selasar-loader

Apa lagu yang paling menggetarkan hati yang pernah Anda dengarkan?

Last Updated Nov 21, 2016

25 answers

Sort by Date | Votes
Miftah Sabri
Pendiri dan CEO Selasar

KETIKA TANGAN DAN KAKI BICARA oleh Chrisye. (Lirik cipt Taufik Ismail)

Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lagi
Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita
Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya
Tidak tahu kita
Bila harinya
Tanggung jawab, tiba
Rabbana
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kami
Mata hati kami
Luruskanlah
Kukuhkanlah
Di jalan cahaya
Sempurna
Mohon karunia
Kepada kami
Hambamu
Yang hina

Inilah lagu yang selalu menggetarkan perasaan hati. Membuat saya merinding. Dan selalu saja setiap mendengarnya mata berkaca kaca. Lirih. Masuk menusuk ke dasar palung jiwa yang paling dalam.

Saya mengenalnya kali pertama dari kakak saya Dr Diana Vanda Wellia. Waktu saya mengunjunginya ke Bandung saat Ia masih mahasiswi ITB. Saya meminjam komputer toshiba birunya, sembari memutar lagu tsb. Pertama kali mendengar saya bergetar! Saya tidak tahu ini lagu Chrisye yang mana.

Kemudian sejurus waktu saya baru tercenung setelah membaca kesaksian Taufik Ismail. Penggubah syair lagu tersebut. Taufik mengatakan itu kalamullah. Dia menerjemahkan saja secara lebih sastrawi. Inspirasinya dari surat Yaasiin ayat 65. Membaca kesaksian Taufik Ismail tersebut, hati saya bertambah lirih. Dan putri pertama kamipun namanya mengambil salah satu kata dari lirik lagu ini.

Kenangan Taufik Ismail tentang Chrisye:

Di tahun 1997 saya bertemu Chrisye sehabis sebuah acara, dan dia berkata, ” Bang, saya punya sebuah lagu. Saya sudah coba menuliskan kata-katanya, tapi saya tidak puas. Bisakah Abang tolong tuliskan liriknya?” Karena saya suka lagu-lagu Chrisye, saya katakan bisa. Saya tanyakan kapan mesti selesai. Dia bilang sebulan. Menilik kegiatan saya yang lain, deadline sebulan itu bolehlah. Kaset lagu itu dikirimkannya, berikut keterangan berapa baris lirik diperlukan, dan untuk setiap larik berapa jumlah ketukannya, yang akan diisi dengan suku kata.

Chrisye menginginkan puisi relijius. Kemudian saya dengarkan lagu itu. Indah sekali. Saya suka betul. Sesudah seminggu, tidak ada ide. Dua minggu begitu juga. Minggu ketiga inspirasi masih tertutup. Saya mulai gelisah. Di ujung minggu keempat tetap buntu. Saya heran. Padahal lagu itu cantik jelita. Tapi kalau ide memang macet, apa mau dikatakan. Tampaknya saya akan telepon Chrisye keesokan harinya dan saya mau bilang, ” Chris, maaf ya, macet. Sori.”

Saya punya kebiasaan rutin baca Surah Yasin. Malam itu, ketika sampai ayat 65 yang berbunyi, A’udzubillahi minasy syaithonirrojim. “Alyauma nakhtimu ‘alaa afwahihim, watukallimuna aidhihim, wa tasyhadu arjuluhum bimaa kaanu yaksibuun” saya berhenti. Maknanya, “Pada hari ini Kami akan tutup mulut mereka, dan tangan mereka akan berkata kepada Kami, dan kaki mereka akan bersaksi tentang apa yang telah mereka lakukan.” Saya tergugah.

Makna ayat tentang Hari Pengadilan Akhir ini luar biasa! Saya hidupkan lagi pita rekaman dan saya bergegas memindahkan makna itu ke larik-larik lagi tersebut. Pada mulanya saya ragu apakah makna yang sangat berbobot itu akan bisa masuk pas ke dalamnya. Bismillah. Keragu-raguan teratasi dan alhamdulillah penulisan lirik itu selesai. Lagu itu saya beri judul Ketika Tangan dan Kaki Berkata. Keesokannya dengan lega saya berkata di telepon,” Chris, alhamdulillah selesai”.

