selasar-loader

Penjara apa yang paling menyeramkan di Indonesia?

Last Updated Nov 22, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Rion Aja
Alumnus Kriminologi | Petugas Penjara

Penjara paling menyeramkan? Sebenarnya hampir semua penjara menyeramkan bagi masyarakat umum, karena penjara isinya penjahat semua. Kalo isinya toge namanya gehu.

Dari perspektif saya sebagai petugas pemasyarakatan, penjara paling menyeramkan adalah Lapas Pasir Putih (LPP). Kenapa LPP paling menyeramkan? Berikut ini penjelasannya:

Pertama, LPP berada di pulau  Nusakambangan, Cilacap - Jateng. Pulau Nusakambangan sendiri merupakan pulau yang masih dipenuhi hutan belukar berikut binatang buasnya yg masih asli. Tanpa ada penjara disini pun, pulau ini sudah menyeramkan dengan sendirinya. Masyarakat disini (narapidana, petugas penjara, dan penduduk sekitar) kerap berjumpa dengan harimau, babi hutan, atau ular dimana mereka itu (para binatang) bisa dengan bebas berseliweran di seluruh pulau, termasuk di jalan yg sering dilewati oleh manusia. Tingkat kecelakaan kendaraan bermotor disini juga relatif banyak, bukan akibat kelalaian manusia, tapi karena binatang buas yang bisa muncul tiba-tiba dan mendadak di jalanan tanpa assalamualaikum terlebih dulu. LPP sendiri berada di ujung pulau Nusakambangan. Apabila menuju ke LPP dari dermaga, kegiatan menghitung binatang buas yg dijumpai bs menjadi kegiatan yg menyenangkan sambil menunggu tiba di LPP.

Kedua, pulau ini berisi beberapa penjara yang jarak antar penjara relatif cukup pas untuk membakar kalori setelah makan kambing guling  2 porsi (baca: JAUH). Jalanan antar penjara masih sangat alami tanpa penerangan buatan (baca: lampu). Dengan suasana hutan yang masih asli, bagi yang takut akan gelap sebaiknya gunakan kendaraan bermotor (baca: mobil) dan berkelompok (baca: beramai-ramai) apabila melakukan perjalanan dimalam hari menuju LPP karena letaknya diujung pulau.

Ketiga, usia penjara di pulau ini tidak jauh beda dengan usia republik ini. Setiap lapas di pulau ini punya kisah hantu-nya masing-masing, termasuk LPP. Bahkan beberapa tahun yang lalu ada penjara yg ditutup karena napi dan petugasnya sudah tidak mampu menghadapi gangguan hantu yg masif dan sistemik. FYI: penjara yang ditutup ini letaknya tidak jauh dari LPP.

Keempat, namanya penjara pasti isinya penjahat. LPP ini sendiri berisi penjahat kelas kakap dengan masa pidana yg lama. Kebanyakan napi yang ada disini adalah napi kasus terorisme. Hal ini cukup menyeramkan bagi saya karena beberapa napi disini  masih sangat militan, termasuk diantaranya Ust. ABB. Militansi mereka cukup menyeramkan bagi petugas, karena apabila salah langkah, upaya pembinaan terhadap mereka bisa berbalik ke petugas yang kemudian menjadikan petugas sbg obyek pembinaan mereka. Hal ini bukan hal yang tidak berdasar, karena faktanya beberapa petugas yang berhadapan dengan napi teroris justru menjadi bagian dari mereka.

Answered Nov 22, 2016
Muhammad Syarif Hidayatullah
Peneliti Wiratama Institute

Hasil gambar untuk penjara ketidakpastian

Sumber gambar: https://images.babe.co.id/files/11313995/images/480/0/20170321/dc76d89d7182746e089ca3863a83cda6.jpeg (SUM)

 

Menurut saya, penjara yang paling mengerikan adalah penjara ketidakpastian. Tidak hanya ketidakpastian cinta yang membuat galau tetapi ketidakpastian perekonomian juga demikian. Ketidakpastian membuat masyarakat takut mengonsumsi dan produsen galau untuk berinvestasi sehingga ketika perekonomian terpenjara dalam ketidakpastian, semua pelaku takut untuk bertindak. Dampaknya, perekonomian akan semakin lesu, pertumbuhan semakin melambat, dan pada akhirnya ketidakpastian perekonomian akan semakin mencekam. Oleh sebab itu, menurut saya, penjara ketidakpastian merupakan penjara yang paling menyeramkan.

Answered Nov 23, 2016

Question Overview


3 Followers
1232 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah masih perlu hukuman penjara untuk menekan angka kriminalitas?

Profesi apakah Pembimbing Kemasyarakatan itu?

Menurut anda, apakah Anas Urbaningrum akan keluar dari penjara untuk melawan SBY?

Apakah yang harus dilakukan bila ditahan polisi, tetapi tidak memiliki akses dan uang untuk jasa pengacara?

Mengapa tahanan di lapas bisa kabur? Bagaimana pengawasannya?

Mengapa banyak koruptor kelas kakap mendapatkan remisi hukuman?

Seseorang menodongkan senjatanya di kepalamu, menanyakan apa agamamu. Apa jawabanmu?

Mungkinkah kita bisa mencegah potensi kejahatan yang ada di dalam diri manusia/kita?

Apakah saya orangtua yang baik, saya membawa anak saya ke polisi karena mengkonsumsi narkoba?

Apa pendapat anda mengenai peristiwa perampokan dan pembunuhan yang terjadi di Pulomas?

Mengapa kejahatan atau tindakan kriminal sering terjadi di daerah perkotaan?

Apakah ulama harus selalu dibela walaupun mereka jelas melanggar hukum?

Mengapa Lampung terkenal sebagai provinsi yang tinggi tingkat kriminalitasnya?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?