selasar-loader

Apa arti nama Anda?

Last Updated Apr 9, 2017

20 answers

Sort by Date | Votes
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

w2r0tDRpcN158khEf16HgzYt36GQmh9f.jpg

Nama saya Mugniar. Kalau kata ibu saya, dari bahasa Arab "mughni". Sebenarnya dari asmaul husna. Namun, tidak tahu ya apakah pemakaiannya cocok. Karena kan sebenarnya ada aturan pemberian nama. Seperti laki-laki yang namanya berasal dari asmaul husna, diberi kata "Abdul" sebagai tambahan di depan nama yang dipakai. Misalnya Abdul Mughni. 

Nah, nama saya itu jadi Mugniar. Dengan harapan orang tua agar saya menjadi orang yang kaya (kalau asmaul husna, Al Mughni itu artinya Yang Maha Kaya).

Aamiin. Mudah-mudahan, ya. 

 

sumber gambar : klimg.com

Answered Apr 30, 2017

 

zjp_CeV7uRR_O-PxccrdLFZIuhMTCfoy.jpg

Nama saya Ummu Zakiah Hamzah.

'Ummu'

Dalam bahasa Arab artinya adalah Ibu. Kemungkinan paling besar kenapa orangtua saya memilih nama ini karena saya lahir sehari setelah hari ibu :)

'Zakiah'

Bukan, bukan, saya bukan penari gurun pasir ternama seperti lagu 'Zakia'-nya Achmad Albar. Zakiah itu dalam bahasa Arab artinya suci, bersih, murni. 

'Hamzah'

Nah, kalau ini sih nama bapak. Hamzah yang juga merupakan salah satu huruf hijaiyah ini punya arti kebijaksanaan, kuat dan singa (?) rawwwr.

Jadi, kalau disimpulkan, nama saya ini berarti : Ibu yang suci dan bersih, serta memiliki kebijaksanaan dan kuat (maunya xD)

Nama itu adalah titipin do'a dari orangtua untuk anaknya. Yah, terlepas dari nama 'Zakiah' itu diambil karena orangtua saya mungkin fans garis keras Achmad Albar, tapi saya bersyukur memiliki nama dengan arti yang indah seperti itu. 

Semoga saya bisa mencerminkan do'a yang dititipkan orangtua dalam nama saya. Sehingga nama bukan hanya sekedar nama saja :)

Aamiin.

 

Sumber gambar: bayilelakiku.com (KAM)

Answered May 1, 2017

Hasil gambar untuk wanita solehah

Nama saya Siti Umi Mudhongafah. Nama itu bukan diberikan oleh orang tua saya tetapi diberikan oleh kakek saya. Memang, di keluarga besar saya, Simbah Kakung, panggilan untuk kakek saya, sering memberikan nama kepada cucu-cucunya karena beliaulah yang paling mengerti soal agama dalam keluarga besar kami. Maklum karena dulu, Simbah Kakung adalah jebolan sebuah pondok pesantren.

Sudah jelas, ketika mendengar nama saya, itu adalah nama yang berasal dari bahasa Arab. Saya akan mencoba menjelaskan arti dari nama saya satu per satu.

Siti

Dalam bahasa Arab siti artinya 'tanah'. Siti juga berarti nama yang biasa digunakan untuk menandai seorang anak perempuan. Seperti halnya Muhammad yang biasanya digunakan untuk menandai seorang anak laki-laki. Saya kurang tahu, apakah penggunaan kata Siti sebagai penanda seorang perempuan adalah asli dari kebudayaan Arab atau bukan. Saya tahu artinya dari perkataan kakek saya.

Umi

Umi dalam bahasa Arab berarti 'ibuku' namun arti yang dimaksud oleh kakek saya adalah 'ibu'.

Mudhongafah

Ketika Anda membaca Alquran, mungkin Anda akan menemukan kata tersebut. Di dalam bahasa Arab, mudhongafah artinya 'dilipatgandakan'. Di antara ketiga kata dalam nama saya, saya sangat menyukai dan bangga memiliki nama mudhongafah karena kata tersebut termasuk langka. Selama ini, saya belum pernah menemukan seseorang yang memilki nama Mudhongafah sehingga saya merasa, nama saya tidak "pasaran".

