selasar-loader

Dari mana cara termudah memulai mencari ide untuk menulis novel?

Last Updated Nov 21, 2016

9 answers

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Penikmat sastra dan hal-hal yang berbau imajinasi liar

Hasil gambar untuk menulis novel

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/-apx_o8K3l9s/UJ9Q1Ol0NuI/AAAAAAAAAFk/j7QTZeUfpHE/s1600/wrotomg.jpeg (SUM)

Ide untuk menulis novel sering muncul dari peristiwa atau kejadian sehari-hari tetapi para penulis pemula sering luput menangkap peristiwa sehari-hari yang sepertinya biasa-biasa saja, tetapi itulah cara memulai menulis novel, yaitu bermula dari kejadian sehari-hari.

Selain itu, ide novel sering lahir karena pengalaman pribadi penulisnya. Banyak penulis novel sukses dan laris karena menceritakan pengalamannya sendiri. Sebagai contoh adalah novelis Ahmad Fuadi yang memotret kehidupan pesantren (Gontor) dengan Negeri 5 Menara serta Andrea Hirata dengan Laskar Pelangi yang menceritakan biografi masa kecilnya di Belitong.

Latar belakang penulis, apa yang dipelajarinya, apa yang menjadi minat dan kepakarannya, juga menjadi lahan subur untuk bahan menulis novel. Marry Sheley yang suka dengan filsafat sekaligus hal-hal berbau supranatural melahirkan novel legendaris Frankenstein, Dan Brown yang minat dengan pemecahan kode-kode purba melahirkan novel laris semacam Da Vinci Code atau Angel and Demons. Ahmad Tohari yang menguasai kebudayaan Jawa melahirkan Ronggeng Dukuh Paruk.

Saya membaca sekuel buku tentang Proses Kreatif (5 buku dengan editor Pamusuk Eneste) yang berisi tentang para penulis dalam melahirkan ide-ide kreatifnya. Pada buku pertama diceritakan adanya seorang penulis novel atau penulis fiksi yang belum bisa melahirkan ide brilian kalau tidak duduk menyendiri di pemakaman sepi pada malam hari atau duduk mencangklong di ujung batu yang menghadap laut lepas dengan deburan ombak yang menyeramkan dan temaramnya cahaya bulan. Konon, saat "ekstase" dengan suasana yang menyeramkan seperti inilah ilham lahir.

Akan tetapi, saya yang sampai sekarang masih menulis fiksi berupa cerpen atau bahkan novel (meski tidak untuk diterbitkan dan hanya untuk konsumsi pembaca blog saya), cara ekstrem para penulis lawas itu sudah terasa aneh saja. "Segitunya," kata anak-anak alay. Saya lebih mengandalkan kekayaan imajinasi bahkan imajinasi liar sekalipun (makin liar makin asyik) untuk melahirkan ide. Imajinasi lahir dari upaya menangkap makna di balik peristiwa sehari-hari. Kita tidak mungkin melewati hari-hari tanpa peristiwa, bukan?

Ide lahir juga karena membaca. Membaca apa saja, terutama buku. Bahkan, menonton film pun dapat merangsang lahirnya sebuah ide (varian cerita) yang mungkin bisa dikembangkan dari sekadar yang sudah ada. Ngomong-ngomong, seringnya diputuskan kekasih juga dapat melahirkan ide kreatif untuk membuat cerpen atau novel. 

Answered Nov 24, 2016
Heru Prasetyo
Seorang pejalan kaki yang juga suka naik trans Jogja dan becak.

Rajin membaca

Sering-seringlah keluar rumah untuk pergi jalan-jalan, traveling atau hang out ke tempat belum pernah dikunjungi.

Answered Dec 19, 2016
Zulfian Prasetyo
Sastra bukan hanya bahasa. Sastra adalah puncak peradaban.

Mendengarkan cerita orang lain.

Membaca buku mungkin terlalu sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Ada minimal dua penyebab atas hal ini, yaitu karena faktor distraksi (media sosial, misalnya) maupun faktor keterbatasan waktu, terutama bila Anda bekerja 12 jam dalam sehari dan menghabiskan hari libur untuk berlari dari satu kondangan ke kondangan lainnya.

