selasar-loader

Apa bentuk teknologi informasi yang paling mengubah dunia? Mengapa?

Last Updated Nov 23, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Rendy Setya Pratama
Software Engineer yang suka fotografi.

93HTbXCoQmB7ESam3ZUygJw9hMAJokf-.jpg

Mengubah dunia disini bisa saya artikan sebagai memperbaharui sesuatu ke arah yang lebih maju, tepat dan positif dari sebelumnya. Sebenarnya sudah banyak teknologi dengan keunikannya masing - masing yang sedikit demi sedikit mengubah pola kehidupan manusia pada umumnya.

Saya ambil sebuah contoh sebuah produk terkini yang mungkin semua orang sudah tahu dan susah untuk 'melepasnya', Google. Dewasa ini, siapa orang yang tidak mengenal Google ? Mungkin ada, tapi saya yakin persentase orang yang tidak mengenal Google lebih kecil daripada yang sudah paham betul. Google adalah sebuah mesin pencari (kebanyakan orang mengenal google sebagai sebuah search engine) merupakan sebuah produk besutan Larry Page dan rekannya yang hingga kini menjadikan kita sebagai user 'setia'.
Secara tidak langsung google mengubah pola hidup kita, sebagai contoh ketika anda tidak tahu akan definisi suatu hal, rumus dari sebuah soal aljabar, ataupun lirik sebuah lagu sederhananya. Dahulu kala, mungkin kita akan bertanya kepada kerabat, teman, ataupun orang terdekat kita terlebih dahulu, Kini ? seakan otak kita sudah terdoktrin bahwa segala yang harus kita lakukan pertama kali adalah membuka web browser, kemudikan mengetik "www.google.com" dan voila! apa yang anda cari akan terpapar dengan berjuta referensinya. 

Lalu, teknologi apa yang digunakan Google, sehingga dia dapat memberikan kita referensi (bahkan jawaban langsung) ketika kita mencari melalui search engine nya ? jika jawaban saya tidak salah mungkin salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI) atau biasa disebut 'kecerdasan buatan', sederhananya, kecerdasan diciptakan lalu kemudian diinput ke dalam suatu mesin agar mesin tersebut dapat mempelajarinya kemudian melakukan tindakan layaknya seorang manusia yang sudah berifikir secara matang sebelum mengeksekusi suatu task. 
Contoh kedua, jika anda mengikuti Mark Zuckerberg (CEO sekaligus Founder Facebook), pada akun facebooknya belum lama ini melakukan riset pribadi mengenai house system based on AI, dimana program yang dia buat mampu mengakomodir beberapa pekerjaan rumah tangganya melalui smartphone, ataupun facebook messenger.

Menurut saya, Artificial Intelligence (AI) ini adalah bentuk teknologi yang akan terus dikembangkan oleh para manusia kreatif abad ini, dengan AI bukan tidak mungkin kita dapat mengatur segala sesuatunya melalui komputer bukan ?

Answered Jan 13, 2017
Adrian Benn
Master's Student in Interactive Media Technology, KTH, Sweden

Terima kasih untuk A2A pertanyaan ini :)

m9By7SEc5lLHgW_DZDX8CFs1awkGu1aL.jpg

Keberadaan teknologi informasi sendiri menurut saya sudah mengubah dunia. Sama seperti revolusi industri di awal 1800, kita baru saja melewati fase revolusi informasi di akhir abad ke-20. Internet dan teknologi informasi mengubah bagaimana manusia berkomunikasi, mengakses pengetahuan, hingga cara manusia berpikir dan bekerja.

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, dalam perkembangan teknologi informasi 30 tahun terakhir ini yang menurut saya berperan signifikan dalam mengubah dunia adalah kehadiran internet dalam genggaman tangan, alias smartphone. 

Tak hanya mengubah bagaimana manusia berkomunikasi, tetapi juga mengubah cara hidup manusia sedemikian rupa dari yang sebelumnya ada effort yang diperlukan untuk mendatangi sebuah perangkat komputer untuk mengakses internet, kini seluruh informasi dunia ada dalam genggaman tangan, dan selalu dibawa ke manapun kita berada.

Answered Jan 24, 2017
Hilman Fajrian
Founder Arkademi.com

32osJu84qXqXWKdT_eM-wnm72xt5ot7Z.gif

Teknologi inklusif LAMP. Linux, Apache, MySQL, PHP. 

Kita tak akan mengenal dunia seperti sekarang bila teknologi yang kita konsumsi saat ini bersifat ekslusif -- dimiliki dan hanya bisa dikembangkan oleh pihak tertentu. Teknologi ekslusif bukan hanya membuat ia sulit dijangkau karena berharga tinggi, tapi juga lambat penyebaran, implementasi dan pengembangannya. Dunia internet kita saat ini akan benar-benar berbeda bila LAMP diperlakukan komersial seperti Windows, Microsoft IIS, Oracle, dan ASP.

LAMP yang gratis dan open source itulah yang membawakan kita ponsel Android murah (dan segala keuntungan dalam ekosistem Android), web hosting murah, CMS gratis (Wordpress, Joomla, Drupal dll), dan berkembangnya banyak bahasa pemprograman open source lainnya.

Berkat open source pada LAMP, kita mengenal banyak situs market place dimana jutaan orang menggerakkan ekonomi. Kita kenal Facebook, Twitter, Wikipedia, dan situs-situs lain yang mengubah wajah informasi dunia. Kita bisa mencari uang lewat menjual barang/jasa di situs yang kita bangun sendiri dengan biaya minim. Bahkan jutaan orang bisa mencari nafkah melalui ponselnya lewat Gojek, Uber, Grab dll, yang semua itu dimungkinkan karena LAMP dihadirkan oleh penciptanya tanpa mengedepankan keuntungan materiil.

Kita berkumpul di Selasar, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, karena LAMP.

Answered Jan 24, 2017