selasar-loader

Apakah kecanduan berkaitan erat dengan Dopamine?

Last Updated Apr 13, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Hari Nugroho
Suka single origin kopi Indonesia

2rytLg72QUz-8osZ9QuowWG2cw7LhanS.jpg

via trackmystack.com 

Sejujurnya saya agak bingung dengan pertanyaannya, kecanduan dopamine. Apakah dopamine bikin kecanduan? Ataukah kecanduan berhubungan erat dengan dopamine? Lalu sebenarnya apakah dopamine itu?

Dopamine adalah suatu neurotransmitter di dalam otak. Dopamine menjadi banyak perhatian dalam dunia neurosains khususnya karena fungsinya yang banyak diantaranya berkaitan dengan pengaturan pergerakan, perhatian, proses belajar, dan juga berkaitan dengan proses reward serta reinforcement di dalam otak.

Dopamine dihasilkan oleh neuron dopaminergik yang terletak di dua tempat di otak. Yang pertama, berasal dari substansia nigra, dan berhubungan dengan pengaturan pergerakan, yang kedua berasal dari ventral tegmental area yang akan berhubungan dengan nucleus acumbens dan subcortical limbic serta berkaitan dengan reward system yang berkaitan dengan proses adiksi atau kecanduan.

Pada adiksi, system reward ini akan dipengaruhi oleh zat atau hal-hal yang membuat kecanduan secara langsung maupun tidak langsung. Zat-zat seperti amphetamine,cocaine akan mempengaruhi reward system secara langsung dengan menghalangi proses re-uptake dopamine. Sementara pada opioid dan cannabis, akan mempengaruhi system reward secara tidak langsung, pada opioid akan berhubungan dengan endorfin terlebih dahulu, sementara pada cannabis akan mempengaruhi cannabinoid alami di otak seperti anandamide, terlebih dahulu.Jadi dopamine inilah yang terganggu dan kemudian akan memicu adiksi zat atau perilaku tertentu. 

Secara normal, kita bisa merasakan senang, gembira, itu juga karena pengaruh dopamine. Saat kita makan, melakukan aktifitas hobi atau aktifitas seksual dopamine akan dikeluarkan dalam jumlah yg wajar. Jika kita menggunakan narkoba atau melakukan perilaku adiksi lainnya seperti judi, maka proses alami ini akan terganggu. Pada penyakit tertentu seperti parkinson, dopamine akan terganggu sehingga manifestasi klinisnya juga akan terlihat seperti gangguan gerakan.

Bagaimana caranya pada adiksi, orang bisa mengembalikan proses alami pada sistem yang melibatkan dopamine? Tentu yang pertama adalah abstinence, tidak menggunakan narkoba. Yang kedua mengalihkan kegiatan memakai narkoba dengan kegiatan lain yang positif dan menghasilkan kesenangan. Yang ketiga intervensi psikologis atau terapi perilaku dan tentu jika tak bisa diatasi diberikan dapat obat-obatan.

 

Answered Apr 14, 2017