selasar-loader

Adakah negara Islam yang mendukung operasi ganti kelamin?

Last Updated Apr 13, 2017

Berkenaan dengan persoalan operasi ganti kelamin atau sexual reassignment  atau sex changes maka Republik Islam Iran adalah negara yang tergolong liberal. Di era Presiden Ahmadinejad pemerintah Iran menyediakan dana hingga 2250 poundsterling atau sekitar Rp 37 juta untuk biaya operasi ganti kelamin dan dilanjutkan terapi hormon.Pemerintah juga memberikan kredit hingga 2750 poundsterling atau sekitar Rp 45 juta rupiah untuk membantu membuka usaha bagi mereka yang berganti kelamin.

Di Iran ganti kelamin dilakukan pria untuk menjadi wanita. Selain mengganti kelamin, semua identitas juga secara hukum pun diganti.Kondisi ini mungkin terlihat paradoksal karena hukum Iran melarang homoseksualitas. Pelaku homoseksualitas diganjar hukuman mati. Tak heran Presiden Ahmadinejad pernah sesumbar bahwa di Iran tidak ada kaum homo.Homoseksualitas berbeda dengan ganti kelamin.

Menurut harian the Guardian ganti kelamin menjadi halal sejak adanya fatwa dari pemimpin revolusi Iran Ayatullah Khomeini.  Bagi Khomeini homoseksualitas adalah dosa sedangkan persoalan transeksual termasuk kategori penyakit yang dapat disembuhkan. Penegasan jenis kelamin ,laki-laki atau perempuan, wajib dilakukan karena praktek syariah membedakan praktek antara laki-laki dan perempuan.Untuk itulah dilakukan operasi ganti kelamin.

Surat kabar Inggris The Guardian di tahun 2005  memuat tulisan Robert Tait berjudul Fatwa for Freedom yang melukiskan Teheran sebagai ibu kota pergantian jenis kelamin dunia. Sumber pemerintahan menyatakan sekitar 15 ribu hingga 20 ribu warganya adalah transeksual. Meskipun sumber tidak resmi memperkirakan ada 150 ribu warga Iran adalah transeksual.Tak heran Iran memegang rekor terbesar dilakukannya operasi ganti kelamin bersaing dengan Thailand.

Sumber tulisan:

https://www.theguardian.com/world/2007/sep/26/iran.gender

http://www.huffingtonpost.com/2012/06/04/iran-sex-change-operation_n_1568604.html

http://www.independent.co.uk/news/world/middle-east/the-ayatollah-and-the-transsexual-21867.html

 

 

No answers yet