selasar-loader

Apa yang membuat Anda yakin untuk menggunakan hijab?

Last Updated Apr 16, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Febrina Rachmayanti
Literature and a touch of make-up

tR4f2xs13WAwcka5vAmgyjzAE_jDuXVZ.jpg

Saat saya SMP--SMA, tidak pernah terpikir sebelumnya akan mulai menggunakan hijab. Dulu, saya bukan tipe orang yang nurut, bahkan bisa dikatakan "rebel". Namun, ketika itu, saya bernazar jika diterima di SNMPTN undangan, saya akan menggunakan hijab.

Diterima oleh IPB dan UI melalui jalur undangan membuat saya tak berhenti bersyukur. Hal tersebut otomatis mengharuskan saya menepati janji saya kepada Tuhan saya. Awalnya, saya juga masih ragu-ragu; takut ketika nantinya hijab akan membatasi saya melakukan apa keinginan saya. Saya sempat mempunyai cita-cita menjadi pramugari dan ingin terus melanjutkan hobi saya; menari. Dulu saya selalu berpikir, apakah hijab akan memberatkan kegiatan saya?

Namun, nasihat dari ibu saya terus tergiang dalam pikiran saya. "Hijab tidak akan membatasi kegiatanmu, tetapi akan membuat "remmu pakem" terhadap hal-hal buruk yang tidak sejalan dengan ajaran agamamu". Perkataan tersebut sangat masuk akal dan akhirnya saya yakin menggunakan hijab.

Hijab itu identitas saya sebagai orang muslim. Di mana pun saya berada, orang akan tahu saya muslim. Ketika saya memakai hijabpun, saya akan tahu batasan-batasan hal yang boleh/tidak boleh saya lakukan. Saya tidak menjadi pramugari, namun tetap melanjutkan menari dengan memakai hijab saya.

 

sumber gambar : blogspot.com

Answered Apr 21, 2017
Fhidela Dheaa
Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Alasannya simpel, yaitu karena wajib hukumnya.

Answered Aug 16, 2017
Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

VeJJ-Oaw8m2vFKFJZQbRodczHqqA5GsA.png

Ada banyak alasan, tetapi satu yang memayunginya: Perintah Allah SWT (yang diberi banyak bonus tambahan).

Perintah Allah tentu merupakan salah satu wujud cinta dan kasih sayang-Nya pada kita, khususnya muslimah. Hijab adalah identitas dasar seorang muslimah. Melalui hijab ada banyak kenikmatan yang diberikan Allah. Hijab adalah pelindung dan pembeda, penjaga izzah dan iffah, pemberi ketenangan batin.

Satu contoh kecil manfaat berhijab adalah dengan hijab, kita bisa dikenali sebagai seorang muslimah. Saya ingin bercerita sedikit. Saya ingat sekali waktu saya hampir makan di sebuah restoran Korea di Pantai Indah Kapuk (PIK). Saat itu, saya berasumsi bahwa semua makanan di sana halal karena meskipun makanan Korea, tetap saja letaknya di Indonesia. Tetapi ketika akan memesan makanan, seorang pelayan mengatakan, "Makanan yang ini tidak halal, tetapi di sini kami menyediakan beberapa jenis makanan yang halal" dan dengan cekatannya menjelaskan dan menunjukkan beberapa makanan rekomendasi yang tentunya halal.

Saat itu, saya terhentak. Saya terkejut, bagaimana bisa pelayan itu bisa menjelaskan makanan halal padahal saya belum mengatakan saya seorang muslim. Melihat diri sendiri, saya tahu jawabannya; karena saya berhijab. Hal tersebut saya sadari saat pengunjung di sebelah saya memanggil pelayan yang lain, bermaksud mengganti pesanan setelah mendengar penjelsan akan makanan halal oleh pelayan yang menghampiri di meja saya (mendengar penyampaiannya kepada pelayan yang lain).

Bayangkan jika saya tidak berhijab, bagaimana saya akan dikenali sebagai seorang muslimah? Seperti pengunjung di sebelah tempat duduk saya waktu itu yang dibiarkan memesan makanan tidak halal karena identitasnya tidak dikenali. Jadi, itulah salah satu keistimewaan hijab; secara tidak disadari ikut serta melindungi kita dari makanan yang tidak halal.

Saya memberikan contoh di atas karena baru dua hari yang lalu saya mengalaminya sehingga masih sangat terekam jelas di kepala saya. Namun, ada banyak lagi nikmat yang didatangkan dengan berhijab.

Bagi saya, tidak ada yang perlu diragukan untuk mengenakan hijab. Bukan sekedar memenuhi kewajiban, tetapi hijab terlalu banyak memberikan warna dalam kehidupan seorang muslimah. Sangat indah, rasanya.

Tetapi tetap saja, itu adalah pengalaman saya dan teman-teman yang berhijab. Jika ingin merasakannya, maka cobalah untuk mengalaminya sendiri.

Berhijablah, wahai saudariku....

Answered Oct 30, 2017

Question Overview


4 Followers
603 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah sebelum berhijab kita harus menghijabkan hati kita dulu?

Mengapa Baju Kurung tidak laku dalam dunia fashion muslimah Indonesia?

Bagaimana awal mula fashion hijab di Indonesia berkembang?

Anda lebih menyukai Dian Pelangi atau Ria Miranda? Mengapa?

Mengapa beberapa pejabat senior perempuan Indonesia tiba-tiba mengenakan jilbab saat bertemu dengan Raja Salman dari Arab Saudi?

Mengapa polisi Indonesia di bawah Presiden Widodo mencabut larangan mengenakan jilbab untuk petugas polisi wanita? Mengapa itu dilarang sebelumnya?

Mengapa hijab menjadi sangat tren di Indonesia?

Apa bedanya hijab dengan pasmina?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Apakah botol parfum wanita paling indah yang pernah Anda lihat?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Calon istri atau istri seperti apa yang kamu dambakan?

Bagaimana laki-laki memandang wanita alpha?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Apa kriteria tingkatan tertinggi wanita salihah itu yang mau dipoligami?

Apakah kegunaan muntahan paus bagi industri parfum?

Apa sajakah istilah-istilah dalam dunia parfum?

Apakah merek parfum pria paling mahal yang pernah ada?

Apakah merek parfum wanita paling mahal yang pernah ada?

Apa sajakah yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli parfum?

Apa bedanya eau de toilette dan eau de parfum?

Apakah jenis parfum pria yang paling tahan lama untuk dipakai di Jakarta?

Apakah jenis parfum wanita yang paling tahan lama untuk dipakai di Jakarta?

Apakah botol parfum pria paling indah yang pernah Anda lihat?