selasar-loader

Apa tips sukses writing test pada ujian IELTS?

Last Updated Apr 26, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Selasares garis keras

gLPf81pHDXbXPJA4J4Eqd1nze7yYxKuG.jpg

Sebelum lebih jauh membahas detail tips writing test pada IELTS, menjadi penting untuk mengetahui detail dari soal yang diujikan dalam ujian writing IELTS. Hal tersebut dapat dilihat di sini.

Writing test. Task 1: Infografik

Infografik yang diujikan untuk di convert menjadi sebuah kalimat dan paragraf ini merupakan gabungan antara information and Graphic, untuk itu disebut sebagai infografik. Infografik bisa saja berbentuk chart, table, diagram, flow chart dan lain2.

Menjadi penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus disajikan (what to write) dalam format report seperti ini. Beberapa tips diantaranya adalah:

a. Ditulis dengan range huruf 170 - 190 kata.

b. Perkuat di introduction (paragraf pertama). Gunakan kata: Shows, ilustrates, demonstrates dalam menggambarkan infografik dalam paragraf pembuka. 

c. Jangan gunakan kata pengganti orang pertama (I, we, me) karena report ini bukan tentang kita, tapi tentang data yang disajikan

d. Jangan buat analisis ataupun prediksi sedikitpun. Yang harus dilakukan hanya menunjukan apa-apa yang ada dalam grafik. Jadi sepintar apapun Anda atau se-ahli apapun Anda, analisis Anda tidak diperlukan di sini. Yang diperlukan adalah kemampuan Anda untuk meng-convert charts/diagrams menjadi sebuah penjabaran deskriptif via tulisan.

e. Ujian ini merupakan English test bukan intelligence test. Jadi tolong pastikan bahwa yang kita fokuskan adalah kualitas penyajian kalimat dan kata dalam bahasa inggris, bukan tentang analisis di dalamnya.

f. Simple and straight forward dalam menyampaikan. Semakin tidak muter-muter, semakin efektif Anda dalam memanfaatkan waktu yang terbatas dan semakin efisien Anda dalam menyampaikan pesan kepada si penguji

g. Task 1 ini disajikan atas satu paragraf intoduction (terdiri atas 3 kalimat efektif) dan dua paragraf body yang menjelaskan isi tabel tersebut. Tanpa conclution karena kita tidak menyipulkan apapun. Total 3 paragraf.

h. Isi paragraf body usahakan untuk fokus pada pola (pattern/trends) jangan gambarkan satu-satu dan anomaly/pengecualian secara detail karena: kita memiliki waktu yang sangat terbatas, batas optimum penggunaan kata dan informasi tersebut tidak penting untuk diberikan.

i. Dalam paragraf pembuka (introduction), jika infografis berupa kuadran, tabel ataupun flow chart, jelaskan ini tentang apa dan sebutkan seluruh variabelnya. Misal dalam format kuadran, jelaskan variabel x dan y-nya.

j. Seperti apa paragraf isi (body)? Secara umum, jelaskan beberapa hal spesifik lain dalam infografis tersebut seperti peak (puncak), valley (Lembah), atau plateau (mendatar). Jika berupa diagram, jelaskan variabel yang menyusunnya. Jika berupa tabel, jelaskan kolom dan row-nya. Jika berupa flow chart, tunjukan prosesnya dengan menjelaskan bermula darimana dan berakhir sampai mana. Flow chart disarankan hanya satu paragraf saja. Tidak perlu dipisah.

k. Bagaimana membagi paragraf isi(body)? Pada dasarnya, tidak ada pola yang baku untuk hal ini. Tips berikut hanyalah saran atas pola umum yang biasa dipakai orang dalam membagi paragraf dalam ujian writing:

a. Jika ada satu charts/diagrams:

  1. Paragraf pertama menceritakan trend dan paragraf kedua menceritakan anomali
  2. paragraf pertama ceritakan tentang variabel A dan paragraf kedua ceritakan tentang variabel B.

b. Jika ada dua atau lebih charts/diagrams

  1. Paragraf pertama ceritakan tentang Chart A dan paragraf kedua ceritakan tentang Chart B
  2. paragraf pertama ceritakan tentang variabel-veriabel yang mirip (trends) dari kedua chart/diagram tersebut dan paragraf kedua ceritakan tentang hal-hal yang membedakan dua charts/diagrams tersebut.

