selasar-loader

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Last Updated Nov 16, 2016

Operasi Neptunus adalah pendaratan lepas pantai yang dilakukan oleh Sekutu di Normandia. Operasi ini dikenal sebagai salah satu operasi militer terbesar dalam sejarah perang modern. Nah, apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu?

5 answers

Sort by Date | Votes
Arif Nur
Penikmat kisah Sejarah

Hasil gambar untuk D-day PD 2

Pengaruh D-day bagi Perang dunia II adalah terbukanya sebuah front baru dalam medan perang dunia kedua yaitu Front Eropa Barat. Kemunculan front kedua ini diharapkan menjadi sebuah harapan baru agar peperangan lebih cepat diselesaikan mengingat akses Jerman termudah salah satunya dengan memasuki Eropa Barat.

Gambar via yimg.com

Answered Dec 14, 2016

D-Day merupakan operasi pendaratan besar-besaran Sekutu untuk menghalau okupasi Jerman atas daratan Perancis. Pertempuran D-Day merupakan turn back point Sekutu yang menyebabkan kekalahan pertahanan Jerman pada pertempuran bagian barat.

Bagi Sekutu, D-Day berpengaruh pada pengembalian pemerintahan Perancis pada masa itu yang mengungsi ke Inggris setelah kekalahannya. D-Day juga berpengaruh pada penarikan mundur dalam operasi evakuasi Dunkirk.

Answered Jul 29, 2017

Karena itu merupakan titik balik tentara sekutu untuk menekan dan menginvasi jerman

Answered Aug 20, 2017
muhammad rio krisna
students, hardworking, musicians

kA0-1W4O6JW5Q5ycDoanQ_m9Rk8aTyWt.jpg


Sang Patriot dibuka dengan masa kecil Moch Sroedji  yang lahir dari ibunya, Amni, yang cantik dan ayahnya yang pedagang bernama Hasan. Sroedji  mempunyai kelebihan fisik dan kecemerlangan otak  membuatnya tidak kesulitan untuk bersekolah di HIS dan Ambactsleergang (setara dengan sekola teknik),  yang mengharuskan muridnya memiliki strata sosial berdarah biru. Berkat pamannya, Pusponegoro yang jeli menangkap potensi yang dimiliki, Sroedji berhasil mengenyam pendidikan yang setara dengan anak-anak Belanda dan para pejabat pada masa itu. 
Meskipun berotak encer, Sroedji tidak mewarisi bakat sang ayahnya sebagai pedagang. Acap kali Sroedji pulang dengan tangan hampa, atau terkadang memberikan barang jualannya dengan alasan iba.  Namun begitu, pasar menjadi awal pertemuan Sroedji bertemu dengan Rukmini, seorang wanita cantik dan juga pintar yang akan menjadi istrinya kelak. Lewat pertemuan yaang diatur rapi dan seolah-olah tidak sengaja itu, diam-diam keduanya saling jatuh cinta dan akhirnya menikah.
Demi pegabdiannya pada Sroedji, Rukmini rela melepaskan mimpinya untuk melanjutkan sekolah ke Universitas Leiden, menjadi seorang pakar di bidang hukum. Meski begitu, kecerdasan Rukmini membantu banyak Sroedji yang kerap bertukar pikiran dengannya saat membahas dinamika politik yang sedang terjadi baik saat masa pergolakan menjelang kemerdekaan, pendudukan Jepang, atau bahkan saat masa agresi Belanda,  tidak lama setelah disepakatinya perjanjian Renville.
Alur logika Rukmini memang diatas rata-rata para wanita di masanya, namun urung juga ia kerap dilanda rasa kehilangan saat harus berpisah dengan Sroedji yang bertugas ke luar kota memimpin Batalyon. Dan ia bergerilya dan memimpin hijrah, menempuh ratusan kilometer menapaki hutan dan melalui pegunungan yang terjal agar terhindar dari kejaran Belanda. Rukmini berusaha tegar, mengeraskan hatinya untuk melepaskan kepergian Sroedji pergi berperang.
Menekuri perjalanan kisah Sroedji dan Rukmini tidak hanya membahas sengitnya pertempuran dan adu taktik dengan Jepang atau Belanda. Ada sisi persahabatan, kegigihan, kesederhanaan,  pengorbanan, romantika asmara dan penghianatan yang terjalin apik.

Answered Sep 17, 2017
Anonymous

Operasi D-day memberikan akses bagi sekutu ke daerah-daerah lain yang dikuasai oleh Jerman. Selain itu kemenangan pada D-day juga mjuga memberikan dukungan moral/harapan akan pembebasan Eropa dari cengkeraman Jerman.

Answered Apr 2, 2018