selasar-loader

Menurutmu apakah balap motor dan mobil termasuk olah raga?

Last Updated Apr 8, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes

4e18Ds_LD0l0sLawYP4ZkosSecazzrfr.jpg

Sangat tepat kalau balap motor dan mobil termasuk dalam kategori olahraga karena balap motor & mobil itu butuh kondisi fisik yang prima dan juga otak yang sehat.

Mengapa butuh fisik dan otak yang sehat?

Karena balap motor dan mobil itu menuntut Anda untuk melaju dalam kecepatan tinggi, lebih dari 100 km/h, dan fokus yang sangat tinggi.

Kalau seseorang yang mengendarai sepeda motor dan mobil merasa takut dan tidak kuat melaju di kecepatan >100km/h, maka orang tersebut termasuk kategori tidak siap kondisi fisik (termasuk orang yang sakit) dan juga kalau orang tersebut tidak fokus dalam balapan, maka dia bisa celaka, apalagi kendaraan balap itu jenis transmisinya manual (ada koplingnya).

Mengendarai kendaraan transmisi manual itu butuh konsentrasi yang tinggi. Belum lagi ketika mengendarai kendaraan darat dalam kecepatan yang tinggi, jantung terpacu sangat cepat bahkan bisa melebihi rata-rata detak jantuk orang normal. Rata-rata detak jantung ketika balapan itu 200 detak/menit, sementara rata-rata detak jantung orang usia 20 tahunan itu sekitar 100 detak/menit dan detak jantung usia 20 tahunan maksimal 170-200 detak/menit. (Itulah sebabnya mengapa hanya orang usia 20 tahunan yang boleh ikut balapan).

Lalu, seorang pembalap juga harus menahan beban yang berat selama balapan. Beban itu adalah angin. Ketika sedang balapan, angin banyak menjadi turbulensi. Turbulensi ini bisa menyebabkan sebuah benda yang dilewatinya memiliki beban yang makin berat, sementara seorang pembalap pasti melawan arus angin turbulensi dan sekaligus menambah beban yang ditanggung pembalap.

Tidak semua orang bisa balapan, bahkan seorang atlet sepak bola seperti CR7 yang larinya cepat pun belum tentu bisa bertahan lama merasakan GANASNYA BALAPAN sampai garis finish.

Terima kasih.

 

Ilustrasi via godisageek.com

Answered Jul 16, 2017
Baedhowi Pasha
Saya maba uin syarif hidayatullah jakarta fakultas sryariah dan hukum jurusan HK

Ya, karena balap mobil dan motor pun dapat melatih kekuatan otot kita.

Answered Aug 14, 2017
Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan

Ajang balap motor dan mobil sudah dianggap sebagai olahraga oleh masyarakat luas. Tentunya hal tersebut memicu kontroversi karena, kebanyakan orang pasti berpikir, bagaimana bisa acara adu balap motor dan mobil dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga.

Dalam Bahasa Perancis kuno, olahraga itu sendiri memiliki definisi “untuk bermain”. Bisa juga diartikan sebagai “untuk menyenangkan diri”. Jadi bisa dibilang moto GP ataupun Formula 1 adalah jenis olahraga karena, unsur dalam ajang ini adalah sejenis permainan dan tentunya menyenangkan orang yang ikut ambil bagian.

yrIg0Bv8j1myPm2YNSrCHwTScOSQc0fJ.jpg

Baiklah, intinya dari olahraga itu sendiri adalah proses bermainnya, bukan olahraga yang berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Ahahaha, mungkin alasan tersebut belum bisa membuka pikiran anda yang beranggapan balap motor dan mobil bukan masuk ke kategori olahraga.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya kita menelisik dari sudut pandang pengemudinya yang nanti disebut juga sebagai atlet.

Apakah Pembalap Bisa Disebut Atlet?

Mungkin penjelasan ini bisa membuat ajang balapan juga termasuk kategori olahraga. Seorang pembalap jelas membutuhkan stamina, fisik, juga mental yang kuat. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Bersinggungan dengan hal tersebut, sudah layak jika Formula 1 dan Moto GP kita sebut sebagai salah satu cabang olahraga. Latihan dan kerja keras serta persiapan khusus lainnya jelas dibutuhkan seorang pembalap untuk mengarungi arena balapan.