Bila itu keluhan Anda, saya pikir mendengarkan cerita orang lain bisa menjadi solusi yang bagus untuk mencari ide menulis.

bX7vwaRmn9N2PfevntTJaxliPFSOKE55.jpg

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam menerapkan metode ini. Pertama, keuntungan mendapatkan ide dengan lebih mudah. Kedua, dua faktor di atas bisa dieliminasi. Ketiga, hubungan personal Anda dengan orang lain meningkat karena orang yang sedang Anda "manfaatkan" justru merasa terbantu oleh kehadiran Anda. Kita tahu ada lebih banyak orang yang ingin berbicara alih-alih mendengar. Anda adalah minoritas yang mereka butuhkan. Anda juga membutuhkan mereka untuk menulis novel. Keempat, novel Anda memiliki keunggulan berupa sense of belonging dengan pembaca karena mengandung unsur keseharian yang kuat.

Gambar via theodysseyonline.com

Answered Dec 20, 2016
Wilingga Wilingga
Menulis, menulis, menulislah

Pengalaman pribadi dan lebih banyak membaca karya-karya novelis lain.

Answered Jan 17, 2017
J.S. Khairen
Author | Jombang itu bahasa Minangkabau, googling aja jgn males | @JS_Khairen

Mencari ide itu gampang. Managing idea yang sulit, tapi bisa.

Ide bisa bersumber dari segala macam hal:

1. Kompilasi kejadian random yang dilihat/didengar/dialami. 

2. Pengalaman hidup orang lain/diri sendiri

3. Imajinasi bahkan datang dari mimpi, coba deh lima menit pertama setelah bangun, kalau masih ingat mimpinya langsung dicatat. Saya biasanya, adegan science fiction kalau yang ini.

4. Fenomena umum di masyarakat, kemudian cari yang tidak umumnya.

5. Semua hal

Ketika sudah mengarah ke novel, ide-ide itu diaturlah sedemikian rupa. Tergantung ingin genrenya apa, pesan yang disampaikan apa, idealisme kenapa ingin menulis itu dst. 

Teoritis sekali ya? Makanya menulis novel itu kurang asik kalau terlalu teori, langsung tulis saja. Setelah 10-20 halaman, baru deh bikin kerangka, plot dsb. Karena biasanya begini, kesulitan orang menulis itu bukanlah ketiadaan ide, tapi ketidakmauan/ketidakmampuan menuangkan apa yang ada di kepala dalam bentuk tulisan. Biasanya kalau sudah mulai, justru susah berhentinya.

Satu film favorit saya tentang kepenulisan adalah Finding Forrester. Ada adegan ketika seorang remaja ditampar oleh mentornya karena begini;

"Baiklah, mari kita mulai menulis." Kata si mentor di depan mesin tiknya. Ia langsung mengetik saat itu juga. Di hadapannya, remaja tadi masih diam kelu bersama mesin tiknya pula. Idenya melayang-layang.

"Kenapa kau tak kunjung mulai?" Tanya mentornya itu.

"Karena aku sedang berpikir."

Plakkk. Mentornya menampar remaja itu. "Menulis adalah menulis, bukan berpikir." Di saat yang sama, ia telah menyelesaikan satu halaman tulisan.

Ernest Hemingway juga mengatakan "There's nothing to writing. All you have to do is sit down at a typewriter and bleed."

Selamat menulis!

 

@JS_Khairen

Answered Jan 18, 2017
Ign Joko
Guru; Menulis itu tindakan dan membaca adalah menabung

WV1WmR84QfMAfbpV62azsjJDZV50-opK.png

via writeabook.co.za (FR)

Dalam kehidupan manusia banyak sekali peristiwa drama yang terjadi sehari-hari. Manusia lahir dengan membawa masalah, persoalan, dan misteri kehidupan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. bahkan masalah- sehari yang remeh temehpun jika bisa mengolahnya menjadi cerita akan menjadi sumber ide menulis novel. Kemiskinan, penderitaan, sakit, Kerasnya perjuangan hidup dan tragedi-tragedi sekitar manusia . alam sekitar menjadi ide yang tidak pernah habis dieksplorasi menjadi cerita novel yang menarik.

Menurut saya kunci termudah menulis novel adalah membaca novel sebanyak-banyaknya, melakukan pengamatan dan meresapi setiap peristiwa kehidupan sehari-hari dan yang terpenting ya menulis. Sebab tanpa menulis novel tidak akan pernah jadi.

