selasar-loader

Seperti apa tipe soal yang diujikan pada tes IELTS?

Last Updated Apr 21, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

ielts-test-tutor.jpg

IELTS merupakan singkatan dari The International English Testing System yang merupakan suatu tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris dan ingin belajar atau bekerja di negara berbahasa Inggris, khususnya di UK, Australia,dan Canada. IELTS menggunakan sekala 1--9 untuk membedakan kemampuan non user hingga expert. Banyak universitas yang mensyaratkan nilai IELTS minimal 6,5 atau 7 untuk jenjang pascasarjana.

Tes IELTS terdapat dua tipe yaitu General Training IELTS dan Academic IELTS. Academic IELTS biasanya digunakan untuk mereka yang akan belajar di perguruan tinggi atau keperluan registrasi profesional. Pada prinsipnya, baik General Training maupun Academic IELTS mempunyai komponen tes yang sama yaitu Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Bagian Listening dan Speaking untuk kedua jenis tes sama, yang membedakan adalah konten Reading dan Writing-nya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Academic IELTS, sesuai dengan pengalaman saya. Tes IELTS memakan waktu kurang lebih 2 jam 45menit. Tes Listening, Reading, dan Writing berlangsung bersamaan tanpa jeda, sedangkan tes Speaking dapat berlangsung bukan pada hari yang sama. Pengalaman saya pada bulan Agustus tahun 2016, speaking test dilakukan pada malam hari, kurang lebih jam 19.00, setelah pada pagi harinya dilakukan tes listening, reading, dan writing.

Listening test

Listening test dilakukan kurang lebih 30 menit. Tes ini terdiri dari 4 rekaman, yaitu rekaman 1 berupa percakapan dua orang tentang kehidupan sehari-hari, rekaman 2 monolog tentang kehidupan sehari-hari misal suatu fasilitas publik seperti museum, rekaman 3 tentang percakapan lebih dari 2 orang, bisa sampai 4 orang tentang hal yang berbau akademik seperti diskusi antar mahasiswa, dan rekaman 4 monolog tentang akademik juga, misal suatu perkuliahan. Setiap selesai mendengarkan 1 rekaman, para peserta akan diminta menjawab pertanyaan, jawablah sesuai dengan apa yang didengar. Berkonsentrasilah, karena tidak ada pengulangan, rekaman akan berjalan terus. Baca petunjuk pertanyaan dengan cermat, apakah hanya boleh mengisi dengan satu kata atau berupa angka, atau boleh lebih dari satu kata. Cermati juga apakah perlu dijawab dengan bentuk kata tunggal atau jamak.

Reading

Reading test berlangsung selama 60 menit, terdiri dari 40 pertanyaan, pada Academic IELTS terdapat 3 bagian bacaan termasuk teks yang panjang. Gunakan teknik skimming, reading for details jika diperlukan. Pada long text jangan dibaca semua, supaya tidak kehabisan waktu, bacalah satu atau dua kalimat masing-masing paragraf. Cari kata kunci pertanyaan kemudian lakukan skimming pada masing-masing paragraf. Seringkali pertanyaan-pertanyaan berupa parafrasa, jadi cermatilah kata-kata yang mempunyai makna sama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan reading. Dan lagi-lagi bacalah petunjuk pertanyaannya dengan cermat, seringkali peserta tes tidak membaca petunjuk pertanyaannya dan akhirnya salah cara menjawabnya.

Writing

Writing berlangsung selama kurang lebih 60 menit. Ada dua tugas yang harus dikerjakan. Tugas 1 adalah menulis intepretasi dari tabel, grafik, atau gambar, tulislah dalam 20 menit. Dan tugas 2 yang diminta untuk memberikan opini atau pendapat, pernyataan, justifikasi, komparasi, atau evaluasi terhadap pertanyaan atau pernyataan yang disediakan. Sekali lagi, bacalah petunjuknya terlebih dahulu. Maksimalkan waktu 40 menit ini untuk menulis minimal 250 kata. Buatlah mind map apa yang akan Anda tulis terlebih dahulu agar ide-ide yang akan dituangkan koheren dan nyambung. Gunakalah kata-kata penghubung dan jangan mengulang-ulang gagasan, dan pertegas jawaban di akhir, misalnya diminta apakah kita setuju atau tidak terhadap pernyataan yang disajikan? Kalau setuju, pertegas bahwa Anda setuju dan kalau tidak setuju juga demikian.

