selasar-loader

Apa buku yang paling menginspirasi yang pernah Anda baca?

Last Updated Nov 23, 2016

9 answers

Sort by Date | Votes
x y
Tukang Nujum Cabul

Gambar terkait

Sumber gambar via https://ahsinmuslim.files.wordpress.com/ (SUM)

Ada beberapa buku yang paling menginspirasi sehingga mendorong saya dapat menjalani karier yang saya hadapi sekarang. Yang paling berkesan untuk saya adalah buku dengan judul Foundations Series dari Isaac Asimov.

Seri ini terdiri dari 7 buku yang berkisah tentang perencanaan Seldon Plan, sebuah rencana untuk membuat sebuah bangsa yang mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan. Seldon Plan ini dibangun di atas sebuah teori yang dinamai Psychohistory. Secara konseptual, teori ini adalah matematika tentang fenomena sosial dan sejarah. Saat ini, yang paling dekat dengan psychohistory adalah complex systems theory dan computational sociology.

Seldon Plan dibuat karena protagonisnya, Hari Seldon, melihat bahwa Galactic Empire akan mengalami keruntuhan. Seldon Plan sejatinya adalah usaha untuk membangun Galactic Empire baru yang lebih baik. Inspirasi ini yang mendorong saya untuk memikirkan bagaimana caranya membangun masyarakat yang fungsional, adaptif, dan sustainable.

Answered Nov 25, 2016
Amril Taufik Gobel
Smiling Blogger (www.daengbattala.com) , lovely husband, restless father

pPr18UgwYXSE6BiMyzud2HLlSv8VqOdl.jpeg

Judul Buku: The Jokowi Secrets (Bagaimana Kepemimpinan Sederhana Menyelesaikan Masalah-Masalah Tak Sederhana)

Penulis: Agus Santosa

Penerbit: Gradien Mediatama, 2014

Editor: Ang Tek Khun

Jumlah Halaman: 246

ISBN : 978-602-208-127-2

Buku yang dipajang di rak buku Gramedia Mega Mall Bekasi spontan menarik minat saya. Selain kovernya atraktif dengan kartun wajah Jokowi sedang tersenyum lebar, judulnya pun segera membangkitkan rasa ingin tahu untuk menyelami lebih dalam apa sesungguhnya rahasia kepemimpinan sosok fenomenal yang kini menjadi presiden Indonesia dan berpasangan dengan H.M.Jusuf Kalla.

Sang penulis buku, Agus Santosa mengawali pengantar buku ini dengan apik melalui judul “Menjadi Sebutir Garam”.

Agus mengulas bagaimana filosofi garam, kerendahan hati, dan kepemimpinan yang melayani. Pada pengantar bukunya, ia mengungkapkan.

Takdir sebutir garam di pasir itu tersembunyi. Tidak seperti terang yang memendarkan cahaya. Tidak seperti suar yang menavigasi kapal di laut untuk merapat ke dermaga. Garam itu tersembunyi dan memendam kerendahan hati. Garam memberikan rasa yang meresap pada makanan tanpa pernah menjadi makanan itu sendiri. Garam merasuk ke dalam makanan sebagai penyedap. Jika Anda menjadi ”sebutir garam”, Anda harus merasuki kehidupan orang lain dengan sikap hati dan pemikiran Anda, memengaruhi orang lain dengan perilaku anda. Itulah peran sebutir garam, rendah hati dan tersamar.

Kepemimpinan yang melayani adalah menjadi ”garam” merasuk ke semua ranah kehidupan konstituen atau merapat pada rakyat, yang dalam istilah Jokowi, pemimpin harus bersikap horizontal.

Saya mencoba memahami filosofi yang dipaparkan oleh Agus dengan membaca bab demi bab buku memikat ini. Terdapat 7 bab dalam buku “The Jokowi Secrets”, yaitu “The Difference Maker”, “Anti Fragile”,”Tak Melintas Jalan Pintas”, “Bersih-Bersih Rasuah”, “Blusukan Sang Naga”, “Revolusi di atas Meja Makan” dan “Mulut Bijak Hati Teduh”.  Di bab pertama, Agus mengungkapkan ciri pembeda Jokowi yang menonjol dan menjadi daya tariknya. Dari sisi postur tubuh dan tampilan fisik, sosok Jokowi memang tak banyak berbeda dengan sosok orang kebanyakan. Seraya mengutip pernyataan guru motivasi John.C.Maxwell “Sikap adalah pembuat perbedaan! Sikap bukan segalanya, tetapi satu hal yang dapat membuat perbedaan dalam hidup Anda!”, Agus kemudian mengulas “sikap” Jokowi yang menjadi sosok yang terlihat unik dan berbeda.