Chrisye sangat gembira. Saya belum beritahu padanya asal-usul inspirasi lirik tersebut. Berikutnya hal tidak biasa terjadilah. Ketika berlatih di kamar menyanyikannya baru dua baris Chrisye menangis, menyanyi lagi, menangis lagi, berkali-kali.

Di dalam memoarnya yang dituliskan Alberthiene Endah, Chrisye – Sebuah Memoar Musikal, 2007 (halaman 308-309) bertutur Chrisye: Lirik yang dibuat Taufiq Ismail adalah satu-satunya lirik dahsyat sepanjang karier, yang menggetarkan sekujur tubuh saya. Ada kekuatan misterius yang tersimpan dalam lirik itu. Liriknya benar-benarbenar mencekam dan menggetarkan. Dibungkus melodi yang begitu menyayat, lagu itu bertambah susah saya nyanyikan! Di kamar, saya berkali-kali menyanyikan lagu itu. Baru dua baris, air mata saya membanjir.

Saya coba lagi. Menangis lagi. Yanti sampai syok! Dia kaget melihat respons saya yang tidak biasa terhadap sebuah lagu. Taufiq memberi judul pada lagu itu sederhana sekali, Ketika Tangan dan Kaki Berkata. Lirik itu begitu merasuk dan membuat saya dihadapkan pada kenyataan, betapa tak berdayanya manusia ketika hari akhir tiba. Sepanjang malam saya gelisah. Saya akhirnya menelepon Taufiq dan menceritakan kesulitan saya. “Saya mendapatkan ilham lirik itu dari Surat Yasin ayat 65…” kata Taufiq.

Ia menyarankan saya untuk tenang saat menyanyikannya. Karena sebagaimana bunyi ayatnya, orang memang sering kali tergetar membaca isinya. Walau sudah ditenangkan Yanti dan Taufiq, tetap saja saya menemukan kesulitan saat mencoba merekam di studio. Gagal, dan gagal lagi. Berkali-kali saya menangis dan duduk dengan lemas. Gila! Seumur-umur, sepanjang sejarah karir saya, belum pernah saya merasakan hal seperti ini. Dilumpuhkan oleh lagu sendiri! Butuh kekuatan untuk bisa menyanyikan lagu itu.

Erwin Gutawa yang sudah senewen menunggu lagu terakhir yang belum direkam itu, langsung mengingatkan saya, bahwa keberangkatan ke Australia sudah tak bisa ditunda lagi. Hari terakhir menjelang ke Australia, saya lalu mengajak Yanti ke studio, menemani saya rekaman. Yanti sholat khusus untuk mendoakan saya. Dengan susah payah, akhirnya saya bisa menyanyikan lagu itu hingga selesai. Dan tidak ada take ulang! Tidak mungkin. Karena saya sudah menangis dan tak sanggup menyanyikannya lagi.

Jadi jika sekarang Anda mendengarkan lagu itu, itulah suara saya dengan getaran yang paling autentik, dan tak terulang! Jangankan menyanyikannya lagi, bila saya mendengarkan lagu itu saja, rasanya ingin berlari! Lagu itu menjadi salah satu lagu paling penting dalam deretan lagu yang pernah saya nyanyikan. Kekuatan spiritual di dalamnya benar-benarbenar meluluhkan perasaan. Itulah pengalaman batin saya yang paling dalam selama menyanyi.

