selasar-loader

Manakah yang lebih baik, membaca buku fiksi atau nonfiksi?

Last Updated Nov 23, 2016

5 answers

Sort by Date | Votes
Banu Muhammad
pembelajar, alumni FEUI

Sumber gambar: https://shiq4.wordpress.com/2016/06/21/kebiasaan-membaca-buku/ (SUM)

Yang tidak baik adalah yang tidak membaca buku.

 

Answered Nov 23, 2016
Zulfian Prasetyo
Tumbuh dan berteman dengan buku.

Gambar terkait

Tergantung pada tujuan membacanya.

Bila kamu membaca untuk keperluan hiburan, buku-buku fiksi sejauh ini masih bisa dijadikan pilihan utama, kecuali bila membaca buku akuntansi atau teori ekonomi makro bisa menghibur kamu.

Kalau untuk tujuan akademik, buku nonfiksi biasanya jadi pilihan pertama. Tapi, bisa juga buku fiksi dijadikan acuan, misalnya bila kamu sedang menjalani mata kuliah "Penulisan Populer".

Jadi, tentukan dulu tujuan membaca kamu. Baru deh temukan buku yang sesuai.

Gambar via indrianitaslim.files.wordpress.com

Answered Dec 14, 2016
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

 

jntf8-5B8mb24Mt6aO90KkSkc-dvxgMp.jpg

Gambar via smartmomways.com (KAM)

Buku fiksi itu dibutuhkan untuk "bermimpi" jika buku2 bermimpi (cinta atau travel atau berkelana). Atau fiksi ttg detektif spy Sydney Sheldon atau Agtha Christie atau buku2 foksi ilmiah.

Sdgkn buku non-fiksi adh benar2 utk pengetahuanmu. Buku2 kopeksi di perpistakaan pribadiku adh Arsitektur, city planning, planologi, ttg taman, bangunan, dan yg berhubungan tokoh2 yg aku suka

Ini adh bagian dari mencari pengentahuan dan mencari inspirasi ......

Jadi seimbangkan lah antara membaca buku fiksi dan non-fiksi.

Answered Apr 15, 2017

Sama-sama baiknya. Buku fiksi mengasah kepekaan/ intuisi dan emosi (otak kanan). Buku non-fiksi memberi pengetahuan baru dan mengasah logika (otak kiri). Namun banyak dari buku fiksi yang dilandasi data dan fakta akurat dimana penulisnya membuat riset panjang dan pembacanya pun berasa sedang membaca buku non-fiksi, seperti bukunya Dan Brown. Bisa juga dari buku fiksi tersebut pembaca terdorong mempelajari hal-hal yang terkandung didalamnya lewat buku fiksi dikemudian hari. Intinya, kedua jenis buku ini bisa sama-sama berkaitan satu sama lain. Yang kurang baik adalah tidak membaca buku sama sekali.

Answered Mar 29, 2018
Royyan Dzakiy
Informatics Engineering Student, at Bandung Institute of Technology

Rasanya tidak selalu bisa digeneralisir terkait mana yang lebih baik. Tak sedikit buku fiksi yang juga didasarkan pada fakta sehingga memberikan kisah yang lebih hidup sehingga bisa memberi pemaknaan yang lebih kuat. Pun buku nonfiksi bagus karena utamanya memang didasari pada penulisan yang empiris karena tidak merupakan karanga bebas.

Saya pribadi senang membaca buku nonfiksi karena merasa terkadang lebih cepat saya cerna manfaatnya. Hal itu disebabkan buku semacam ini dituliskan dengan gamblang sehingga lebih mudah dicerna.

Answered Apr 6, 2018