Jokowi seringkali dianggap sebagai antitesa dari carut-marut kepemimpinan nasional yang terlalu sering dilanda kefasikan. Jokowi juga dianggap membentangkan lanskap baru, pemimpin lokal yang merambah ke tingkat nasional karena sikapnya yang autentik. Namun begitu, ia kerapkali mendapat respon negatif seperti: mesin pencipta citra, piawai bermanuver dan membuat sensasi. Jokowi heran, bingung, dan terkejut menerima sorotan yang melebihi batas estimasi itu, sebelum akhirnya menyadari satu hal. “Kemudian, sadarlah saya, bahwa saya telah berada di suatu lintasan di mana tidak ada pelari lain yang berlari dengan gaya serupa dengan saya. Oleh karenanya, saya dianggap aneh. Dianggap beda dengan yang lain. Dan langkah-langkah saya dianggap berlatar belakang skenario maha dashyat” (dikutip dari buku “Jokowi, Memimpin Kota, Menyentuh Jakarta”, Alberthiene Endah, Metagraf, 2012).

Penyataan Jokowi ini, ungkap Agus, menginspirasi kita bahwa setiap orang memang (bisa dan harus) beda. Jika Anda memilih untuk menjadi autentik, asal dari diri sendiri, dengan sendirinya Anda bersikap lebih jujur pada diri sendiri, dan itu akan membuat Anda berbeda. Tidak seperti serigala berbulu domba.Tidak perlu mengubah bentuk atau wajah. Tidak usah menyamarkan jati diri Anda; bersikap apa adanya, bloko (blak-blakan) tanpa diplomasi yang sarat siasat tertentu. Tantangan pertama menjadi autentik adalah autensitas itu sendiri, yakni menjadi diri sendiri. Jokowi sejauh ini adalah pribadi autentik yang bersifat terbuka, transparan tanpa siasat. Ia tidak sibuk (meski sering dituduh) mencitrakan diri. Ia tampil “apa adanya”. Jokowi menjelma sebagai “Difference Maker”.

YFUcaK_8VzIQhNoihl4HV-8gWKzaznBK.jpeg

Paradigma Jokowi dalam “melihat” masalah, tambah Agus, sangatlah menentukan sikapnya mengatasi masalah. Cara berpikir, persepsi, maupun asumsi Jokowi tentang realitas masalah PKL (Pedagang Kaki Lima) adalah sikap mentalnya terhadap keputusan dan tindakan menata PKL. Sikap inilah yang membedakan Jokowi dan pemimpin kota lainnya yang lebih memilih bersikap aman, bertindak setengah hati, atau sebaliknya justru bersikap otoriter, sepihak, dan meremehkan masalah. Pada 2005, ada sekitar 5000 PKL yang menyebar dan menyesaki sudut-sudut kota Solo. Jokowi datang menemui komunitas PKL tersebut. Ia membuka komunikasi dengan para pedagang.

Tujuannya sederhana, membangun trust pedagang kepada pemerintah dan membuka kesadaran mereka. Ia berbicara, makan siang bersama dan mengakrabi persoalan para pedagang, sampai berhasil (dalam terminologi Jokowi) membangun “jembatan hati” dengan mereka. Tak heran Jokowi masuk dalam seratus tokoh dunia dalam daftar “The Leading Global Thinkers of 2013” versi Foreign Policy, majalah yang diterbitkan Washington Post company. Majalah yang berbasis di Amerika Serikat itu menulis Jokowi sebagai pemimpin di luar kelaziman politik di Indonesia. Majalah tersebut menulis “Unlike many of his moneyed peers, who hail from powerful political dynasties and have little contact with the common man. Joko clings to his humble beginnings.”