Penuturan Chrisye dalam memoarnya itu...(more)

Answered Nov 21, 2016
Sunario Aritonang
Science Enthusiast | Working With People and Data

Hasil gambar untuk lagu

Sumber gambar: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRzVz4UZ8lJFIYlLSrrINLRFMe57FGj91EF9DPQmAtyT_1t0lt6 (SUM)

Setiap orang punya pengalaman spiritual yang berbeda, sebagian besar dilandasi oleh latar belakang agama yang ia anut (keyakinan spiritual). Ini tricky sebab bagi sebagian besar muslim, tentu saja lagu-lagu yang ia dengar adalah lagu-lagu yang mensitesiskan ajaran yang ia ketahui, pahami, dan yakini. Oleh sebab itu, variasi jawaban di sini bisa difragmentasikan atas keyakinan personal.

Akan tetapi selalu ada anomali, beberapa teman saya yang muslim justru mengaku lagu-lagu antikemapanannya--Bob Marley adalah harmonisasi nada yang mampu menggetarkan hati mereka. Beberapa mengaku mendengar musik tradisional Bali sangat mistik dan menggetarkan, dll.

Selidik punya selidik, teman-teman saya yang menjadi anomali ini ternyata punya mobilitas yang sangat tinggi. Kesempatan mereka untuk bertemu orang-orang di luar kebudayaan mereka sangat banyak. Mereka juga lebih mapan secara ekonomi dan pemikiran. Hal ini semakin menguatkan saya bila pengalaman spiritual dan keyakinan adalah bentukan informasi yang masuk ke dalam pikiran, maka spiritualitas kita adalah hasil olah input tadi menjadi keyakinan dan ejawantah sehari-hari.

 

Saya sendiri, sebagai kaum "kafir" dan pernah juga "kafir" dari keyakinan saya saat ini pernah sangat tergetar ketika mendengar lagu Amazing Grace-nya hingga saat ini.



Namun, saya juga sangat tergetar setiap mendengar lagu Opick yang berjudul Rapuh.

Saya tengarai ini karena masa kanak-kanak saya pernah dihabiskan di wilayah yang kental keislamannya.

Hingga saat ini, sejujurnya saya bingung, arah spiritual saya ke mana.

Answered Nov 24, 2016
Whinda Y. Sabri
Pemerhati Perilaku. Pendiri dan Peneliti SANDS Analytics. Dosen F Psi UI

"Never Says Good Bye" oleh Michael Bolton. Pertama kali saya mendenger laggu itu di film Fathers & Daughters, saya tidak bisa menahan air mata. 

 

Sumber video via WY

Fathers And Daughters

(Never Say Goodbye)
 

If I could catch a star for you I swear I'd steal them all tonight
To make your every wish come true and every dream for all your life

But that's not how the story goes
The world is full of perfect plans
If there's a promise that I broke, I know one day you will understand

When times are hard I know you'll be strong
I'll be there in you heart when you'll carry on
Like moonlight on the water, and sunlight in the sky
Fathers and daughters never say goodbye

An Angel I will read to sleep, gave me one dream of my own
So learn to love and spread your wings, and find the one to call your home

When times are hard I know you'll be strong
I'll be there in you heart when you'll carry on
Like moonlight on the water, and sunlight in the sky
Fathers and daughters never say goodbye

When times are hard I know you'll be strong
I'll be there in you heart when you'll carry on
Like moonlight on the water, and sunlight in the sky

Fathers and daughters never say goodbye
Fathers and daughters never say goodbye

Answered Nov 25, 2016
Ahmad Fikri Arief Rasyid
Mahasiswa Fakultas Hukum UGM | Bukan Peserta Rumah Kepemimpinan

Lagu yang paling menggetarkan hati saya adalah lagu "Indonesia Raya" dan "Hymne Gadjah Mada".

Entah mengapa, ketika dua lagu ini dinyanyikan bersama-sama, hati saya menjadi "bergetar" sekali. Lagu "Indonesia Raya" sukses menggetarkan hati saya ketika menonton pertandingan sepak bola, terutama saat di luar negeri. Bangga rasanya ketika lagu kebesaran negara dinyanyikan di negeri orang, apalagi kalau Timnas Indonesia menang, lengkap sudah kebanggaan ini.

