selasar-loader

Bagaimana cara menyudahi depresi berkepanjangan?

Last Updated Apr 8, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes
Citra Fitri
Psikiater, staf pengajar, penggiat NU

Hasil gambar untuk depresi

Suumber gambar via https://silahkanshare.com/ (SUM)

Mengatasi depresi berkepanjangan mungkin dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Menghindari pemicu terjadinya depresi
  2. Meminta bantuan profesional dan mengikuti anjuranan  (saran terapi atau bentuk lain)
  3. Membuat diary jika ada minat dan membaca kembali
  4. Berusaha tidak sendirian
  5. Berdoa

Semoga membantu.

Answered Apr 10, 2017
Wahada Nadya
F.Psikologi UGM | masih belajar dan terus belajar | batubatako.wordpress.com

kebKwFwEk5x18Nhl4hHCrp5JNM8sCxFD.jpg

Ketika seseorang sudah mengetahui dirinya depresi dan ingin menyudahi depresi berkepanjangannya hal itu merupakan suatu langkah besar yang baik! Hal ini dikarenakan untuk 'sembuh' dari hal seperti depresi memang diperlukan keyakinan dan keinginan atau bisa kita sebut motivasi internal dari seseorang itu sendiri untuk 'sembuh'.

Hal yang bisa dilakukan adalah, berhenti menyendiri. Beradalah di lingkungan yang positif, dan berbicaralah. Berbicaralah mengenai harimu, mengenai kisahmu, dan temukan seseorang yang tepat untuk mu bercerita. Jangan memendam masalah sendirian. Jikalau kamu tidak bisa menemui seseorang yang bisa kamu ajak bercerita, talk to stranger juga terkadang menyenangkan! Tentu saja kau harus memiliki kewaspadaan juga sebelumnya. Selanjutnya, berfikiran positiflah, rasional bahwa ingat kita adalah manusia yang berbeda, individual difference. Masing-masing manusia memiliki kelebihan dan kekurangan bergitu juga dengan mu. Self acceptance. 

Jika memang terasa terlalu berat, kau bisa menemui psikolog terdekat. Sesungguhnya sehat jiwa adalah hak semuanya, termasuk dirimu. Sesuai dengan tema WHO tahun ini, depression : lets talk!

 

sumber gambar : kompas.com

Answered Apr 21, 2017
Hari Nugroho
Pernah mengalami gejala depresi

Image result for how to treat depression

Depresi merupakan salah satu gangguan yang dialami oleh banyak orang. Terkadang kondisi ini disepelekan, orang yang mengalami depresi dianggap "manja" tidak tabah dalam menghadapi suatu kondisi stressor, padahal tidak demikian, depresi dapat dialami oleh setiap orang, dan disebabkan oleh faktor yang multifaktorial, baik kondisi organo biologi maupun kondisi tekanan psikososial. Jadi tidak semata-mata karena faktor yang banyak orang sebut sebagai manja.

Orang dengan kondisi depresi dapat merasa sangat putus asa, dan seolah tidak ada jalan keluar, hal ini dapat membahayakan ketika muncul ide-ide tentang kematian, apalagi jika sudah mengkristal menjadi ancaman bahkan percobaan bunuh diri, hal ini termasuk kondisi gawat darurat psikiatri yang membutuhkan penanganan segera.

Untuk mengatasi depresi, ada hal-hal yang dapat dilakukan. Intervensi kepada orang yang mengalami depresi dapat berupa intervensi farmakologis berupa obat-obatan anti depresan, maupun psikoterapi atau talk therapy. Pemberian intervensi farmakologis tentu saja harus dilakukan oleh profesional kesehatan, dalam hal ini dokter, lebih khusus lagi adalah psikiater. Jangan menggunakan obat-obat psikoaktif tanpa resep dokter, penggunaan yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah baru, misalnya pada orang yang menggunakan obat anti cemas seperti alprazolam tanpa petunjuk dokter, dapat menimbulkan adiksi atau kecanduan. 

Psikoterapi atau talk therapy juga dibutuhkan oleh orang dengan depresi, dengan efektifitas yang sama sebagaimana pemberian obat. Lagi-lagi sesi ini harus dilakukan bersama profesional yang terlatih misalnya psikiater atau psikolog klinis. Psikoterapi yang dapat dilakukan misalnya adalah Cognitive Behaviour Therapy (CBT), Interpersonal psychotherapy maupun problem-solving therapy.

Namun demikian, ada hal-hal yang dapat kita lakukan secara mandiri sebagai pelengkap terapi yang telah didapatkan dari para profesional. Ian Cook, psikiater dari pusat penelitian depresi UCLA, menyarankan untuk melakukan beberapa hal, yaitu :

1. Lakukan rutinitas. 

   Ian Cook mengatakan bahwa depresi akan membuat orang tidak menjalani struktur hidup yang dijalaninya. Untuk memperbaiki struktur tersebut, dapat dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari.

