selasar-loader

Apa yang harus kita lakukan untuk membantu menyudahi konflik Rohingya?

Last Updated Nov 21, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Habibi Yusuf
Belajar menjadi muslim yang baik

Rohingya

Tentu peran kita disesuaikan dengan kedudukan kita masing-masing. Sebagai negara yang hidup bertetangga adalah kewajiban alami kita untuk saling membantu tetangganya yang mengalami musibah. Terlebih mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim yang punya kesamaan keyakinan dengan kaum Rohingya yang menjadi korban konflik dan penindasan di negerinya, Myanmar.

Sebagai masyarakat, kita bisa memulai peran kita dengan memberikan bantuan kemanusiaan. Tentu saja bantuan ini untuk meringankan penderitaan bagi para korban, baik yang mengalami luka-luka fisik maupun mental, yang terusir dari kampungnya, yang terpaksa mengungsi, dsb. Bantuan kemanusiaan ini bersifat netral dan lebih bisa diterima oleh siapa pun tanpa mempersoalkan latar belakang, identitas, status, dan kedudukan korban.

Lebih jauh, kita juga bisa berupaya untuk mendorong pihak-pihak yang memiliki peran lain dan lebih strategis. Misalnya, peran negara (pemerintah). Pemerintah Indonesia terlalu kecil levelnya kalau hanya memberikan bantuan kemanusiaan. Sebagai institusi negara berdaulat yang memiliki kekuatan, apalagi negara terbesar di ASEAN, pemerintah Indonesia harus bisa menekan Myanmar agar dapat menyelesaikan krisis kemanusiaan Rohingya tersebut. Pemerintah bisa melakukan pendekatan bilateral, regional melalui instrumen ASEAN, maupun multilateral melalui PBB dan instrumen lainnya.

Nah, untuk itu, perlu dukungan dan dorongan dari masyarakat. Karena sejatinya, suara pemerintah adalah mewakili suara rakyatnya. Masyarakat Indonesia harus lebih banyak bersuara sehingga aspirasi tersebut bisa diteruskan oleh pemerintah. Selain itu, masyarakat juga bisa mendorong lewat lembaga legislatif (wakil rakyat) untuk bersama-sama dengan eksekutif berbuat lebih banyak terhadap segala upaya penghentian krisis kemanusiaan Rohingya.

Selain itu, peran berikutnya yang bisa dimainkan adalah lewat penggalangan opini dunia. Di era digital yang sudah borderless, berbagai opini bisa dimasifkan baik melalui media-media konvensional maupun media sosial sehingga dapat menggugah kesadaran banyak manusia di dunia untuk turut memperhatikan tragedi yang terjadi di Myanmar tersebut. Melalui kekuatan "people power", opini yang menyuarakan penghentian konflik dan menuntut pemerintah Myanmar untuk melindungi HAM kaum Rohingya diharapkan dapat menggerakkan pihak-pihak yang memiliki kekuatan untuk menekan dan menghentikannya, seperti negara-negara super power maupun institusi regional (ASEAN) dan multilateral (PBB).

Dengan gerakan yang masif dan didukung oleh masyarakat lintas negara, maka setiap upaya untuk menekan pemerintah Myanmar sebagai pihak yang paling memiliki kekuasaan untuk menghentikan tragedi kemanusiaan tersebut dapat dilakukan secara lebih efektif. Untuk itu, kegiatan harus terus dikawal sampai tuntas. Jadi, harus ada kontinuitas dan persistensi sampai kaum Rohingya dapat hidup aman damai tenteram tanpa takut ditindas dan diusir dari negerinya sendiri, Myanmar.

 

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Jan 5, 2017
Andrian Habibi
Hidup dengan menulis karena menulis memberikan kehidupan

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya fikir butuh keberanian dari Pemerintah Indonesia. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam persepsi saya dijalankan melalui tahapan berikut ini:

Pertama, Pemerintah Indonesia memanggil Keduataan Myammar untuk meminta klarifikasi. Apabila Kedubes Myammar tidak bisa menjelaskan bagaimama cara terbaik menyelamatkan etnis Rohingya. Maka Pemerintah Indonesia bisa saja memyampaikan solusi.

Komunikasi dengan Kedubes Myammar ini bisa juga diarahkan terkait memberikan jalan agar bantuan luar negeri bisa masuk ke Rohingya. Karena dengan jalur diplomasi, Pemerintah Myammar dimungkinkan mau bermurah hati demi menyelamatkan Rohingya.

Apabila Kedubes Maymmar menolak opsi diplomatis. Maka Pemerintah Indonesia bisa mengambil langkah tegas. Dengan mengingat bahwa Pembukaan UUD NRI 1945 memuat kalimat "menjaga perdamaian dunia" dan "oleh sebab itu penjajahan dimuka bumi harus dihapuskan" termasuk penjajahan suatu Negara terhadap warganya sendiri. Maka saya fikir, Pemerintah Indonesia bisa saja menutup Kedubes Myammar dan memerintahkannya untuk balik ke Negara Asalnya.

Setelah pilihan tegas ini, Pemerintah Indonesia bisa mengambil pilihan lanjutan yakni melakukan rapat bersama DPR untuk mengirimkan pasukan militer Indonesia demi menyelamatkan etnis Rohingya. Bisa saja memaksa untuk mengirimkan bantuan pokok melalui TNI.

Terakhir, Pemerintah Indonesia mendatangi kantor PBB dan memaksa PBB untuk memerintahkan seluruh Dewan Keamanannya dan Pasukan Perdamaian PBB masuk ke Myammar demi memberikan jaminan pemenuhan hak-hak asasi manusia bagi Rohingya.

Jika cara ini berhasil, Indonesia akan disegani oleh seluruh dunia sebagai Negara Penegak Perdamaian Dunia.

Answered Sep 2, 2017

Question Overview


3 Followers
1302 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Apa penyebab Myanmar menindas muslim Rohingya?

Apa dan bagaimana perasaan Anda terhadap kasus muslim Rohingya?

Bagaimana cara khusuk dalam salat?

Mengapa Indonesia yang tidak menegakkan hukuman Qisas? Apa hukuman qisas tidak sesuai? Mengapa?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Apa kriteria tingkatan tertinggi wanita salihah itu yang mau dipoligami?

Mengapa Islam yang katanya Rahmatan Lil Alamin justru berbalik 180 derajat faktanya ketika diaplikasikan di Indonesia?

Pengalaman apa yang membuat seorang menjadi sekuler?

Mengapa Tuhan membuat surga, padahal insentif tertinggi umat Islam adalah ridha Allah?

Bagaimana cara mengakhiri konflik antara Sunni dan Syiah?

Apakah Syiah bukan Islam?

Mengapa Nabi Muhammad tidak mengizinkan Ali mempoligami Fatimah?

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Apa yang dimaksud dengan halal?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa yang dimaksud dengan mubah?

Realistiskah tuntutan untuk mengirim TNI ke Myanmar dalam rangka pembebasan Rohingya?

Jika Indonesia memutus hubungan diplomasi dengan Myanmar lalu bagaimana Indonesia membantu penduduk Rohingya?

Bagaimana asal-usul etnis Rohingya?

Bagaimana pandangan orang Myanmar terhadap etnis Rohingya?

Apa yang telah pemerintah Indonesia lakukan berkaitan dengan konflik Rohingya?

Apakah Anugerah Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi masih pantas dipertahankan?

Hal apa yang paling harus diketahui dan dipersiapkan sebelum berwisata ke Myanmar?

Apa peran Amerika Serikat di balik runtuhnya kekuasaan junta militer Myanmar?