selasar-loader

(Tema: Hobi) Apa motivasi Anda menggeluti hobi Anda saat ini?

Last Updated Apr 19, 2017

12 answers

Sort by Date | Votes
mayo alsufi
Hello.. Aku seoarang anak biasa yang mencari ilmu sebanyak - banyaknya

kxuxee8YA-FOrauCagsfpdybtUfN70SI.jpg

Saat ini hobi ku adalah fotografi dan cinematografi. Hobi ini berawal dari youtube. Di youtube banyak sekali orang-orang yang sangat berbakat di bidang fotografi dan cinematografi. Di indonesia salah satu youtuber indonesia yang menjadi salah satu motivasi ku adalah Agung Hapsah. Dia cerdas, pintar, dan ahli dalam cinematografi dan fotografi, tetapi dia lebih spesialis ke cinematografi. Meskipun dengan umur dibawah 20 tahun, Short movie yang dia buat benar - benar bikin mind blowing entah itu dari temanya, cara pengambilan gambar, ataupun mengedit videonya. Intinya super duper amazing. 

Kalau dari luar ada Thomas Alex Norman dan Sam Kolder. Mereka berdua benar-benar diatas super duper amazing. Entah itu fotografi dan cinematografinya. 

Nah disini, motivasi ku untuk menggeluti hobi ini yaitu aku ingin skill ku bisa menyamai mereka ataupun melebihi mereka, mereka bisa mengenal aku, dan aku bisa bertemu mereka ataupun membuat movie bersama.. 

 

sumber gambar : suaramerdeka.com

Answered Apr 22, 2017
Arbi Arif
Belajar Memahami Dunia

Hobi yang paling saya sukai adalah menyanyi.

Dimanapun dan kapanpun pasti selalu nyanyi. Sekarang ini saya mengikuti paduan suara mahasiswa di Malang. Sudah mengikuti beberapa lomba. Banyak yang saya pelajari dalam organisasi paduan suara ini seperti belajar notasi, lagu daerah Indonesia dan luar negeri, belajar sabar, kebersamaan, menari dan masih banyak lagi. Saya harap suatu saat nanti, saya bisa menjadi penyanyi yang bagus dan berpenghasilan. Entah itu penyanyi kafe, wedding atau apapun itu yang penting nyanyi hehehe.

ftSjE1z7WxCiRrAU3qCEURo8fLhoiBqn.png

Lomba Pesparawi di Jakarta

NjOb2ibaGVGRc8o-ig9gWlmfHMHj8vBN.jpg

Konser pertama di Kampus

XjYw__0TOUEZUsNh6JubRmDLX6sJpoeN.jpg

Lomba di Bali BICF

-sBwZN2wi5RBSNTjOUgNAlJfB45BUs86.jpg

Konser kedua di Kampus

Dan masih beberapa lagi lomba, doakan yang terbaik :)

Answered Apr 22, 2017
Chalida Dessfhia
saya wanita yang ceria dimana pun kapan pun dan sama siapa pun

MxPqpy9ziF69fAoOEEBdSycplw-Tl7t-.png

Hobi saya saat ini adalah muncul di SnapGram story, saya melakukannya pada saat saya sedang bersama teman" pergi keluar untuk sekedar cari makan atau hanya jalan" saja heheheh (biasaaa hoorang kayaaa jalan" meleee aahh) berhubung kalau pergi juga kita selalu rame" jadi yaa dimobil selalu ngeplay musik buat kita asal nyanyi dan joget" saja siii, rusuh iyaa rusuh pokoknya!! So, yeaahh this is my real life. 

Oh iya guys, saya juga bikin snapgram nya itu bukan yg cuma 1 atau 5 strip tapi lebih dari 30strip bisaaaaaa!!! pokoknya setiap pergerakkan saya, saya abadikan mau itu hp ditempel isolatip waktu belum ada holder tuh, pokoknya harus nyenep!!! Hahhahahahaha entah dimobil itu saya nyanyi sambil joget atau teman saya melakukan hal konyol nya. Karena menurut saya kenapa saya melakukannya kebanyakkan dimobil, kareba banyak hal konyol yg terjadi disitu apalgi melihat orang lain dari dalam mobil itu hiburan bangett loh guys, hahahahahahah 