Jika diartikan secara keseluruhan, kata simbah saya, Siti Umi Mudhongafah berarti seorang ibu yang segala kebaikannya semoga dapat dilipatgandakan. Amin.

Terima kasih Mbah sudah memberikan nama yang baik kepadaku.

Gambar via 4.bp.blogspot.com

Answered May 1, 2017
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

9_FZmxiXn_X1jgWEpM9KkgXbCNPc7BMw.jpg

Kartika Aprilia Maharani. Nama tersebut diberikan oleh ayah saya. Ketika itu, ia terinspirasi memberikan nama yang berbeda untuk anak yang lahir setelah 13 tahun terakhir memiliki anak. Nama saya memang paling berbeda dengan kakak-kakak saya. Kakak pertama bernama Indra Darmawan Yusuf. Kakak kedua bernama Indri Damayani Yusuf. Terakhir, kakak ketiga bernama Imam Darmawan Yusuf.

Semua kakak saya memiliki inisial nama yang sama, yaitu IDY. Yusuf sendiri diambil dari nama ayah saya, Darwin Yusuf. Ketika saya lahir tahun 1996, ayah saya ingin memberi saya nama yang berbeda dan terciptalah nama Kartika Aprilia Maharani.

Kartika

Nama depan saya ini diberikan oleh ayah saya karena ayah saya menyukai lagu Ahmad Albar dan Gito Rollies yang berjudul Kartika. Ia ingin sekali menamai saya dengan nama tersebut dengan harapan bahwa saya bisa menjadi Kartika seperti yang ada di lirik lagu tersebut.

"Wajahnya biasa saja, yang hanya sedap dipandang mata"

"Cintanya tak pernah dibagi-bagi, pertanda kasih yang setia"

"Kartika air matamu jangan pernah menetes di pipi"

"Kartika yang aku mau bahagia selalu datang untukmu"

Selain itu, Kartika juga memiliki makna, yaitu bintang ketujuh. 

Aprilia

Nama kedua saya adalah Aprilia karena saya lahir di bulan April, tepatnya tanggal 24 April. Ditambahkan huruf akhira i a agar dapat terbentuk nama yang feminin.

Maharani

Untuk nama terakhir, sebenarnya juga terinspirasi dari lagu Rhoma Irama, Ani. Ayah saya juga sangat menyukai lagu tersebut. Ketika itu ayah saya sedang bekerja di luar kota dan ibu saya sedang mengandung saya. Ia sering mendengar lagu tersebut dan saat saya lahir terciptalah nama Ani dengan diberikan variasi menjadi Maharani yang memiliki makna ratu besar. 

Makna tersebut juga diharapkan dapat membuat saya menjadi seseorang yang dihormati, yang memiliki derajat tinggi, dan bisa disayangi orang-orang seperti ratu yang baik.

Jika digabungkan, Kartika Aprilia Maharani, maka makna nama saya adalah 'ratu bintang ketujuh di bulan April'. Makna tersebut sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kepribadian saya, namun karena nama depan dan nama belakang saya diambil dari kegemaran ayah saya dengan sebuah judul lagu, maka saya pun tumbuh dengan mencintai musik. Saya suka bernyanyi, bermain band, dan senang mendengar lagu-lagu.

Begitulah kira-kira arti nama saya.

 

Sumber gambar: pinimg.compinimg.com

Answered May 1, 2017

e0Nf2N-A5EapjrEsXOH-TGqK1Pw0rrav.jpg

Nama saya Afina Mahardhikaning Emas, cukup panjang dan predictable. Orang Indonesia pada umumnya akan tahu kapan saya dilahirkan hanya dengan mengetahui nama saya. Kadang saya merasa tidak suka dengan cara orang tua saya memberi saya nama; menyesuaikan dengan momen tertentu. Tapi kalau saya pikir lagi, sebenarnya nama saya tidak melulu harus dikaitkan dengan momen.

Pernah pada suatu hari ayah saya bercerita tentnag arti nama Afina. Afina berarti pemaaf. Diambil dari bahasa Arab dan beberapa kali disebutkan dalam Al Qur'an. Mudah dipahami bahwa orang tua saya menginginkan putrinya menjadi seseorang yang pemaaf.