Speaking

Tidak seperti iBT, speaking pada IELTS dilakukan dengan seorang native speaker. Percakapan ini akan direkam dan berlangsung kurang lebih 11--14 menit. Terdiri dari 3 tahap pertanyaan. Tahap pertama, penguji akan menanyakan tentang kehidupan sehari-hari kita, seperti soal tempat tinggal atau menceritakan diri kita. Jawablah dengan penjelasan kurang lebih selama 2--2,5 menit. Tahap kedua penguji akan memberikan secarik kertas yang berisi topik yang harus kita jelaskan, sama seperti yang pertama jawablah dengan penjelasan selama kurang lebih 2--2,5 menit. Lalu, penguji akan menanyakan 1 atau 2 pertanyaan. Tahap 3 merupakan follow up questions dari tahap 2. Penguji akan mendiskusikan beberapa pertanyaan. Pada tahap ini berusahalah untuk tetap tenang, jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan baik. 

Semoga sukses untuk rekan-rekan yang akan menempuh tes IELTS. Sebelum tes, ada baiknya mengikuti kursus persiapan tes IELTS atau membaca buku-buku dan berlatih mengerjakannya.

Gambar via ieltssingaporetutor.com

Answered Apr 26, 2017
Ma Isa Lombu
Selasares garis keras

Q54KHMzjVUENOo2RHvLKS-oIz_3vkjd0.jpg

Seperti kita ketahui bahwa IELTS (International English Language System) adalah serangkaian ujian kelancaran bahasa Inggris yang harus ditempuh oleh orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris di mana mereka menginginkan untuk menempuh pendidikan, tinggal ataupun mendapatkan pekerjaan di lingkungan/negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi/pengantarnya. 

Ada beberapa klasifikasi tingkatan nilai yang dapat diperoleh para peserta test IELTS dari hingga 9. Klasifikasinya adalah sebagai berikut.

a. Band 9: Expert User

b. Band 8: Very Good User

c. Band 7: Good User

d. Band 6: Competent User

e. Band 5: Modest User

f. Band 4: Limited User

g. Band 3: Very Limited User

h. Band 2: Intermittent User

i. Band 1: Non User

Untuk keperluan studi lanjut (post graduate) di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, diperlukan score IELTS dari 6.5--7.5. Untuk itulah, maka menjadi penting untuk mengetahui tips-tips bagaimana mendapatkan score IELTS yang tinggi, mulai dari:

a. Ujian Listening, lihat di sini

b. Ujian Reading, lihat di sini

c. Ujian Writing, lihat di sini

d. Ujian Speking, lihat di sini

Nah, tips dari segala tips adalah tentu mengetahui seperti apa jenis soal yang diujikan, seperti pertanyaan di atas.

Harapannya, dengan mengetahui varian/tipe soal yang ada, para peserta ujian sudah lebih mengenali "medan tempur"nya secara baik sehingga kesempatan mendapatkan score tinggi bukan angan-angan belaka.

Struktur umum soal yang diujikan:

8cG0RON-SotSfyFF33cu3rDGDESir9pv.jpg

SjgCq3kTN09bfr7l3okW1HdZK-gMskO5.jpg

Informasi tentang jenis dan bentuk soal IELTS dapat juga dilihat di jawaban ini:

a. Ujian Listening

Ujian ini berlangsung selama 30 menit dengan 40 pertanyaan yang dibagi menjadi 4 bagian.

1. Section 1: Biasanya terdiri dari bentuk percakapan yang berkaitan dengan aktivitas sosial seperti interview tentang hal-hal spesifik tertentu, atau bahkan survey. Tujuan dari test section ini adalah menguji para peserta ujian apakah mereka dapat mendengar sebuah informasi yang super spesifik atau tidak. Beberapa contoh informasi yang super spesifik tersebut bisa berupa nama orang, nomer telepon, alamat email, nama tempat, dll

2. Section 2: Dalam section ini para peserta ujian biasanya akan mendengar sebuah monolog yang berkaitan dengan hal-hal non-akademik. Tentang apapun, misal tentang presentasi seseorang tentang kesehatan, radio broadcast, ataupun penjelasan trainer fitness dalam gym. Tujuan dari test section ini adalah menguji para peserta ujian apakah mereka dapat mengetahui dengan baik ide utama dan pendukung dari monolog tersebut.

3. Section 3: Dalam section ini, para peserta akan mendengar pembicaraan antara beberapa orang (bisa sampai 4 orang) tentang hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan/training. Tujuan dari test section ini adalah menguji para peserta ujian apakah mereka dapat mengetahui mengerti poin-poin yang dibicarakan oleh banyak orang (yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi) mulai dari hal-hal yang spesifik, inti pembicaraan, poin pembicaraan pendukung, sampai kepada opini orang yang bicara. Beberapa contoh pembicaraan dalam section ini adalah interview pekerjaan, diskusi antara mahasiswa dan dosen pembimbingnya, ataupun presentasi sekelompok mahasiswa yang sedang berbicara terkait topik tertentu.