CtTgf9F--ZT3BFD5id-3jZlb-br1q1P2.png

Selain saya menghibur untuk diri saya juga motivasi nya adalah untuk menghibur orang lain juga, heheheheh mereka bisa senyum lihat saja di snapgram saya juga ikut senang. Kadang juga banyak yg komen "aaahhh gilaa kalau sudah snapgramnya lu mahhh chal skipp dh, tidak sanggup gue lihatnya" hahahaha tapi tetep ditonton yaaa, wkwkwkw kadang juga kalau gue cuma sedikit beberapa strip ditanyain juga "kok cuma sdkit kak snapgramnya" uummm kan jadi terharu. Wkwkwkwkw lebay! Ada juga yg nyaranin bikin vlog saja biar tidak nyampah, atau bikin short movie saja dhh. Hahahahahah nanti yakk kalau punya kamera bagussss hahahahahah kita ngevlog. Wkwkwkwkwkw 

T55GS7j7GrZEAujEgqv5jU-VtIRch2K0.png

 

 

Answered Apr 27, 2017

Olw7Mh-T7nZs_xZbcIRp7Blz0Y7QfQCW.jpg

Hobi fotografi saya berawal dari beberapa bulan lalu, saat saya berdoa dan meminta pada Tuhan. Dan Tuhan memang sangat baik, Tuhan yang selalu menyediakan segala yang saya butuhkan,memberikan saya sebuah kamera lewat Saudara saya.Inilah awal Hobi Fotografi saya dimulai, saya tidak menyia-nyiakan apa sudah diberikan oleh Tuhan, saya mulai berlatih dan belajar Kamera, apa yang sudah Tuhan percayakan pada saya tentunya tidak saya sia-siakan begitu saja..Karena saya percaya Tuhan memiliki rencana untuk saya lewat Kamera itu, dan tentunya ada Harga yang harus dibayar yaitu Waktu,Kerja keras,dan susah payah untuk dapat meraihnya. Saya percaya bila saya berusaha dan selalu mendoakan apa yang menjadi impian saya, Tuhan pasti akan selalu memberkati dan membimbing setiap jalan kehidupan saya. Inilah motivasi saya, Kiranya memberkati dan memotivasi bagi yang lain. Tuhan Berkati!

 

sumber gambar : jackfoto.net

Answered Apr 27, 2017

ReafQKsob3WIhZSbiDohO6vmYdCu82R4.jpg

Jika hobi ku dibilang filmmaker, jawaban nya bukan.
Memang aku lebih suka berekspresi melalui audio visual, tapi bukan berarti itu film. Sudah 7 tahun lebih menggeluti dunia videografi. Menurutku momen yang paling bisa dinikmati dan mudah dipahami, ya, dalam bentuk video. Saat melihat satu video yang pernah kuambil, pasti akan teringat momen di  saat video itu diambil.

Answered May 1, 2017
Fidel Muamar
Jalan Galur No 70 Rt.01 Rw.01 Kukusan Beji Depok Jawa Barat 16425. 087897405445

wJzpOja4jGb8_doPoh322o-YrEX9PdeB.jpg

Saya hobi fotografi, ini memang hobi yg baru saya jalani, lebih tepatnya setelah uang tabungan saya cukup untuk membeli kamera. Motivasi terkait hobi saya sekarang adalah saya ingin mengabadikan momen di sekitar saya melalui foto karena dengan seperti itu kita bisa melihat dan mengenang lagi moment yang sudah dilalui. 

 

Answered May 2, 2017

uzg8HTBiNEFNM02V5KTLMQtqZSnfkTkU.jpg(Kenapa aku senang menulis caption yang panjang)

Bersiaplah, ini akan menjadi sebuah cerita yang sangat panjang

Menulis caption yang panjang dan memilih foto yang bagus untuk instagramku adalah salah satu hobiku saat ini. Atau bisa disebut photostories. Untuk beberapa orang, kegiatan ini cukup aneh karena biasanya caption instagram hanyalah berupa quotes pendek saja. Ayo aku jelaskan kenapa aku senang menulis caption yang panjang.

 

Jadi disini siapa yang kangen captionku yang super panjang?

 

Aku tidak mencari alasan, tapi memang ini salahku. Salahku tidak menjaga kesehatan dan mengatur energiku. Aku berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang.

