selasar-loader

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Cicaheum?

Last Updated Apr 25, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Terminal Cicaheum, adalah salah satu dari sejumlah terminal moda angkutan yang ada di Kota Bandung. Terminal Cicaheum merupakan terminal bus tipe B yang dioperasikan oleh dinas perhubungan kota bandung. Terminal Cicaheum adalah satu dari dua terminal bus besar yang ada di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Satu terminal lainnya adalah Terminal Leuwipanjang. Terminal Cicaheum terletak di ujung jalan Ahmad Yani, di daerah Cicaheum, memiliki kapasitas sebanyak 517 bus yang keluar masuk dalam satu hari. Sejah ini, terminal Cicaheum menyediakan layanan untuk transportasi dalam kota dengan layanan bus DAMRI dan Trans Metro Bandung (TMB) dan angkutan kota yang melayani penumpang ke beberapa tujuan strategis di kota Bandung. Sedangkan untuk layanan transportasi luar kota hingga transportasi antar provinsi, Terminal Cicaheum adalah pusat bagi sebagian besar bus-bus malam dengan kapasitas besar, yang melayani tujuan ke daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur dan Pulau Bali. 

Saat ini, Terminal Cicaheum nampak sudah mencapai kapasitas muat yang memprihatinkan. Bila waktu sore tiba, bus-bus antar kota antar provinsi, mulai memasuki terminal. Ditambah, belum lama ini, ada "pemain baru" yang ikut meramaikan persaingan bus di Bandung, yaitu PO Sugeng Rahayu dengan tujuan akhir Surabaya, PO Harum Prima dengan tujuan Ponorogo, dan PO Hiba Putra dengan tujuan Wonogiri-Ngadirojo. Sehingga, pada sekitar jam 4 sore, terminal pasti akan penuh sesak dan bus -bus yang hendak pariki ataupun menunggu penumpang dan jam keberangkatan akan menemui kesulitan kala memarkirkan armadanya. Ditambah, ada armada DAMRI dan TMB yang ikut parkir dan menunggu jam pemberangkatan di sana.

Memang, bis yang reguler mengisi slot di Terminal Cicaheum bisa dihitung jari. Seperti PO Budiman (tujuan Garut, Tasik, Purwokerto dan Solo-Yogya) PO Bhinneka-Sangkuriang (Tujuan Cirebon, Indramayu,) dan beberapa Bus mini yang melayani daerah "khusus" di jawa barat seperti PO Medal Sekarwangi (tujuan Wado, Bantarujeg) PO Sonny group (tujuan garut-singaparna). Namun, tetap saja, terminal penuh sesak. Selain itu, juga karena banyak sopir bus yang menaik-turunkan penumpang dengan tidak tertib. Lalu lintas sekitar terminal pun cukup padat dan tidak jarang, sering terjadi kemacetan. Selain kemacetan, ketertiban pun merupakan hal yang harus diperhatikan. kadang ada bus yang mengambil slot bus dan parkir kurang teratur. Kebersihan pun perlu diperhatikan, karena seringkali terdapat aroma  tidak sedap yang hadir di area terminal. sehingga, aspek-aspek tersebut bisa diperhatikan kembali oleh instansi terkait. Ketersediaan fasilitas penunjang pun, sangat diharapkan. Seperti hadirnya fasilitas ATM, Toilet gratis, maupun adanya atap pelindung yang menaungi area penumpang. Lahan parkir pun perlu dibuat strategis dan representatif untuk menunjang kenyamanan penumpang. Fasilitas loket yang memadai pun akan sangat membantu penumpang untuk berangkat ke tujuan masing-masing. Rekonstruksi, adalah jawaban  yang tepat. Rekonstruksi pada beberapa wajah terminal akan sangat membantu. Kemudian, penampilan dari terminal pun, akan membuat lebih baik. Karena Bandung memeilik ciri khas yang ditawarkan di tiap sudut kotanya. Termasuk, bisa jadi di Terminal Cicaheum.

Answered Sep 15, 2018

Question Overview


2 Followers
409 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa saran Anda untuk perbaikan stasiun Universitas Indonesia?

Apa saran Anda untuk perbaikan stasiun Duren Kalibata?

Fasilitas apa yang kurang dari stasiun Manggarai?

Fasilitas apa yang kurang dari stasiun Tanah Abang?

Apa yang perlu diperbaiki dari Stasiun Jakarta Kota?

Apa yang perlu diperbaiki dari Stasiun Bogor?

Apa saran Anda untuk perbaikan Stasiun Ancol?

Apa saran Anda untuk perbaikan Stasiun Tanjung Priok?

Apa saran Anda untuk perbaikan Stasiun Rajawali?

Apa saran Anda untuk perbaikan Stasiun Kemayoran?

Apa yang membuat Jawa Barat demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata "Bekasi"?

Kuliner apa yang paling Anda sukai jika berada di Kota Bandung?

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Leuwi Panjang?

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Harjamukti?

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Kertawangunan?

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Cirendang?

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Rawabango?

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Pasir Hayam?

Apa saja hal yang membuat Bandung lebih baik dari kota-kota lainnya?

Tempat hiburan malam apa yang paling "undercover" di di Bandung?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Bandung?

Apa saja fakta-fakta yang paling mengerikan tentang Bandung?

Apakah yang menarik di Kota Bandung?

Menurut Anda apakah Bandung kota yang toleran?

Apa yang membuat kota Bandung demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Gedung bersejarah mana saja yang bisa dikunjungi pesepeda di Bandung?

Bagaimana sejarah dari rivalitas klasik antara Persib dengan Persija?