Sumber video via AFAR

Selanjutnya adalah "Hymne Gadjah Mada". Sebagai mahasiswa UGM, saya merasa lagu ini yang berhasil menggetarkan hati saya selain "Indonesia Raya". Saat menuju PPSMB UGM, kami para mahasiswa baru disuruh untuk menghafalkan lagu ini. Awalnya, ketika melihat liriknya, saya biasa saja mendengar lagu ini. Akan tetapi, ketika saya mencari lagu ini di Youtubebagi saya lagu ini sangat-sangat indah sekali dibandingkan lagu-lagu lain yang pernah saya dengar. Lagu ini sukses membuat saya hampir menangis ketika pertama kali mendengarnya. Puncaknya, ketika saya menyanyikannya ramai-ramai bersama mahasiswa baru lainnya di hari H PPSMB, saya akhirnya pun menangis karena ketika dinyanyikan bersama, lagu ini bertambah indah dan sangat membuat diri ini sangat bangga bisa menjadi mahasiswa UGM.

Sumber video via AFAR

Answered Nov 25, 2016
Muhammad Husein Ali
Pelajar Serabutan

"Indonesia Raya"

Sumber video via MHA

Melihat petani, buruh, dan orang-orang kecil menikmati kemerdekaan dan bernyanyi adalah suatu hal yang menggetarkan hati sekaligus merinding. Bukti bahwa kemerdekaan adalah suatu kehausan. Bagaimana pahlawan bangsa dengan seluruh dedikasinya memperjuangkan kemerdekaan. Soekarno dengan marhaenismenya membangkitkan ideologi-ideologi baru untuk membangun Indonesia dari rakyat kecilnya.

Cobalah dengarkan, tutup mata, bayangkan, rasakan suasanannya.

Answered Nov 27, 2016
Pramudya Oktavinanda
Video game music enthusiast, a lover of many music genres

 

IUtfZ5OdvFqSpm0nrEXubxtXZz--CStP.jpg

Sumber gambar via PO

Memilih lagu yang menggetarkan hati itu sulit bagi saya, khususnya karena lagu-lagu pilihan saya berasal dari video game dan daftarnya banyak sekali mengingat saya seorang gamer yang sudah malang melintang dalam dunia game selama lebih dari 25 tahun dan oleh karenanya sudah mendengarkan belasan ribu aransemen lagu video game. Tiga komposer paling favorit saya adalah Nobuo Uematsu, Yasunori Mitsuda, dan Masashi Hamauzu. Komposer lainnya yang juga saya sukai adalah Yoko Shimomura, Koji Kondo, Motoi Sakuraba, dan Yuki Kajiura. 

Kenapa memilih game soundtrack? Lagu dalam game didesain secara khusus untuk menciptakan atau mendukung emosi tertentu dalam episode tertentu. Ada lagu yang khusus dibuat sendu ketika merenungkan kisah cinta yang tragis, lagu mistis ketika karakter sedang bertualang menempuh daerah baru yang misterius, lagu jenaka ketika karakter sedang bercanda di tengah menghadang maut, lagu epik ketika bertempur melawan bos yang luar biasa perkasa, lagu penuh angkara ketika emosi diaduk-aduk menyaksikan kebusukan seorang karakter jahat, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, lagu-lagu ini juga menjadi sangat memorable, senantiasa mengingatkan saya akan memori ratusan petualangan yang pernah saya jalani dalam dunia video game.

Kalau disuruh memilih, beberapa lagu yang paling saya sukai untuk menggetarkan hati saya (tergantung mood yang ingin saya ciptakan) adalah sebagai berikut.

1. Lagu yang menggambarkan suasana cinta, The Treasure Which Cannot be Stolen (Xenogears - Yasunori Mitsuda) dan Wishes (Final Fantasy XIII-2 - Masashi Hamauzu). 

Sumber video via PO

2. Lagu yang menggambarkan suasana mistis yang menggugah rasa ingin tahu lebih jauh: Time Circuits (Chrono Trigger - Yasunori Mitsuda) dan Light of the Netherworld (Xenogears - Yasunori Mitsuda). 