 

Baiklah, aku akan mulai jelaskan kenapa aku hobi menulis seperti blog di instagramku melalui #sayembaraselasar dari @selasarcom , untuk menjelaskan apa motivasiku melakukan hobi ini

#selasar #SayembaraSelasar #SelasarPStories 

 

-Jadi ini dimulai dari......-

Aku senang banget menulis, dimulai dari aku mencintai kertas sejak kecil. Waktu kecil aku mengoleksi binder/orji, hingga sekarang aku sangat senang mengumpulkan alat tulis. Aku pernah punya kertas amigos dan maria bellen lho di tahun 2003!

 

Dimulai dari itu, aku jd senang nulis dan menggambar. Biasanya menulis diary. Diary nya senang dimulai dengan "dear diary, hari ini aku..."

 

Dan ketika aku menjadi remaja, diaryku penuh dengan nama cowo yang aku suka hehehe.

 

Namun kebisaan menulisku semakin berkurang. Dari diary harian hingga bulanan dan sekarang hanya menulis ketika aku ingin mengingatnya saja. Beberapa diary lamaku juga sudah hilang karena sudah pindahan ke bandung lalu jakarta.

 

Akupun menemukan platorm blog dan aku sudah ngeblog sejak 2008! Kalian masih bisa baca kok di blogspot aku wkwkw tapi hati2 sama kealayan yg ada disana.

 

Dulunya aku sangat aktif ngeblog, sampe menang lomba blog dua kali. Tapi karena kesibukan akupun lupa :( padahal aku udah bikin blog di berbagai platform termasuk bikin akun selasar.

 

Menjaga sebuah blog itu sangat susah, butuh disiplin, konsisten dan memakan banyak waktu untuk memikirkan konten,tapi akhirnya tidak ada yang baca kecuali dirimu sendiri.

 

Lalu akhirnya aku menemukan instagram. Mudah, cepat, dan semua orang menggunakannya setiap harinya. Dulu nih instagram belum booming, isinya hanya foto pake filter default instagram. Sekarang sih gila2an, semua orang berusaha share kehidupannya dengan foto yang terbaik, padahal mereka bukan model ataupun fotografer, dan itu membuka banyak peluang baru namun tanpa kita sadari juga memberikan dampak yang buruk.

 

  • Dampak buruk? -

 

Ada beberapa orang yang kita panggil influencer atau selebgram. Mereka berusaha mempengaruhi orang lain, membuat konten menarik, namun beberapa dari mereka kadang diluar batas.

Dan banyak pengguna sosmed saat ini menjadi follower sejati, tanpa menyaring informasi yang super banyak dan cepat, tanpa tau siap diri mereka sebenarnya. Ikut2an yang lagi hype, pengen jadi selebgram juga, sebar berita yang ga penting, dan membuat beberapa orang menjadi terkenal dan kaya, padahal belum tentu mereka mampu jadi public figure yang baik.

#stopmakingstupidpeoplefamous

 

Hal ini juga merubah hidupmu. Sebelumnya ketika bangun pagi, pasti kita pemanasan, gosok gigi, cucu muka. Sekarang? Coba deh tanya diri kamu sendiri apa yang kamu lakukan ketika bangun pagi. Buka hape kan?

 

  • Alasan yang sebenarnya -

 

Ada yang bilang kalau mau melawan sesuatu yang besar dan kuat, lawan/seranglah dari dalam. Aku ga bisa menghentikan hal2 yang buruk itu, tapi aku dapat berusaha berbagi sesuatu yang lebih baik setiap harinya.

 

Ini juga alasan aku kenapa selalu mengupload foto dan tulisanku di pagi hari. Aku ingin orang2 dapat membaca sesuatu yang baik di pagi hari, terinspirasi dan membawa hal yang positif ke lingkungan sekitarny dan menginspirasi orang lain juga.

 

 

Anggap aja postingan aku adalah koran pagimu, hehe.

 

 

Aku pengen kasih dampak yang besar untuk negri ini, tapi aku ga bisa sendirian. Aku ga bs menjangkau semua orang. Tapi kalau kita lakukan ini bersama-sama, aku percaya sesuatu yang baik akan terjadi di negri ini.

 

Semua orang bisa kok jadi influencer. Semua orang juga bisa menulis. Semua orang dapat menginspirasi orang lain.