Mahardhikaning memiliki makna merdeka. Alasan pemilihan nama tersebut sederhana; saya lahir pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Spesial memang, tapi menjadi mudah ditebak kadang mengesalkan. Kalau dipikir, Mahardhikaning tidak melulu harus dikaitkan dengan momen kelahiran. Almarhumah Ibuk pernah bercerita bahwa perempuan juga harus merdeka (konsep feminisme yang pernah diajarkan ibu saya). Kemudian saya paham kenapa nama tengah saya Mahardhikaning; perempuan yang merdeka.

Terakhir adalah Emas, tidak ada makna lain selain batu emas. Mengapa emas? Karena saya lahir pada ulang tahun Indonesia yang ke-50 (disebut juga tahun emas). Semudah itu. Tapi biar saya maknai nama saya sendiri. Emas adalah sesuatu yang berharga, bukan? Nah, itu yang saya harapkan dari arti nama saya; sesuatu yang berharga.

Sebagai penutup, semoga arti nama tersebut menjadi doa yang diijabah dan dikabulkan Allah ada pada sifat-sifat saya.

Answered May 2, 2017
M Afwan Fathul Barry
Tukang tulis, juru edit, penggelut multimedia.

OxAAtBCUK6edcfe_xzYqRJUQyx96v0Su.jpg

Nama saya Muhammad Afwan Fathul Barry. Ayah bilang nama Muhammad disematkan untuk menghormati manusia teladan umat Islam itu. Berikutnya nama saya diartikan sebagai 'maaf pembuka kebaikan'. Katanya, nama adalah sebuah doa. Harapannya dengan nama itu saya menjadi seorang yang mudah meminta maaf dan memaafkan. Semoga doa itu terkabul.

 

sumber gambar : http://freeislamiccalligraphy.com

Answered May 2, 2017
Cok Deniro Panjaitan
Historian UI 2015

fMPmCS92_nwD22WdB6zOxh9RVbOaL_gx.jpg

Nama saya Cok Deniro Panjaitan. Nama ini merupakan perpaduan yang unik antara bahasa Medan dan bahasa Latin. Cok merupakan pembaharuan dari kata "ucok" yang merupakan panggilan untuk anak laki-laki di Medan. Sedangkan Deniro berasal dari bahasa Latin yang artinya anak raja. Sebenarnya, ada teman papa saya yang mengatakan bahwa nama Deniro ini diberikan karena kegemaran papa saya menonton film The Godfather.

Answered Jun 2, 2017
Erin Nuzulia Istiqomah
Bersyukurlah maka kamu akan bahagia :)

3qpveh02KolPI3bkS0NTHLBkon1hG7MS.jpg

Sebelum saya menjadi mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Indonesia, saya hanya mengetahui arti nama saya tanpa berbekal literatur yang tepat. Hanya sekadar pengetahuan arti nama yang diberikan oleh orangtua saya. 

Erin, berdasarkan pengakuan ayah ibu saya, nama ini diambil berdasarkan nama tokoh serial barat favorit yang sering mereka tonton saat masa kehamilan saya. Mereka amat menyukai tokoh perempuan bernama Erin itu. Untuk sepasang suami istri yang tidak langsung diberikan anak setelah menikah (ayah ibu baru memiliki anak di usia pernikahan ke-3), tentu banyak serial barat yang mereka ikuti. Cukup juga bagi mereka untuk meyakini bahwa ketika anaknya lahir, akan diberikan nama yang sama dengan tokoh favoritnya dalam serial yang mereka ikuti. Untuk artinya? Percayalah sampai saat ini mereka sama sekali tidak mengetahui arti dari kata 'erin' ehehehehe. 

Nuzulia, ketika itu saya terlahir di hari Selasa, pagi hari pukul 06.30 (sampai saat ini, ibu hanya akan memberikan ucapan ulang tahun tepat di jam tersebut). Hari itu, bertepatan dengan Ramadan hari ke-20. Ya, tepat sekali, biasanya nama akan diberikan bertepatan dengan momen tertentu, selain sebagai suatu doa, juga sebagai pengingat. Kelahiran saya kira-kira masih dalam momen diperingati turunnya Al Quran. Berangkat dari Nuzulul Quran, kata 'Nuzulia' ini disematkan di belakang nama panggilan saya.