Sumber video via PO

3. Lagu yang menggambarkan suasana sendu, June Mermaid (Xenogears - Yasunori Mitsuda), Cyan's Theme (Final Fantasy VI - Nobuo Uematsu) dan Aerith's Theme (Final Fantasy VII - Nobuo Uematsu).

Sumber video via PO

4. Lagu yang menggambarkan pertarungan epik, Fatal Fight ~ Battle vs. E.S. Levi (Xenosaga III - Yuki Kajiura), You May Call Me Father (Bayonetta I & II - Rei Kondoh), dan Battle With Magus (Chrono Trigger - Yasunori Mitsuda). 

Sumber video via PO

5. Lagu yang menggambarkan suasana riang, Besaid Island ~ Piano Version (Final Fantasy X Piano Collections - Nobuo Uematsu & Masashi Hamauzu) dan Roman ~ Vorspiel X'mas Edition (Saga Frontier 2 X'Mas Collections - Masashi Hamauzu). 

Sumber video via PO

6. Lagu yang menggambarkan kehangatan dan memori akan keindahan di masa lalu, Cloud's Smile (Final Fantasy VII Advent Children - Nobuo Uematsu), Faraway Promise (Xenogears - Yasunori Mitsuda) dan The Valley Where Wind is Born (Xenogears - Yasunori Mitsuda).

Sumber video via PO

7. Lagu yang membuka semangat untuk petualangan, Dewprism X'Mas Edition (Dewprism X'Mas Collections - Junya Nakano & Masashi Hamauzu) dan The Dawn of Wisdom (Star Ocean 3 - Motoi Sakuraba).

Sumber video via PO

8. Lagu yang membuat bulu kuduk merinding karena mencekam, The Witch of Hemwick (Bloodborne - Ryan Amon).

Sumber video via PO

9. Lagu yang menggambarkan keperkasaan karakter, Graaf, Emperor of Darkness (Xenogears - Yasunori Mitsuda), The Legendary Beast (Final Fantasy VIII - Nobuo Uetmasu) dan Otherworld (Final Fantasy X - Nobuo Uetmasu).

 

Sumber video via PO

Kalau disuruh menjelaskan lebih jauh latar belakang dari masing-masing lagu di atas, mungkin bisa-bisa saya harus bikin satu makalah tersendiri, jadi penjelasannya di lain kesempatan saja ya. Yang pasti, lagu-lagu itu membekas sekali di memori saya dan sangat cocok menemani saya ketika mengerjakan paper-paper, memorandum hukum, kontrak, dan kerjaan-kerjaan yang lainnya. Mendengarkan lagu-lagu dengan curahan emosi yang beragam selama bertahun-tahun itu juga membantu saya mengembangkan bakat lain untuk mengisi acara kantor, khususnya menyusun drama musikal dan tari-tarian. Saya jadi tahu lagu apa yang cocok untuk setiap adegan, lumayanlah buat memenangkan kompetisi internal kantor berkali-kali. Untuk semua jasa-jasa mereka bagi saya, saya haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para komposer yang super jenius itu! Teruslah berkarya, sensei

Answered Nov 28, 2016

Hasil gambar untuk mendengarkan lagu

Sumber gambar via http://assets.kompas.com/ (SUM)

Lagunya Joan Baez berjudul "Donna Donna" di film Gie, apalagi bagian liriknya yang berbunyi "stop complaining", said the farmer.

Who told you a calf to be
Why don't you have wings to fly with
Like the swallow so proud and free

 

Answered Nov 30, 2016
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

"Tiga Titik Hitam" dari Burgerkill

via AZ

Answered Dec 4, 2016
Amril Taufik Gobel
Penggemar lagu lawas

"Bidadari Surga" dari Ustadz Jefri Al Buchori

Answered Dec 10, 2016
Arfi Bambani
Jakartan. Indonesian. Minang.