 

Jadi, 

Apakah kamu siap menjadi pasukan untuk Indonesia yang lebih baik?

Mulailah dengan berbagi hal yang positif. Dan tuliskan ceritamu yang penuh inspirasi juga!

 

Dan ya, ini adalah #geoinspire

 

Catatan :

  1. Aku ga menemukan foto aku lagi nulis atau pegang buku, jadi aku upload foto aku yang lagi candid gitu, ketika aku jadi diri aku sendiri, perasaan yang sama ketika aku nulis dan aku menikmati setiap detiknya hingga kata per kata meluncur dengan sendirinya.

.

  1. Aku paling banyak menulis tentang diriku sendiri, pengalamanku dan pemikiranku. Aku merasa aku melakukan yang terbaik jika menulis topik ini.

.

  1. Biasanya aku suka baca ulang caption instagram aku ketika aku mulai lemah. Itu semacam pengingat karena aku yakin kita tidak bisa mempercayai otak kita yang suka lupa. Maka menulislah :)

 

  1. Kalau nanti aku sudah bisa me manajemen waktu dan energiku, aku akan bikin website dan mengurusinya lebih serius. Bersiaplah untuk website pertama seorang Frastika Geovani!

 

  1. Dan ya, ini adalah tulisan terpanjangku di instagram.

Terima kasih sudah membaca semuanya! 

 

Salam cinta,

Tika

 

Answered May 4, 2017
Muhammad Iman Adi Perkasa
penulis fesyen dan pemberi advokasi atas perspektif lain dari dunia fesyen

0W8OX4CHn0FariGYgncJ8ELcevuxJORB.jpg

Hobi saya adalah mengonsep. Apapun. Saya suka mengonsep tulisan, saya suka mengonsep pernikahan sauadara-saudara terdekat, saya suka mengonsep karya musik, saya suka mengonsep semua hal yang berkaitan dengan fesyen.

 

sumber gambar: blogspot.com

Answered May 4, 2017

8TjfrOrn0EbKANXLhsrsaYZED35IBLxP.jpg

Saya memiliki sebuah kegemaran yang mungkin dinilai beberapa orang sebagai hobi yang mainstream (sudah terlalu sering ditemui). Ya, fotografi. Akan tetapi, mengapa saya menyenangi bidang ini? Alasan saya mungkin akan membuat Anda cukup terhibur karena membacanya.

Bukan, saya bukan seorang profesional, atau mungkin belum(?). Saya hanya seorang bocah bau kencur yang kebetulan sangat tergila-gila memainkan lensa. 
Saya juga bukan siswa sekolah khusus fotografi. Saya hanya seorang mahasiswa sastra tingkat akhir yang merasa lebih cakap menceritrakan apa yang saya rasa melalui gambar-gambar yang saya ambil daripada narasi itu sendiri, seperti sebagaimana teori yang saya pelajari.
Kamera saya mahal? Ya, sangat. Mengapa saya berani mengatakan demikian? Saya memerlukan 'puasa jajan' selama hampir lebih dari dua semester untuk membeli DSLR dengan lensa standar yang saya punya sekarang, yang bagi sebagian besar orang sering disebut 'kamera ngeksis'.
Lensa berbagai spek dengan kualitas canggih? Saya cuma punya satu, yaitu lensa bawaan itu sendiri.
Bekal saya setiap berburu momen hanya ada dua, kamera (yang menurut saya sangat mahal itu), serta imajinasi liar.
Imajinasi itu modal gratis. Saya bisa membuat bayangan menjadi hidup. Saya bisa memutarbalikkan mood. Saya juga bisa membuat sesuatu yang baik menjadi terlihat buruk dan sebaliknya.

Definisi hobi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah kegemaran, kesenangan istimewa dilakukan saat senggang, bukan pekerjaan utama. Jadi, ketika ditanya, 'apa motivasi anda menggeluti sebuah hobi?', jawabannya sederhana, karena itu membuat saya senang.
Beda individu, beda juga tingkat dan faktor yang mempengaruhi kebahagiaannya. Bagi saya, kebahagiaan itu sederhana, menangkap sebuah momen. Suara shutter ketika ditekan bagaikan plot twist pada akhir sebuah cerita, melegakan. Ada sebuah sensasi yang tak bisa dijelaskan. Apalagi jika gambar yang didapat sesuai ekspektasi dan perasaan. 
Anda adalah tuan atas karya Anda. Bahkan karya yang ditulikan 'tak bertuan' pun sebenarnya memiliki tuan, bukan?