Istiqomah, ini adalah kata terberat yang tersemat di dalam nama saya. Suatu hari, ketika mahasiswa, dalam perkenalan organisasi, saya mendapatkan giliran untuk memperkenalkan diri. "Perkenalkan nama saya Erin Nuzulia Istiqomah". Tak lama, seseorang menyela sesi perkenalan. "Serius nama lo ada 'istiqomah'-nya?". Saya pun meyakinkannya bahwa memang 'istiqomah' adalah kata yang memang melekat sebagai nama saya. Ia pun berujar, "Gue kira itu nama facebook lo biar keliatan keren dan solehah gitu". 

Tidak sedikit yang memang mempertanyakan tersematnya 'istiqomah' di nama saya. Secara bahasa, kata 'istiqomah' berasal dari bahasa Arab, yang kemudian diserap menjadi bahasa Indonesia dengan penyesuaian huruf menjadi 'istikamah'. Adapun artinya kurang lebih sama. 

is.ti.ka.mah

  • n Isl sikap teguh pendirian dan selalu konsisten: Alquran mengajarkan kita agar mempunyai sikap --

Sikap teguh pendirian dan selalu konsisten. Suatu hari, di evaluasi semester beasiswa yang saya ikuti, sang evaluator berkata, "Semoga kamu istiqomah, dalam kebaikan tentunya". Saya rasa hal ini pulalah yang membuat ayah saya menyematkan kata ini di nama saya.

Beranjak dewasa, terutama di dunia perkuliahan, amat banyak yang mulai mempertanyakan arti nama saya. Tak jarang, mereka yang memberikan interpretasi mereka sendiri atas nama saya. Hingga kini, sangat sering saya mendapati teman yang mengirimkan pesan, hanya untuk memberikan penjelasan asal kata 'erin'. Mungkin mereka tidak puas mendengarkan penjelasan saya bahwa kata itu berasal dari nama tokoh favorit dalam serial yang ayah ibu saya tonton kala itu. 

Ada seorang teman yang beberapa bulan menetap di Dublin, Irlandia, kemudian dengan skarela mencari tahu apa hubungan nama 'erin' dengan Irlandia. Sayangnya ia tidak mendapatkan hal yang memuaskan selain memang Erin adalah Irlandia. Ia pun akhirnya diberi rujukan untuk melihat arti kata 'erin' di Urban Dictionary. Dengan lengkap ia memberikan puluhan lema 'erin' beserta dengan artinya. 

7LstRsWvzjF41wXgH9jqnfoNdPVb8u7k.png

Atau ada seorang teman yang memang sangat fokus pada asal usul kata (saya kuliah di sastra Indonesia sehingga menjadi wajar untuk mengetahui dari mana sebuah kata berasal), akhirnya memberi tahu bahwa 'erin' juga berasal dari bahasa Celtic. 

S8BZT8fQKSfglTFVP9ZJGkyul-Eo9KdR.png

Ia pun dengan kreativitasnya memberikan makna tersendiri bagi kata 'erin'. Ia membuatkan poster yang berhubungan dengan nama saya tepat ketika saya berulang tahun. Menurutnya, makna kata 'erin' yang dibuatnya telah sesuai dengan kepribadian saya yang ia kenal. 

nV6xUmIUpp51e4jyjCdIiTjz74NHoHSO.png

Akhirnya, saya ikut mencari tahu arti nama dan dari mana kata itu berasal. Saya menemukan bahwa kata 'erin' erat kaitannya dengan Irlandia. Atau dalam bahasa Celtic berarti dengan kedamaian. 

Maka sejak saat itu, saya meyakini bahwa Erin Nuzulia Istiqomah memiliki arti kedamaian yang diturunkan oleh Allah untuk teguh dan konsisten dalam kebaikan. Well, nama adalah doa. Saya pun hanya bisa mengamini dan berusaha menyelaraskan kepribadian, tingkah laku, dan segala yang berkaitan dengan diri saya sesuai dengan doa yang diharapkan ayah ibu saya. 

Dan percayalah, akhirnya saya yang memberitahukan kedua orangtua saya apa arti kata 'erin' yang selama 25 tahun mereka memberikan nama itu kepada anaknya, mereka tidak mengetahui artinya selain "terdengar bagus" kala itu. 

