selasar-loader

Apa buku yang wajib dibaca oleh remaja?

Last Updated Nov 23, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Zulfian Prasetyo
Tumbuh dan berteman dengan buku.

Gambar terkait

Waktu masih remaja, buku yang saya baca adalah Chicken Soup for Soul, termasuk salah satu turunannya yang berjudul Chicken Soup for Teenager Soul

Saya juga membaca serial Harry Potter. Judul yang ini saya baca sejak kelas 5--6 SD hingga kuliah.

Namun, kalau boleh memutar waktu, mungkin buku How to Win Friends and Influence People karangan Dale Carnegie dan 7 Habit adalah buku yang akan saya baca ketika remaja sehingga saya tidak hanya mampu berempati terhadap orang lain, tetapi juga mampu memerangi sifat introvert saya dan mampu menjadi manusia yang luar biasa disiplin. Jadi, saya rekomendasikan judul-judul itu bagi para remaja. ;)

Gambar via osolihin.files.wordpress.com

Answered Dec 14, 2016
Arfi Bambani
Bercita-cita suatu hari buka taman bacaan buat anak-anak

jostein gaarder's sophie's world

Dunia Sophie, karangan Jostein Gaarder. Menurut saya, remaja harus membaca buku ini sebagai langkah awal membuka cakrawala berpikir mereka, terutama tentang bagaimana melihat dunia.

Kisahnya adalah campuran fiksi ala novel remaja dengan sisipan-sisipan filsafat mulai dari era Plato sampai yang terkini Sartre. Tokoh utama bernama Sophie, seorang remaja perempuan berusia 14 tahun. Jangan berpikir kisahnya berat dibaca karena mengandung filsafat, sebaliknya justru buku ini membuat filsafat terasa lebih ringan dan mudah dipahami.

Bagi yang tidak sempat ke toko buku, buku ini juga ada yang menjual secara online. Salah satunya bisa dijumpai di Bukalapak.

Answered Dec 14, 2016
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

Menurut saya, buku Dilan dan Milea.

Sz-98fCkFVr1b_h6tfjHH-YhCZUzYvIA.jpg

Gambar via zetizen.com

Mengapa Dilan?

Di zaman sekarang, remaja banyak yang mengalami kegalauan dalam masalah cinta. Dengan berbagai alasan, remaja, terutama perempuan, selalu memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan masalah percintaan mereka.

Saya merasa bahwa pemikiran remaja saat ini perlu diisi dengan sesuatu yang memberikan masukan pula. Memang, Dilan merupakan buku yang menceritakan kisah cinta yang unik dari tokoh Dilan dan Milea, namun menurut saya, dalam buku tersebut terdapat nilai-nilai moral yang dapat dipelajari oleh remaja.

Dilan, sebagai sosok yang misterius, romantis, unik, dan setia, memang menjadi idaman cewek-cewek yang membacanya. Namun, dari sisi Milea kita dapat mengambil pelajaran mengenai sikap yang harus kita lakukan sebagai seorang perempuan. Begitu pun dari buku Milea, kita dapat melihat bagaimana cinta itu terjadi.

Sebagai pembaca yang baik, jika sudah membaca buku-buku ini, remaja harusnya dapat mengambil sisi positif, bukan malah terbawa dan menghayal untuk memiliki pacar seperti Dilan atau Milea. Kita harus mencari nilai moral dalam buku ini agar kita juga tidak terus terlarut dalam permasalahan cinta.

Answered Apr 11, 2017