Cara paling mudah melepaskan stress dan tekanan menurut saya adalah melalui hobi. Dengan menyalurkan hasrat sepenuh jiwa dalam sebuah kegemaran, kita tidak saja hanya akan mendapatkan kepuasan pribadi, tetapi siapa tau juga membuka sebuah peluang. Peluang apa? Apa saja! Pekerjaan, pendidikan, jaringan pertemanan, dan lainnya. Ini juga menjadi motivasi saya menekuni hobi ini. Saya dapat berguna bagi sekitar saya, menjadikan saya bukan hanya seonggok daging yang punya nama. Saya bisa menciptakan pekerjaan di masa depan, saya bisa berbagi ilmu kepada kawan-kawan yang memiliki kegemaran sama dengan saya, saya bertemu orang-orang baru, dan hey, bahkan sekarang saya sudah mampu membiayai uang jajan dari hasil keringat saya sendiri. Semuanya hanya dengan berbekal kamera 'mahal' dan imajinasi liar.

Oh iya, sebenarnya foto yang saya unggah tidak ada hubungannya dengan cerita ini. Saya hanya suka mengambil gambar candid (objek yang difoto tidak sadar jika sedang difoto), yang mana menurut teman-teman saya itu foto aib. Padahal menurut saya cukup estetik.
#selasar #SayembaraSelasar #SelasarPStories @selasarcom

Answered May 7, 2017

dfQePcwsjbSKM1iTysrfH9v3rCf37Tfx.jpg

[Volley ball]

Hobi ini telah saya tekuni sejak saya masih kecil. Saya bermain voli sudah mulai SD kelas 6 sampai sekarang. Dulu saya mulai menyukai voli dikarenakan saya terpilih menjadi salah satu perwakilan dari tim SD saya untuk mewakili di perlombaan SD sekecamatan.

Akan tetapi, pada saat itu saya belum memiliki kemampuan yang mempuni untuk bermain voli hal ini yang menyebabkan saya menjadi bahan becandaan oleh rekan saya. Dengan hal itu membuat saya semakin bertakat untuk bisa lebih hebat dari meraka saya terus berlatih untuk mengalahkan mereka.

Pada suatu saat, saya dapat mengalahkan mereka dan mulai merasa jenuh dengan hobi ini dan saya sadar mengapa saya jenuh bermain voli karena tujuan yang salah untuk mengalahkan orang lain. Hal ini menjadikan pelajaran buat saya untuk lebih memikirkan dengan tujuan yang saya tentukan untuk ke depannya.

 

sumber gambar: indianexpress.com

Answered May 23, 2017
Dian Permatasari
Mahasiswa Vokasi UI (Fisioterapi)

Hasil gambar untuk traveling

Dari dulu, saya suka sekali travelling or jalan-jalan, mungkin karena terbiasa ditinggal orang tua kerja, jadi saya lebih banyak menghabiskan waktu bermain bersama dengan teman-teman saya, saya lebih leluasa menghembuskan napas saat bisa berjalan ke tempat satu dan ke tempat berikutnya, tetapi saya buat travelling seperti ke pantai, naik gunung, and more.

Saya lebih suka berjalan-jalan ke sebuah lokasi syuting, karena di sana saya melihat suasana yang berbeda seperti mendapatkan pelajaran bagaimana perjuangan seorang artis yang bisa terkenal dan muncul di layar kaca. Bukan karena ingin dikenal artis, tapi saya menemukan banyak hal di sana, dapet teman baru yang bukan dari dunia media sosial saja, tapi jadi nyata.

Lalu,  saya suka banget ngemall, karena bagi saya, aktivitas ini yang bisa buat saya terasa nyaman saat jalan, tapi bukan untuk menghabiskan uang melainkan melihat harga dan aksesoris atau perlengkapan yang unik untuk membuat sesuatu seperti kado.

And then, saya suka juga berfoto di tempat yang bersejarah seperti di Jogja.

