sebagai penentangan hal-hal yang dianggap suci atau yang tidak boleh diserang (tabu) yaitu, simbol-simbol agama/pemimpin agama/kitab suci agama. Bentuk penodaan agama pada umumnya adalah perkataan atau tulisan yang menentang ketuhanan terhadap agama-agama yang mapan.

Namun secara hukum, tidak ada definisi atau pengertian yang jelas mengenai penistaan agama. Baik dalam Pasal 1 UU PNPS maupun Pasal 156A KUHP (pasal penodaan agama) juga tidak memberikan definisi ataupun penjelasan yang jelas soal penodaan agama. Tidak adanya definisi atau penjelasan yang jelas menurut Undang-Undang membuat pasal penodaan agama ini multitafsir, dan tidak memberikan kepastian hukum (pasal karet). Tidak jelasnya konsep penodaan agama dalam peraturan perundang-undangan membuatnya rentan disalahgunakan (misus).

#SayembaraSELASAR (Saya pilih MacBookPro)

Answered Apr 1, 2017
Mochamad Ridha
Tertarik dgn studi sosial, media dan komunikasi | Pimpinan Dema Fisipol UGM | RK

Hasil gambar untuk penistaan agama

Secara konstitusi yang diatur dalam KUHP, maksud penistaan agama bunyinya seperti ini.

Pasal 156
Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. Perkataan golongan dalam pasal ini dan pasal berikutnya berarti tiap-tiap bagian dari rakyat Indonesia yang berbeda dengan suatu atau beberapa hagian lainnya karena ras, negeri asal, agama, tempat, asal, keturunan, kebangsaan atau kedudukan menurut hukum tata negara.
 
Pasal 156a
Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun, barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:
a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.
 
Juga pasal 1 Undang-Undang Nomor 1 PNPS/1965 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama bahwa penistaan agama adalah:
Setiap orang dilarang dengan sengaja di muka umum menceritakan, menganjurkan, mengusahakan dukungan umum, untuk melakukan penafsiran tentang sesuatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan-kegiatan keagamaan dari agama itu, penafsiran dan kegiatan mana menyimpang dari pokok-pokok ajaran agama itu.
 
 

Answered Jul 28, 2017

penghinaan kepada agama

Answered Aug 11, 2017

Orang yang secara sengaja ataupun tidak sengaja melakukan pelecehan terhadap suatu agama.

Answered Aug 15, 2017

penistaan agama adalah suatu tindakan yang merendahkan, mencela dan menghina suatu agama tertentu

Answered Aug 19, 2017

seseorang yang mengucapkan, mengkucilkan, mengejek dari agama yg dia hina, bentuk hinaannya itu ya macam" bisa lewat kitab dari gama tersebut, bisa dari kebiasaan atau yg lain ........

Answered Aug 20, 2017

Nama : Jihan Fadhilla

Fakultas : Ekonomi dan Bisnis

Jurusan : Manajemen

Sesuatu perbuatan atau perkataan yang menjatuhkan atau menghina suatu agama. baik dari fisik ataupun akidahnya

Answered Aug 20, 2017
Nobi Zen
Anak Mama dan Ayah

Semua kasus yang kagak didemo besar-besaran kayaknya jadi penistaan agama... *eh ga gitu ya?

Answered Aug 28, 2017
Aries Budiono
Sosiologi Unair / Rumah Kepemimpinan Surabaya

Nampaknya sekarang "penistaan agama" menjadi kalimat yang populis di tengah masyarakat kita. Namun ada yang salah dengan penistaan agama. Mungkin kita lebih memahami penistaan agama sebagai sebuah kalimat populis daripada definisi dan substansinya. Penistaan agama lebih dipahami sebagai sebuah penghinaan terhadap simbol agama oleh masyarakat kita. Terlebih setelah gubernur DKI Jakarta Basuki Tajahja Purnama terdakwa kasus penistaan agama. 

Perlu untuk dipahami bahwa penistaan agama bukan sekedar pelecehan simbol dan atribut keagamaan. Pelecehan agama tidak saja dilakukan oleh pemeluk agama lain. Melainkan pemeluk agama itu sendiri berpeluang besar melecehkan agamanya setiap hari. Tentu hal ini yang jarang kita sadari. Penistaan agama adalah ketika kita menjual ayat-ayat Tuhan dalam kitab suci untuk membenarkan perilaku yang lalim. Apalagi menjual ayat Tuhan untuk kepentingan pribadi. Menistakan agama itu sebenarnya mudah saja. Menurut Sujiwo Tedjo, khawatir besok tidak bisa makan adalah bentuk penistaan agama dan penghinaan terhadap Tuhan. 

Sungguh menistakan agama adalah sesuatu yang sebenarnyamengada-ada. Agama dari Tuhan akan selalu ada dan tetap mulia

Answered Nov 2, 2017

Segala perbuatan yang berupaya merendahkan kedudukan suatu agama (kenapa berupaya? karena pada dasarnya suatu agama tidak dapat direndahkan), termasuk di dalamnya menyepelekan ajaran dari agama tersebut, tidak mematuhi perintah, dan tidak menjauhi larangan.

Answered Dec 2, 2017

tindak penghinaan, penghujatan, atau ketidaksopanan terhadap tokoh-tokoh suci, artefak agama, adat istiadat, dan keyakinan suatu agama

Answered Feb 2, 2018
Muhammad Iqbal Rivai
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Penistaan agama merupakan suatu tindakan diskriminasi dan tindakan yang menyudutkan suatu agama dengan cara memberikan isu negatif kepada agama tersebut, hal ini menimbulkan ketimpangan sosial dalam umat beragama dan biasanya penistaan agama dilakukan dengan cara memutar balikkan fakta apa yang ada di suatu agama tersebut.

Answered Apr 3, 2018