Answered Jun 5, 2017
Pepih Nugraha
Mengikuti perkembangan gaya hidup setelah membaca buku Jean Baudrillard

ISRvxLRMGxC8VmZnRXJj1yJ5g6fBxzVY.jpg

Nama saya Pepih Nugraha. Orang yang mengenal saya memanggil saya "Kang Pep", "Mas Pep", "Kang Pepih" atau "Mas Pepih". Jarang ada yang memanggil saya "Pak" meski saya sebenarnya sudah bapak-bapak. Uniknya di lingkungan tetangga, mereka tidak mengenal nama "Pepih", lebih banyak mengenal "Nugraha", sehingga saya biasa dipanggil "Pak Nug", "Om Nug" (biasanya ibu-ibu tetangga) atau "Pak Nugraha".

Apa makna nama saya, Pepih Nugraha, sebagaimana yang ditanyakan ini? Nama ini khas Sunda banget. Nama Pepi, Pepy atau Peppy biasa digunakan di Jawa Barat, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Menurut almarhumah Ibu, "Pep" itu dalam bahasa Inggris berarti "kegembiraan", "riang", "ceria", sehingga produsen minuman ringan pesaing Coke atau Coca-cola bernama "Pepsy".

Karena Ibu saya yang memberi nama, ya saya percaya saja. Jika melihat ijazah SD, nama yang tertera masih Encep Pepih Nugraha. Ada kata "Encep" yang di Jawa Barat lebih ke nama kecil atau nama panggilan seperti halnya Aco di Makassar. Padanan "Encep" kurang lebih sama dengan "Asep". Tetapi seingat saya dulu, Ibu memanggil saya dengan sebutan "Ayev", jadi disambungkan menjadi "Cep Ayev". Hanya almarhumah Ibu yang tahu apa makna "Ayev" yang seperti kerusia-rusiaan itu. Saya menggunakan nama samaran "Ayev Ehva" untuk menulis pada masa sebelum saya menjadi wartawan Harian Kompas.

Makna Nugraha tentu saja anugerah atau hadiah. Sebagai anak pertama, orangtua menganggap saya anugerah dari Allah. Maka, nama "Nugraha" pun tersemat. Kalau di Jawa Tengah atau Jawa Timur mungkin menjadi "Nugroho". Uniknya saat bekerja di kantor lama yang didominasi suku Jawa, pegawai administrasi berulang kali menulis nama belakang saya "Nugroho". Saya protes baik-baik dengan mengatakan nama saya "Nugraha" dan sekalian bilang tidak mungkin di Jawa Barat ada nama berakhiran dengan huruf "O", sebab kebanyakan berakhir dengan huruf "A".  

Jadi secara harafiah, nama Pepih Nugraha adalah "anugerah yang menggembirakan". Serius!

Answered Jun 5, 2017
Ikhwanul Halim
Ayah, Suami, Penyair, Penulis, Pengarang, Editor, Satiris, Humoris

YxddCkYP4rv3fpiEio5IBkFZY40_ODxM.jpg

dok. pri

 

Apalah arti sebuah nama? Dia yang kita sebut mawar,

meski berganti nama tetaplah harum semerbak.

- Romeo and Juliet, Babak II Adegan 2

 

Ikhwan berasal dari bahasa Arab yang artinya saudara laki-laki (jamak). Halim bahasa Arab yang artinya pemaaf, penyabar, baik, lembut, moderat. Al Halim adalah salah satu nama Tuhan dari 99 Asmaul Husna.

Dan karena artinya saudara laki-laki (jamak), alhasil saya menjadi sulung dari tiga laki-laki bersaudara.

Oh ya, nama panggilan saya terdiri dari dua huruf: ‘U’ dan ‘L’. Tapi saya biasa menuliskannya OEL. Artinya? Orang tua saya manusia praktis, karena kedua adik saya panggilannya ‘IL’ dan “AL’.

 

(namaku)

IKHWANUL HALIM

Answered Jun 9, 2017
Ade Rainaldo
Beswan Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung || Penulis Buku Resonansi 2017

bT4xoTsh3wDQKgQSBAq-nv1xD6FQjifL.jpg

Pertanyaan yang menarik di mana kita berbagi arti makna dari sebuah kata yang selalu disebut oleh orang lain. Yang merupakan doa nantinya jika kata tersebut memiliki makna yang baik, yakni nama. Maka, berilah kata yang terbaik pada sesuatu yang mau dikasih nama terlebih nama orang.