4. Section 4: Section ini masih berhubungan dengan pendidikan/training, seperti pemaparan dosen di kelas, ataupun tutorial terkait kegiatan/tema tertentu.. Perbedaannya adalah bahwa dalam section ini dilakukan dalam format monolog yang panjang, bukan pembicaraan (conversation). Perlu diingat bahwa monolog ini sangat panjang, untuk itulah menjadi penting bagi para peserta ujian untuk melihat pertanyaan yang disediakan di soal sebelumnya.

Yang menarik dari ujian ini adalah peserta ujian dapat mencoret soal dengan jawaban yang ketika ujian listening berlangsung dan apabila suara rekaman ujian soal berakhir, para peserta akan diberikan waktu 10 menit untuk mentransfer jawaban yang ada di kertas soal ke dalam lembar jawaban yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Perlu diketahui, rekaman ujian listening hanya diperdengarkan sekali. 

Beberapa tipe soal yang akan diujikan adalah sebagai berikut:

afVDEMYds3yfTc6ABsQ9zcaZVVxlmH0z.jpg

b. Ujian Reading

Modul ujian reading berlangsung selama 60 menit. Terdapat 40 pertanyaan terbagi menjadi 3-4 bagian bacaan (jenis bacaan). Intinya, dalam ujian reading ini, peserta harus membaca sekitar 2.000 sampai 2.750 kata dalam 3-4 bagian bacaan tersebut. Bagi para peserta yang ingin melanjutkan sekolah (academic), maka hanya terdapat 3 bagian bacaan yang akan diujikan, mulai dari yang mudah sampai yang paling sulit. Bacaan yang diujikan diambil dari sumber apapun yang relevan dengan keperluan akademik, seperti dari buku, majalan, koran ataupun jurnal dengan berbagai macam tema. Terakhir, tes IELTS untuk kepentingan akademik, hanya akan terdapat 13 - 15 pertanyaan dalam setiap bahan bacaan.

Beberapa tipe soal yang akan diujikan adalah sebagai berikut:

yaTSBj_F9CsPA3ESHO61vtH8jYaWrCIz.jpg

c. Ujian Writing

Ujian berlangsung selama 60 menit, 20 menit untuk task 1, dan 40 menit untuk task 2. Terdapat perbedaan antara tipe ujian untuk academic dan geraral training. Di antaranya adalah:

OHaVxG1zqu4gm4JmXRjHdVd5j1HOYX27.jpg

sSFR2_KuX_AisiI4PxRtmkvEs8_qQ7h6.jpg

d. Ujian Speaking

Ujian ini berlangsung selama 11--14 menit yang dibagi menjadi tiga bagian. Di antaranya adalah

xGXvyhD7uc4lcvHfVvW5Ap4t_ShINr7Y.jpg

Tiga tips terakhir adalah sebagai berikut.

a. Ketahui tipe soal dan latihan secara santai tapi aplikatif, seperti membaca, berbicara, mendengar, dan juga menulis dengan bahasa Inggis akan topik yang kita gemari

b. Percaya diri (PD) bahwa score kita akan bagus. Afirmasi positif itu penting

c. Serahkan pada Tuhan hasil akhirnya. Hal itu yang akan menciptakan ketenangan

 

Good luck

Gambar via pbs.twimg.com

Answered May 8, 2017

Question Overview


2 Followers
862 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana tips singkat dan mudah mendapatkan skor IELTS yang tinggi?

Bagaimana cara memperoleh skor IELTS tinggi?

Apakah beasiswa dan universitas luar negeri yang hanya syaratkan minimal score IELTS 6.0?

Apa tips sukses writing test pada ujian IELTS?

Apa tips sukses speaking test pada ujian IELTS?

Apa tips sukses listening test pada ujian IELTS?

Apa tips sukses reading test pada ujian IELTS?

Seberapa bagus belajar Bahasa Inggris di EF?

Seberapa bagus belajar Bahasa Inggris di LIA?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Inggris?

Bagaimana supaya anak saya bisa lancar berbahasa Inggris sebelum usia 5 tahun?

Apa perbedaan cove, bay, dan gulf?

Apa pengalaman Anda di Kampung Inggris Pare?

Apa pengalamanmu menjadi mahasiswa Sastra Inggris?

Menurut Anda, manakah yang lebih penting antara Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Daerah (Bahasa Ibu)?

Butuh berapa lama untuk dapat lancar berbahasa Inggris? 

Apakah tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

Apa beasiswa yang terbaik di Indonesia saat ini?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa itu kampus Ivy League dan seberapa prestisius berkuliah di sana?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Apa tips mendapatkan beasiswa Chevening (Pemerintah Inggris)?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships)?

Mengapa kuliah di Jepang begitu menarik dan prestisius?