selasar-loader

Menurut Anda, apa pentingnya ikut berorganisasi?

Last Updated Apr 16, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Andri Nur Rochman
Kadept Syiar FUKI Fasilkom UI 2017 | I'm Generalist | Peserta Rumah Kepemimpinan

Ketika kita ingin mengetahui apa pentingnya ikut berorganisasi, maka menurut saya, jawabannya adalah relatif. Semua tergantung dari bagaimana sudut pandang kita terhadap organisasi itu sendiri. Menurut saya, setiap orang memiliki karakter unik masing-masing yang tentunya berbeda-beda. Ada orang yang memang berjiwa organisasi, sehingga dia merasakan dampak dari organisasi, namun bagi seorang seniman, tentu organisasi bukan pilihan yang terlalu tepat, karena bisa jadi dia lebih menyukai ruang tersendiri untuk mendapatkan inspirasinya.

Kembali kepada pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, saya akan menjawab pentingnya organisasi menurut versi saya sendiri di mana saya termasuk kategori seorang penggiat organisasi karena saya sejauh ini memang menikmati keseharian saya dengan mengikuti beberapa organisasi, baik di kampus maupun di luar kampus. Saya akan memaparkan beberapa hal penting untuk ikut organisasi.

1. Kita Hidup Sebagai Makhluk Sosial

Kita sadar bahwa hidup kita di bumi ini tidaklah sendirian, sehingga perlu adanya kerja sama dan juga interaksi dengan orang lain. Dengan kita berorganisasi, maka kita telah melakukan interaksi, karena dalam berorganisai kita belajar untuk menyusun visi dan misi yang sama dan mencoba untuk belajar dalam meraih tujuan yang sama dengan berbagai kegiatan yang telah kita rencanakan sebelumnya.

2. Kita Harus Bisa Me-manage Waktu Kita

Percaya atau tidak, ketika dunia kerja kita telah datang, maka kita dituntut untuk bekerja secara profesional, salah satunya adalah dengan bisa membagi waktu kita dengan sebaik-baiknya dan itu semua bisa kita dapatkan ketika kita mengikuti organisasi. Dengan berbagai kesibukan lain yang kita punya ditambah dengan organisasi kita, kita dituntut untuk bisa belajar membagi waktu kita antara kegiatan lain dan juga organisasi.

3. Kita Harus Mengasah Skill Interpersonal

Untuk dapat sukses di dunia pascakampus, kita harus memiliki nilai lebih selain daripada akademis kita, yaitu skill interpersonal. Skill interpersonal ini meliputi contohnya adalah cara kita berkomunikasi di hadapan publik, dan itu tentunya bisa didapatkan dengan berorganisasi. Dengan berorganisasi, kita akan terbiasa untuk mengemukakan pendapat, ide-ide atau gagasan yang kita punya kepada anggota lainnya, sehingga secara otomatis skill itu pun terasah dengan sendirinya.

4. Kita Butuh Menambah Jaringan yang Kita Punya

Kita butuh untuk memiliki koneksi atau jaringan dengan orang di luar sana sebanyak-banyaknya, karena itu akan membantu kita di kemudian hari, entah ketika kita butuh jasa mereka, atau pun kita yang justru nanti akan membantu mereka. Bukankah suatu yang indah bisa hidup dengan saling tolong-menolong? Dengan berorganisasi, kita akan terbiasa untuk bekerja sama dengan berbagai macam pihak, sehingga secara tidak sengaja kita telah menjalin hubungan dengan mereka, sehingga kita telah berhasil membentuk jaringan kita sendiri.

Keempat hal di atas merupakan sebagian kecil mengenai pentingnya mengikuti organisasi. Tentu masih banyak hal lainnya yang belum disebutkan dan mungkin bisa dilengkapi oleh jawabab-jawaban lainnya. Semoga hal ini bisa menambah wawasan penanya dan juga wawasan kita semua, khususnya diri saya pribadi.

 

Ilustrasi via ichef.bbci.co.uk

Answered Aug 2, 2017

Question Overview


2 Followers
463 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa bentuk organisasi masa depan yang paling sesuai?

Ada berapa banyak organisasi nirlaba di Indonesia?

Apa pendapat Anda mengenai teleworking?

Bagaimana menyusun key performance indicator (KPI) untuk fungsi kebersihan dan keamanan di sebuah perusahaan?

Mengapa masih ada orang terpelajar dan bahkan pejabat di Indonesiayang tertarik untuk bergabung ke ISIS?

Apa yang membuat ISIS menarik perhatian sehingga banyak orang yang ingin menjadi bagian darinya?

Tipe kaderisasi organisasi apa yang cocok di level SMA?

Bagaimana menjaga komitmen relawan pada suatu organisasi volunteer selain insentif moneter?

Apakah seorang CEO haruslah seorang Extrovert dan pandai menjual?

Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?

Apa tugas dari USAID (United States Agency for International Development)?

Bagaimana cara agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?