"Darah Juang"

Saya masih merinding mendengar lagu ini walaupun sudah belasan tahun berlalu sejak pertama kali mendengarnya saat ospek di kampus. Saya kuliah di UGM di mana pencipta lagunya, John Tobing, juga berkuliah di sana.

Answered Dec 13, 2016
Zulfikar Akbar
Penikmat musik yang melihat genre rock sebagai pembangkit inspirasi

Sejauh ini, lagu "Nothing Else Matters" masih menjadi lagu paling membantu untuk membawa pesan penting, yaitu realistis, fokus pada apa yang bisa dilakukan, dan tenang di segala situasi. Forever trusting who we are!

"Nothing Else Matters"
 

So close no matter how far
Couldn't be much more from the heart
Forever trusting who we are
And nothing else matters

Never opened myself this way
Life is ours, we live it our way
All these words I don't just say
And nothing else matters

Trust I seek and I find in you
Every day for us something new
Open mind for a different view
And nothing else matters

Never cared for what they do
Never cared for what they know
But I know

So close no matter how far
Couldn't be much more from the heart
Forever trusting who we are
And nothing else matters

Never cared for what they do
Never cared for what they know
But I know

I never opened myself this way
Life is ours, we live it our way
All these words I don't just say
And nothing else matters

Trust I seek and I find in you
Every day for us something new
Open mind for a different view
And nothing else matters

Never cared for what they say
Never cared for games they play
Never cared for what they do
Never cared for what they know
And I know

So close no matter how far
Couldn't be much more from the heart
Forever trusting who we are
No nothing else matters

 

Sumber video via youtube

Answered Jan 5, 2017
Rezha Taufani
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

uoITGX4aRipSYYh5o24Upeu5Kk6j0zcB.jpg

Marconi Union - Weightless

Saya menemukan lagu ini disebuah artikel yang mengulas bahwa beberapa peneliti menemukan bahwa lagu irama Weightless yang diciptakan oleh Marconi Union memiliki dampak yang signifikan sebesar 65 % menurunkan kecemasan mental seseorang dan 35 % menurunkan stress fisiologis yang biasanya didapat apabila seseorang kekurangan tidur.

“Anxiety is a thin stream of fear trickling through the mind. If encouraged, it cuts a channel into which all other thoughts are drained.”  - Arthur Somers Roche

Untuk Era saat ini kadang stress sangat mudah menimpa kita, dengan posisi bumi kita yang tidak semakin hijau, populasi manusia semakin padat, manusia semakin banyak yang memicu konflik kebencian satu sama lain. Sehingga saya perlu sesuatu untuk menjadi penyejuk pikiran dan hati saya.

Para peneliti berani memberikan gelar kepada lagu ini sebagai lagu yang paling menenangkan di muka bumi dengan keterangan :

Researchers at Mindlab International, led by clinical psychologist Dr. David Lewis-Hodgson, were commissioned to find out which song is the most effective at helping someone to relax. They played songs by Enya, Mozart and Coldplay, among many others, to 40 participating women.

The researchers discovered that the song “Weightless” resulted in a striking 65 percent reduction in participants’ overall anxiety, and a 35 percent reduction in their usual physiological resting rates. Dr. Lewis-Hodgson stated:

“The results clearly show that the track induced the greatest relaxation – higher than any of the other music tested.

“Brain imaging studies have shown that music works at a very deep level within the brain, stimulating not only those regions responsible for processing sound but also ones associated with emotions.”

Sound therapist Lyz Cooper, founder of the British Academy of Sound Therapy, explains the process of how the song affects the body:

“[The song] contains a sustaining rhythm that starts at 60 beats per minute and gradually slows to around 50.

“While listening, your heart rate gradually comes to match that beat.

“It is important that the song is eight minutes long because it takes about five minutes for this process, known as Entrainment to occur.”

Source http://www.wakingtimes.com/2016/12/30/science-discovers-this-one-song-reduces-anxiety-by-65-percent-listen/

Untuk yang tertarik bisa membuka di link yang saya berikan berikut.