Ade Rainaldo, dua kata yang unik yang diberikan oleh orang tua saya. Ade merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara yang dipersiapkan sebagai anak bungsu maka diberi nama Ade. Rainaldo di mana saat itu sedang hangat-hangatnya Ronaldo sebagai pemain bola kelas dunia pada saat saya lahir. Maka lahirlah Rainaldo di mana Rai merupakan bagian dari nama orang tua saya sehingga terbentuklah nama Rainaldo.

Ade Rainaldo, anak bungsu dari 4 bersaudara yang sungguh giat untuk melakukan sesuatu dan mencoba untuk selalu berprestatif dan siap untuk menjadi lebih baik dari 3 saudaranya yang lain.

 

sumber gambar: republika.co.id

Answered Jun 11, 2017

Kata William Shakespeare " What is in a name. a rose by any other name would smell as sweet". Nek di artikan bahwa apa sih artinya nama, bunga mawar saja dengan ...... " Saya ga sepakat dengan pendapat tsb. bagaimanapun juga nama adalah do'a. Boleh to ga sepakat?

Saya yakin bahwa ketika ibu saya dan bapak saya memberikan nama pada diri saya pasti ada harapan yang baik pada saya kelak. Nah untuk itulah saya coba derivasikan nama say ke dalam visi misi hidup saya dan Core Values saya.

Rohmat Hidayatulloh Secara lughowi bersal dari 3 kata : Rohmat, Hidayah, Alloh.
Saya mencoba memaknainya secara langsung bahwa orang tua saya berharap saya bisa menjadi penebar rahmat di dunia ini dan membawa orang pada jalan menuju hidayah Alloh.
Dengan demikian saya coba temukan visi saya sesuai dengan do'a yang tak pernah saya tinggal usai saya berkomunikasi dengaNya. Fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanh waqina'adzabannaar.
visi besar tersebut saya derivasikan dalam beberapa misi :
1. Menebarkan rahmat dengan senantiasa berbuat baik kepada sesama 
2. Menjadi jalan hidayah atau petunjuk untuk kebaikan
3. Menjadi pribadi yang haus akan ilmu
4. Berusaha untuk meraih kemulyaan hidup dan berjuang untuk mendapatkan akhir yang baik (husnul khatimah)

Dalam nama saya ada core values yang relevan dengan visi dan misi :
R : Raih Ridha ilahi
Senantiasa berusaha untuk memurunikan niat dalam segala aktivitas untuk mendapatkan ridho Alloh SWT
A : Akhlak terpuji
Senantiasa bermu'amalah dan berinteraksi dengan sesama berbasis pada Akhlaqulkarimah dan menghindarkan diri pada akhlak tercela (madmumah)
H : Hidup sebagai pribadi yang mulia
Sebagai insan yang berusaha keras untuk mencapai kemulyaan diri sendiri, keluarga dan agama dengan cara bersungguh-sungguh 
M : Mati Syahid
Sebagai insan yang ketika melaksanakan kerjanya dengan sungguh-sungguh sehingga senantiasa berharap dianugrahi Alloh predikat sebagai "saksi/syahid" di jalanNya.
A : Amalkan Syariat 
Sebagai insan yang selalu belajar, beramal dan beristiqomah denga syariat Islam. mencari kebenaran, bukan pembenaran dan berusaha konsisten.
T : Tsabat dan Istiqomah 
Sebagai insan yang konsisten dengan idealisme 

 

Answered Jun 13, 2017
Rina Karlina
Mahasiswi Program Studi S1 Akuntansi Universitas Bakrie.

-iymGuNbGyGnGDm5XC3_ia60oWfMYveQ.jpg

Saya tidak tahu jelas apa arti dari nama saya. Tetapi bagi saya, nama adalah anugerah terindah dari orang tua yang harus kita syukuri. Kenapa harus disyukuri? Ya iya dong, bersyukur punya nama. Coba bayangin kalau tidak punya nama mau dipanggil apa? Hehehe...

ilustrasi via melindahospital.com

Answered Jul 9, 2017

Sebagai pemilik nama yang panjang, yakni :

Himas Muhammady Imammullah El Hakim,

Saya tentu bertanya - tanya, apa arti kekata yang merepotkan saya ketika menulis nama kala Unas.