 

Task 2: Essay

a. Perhatikan soal. Mengerti jawaban apa yang diminta menjadi sangat penting untuk menjawab pertanyaan. Misal, ketika kita diminta untuk memberikan opini kita terhadap sesuatu, penggunaan kata I"" atau "In my opinion", menjadi penting. Hal ini berkebalikan dengan task 1 dimana kita tidak boleh beropini.

Kalimat yang mengekspresikan pendapat pribadi selain "in my opinion”, adalah: I think, I believe, dan In my view. Atau, "i agree and i disagree, because.."

b. Rencanakan essay Anda dengan baik dengan membuat struktur tulisan secara detail, apa yang akan Anda tulis pada paragraf pembuka, isi (body) dan penutup.

Paragraf isi bisa terdiri dari satu atau dua paragraf. Yang jelas, pastikan paragraf isi terdiri atas argumen utama Anda, alasan detail dan jika perlu berikan contoh. Sedangkan paragraf penutup sajikan dengan penyampaian ulang pendapat anda (yang pernah di state di paragraf pembuka).

Pastikan Anda memperhatikan batasan waktu yang diminta pada soal, permintaan utama dari soal dan juga jumlah minimum kata yang dapat diterima (at least more than.. words). Untuk itu maka latihan dan simulasi menjadi penting.

c. Paragraf pertama (paragraf pembuka) adalah paragraf terpenting dalam task ini  karena selain paragraf pertama merepresentasikan keseluruhan essay yang Anda buat, paragraf ini lah yang akhirnya menentukan apakah tulisan Anda baik atau tidak dimata penguji. Baik atau tidaknya sebuah tulisan salah satunya ditentukan oleh seberapa jelas pesan yang ingin Anda sampaikan pada essay yang Anda buat.

d. Susun paragraf pembuka ini dengan rencana yang matang ke dalam tiga sampai lima kalimat. Yang direkomendasikan tiga hingga empat kalimat.

e. Jika diturunkan dalam empat kalimat, begini strukturnya:

  1. Apa topiknya? (ide umum yang ingin dijawab)
  2. Apa pertanyaan yang ingin dijawab? (Lebih spesifik)
  3. Apa pendapat anda untuk menjawab pertanyaan tersebut?
  4. Apa alasan anda menjawab pertanyaan tersebut?
  5. Note: no 2 dan 3 bisa digabung dalam satu kalimat.

f. Contoh paragraf pembuka

  1. Apa topiknya? Contoh: Dimana tempat terbaik untuk tinggal
  2. Apa pertanyaan yang ingin dijawab? Contoh: Di desa atau di kota
  3. Apa pendapat anda untuk menjawab pertanyaan tersebut? Contoh: Di kota
  4. Apa alasan anda menjawab pertanyaan tersebut? Contoh: Di kota karena bla..bla.. (jawabannya umum aja karena detailnya akan dijelaskan dalam paragraf isi)

g. Periksa kembali jawaban Anda setelah selesai...(more)

Answered May 5, 2017

Question Overview


1 Followers
612 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana tips singkat dan mudah mendapatkan skor IELTS yang tinggi?

Bagaimana cara memperoleh skor IELTS tinggi?

Apakah beasiswa dan universitas luar negeri yang hanya syaratkan minimal score IELTS 6.0?

Seperti apa tipe soal yang diujikan pada tes IELTS?

Apa tips sukses speaking test pada ujian IELTS?

Apa tips sukses listening test pada ujian IELTS?

Apa tips sukses reading test pada ujian IELTS?

Seberapa bagus belajar Bahasa Inggris di EF?

Seberapa bagus belajar Bahasa Inggris di LIA?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Inggris?

Bagaimana supaya anak saya bisa lancar berbahasa Inggris sebelum usia 5 tahun?

Apa perbedaan cove, bay, dan gulf?

Apa pengalaman Anda di Kampung Inggris Pare?

Apa pengalamanmu menjadi mahasiswa Sastra Inggris?

Menurut Anda, manakah yang lebih penting antara Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Daerah (Bahasa Ibu)?

Butuh berapa lama untuk dapat lancar berbahasa Inggris? 

Apakah tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

Apa beasiswa yang terbaik di Indonesia saat ini?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa itu kampus Ivy League dan seberapa prestisius berkuliah di sana?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Apa tips mendapatkan beasiswa Chevening (Pemerintah Inggris)?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships)?

Mengapa kuliah di Jepang begitu menarik dan prestisius?