Bab berikutnya bertajuk “Anti Fragile” yang bermakna suatu kekuatan, ketangguhan melawan rapuh, termasuk juga daya tangkal, imunitas, kebal diri melawan hidup yang sulit dan sarat dengan ketidakpastian. Agus mengangkat pribadi Jokowi yang relevan dengan sikap ini. Lahir dari orang tua yang serba kekurangan bahkan sempat kena gusur rumahnya, Jokowi tumbuh menjadi sosok yang tangguh menghadapi kerasnya hidup. Dalam buku yang ditulis Alberthiene Endah “Jokowi, Memimpin Kota, Menyentuh...(more)

Answered Mar 7, 2017
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

gNWyIF5ssGJNB2q0A7yMJfgGJpkIHHqg.jpeg

Foto via shiq4.files.wordpress.com (KAM)

Haha ... justru buku2 anak2 yg membuat aku terus bermimpi. Mau tahu??

1. Lima Sekawan

2. Mallory Tower

3. Si Badung

4. Little House in a Prairie

Dari dinilah aku mampu mengekspresikan jiwa anak2ku. Ingin krsana dan ... terkabul dan sekarang terus bermimpi .....

Answered Apr 15, 2017
Fauzi Muhamad
Mahasiswa FTUI. Kadang belajar, kadang mengajar, kadang menonton anime.

buku Totto-chan, benar-benar mengubah mindset saya tentang dunia pendidikan. Bikin saya senyum tiap selesai baca chapternya :)

 

sumber gambar: blogspot.com_RVUfrW_2vg5Rlcz5wzOdYNv5RRUX8H8.jpg

Answered Jun 14, 2017
Dwiani Kartikasari
Mahasiswa Akuntansi FEB UGM

Gambar terkait

Edensor dan sekuelnya karya Andrea Hirata. Buku ini menyadarkan saya bahwa setiap dari kita adalah planner atas hidup kita, kita yang bertanggung jawab atas kesuksesan atau kegagalan hidup kita, mengajarkan saya untuk memiliki mimpi, memperjuangkan, dan mewujudkannya menjadi kenyataan meskipun tantangan, rintangan, dan keterbatasan itu niscaya ada sebagai sebuah constraint dalam setiap perjuangan manusia.

"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu."- Andrea Hirata

Ilustrasi via a.wattpad.com

Answered Jul 12, 2017

Banyak sekali buku yang membuat saya merasa "terisi" dan terinspirasi. Akhir-akhir ini saya sedang tergila-gila akan buku  (novel khususnya) yang memuat alegori kehidupan dan permasalahan sosial, salah satunya adalah buku oleh Eka Kurniawan. Gaya menulisnya yang sangat khas, dengan alur maju mundur yang ditulis sesuka Bang Eka membuat saya ingin terus membacanya (kadang pula membuat kepala saya mumet). Entah mengapa, setiap kalimatnya menunjukkan sebuah kebebasan, kebebasan untuk berdiri dengan gayamu sendiri.

Tiap tokohnya digambarkan begitu kuat. dan ceritanya begitu kompleks (sekompleks kehidupan nyata yang membuat mumet kepala)

Buku Eka Kurniawan membuat saya ingin terus menulis dan memerhatikan segala permasalahan dengan berbagai sudut pandang.

 

"'Bukan aku,' kata Margio tenang dan tanpa dosa. Ada harimau di dalam tubuhku."

Answered Aug 24, 2017
Devita Olyviana
Mahasiswi Biologi FMIPA UI 2014. Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta.

Buku paling menginspirasi yang pernah saya baca adalah Sedang Tuhan pun Cemburu karya Emha Ainun Nadjib. Buku tersebut merupakan kumpulan esai yang ditulis oleh Emha Ainun Nadjib yang merefleksikan betapa panjang dan banyak pertanyaan-pertanyaan beliau atas hidup. Emha tidak hanya melihat pola interaksi antara manusia dan Tuhan yang semakin mengabur, tetapi juga semakin tersingkirnya manusia dari strata-strata sosial yang manusia bentuk sendiri.

Answered Jan 29, 2018
Fiqhi Fauzi
Mahasiswa FMIPA USU 2014 | Rumah Kepemimpinan 8 | Sekjen Inkubator Sains USU

Buku yang paling menginspirasi saya adalah Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Buku tersebut menceritakan kisah masa SMA penulis di sebuah pulau terpencil Bangka Belitung yang jauh dari kata layak. Namun karena semangat mimpi yang ditanamkan dalam dirinya hingga ia mampu menembus S2 ke Prancis. Kisahnya sangat menginspirasi sekali. Semenjak itu, saya tergugah untuk bermimpi. Mencoba mengaplikasikan apa yang penulis alami dalam diri saya yaitu untuk tidak takut bermimpi. 

