selasar-loader

Bagaimana cara paling efektif untuk mengembangkan alur dalam menulis novel?

Last Updated Nov 21, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Zulfian Prasetyo
Sastra bukan hanya bahasa. Sastra adalah puncak peradaban.

Hasil gambar untuk novel

Sumber gambar: http://www.quickanddirtytips.com/sites/default/files/styles/insert_large/public/images/816/novel.jpg?itok=Z6RpPoDW (SUM)

Entah ini membantu atau tidak, tetapi saya seringkali menentukan akhir cerita sebelum benar-benar mulai menulis. Para penulis pemula seringkali luput akan hal ini sehingga ide-ide mereka terbengkalai. Padahal, menurut saya, menentukan akhir cerita membuat waktu dan energi kita efektif untuk mengembangkan alur.

Setelah akhir cerita dibuat, kita tinggal membuat kerangkanya. Tidak perlu terlalu detail, secara garis besar saja. Bagaimana pun, detail akan datang dengan sendirinya ketika proses menulis benar-benar dimulai. Yang penting, kerangka cerita itu bersifat konvergen. Artinya, bila ada karakter-karakter yang sekilas tidak berhubungan di bab-bab lain, mereka harus terhubung pada pertengahan atau setidaknya menjelang akhir novel.

Answered Nov 25, 2016
Ign Joko
Guru; Menulis itu tindakan dan membaca adalah menabung

6G_m0lS21F83CWCEZhZ601gOdj3rwpYQ.jpg

via bukuonlinestore.com (FR)

Pengembangan alur dalam novel menurut pendapat saya harus dimulai dari sinopsis, harus di catat siapa tokoh-tokoh di dalamnya, karakternya dan menurut saya dalam setiap bab yang akan kita tulis harus dirancang plot cerita sehingga ide mudah mengalir dan tidak membingungkan saat kita akan menulis lanjutan ceritanya.

Answered Apr 4, 2017
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

R50Xp-HxT67uaEqEUWcxl5o3dtz1l4jC.jpg

via kantinilmu.com (FR)

Jawaban yang diberikan Bung Joko dan Bang Zulfian menurut saya sudah cukup memadai.

Namun saya akan mencoba memberikan jawban lain:

Tentukan kira-kira berapa halaman yang akan disediakan untuk cerita Anda.

Untuk penulis baru, hendaknya tidak lebih 250 halaman, agar bisa menentukan cerita yang ringkas namun to the point dan tanpa bertele-tele atau memberikan detail yang tak diperlukan.

Answered Apr 12, 2017