Marconi Union - Weightless : https://youtu.be/UfcAVejslrU

Memang tidak menggetarkan tapi menenangkan pikiran dan hati saya di dunia yang digetarkan oleh manusia-manusia yang tidak tenang hati maupun pikirannya.

Answered Jan 16, 2017
Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

VqI3MgVzJ5_MBkO1oEOT8F4S9G-avwU2.jpg

Lagu dengan judul Ibu dari Iwan Fals. Lagu ini dahsyat, punya kedalaman lirik yang luar biasa. Dengan diiringi gitar akustik saja lagu ini benar-benar menyentuh hati saya. Tak sekali saya harus menitikkan air mata manakala mendengarkan lagu ini.

Bayangan wajah ibu saya di rumah yang sudah merawat, membesarkan, hingga mengantarkan anak-anaknya dewasa sungguh membekas dalam dan terwakili dengan lagu ini.

Menurut saya inilah lagu terbaik dari Iwan Fals selain lagu-lagu kritik sosial yang ia mainkan. Melalui lagu ini saya melihat sebuah ketulusan dari seorang Iwan Fals menumpahkan kecintaannya pada sosok ibundanya. Dulu saya nyaris tak percaya ada lagu balada sejenis ini dari Iwan Fals.

Namun meski berkesan mellow, suara garang seorang Iwan Fals yang 'lelaki banget' masih terasa di lagu ini.

"Ibu"

(Dinyanyikan dan diciptakan oleh Iwan Fals)

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki, penuh darah... penuh nanah
Seperti udara... kasih yang engkau berikan

Tak mampu ku membalas...ibu...ibu
Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu
Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu
Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas...ibu...ibu....
Seperti udara... kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas...ibu...ibu

***

Answered Feb 8, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

v4UIxXdINdGTD1JrBZYcuEdff6mo7sDa.jpg

PUPUS - Dewa 19 untuk lagu melankolis

ATUR AKU - Puppen (remake Burger Kill) untuk lagu cadas

Answered Feb 9, 2017
Tegar Hamzah
Pegawai Pelabuhan Indonesia II, Ditempatkan di Gresik, Tinggal di Surabaya

Bohemian Rhapsody - Queen

Answered Mar 7, 2017

-NOaPicfuyvbFMpadRktETVFNLS7Gdqn.jpg

Lagu Ebiet G. Ade - Titip Rindu untuk Ayah

Lagu itu menggambarkan dua hal, yaitu seorang ayah yang pekerja keras dan kerinduan anaknya. 

Sosok ayahku sama persis dengan lagu itu, ayahku dulu mempunyai tubuh yang sehat, segar, selalu tersenyum tetapi sekarang sudah tak seperti dulu lagi. Ayahku hanya berbaring di tempat tidur. Kadang, ia terbangun untuk berjalan ke kamar mandi.

Aku sangat rindu sosok ayah yang selalu membuatku tersenyum, selalu bercanda, selalu ada untukku. Tapi, akankah itu terjadi lagi? Aku hanya bisa meminta kepada Allah SWT agar Ayah bisa seperti dulu lagi walaupun itu sesempurna yang aku inginkan.

Aku dahulu melihat seorang yang sangat gigih dalam bekerja dan tidak pernah ada kata pantang menyerah untuk menafkahi anak istri agar bisa bahagia dalam hidup.

Sekarang, Ibu dan Abang mencari nafkah untuk membiayai kuliah aku, begitu juga dengan aku yang berjuang dengan semangat untuk kuliah sambil berusaha dagang kecil-kecilan seperti Ayah yang tak pernah padam dalam menjalani hidup, walaupun aku tidak sama sepertinya.

Sosok ayahlah yang menjadi gambaran dalam hidupku, maka dari itulah lagu Titip Rindu untuk Ayah membuat aku menjadi suka dan menjadi sedih mengingat Ayah karena dialah semangat hidupku.