Answered Feb 1, 2018
Wahyu R
suka membaca

Tentu ada banyak buku yang menginspirasi saya. Dua yang akan saya rekomendasikan di sini adalah buku tentang 2 orang inspiratif, yakni Elon Musk dan Jack Ma. Keduanya, dengan cara yang berbeda, telah membuktikan bahwa mimpi dan kerja keras akan memberikan hasil yang nyata.

Elon Musk, si Jenius yang dahulu sering dirisak (bully), diremehkan karena mimpi dan hayalannya yang terlalu tinggi tentang wisata ke bulan bahkan tinggal di sana! Kini, semua orang hanya bisa ternganga ketika SpaceX berhasil meluncurkan roket ke sana. Misi ke bulan sedikit demi sedikit tak lagi terasa seperti bualan melainkan sesuatu yang sangat nyata, sebagai sebuah mimpi yang benar-benar akan terwujud. Elon Musk meyakinkan bahwa itu tak lagi membutuhkan waktu lama. Kisah ini dan banyak kisah lainnya tertuang dalam buku Elon Musk yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

covAA-04.jpg

Selanjutnya ada Jack Ma, si pantang menyerah yang terus menerus gagal tetapi pada akhirnya berhasil membuktikan kemampuan diri dan kini menjadi orang terkaya di Cina. Orang itu, pemimpin perusahaan retail raksasa di Cina, Alibaba, dialah orang yang sama, satu-satunya yang gagal dalam seleksi menjadi karyawan KFC dahulu. Orang terkaya itu adalah orang yang sama, yang berkali-kali gagal di ujian masuk perguruan tinggi, gagal ketika mendaftar menjadi polisi, dan masih banyak kegagalan lain pernah ia rasakan. Membaca kisah Jack Ma seakan menyadarkan kita bahwa kita begitu lemah. Ketika sekali gagal, kita merasa dunia runtuh. Bayangkan Jack Ma yang telah gagal puluhan kali. Apakah ia akan menjadi Jack Ma yang kita kenal sekarang jika dahulu ia menyerah di kegagalannya yang pertama? 

covND-242.jpg

Itulah dua buku inspiratif dari dua orang yang saya kagumi. Tentu ada banyak orang Indonesia yang menginspirasi seperti tulisan Andrea Hirata, Rhenald Kasali, dan masih banyak penulis lainnya. Tetapi, saya kira, pembaca lain sudah merekomendasikannya sehingga saya memberikan pilihan lain yang mungkin akan disukai pembaca lain.

 

Semoga bermafaat.

 

 

Answered Feb 13, 2018

Question Overview


12 Followers
1741 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Siapakah pengarang buku yang paling berbakat yang pernah ada?

Apa buku yang paling mengubah dunia?

Apa buku yang wajib dibaca oleh remaja?

Mengapa buku dari pengarang Jepang selalu memberikan unsur seks yang vulgar?

Mengapa buku Jostein Gaarder yang lain tidak ada yang sefenomenal Dunia Sophie?

Siapa pengarang Indonesia yang paling berpengaruh? Mengapa?

Manakah yang lebih baik, membaca buku fiksi atau nonfiksi?

Apakah buku yang paling berpengaruh dalam hidup Anda?

Novel apa yang paling mengesankan hati dan pikiran Anda?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Siapa yang paling menginspirasi hidup Anda?

Apa cerita yang paling menginspirasi dan mengubah hidup Anda?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Apa kegagalan-kegagalan terbesar dalam hidup Anda?

Apa film yang paling menginspirasi dan mengubah hidup Anda?

Siapakah tokoh olahraga Indonesia paling menginspirasi?

Siapakah tokoh olahraga dunia yang paling menginspirasi?

Apa hal paling menyedihkan yang pernah Anda dengar, baca, dan lihat?

Siapa di antara anggota keluarga besar Anda yang memiliki prestasi paling mengesankan?

Apa 10 pengalaman yang harus dijalani selama hidup?