selasar-loader

Apa yang Anda pikirkan tentang orang Sunda?

Last Updated Apr 25, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Kebetulan sekali, karena penunlis merupakan orang sunda, sejak lahir hingga bersekolah pun bersekolah di tatar pasundan. maka dari itu, akan saya coba uraikan beberapa hal yang seringkali muncul dalam diri orang sunda.

1. Orang Sunda terkadang sulit untuk berkembang di lain daerah

hal ini mungkin sudah menjadi rahasia umum. Pasalnya, belum banyak kita temui orang sunda yang sukses dalam perantauannya ataupun dalam karirnya. Ataupun tersebar dengan banyak dan terdapat hampir di semua tempat. Layaknya orang padang yang membuka restoran makan padang ataupun  orang madura yang sangat jamak bisa ditemui di berbagai tempat. Orang sunda cenderung nyaman dan lebih banyak menyebar di daerahnya sendiri. Beberapa dari mereka terkadang terkesan enggan untuk berpindah dari orang tua ataupun tempat tinggal mereka. Hal ini yang mendasari adanya ungkapan "hese anggang ti pun biang" yang bermakna "sulit jauh dari asalnya" beberapa hal di awal masa perantauan bahkan hingga kini, penulis masih menganggap hal ni benar adanya dan kerap kali merasakannya.

2.Orang sunda sering berlaku lembut, dan halus dalam kesehariannya

Orang sunda bukanlah tipe orang yang temperamental dan banyak bercuap-cuap kala emosi.Setidaknya itu yang kurasakan ada pada diriku. Hal ini bahkan tidak terdapat pada orang tuaku. Mereka berdua cenderung keras dan tanpa toleran dalam mendidik anak-anaknya. Lalu, mengapa hal ini kutuliskan? ini impresi dari banyak orang yang kutemui, mengatakan bahwa perangai dari "jalmi sunda" adalah baik, lembut, serta halus dalam berlaku maupun bertutur.

 

3. Orang Sunda cenderung labil dan sulit menentukan pilihan

Mereka mebutuhkan waktu lebih dalam menentukan pilihan. Sebut saja, untuk menentukan sebuah menu yang akan dipesan di sebuah tempat makan, mereka bisa menghabiskan waktu hingga setengah jam hanya untuk menimbang-nimbang, makanan apa yang akan dipesan, bagaimana rasanya, dan bagaimana cara membayarnya.  poin terakhir dianulir apabila mendapat traktir dari orang lain.

 

Sedikit banyak, itulah yang bisa disampaikan. Jangan ragu untuk menambahkan. Pun begitu halnya bilamana ada yang tak ssuai, silakan dikoreksi. Penulis sangat

Answered Dec 2, 2017