Dan ternyata jawabannya mencengangkan!

Himas : Gabungan dari Bismillahirrohmanirrohim Assalamu'alaykum, karena saya anak pertama.

Muhammady : Dinisbatkan pada pengikut Muhammad disamping trah keluarga saya Muhammadiyah

Imammullah : Terinspirasi dari Ayatullaah, maknanya Pemimpin dari Allaah

El Hakim : Terinspirasi dari nama orang Mesir dan kebetulan ketika saya lahir ayah saya disumpah menjadi Advokat\

Dan masih ada hal lain yakni jika digabung nama saya H.M.I alias dikenal di Indonesia adalah Himpunan Mahasiswa Islam, salah satu organisasi mahasiswa tertua dan disegani. Mengapa ada gabungan ini? karena dahulu ayah saya anak HmI.

Nama yang unik namun disyukuri saja sebagai doa dan visi dari keluarga untuk saya.

Answered Aug 23, 2017

Nama saya Yogi Syapa'at Permana apa ya artinya

Answered Jan 8, 2018
Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Arti dari nama saya cenderung lucu, bilaman amendengar kisah dibalik pemilihannya. Nama saaya adalah Hilmy Maulana Rachmawan. 

Hilmy, berasal dari bahasa arab "haliim" yang dapat berarti lembut, atau halus. namun,percayakah bila sebenarnya nama ini berasal dari nama seorang tukang pos yang dahulu seringkali menjadi langganan orangtuaku untuk berkirim surat.Utamanya ibuku, yang sering berkirim surat pada ayah. Sehingga, untuk mengenang dan mengabadikan jasanya, nama saya menggunakan nama yang sama yaitu Hilmy. percayakah? bisa percaya ataupun tidak, tidak masalah. 

Maulana, merupakan singkatan dari MAULid nAbi yaa habibaNAa, atau maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. dahulu, aku dilahrikan orangtua kala bertepatan dengan maulid nabi

Rachmawan, sedikit mengambil nama dari ayah, yaitu Irawan, maka disiapkanlah nama itu. sempat ada dugaan bahwa jenis kelamin saya kala dalam kandungan adalah perempuan, sehingga nama Rachma disiapkan oleh orangtua. Namun, karena seorang laki-laki yang lahir, maka kedua nama tersebut digabug, menjadi Rachmawan.

Nama adalah doa sekaligus harapan, yah, keduanya kuharap bisa kuwujudkan.

Answered Jan 22, 2018

Yusuf ronaldo al hakim

Answered May 21, 2018
Anonymous

Nazril putra romadhon

Answered May 26, 2018
Rosiana
Pembelajar yang meminati banyak hal

Rosiana sebetulnya nama yang biasa saja. Pemaknaan sebuah nama tentu erat hubungannya dengan harapan pemberi nama.

Jadi setiap orang yang memiliki nama Rosiana bisa jadi memiliki makna yang berbeda. Kalau saya pribadi sih setelah tanya orang tua apa sesungguhnya dari nama yang amat sangat biasa ini... ternyata ada filosofis yang luar biasa.

Answered Jul 21, 2018

sapna

Answered Nov 15, 2018

Question Overview


and 5 more
23 Followers
5101 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?

Pentingkah orangtua memberikan nama yang baik kepada anaknya? Mengapa?

Bagaimana asal-usul di balik nama daerah Kampung Cerewet?

Mengapa nama Asep, Agus dan Bambang sering kita jumpai di Indonesia?

Bagaimana rasanya memiliki nama 'Agus'? Apa kisah di balik nama itu?

Bagaimana rasanya memiliki nama 'Asep'? Apa kisah di balik nama itu?

Mengapa ada nama 'Arif' dan 'Arief'? Apa yang membedakan keduanya selain ada tambahan huruf 'e'?

Apa pengalaman paling unik Anda dikira berjenis kelamin sebaliknya karena masalah nama?

Bagaimana rasanya memiliki nama 'Joko'? Apa kisah di balik nama itu?

Apa arti nama Anda? Apa sejarah di baliknya?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?