Answered Apr 5, 2017
Florensius Marsudi
Lelaki, satu istri, satu putri. Masih belajar menulis....

-WHzE8UhsXnv_wsv63S0fVnc9HMHtuNp.jpg

via linikini.id (KAM)

Berinspirasi pengalaman sehari hari, itu yang  paling mudah.

Answered Apr 9, 2017
Aditia Bagus
Public Defender at Pekanbaru Legal Aid

Hasil gambar untuk MENCARI IDE

via bloggerpurworejo.org (SUM)

Dari "dunia kapuk" dan dunia mimpi. Percayalah Anda akan dibuat tak tertidur karenanya.

Answered Apr 12, 2017
Sucia Ramadhani
Jawabanku November 2017

Dari kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang akan mencoba mulai menulis, akan kebingungan untuk mencari ide. Ide yang menurut mereka tampak susah untuk digali. Padahal ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk memulai mencari ide. Tidak perlu melakukan proses yang rumit untuk mendapatkan ide. Karena ide terbaik berada di lingkungan sekitar. Di dalam kehidupan kita sehari-hari yang tidak pernah kita sadari. Biasanya kita akan melewatkan begitu saja satu hari, tanpa ada hal yang menarik untuk dijadikan ide tulisan. Padahal, jika kita membuka kepekaan di hati kita terhadap lingkungan sekitar, kita akan mendapatkan banyak sekali ide. Yang perlu kita tekankan adalah rasa peka dalam mengamati setiap hal yang terjadi di dalam diri kita. 

Jadi, ide akan mudah didapatkan ketika kita peka dengan lingkungan sekitar. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, karena yang ada di dalam dekat kita dapat dijadikan sumber terbaik dalam menulis. Dengan latihan terus-menerus, kita akan terbiasa menulis sebuah cerita dengan baik. 

Peka dan latihan

Dua kunci yang harus dilakukan oleh pengarang dalam menulis sebuah cerita. Tanpa kedua hal tersebut, pengarang akan sulit mengembangkan tulisan. Cenderung pasrah dengan tulisan yang terasa begitu sulit. Ide yang tidak kunjung didapatkan oleh pengarang. 

Answered Dec 28, 2017

Question Overview


11 Followers
2049 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana cara paling efektif untuk mengembangkan alur dalam menulis novel?

Di antara novel-novel Haruki Murakami, yang manakah yang paling Anda sukai?

Apakah kutipan Haruki Murakami yang paling berkesan bagi Anda?

Apakah tips menulis terbaik yang pernah kamu dapatkan?

Bila kamu berada pada situs puisi dan puisimu dibaca 250 orang namun tidak ada yang berkomentar, apa yang kira-kira terlintas di benakmu?

Film apakah yang menurut Anda memiliki skenario terbaik?

Menurut Anda, apakah kekurangan dari tulisan-tulisan Murakami?

Adakah pola tertentu dari karya-karya Murakami?

Di antara novel-novel Paulo Coelho, yang manakah yang paling Anda sukai?

Siapakah menurut Anda yang patut disamakan kualitas penulisannya dengan Pramoedya Ananta Toer?

Bagaimana proses kreatif saat pertama kali menulis novel?

Apa karya sastra/novel yang paling berkesan bagi Anda?

Mungkinkah Tereliye melakukan plagiasi dalam beberapa karya atau novelnya?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Mengapa Helvy Tiana Rosa tidak lagi menerbitkan novel?

Adakah karya sastra yang memiliki tema tentang parfum?

Apakah yang dimaksud dengan penulisan kreatif?

Apa puisi Chairil Anwar yang paling Anda sukai?

Siapa sastrawan paling "nyastra" menurut Anda? Mengapa?

Mengapa pada masa sekarang sangat sedikit penulis Indonesia yang memiliki kualitas layaknya Pramoedya Ananta Toer?

Siapakah sastrawan Indonesia paling Anda sukai? Mengapa?

Siapa penulis populer favorit Anda? Mengapa?

Apa yang dimaksud dengan 5W 1H dalam menulis berita?

Apa yang disebut "Nilai Berita" atau news value?

Adakah unsur lain selain 5W+1H dalam menulis berita?