 

Answered Mar 13, 2017
Ramos Marpaung
Seorang yang mau Bermimpi Besar, ingin menjadi Penulis Fiksi

Father song by Rull Darwis. Ada unsur folk yang kental dan nada yang nyaman didengar.

Answered Mar 13, 2017
Hera Wati
Saya.. Ya, saya. Tak perlu menjadi oranglain, tak perlu meniru siapapun.

Lagu yang dibawakan Andy Williams, Where Do I Begin. Lagu ibu saya, itu. Bisa termehek-mehek saya mendengarnya. Kangen Ibu.

Answered Mar 13, 2017

wzm-DCf4oXKPLgE0QTK4aApn8wF7PXrb.jpg

via wordpress.com (FR)

Tuhan Dengarlah Keluhku

dari Haddad Alwi

Ingin ku lepas keluhku
Pada-Mu Tuhan penyayangku
Ku akui semua dosaku
Meski tersipu tertunduk malu

Jiwa dan hati tertutup debu
Akan ku terkurung nafsu
Ketaatanku tertimbun penuh dosaku
Tuhan tutupi aibku

Tuhan jangan biarkan diriku
Semakin jauh tertipu nafsu

Hanya pada-Mu ku mohon ampun dari semua dosa
Jari lemahku mengetuk pintu maaf-Mu
Agar kau hapus salahku

Hanya pada-Mu ku mohon ampun dari semua dosa
Jari lemahku mengetuk pintu maaf-Mu
Agar kau hapus salahku
Tuhan dengarlah keluhku

Answered Apr 13, 2017

Hasil gambar untuk Through The Fire and Flames

Through The Fire and Flames

Gambar via images.genius.com

Answered May 15, 2017

Question Overview


and 15 more
33 Followers
5454 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah Michael Jackson benar-benar memiliki dampak positif bagi industri musik?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Apakah Inggris benar-benar bergantung pada Simon Cowell dan ajang pencarian bakat untuk menghasilkan musisi atau grup vokal?

Mengapa lagu-lagu The Beatles masih tetap digemari hingga beberapa generasi setelah mereka?

Menurut Anda, seperti apakah budaya populer dunia 50 tahun ke depan?

Mengapa lagu-lagu zaman sekarang memiliki umur popularitas yang singkat?

Apa grup band Indonesia yang paling Anda sukai?

Bila inti puisi dan lirik musik rap sama-sama menitikberatkan pada rima, bukankah puisi bisa dijadikan lirik rap?

Apa pendapatmu tentang Rich Chigga?

Apa yang Anda rasakan saat pertama kali mendengarkan musikalisasi puisi berikut ini?

Apa yang Anda pikirkan tentang lagu Surti Tejo karya Jamrud?

Ketika dia yang kau sayang sangat akhirnya pergi menyakitimu, akankah kau terus tenggelam?

Apa lagu anak-anak yang masih melekat di benak Anda hingga kini?

Apa lagu Nike Ardila yang paling anda suka, mengapa?

Lagu Jamal Mirdad apa yang paling Anda sukai? Mengapa?

Apakah Anda mempunyai kenangan khusus dengan musik atau lirik lagu tertentu sehingga sulit melupakannya?

Apa lirik lagu, jenis musik atau suara penyanyi yang mampu menghadirkan kenangan masa lalu?

Apa musik, lagu atau lirik lagu yang tidak ingin Anda dengar lagi dan apa sebabnya?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apakah di masa yang akan datang, ada film yang menyaingi ranking The Shawshank Redemption dan The Godfather di IMDB?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapat dari menonton film?

Berapa pendapatan selebriti Indonesia per bulan?

Berapa pendapatan penyanyi group band Indonesia setiap bulan?

Apa humor paling cerdas yang pernah Anda dengar atau baca?

Siapa humoris paling cerdas di Indonesia menurut Anda?

Apa cerita paling lucu yang pernah Anda dengar?

Siapakah YouTuber Indonesia yang Anda anggap paling sukses?