 

Ilustrasi via cdn.earthporm.com

Answered Jul 29, 2017
Uli Elysabet Pardede
Karyawan Biasa, Blogger, Make-Up Addicts

OBTEt_QSL00ttSDNXnVwFhGgxoNAL0gT.jpg

Setahun belakangan ini saya menyukai make up, hingga saat ini saya yakin bahwa saya menemukan passion saya. Saya bukan/belum menjadi MUA, tetapi saya sudah beberapa kali merias beberapa teman saya. Bahkan tanpa bayaran pun saya tetap jalani. Karena saya tahu sekolah terbaik seorang MUA itu adalah berbagai jenis wajah orang, baik itu bentuk wajahnya dan tekstur wajahnya. Saya lakukan itu sembari saya mencicil alat make up saya yang belum banyak itu.

Jika memang belum ada teman yang ingin dijadikan korban, biasanya saya make up diri saya sendiri. Dan akan saya potret untuk saya simpan. Terdengar narsis ya, hahaha... Dan baru-baru ini tingkat kenarsisan saya melonjak, yaitu membuatkan video selama make up atau bahasa gaulnya Beautyvlog. Walaupun masih amatir karena saya belum memiliki kamera dan lighting yang mumpuni juga. Tapi yang namanya sudah niat, semuanya bisa terjadi.

Pernah saya berpikir bahwa ini hanya sebuah pemborosan. Tapi kenapa saya harus memikirkannya jika pada saat saya melakukannya saya cukup senang? Jika saya berhenti hanya karena merasa bahwa ini semua sia-sia, saya tidak akan jadi apa-apa.

Di sinilah motivasi saya sebenarnya, saya ingin buktikan terlebih kepada diri saya sendiri. Bahwa apa yang saya sempat anggap sebuah pemborosan yang sia-sia akan menjadi sesuatu yang sangat berarti. Saya ingin menjadi MUA, make up ke sana ke mari yang belum tentu mendapat bayaran tidak masalah. Membuat video yang viewers-nya sedikit juga tak jadi masalah, toh segala sesuatunya dimulai dari bawah. Jika saya tekun, suatu saat saya akan menemukan apa yang saya cari. Sayalah survivor dari semua mimpi-mimpi mustahil saya, dan saya masih berkutat dengan itu semua.

Selamat mengembangkan mimpi jadi nyata, teman...

foto via dokumen pribadi

Answered Jul 29, 2017

Question Overview


16 Followers
1084 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


(Tema: Pariwisata) Apa yang menarik dari tempat wisata di Indonesia yang pernah kamu kunjungi?

(Tema: Buku) Apa kutipan terbaik dari buku yang kamu sukai? Mengapa?

(Tema: Kebudayaan) Apa nilai dan pesan dari foto kebudayaan yang kamu ambil?

(Tema: Sahabat) Siapa nama sahabatmu dan apa kisah menarik yang ingin kamu sampaikan tentang dia?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Manakah alat musik yang paling sulit dipelajari berdasarkan cara memainkannya; tiup, pukul, gesek, petik, atau sentuh?

Apa Golf Course Terbaik di Kota Medan dan kenapa?

Jenis sayur dan buah apakah yang tidak cocok untuk Anda, dan mengapa?

Mengapa seseorang lebih mudah berkeringat dibanding orang lainnya?

Bagaimana cara menunggang kuda?

Apa pengalaman menarikmu saat pertama kali belajar mengendarai mobil?

Apa fungsi dan penjelasan setiap panel pada camera dSLR?

Apa yang harus dipersiapkan untuk belajar fotografi?

Apa lagu yang paling kamu sukai dan mengapa?

Apa manfaat mengikuti kegiatan pecinta alam?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita terhadap dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Siapakah fotografer Indonesia yang paling Anda idolakan? Mengapa?

Apa trik dan tips untuk mendapatkan foto landscape yang bagus?

Di mana letak fokus terbaik ketika kita memotret foto Potret?

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari hasil foto yang tampak kabur?

Bagaimana tips dan trik membekukan gerakan pada foto sport mode?

Lebih bagus mana DSLR atau mirrorless?

Apa kelebihan dan kekurangan kamera DSLR atau mirrorless? Jika untuk pemula lebih baik pilih yang mana?

Apa yang disebut dengan diagfragma, focal length dan apa fungsinya?