2. Tetapkan suatu tujuan

    Orang yang mengalami depresi akan merasa tidak berdaya, tidak mampu menggapai sesuatu, untuk bisa mengatasi tersebut, disarankan untuk menetapkan satu tujuan yang "memaksa" orang untuk menggapai tujuan tersebut. Tentu saja tujuan yang ditetapkan harus realistis, dimulai dengan hal-hal kecil yang mudah dicapai, baru kemudian tantangannya meningkat seiring dengan perbaikan suasana perasaan.

3. Olahraga

Olahraga akan membantu pelepasan endorfin di dalam otak yang akan sangat bermanfaat untuk membangkitkan rasa senang sehingga dapat mengurangi rasa depresi. Tak perlu dengan olahraga yang berat-berat, cukup jalan kaki sekitar 30 menit beberapa kali tiap minggu akan sangat bermanfaat.

4. Makan makanan bergizi

Makanan yang banyak mengandung omega-3 seperti salmon dan tuna, serta banyak mengandung asam folat seperti bayam dan alpukat, dapat membantu untuk mengurangi depresi.

5. Cukup tidur

Usahakan untuk cukup tidur, mulailah dengan memperbaiki sleep hygine, jangan menggunakan gadget menjelang tidur, usahakan tidur dan bangun di jam yang sama

6. Lawan pikiran-pikiran negatif

Pikiran-pikiran negatif harus dilawan, jangan terpaku pada pikiran-pikiran tersebut, ubah cara berpikir anda, lihatlah dari sudut pandang yang lain yang lebih positif.

 

Semoga teman-teman yang mengalami depresi dapat segera sembuh dan kembali beraktifitas seperti biasanya.

 

(ket. gambar : psychcentral.com)

Answered Apr 25, 2017
narsini 793
Menulis adalah ekspresi jiwa, pikiran, hati untuk keadaan dan kejadian sekitar.

Pada umumnya, untuk menyudahi depresi adalah dengan menenangkan diri, berikut tiga cara yang bisa kamu lakukan agar tidak terjebak dalam despresi berkepanjangan.

gf7-E0tkrukJiBak0Mc657XqKeN9wEO-.jpg

Mendengarkan Lagu
Cobalah untuk mendengarkan lagu, hal ini dapat membantumu memusatkan pikiran dan berkonsentrasi pada semua hal di luar masalah-masalah yang membuatmu depresi.

Pilih album yang paling kamu sukai, lalu fokuskan pikiran pada lagu dalam album terebut. Pastikan ketika melakukan hal ini tidak ada suatu hal yang mengganggumu menikmati aktivitas ini. Dan lebih disarankan untuk mendengarkan lagu yang bertemakan semangat bukan dengerin musik online indonesia yang kebanyakan lagu-lagu galau.

Gunakan Kertas dan Pena

Cobalah untuk menuliskan atau menggambarkan apa yang sedang kamu pikirkan di atas kertas. Mengekspresikan emosi kita lewat kertas dan pena akan membantu kita mengurangi perasaan-perasaan yang menggangu diri kita.

Mungkin kamu bisa dengan cara corat-coret gambar atau menuliskan sesuatu di atas kertas. Atau kamu bisa menuliskan kata kata bijak inspiratif untuk menyemangati hari-harimu dari kegalauan dan depresi.

 

Ilustrasi via x-phones.com

Answered Jul 20, 2017

Question Overview


8 Followers
1108 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Bagaimana cara berdamai dengan masa lalu yang kelam dan penuh trauma?

Apakah kebiasaan nonton film porno dapat disembuhkan? Bagaimana caranya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit susah tidur (Insomnia)?

Bagaimana cara mengobati gangguan jiwa karena depresi atau stres berat?

Apakah Hipnoterapi itu berbahaya? Bagaimana proses hipnosis dilakukan untuk terapi/pengobatan?

Mengapa ada orang berpikir bunuh diri?

Bisakah hipnoterapi mengungkap rahasia seseorang?

Apa ciri-ciri orang mengidap manic depressive?

Apa ciri-ciri anak down syndrome?

Apa perbedaan gaya berpikir kuno/lama dan baru dalam perspektif dunia kerja?

Apakah penderita schizofrenia bisa menjadi orang yang produktif dan hidup normal bersama orang kebanyakan?

Apa yang membuat Anda kecanduan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram?

Apa pentingnya kehadiran dokter jiwa untuk masa sekarang ini?

Benarkah hati yang mengontrol perasaan itu ada? Jika ada, di manakah sebenarnya letak hati yang berbicara tentang perasaan manusia itu?

Apakah mereka yang memiliki orientasi seksual seperti lesbian, homoseksual, dan teman-temannya itu adalah orang-orang yang sehat jiwa atau sakit jiwa?

Bagaimana ciri-ciri orang yang mengidap megalomania?

Apa yang menyebabkan beberapa orang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri?

Apa hubungan kuat antara stres dan penggunaan media sosial?

Apakah laki laki tidak boleh menangis?