Ada kesalahan sedikit saja, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, seperti kecelakaan, atau mungkin juga gagal finish karena terjatuh, dan sebagainya. Semua atlet berlatih dengan porsi yang diatas normal, di mana mereka sudah terbiasa mencoba untuk mengerahkan seluruh kemampuan tubuh mereka masing-masing. Itu baru secara fisik, secara mental pembalap juga akan terkuras karena kelelahan, stres, ataupun tekanan dari luar.

C7uuZrWMxif9vFW7xi8ZY2B1Lyn_Q6f2.jpg

Seorang pembalap profesional bisa dikatakan memiliki kualitas kebugaran tubuh yang jauh lebih baik dibanding dengan pesepakbola. Walaupun hal tersebut tidak bisa dibuktikan 100 persen secara ilmiah, tetapi apabila acuannya adalah fisik dan mental, kondisi sang pembalap akan terlihat lebih bugar jika dibanding dengan pesepakbola. Kok bisa?

Begini hitungan matematisnya. Para pembalap dalam mengikuti sebuah kejuaraan resmi, rata-rata menghabiskan 1.500 kalori. Bandingkan dengan pesepakbola yang hanya  menghabiskan sekitar 750 kalori untuk 1 pertandingan.

Otomatis jika dihitung secara kasar, butuh 2 pertandingan bagi seorang pesepakbola untuk menghabiskan jumlah kalori yang sama dengan pembalap yang mengikuti 1 kejuaraan.

Tidak perlu diperdebatkan lagi, biar bagaimanapun balapan juga merupakan bagian dari olahraga yang resmi. Intinya bukan dari mesin otomotifnya, tetapi lebih pada kesiapan fisik si pembalap itu sendiri. Karena balapan yang sesungguhnya membutuhkan kekuatan fisik yang super prima.

Selain itu, strategi dan konsentrasi juga menjadi bagian dari hal-hal yang diusahakan pembalap motor dan mobil dalam kejuaraan.

Untuk lebih mengenal balap motor, berikut saya tampilkan beberapa jenis kejuaraan balap motor di bawah naungan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM):

1. Road Racing atau balap jalanan 

Ini adalah bentuk murni atau asal mulanya adalah balapan yang dilombakan di jalan umum, seperti lintasan Isle of Man TT (Tourist Trophy), Grand Prix Macau, dan beberapa lintasan di Ireland. Karena disebabkan oleh bahaya yang tak terlepaskan dari jalan raya seperti jalur sempit, trotoar jalan, dan tembok-tembok, umumnya balap jalanan sekarang dipindahkan ke lintasan-lintasan yang dibangun khusus.

2. Circuit Racing atau balap sirkuit

Jenis ini adalah perlombaan motor-motor balap yang dirancang khusus atau motor-motor produksi massal yang dimodifikasi bersaing satu dengan lainnya di sirkuit yang juga dirancang khusus. MotoGP adalah contoh dari balapan kelas puncak yang melombakan motor yang dirancang khusus untuk balap dan tidak dijual bebas, sementara World Superbike adalah contoh balap yang melombakan motor produksi massal dan dijual bebas namun dengan modifikasi sesuai ketentuan.

3. Classic Racing Balap klasik 

Perlombaan ini adalah para peserta membalap dengan menggunakan motor yang telah dimodifikasi secara besar-besaran dari era awal – biasanya motor-motor sebelum pertengahan tahun 70-an. Motocross dan sepupunya supercross di lombakan di lintasan berlumpur, biasanya menampilkan motor yang melompat melewati jarak yang jauh.

4. Supermoto 

Jenis ini adalah gabungan antara balap jalanan dan motokross. Motor yang digunakan umumnya adalah jenis motor motokross dengan ban motor balap jalanan. Lintasan yang digunakan untuk perlombaan juga campuran antara jalanan dan lintasan berlumpur atau tanah.

5. Speedway dan speedway es 

Ini adalah balapan yang diadakan di sirkuit berbentuk lonjong (oval) di mana para pembalap berlomba dengan gaya khas speedway yaitu mengepotkan (membelok dengan menggeser roda belakang) motor untuk memudahkan melewati sirkuit yang hanya berbentuk oval tersebut. 

6. Enduro

Balapan ini di lombakan dalam jangka waktu yang panjang, dan dengan lintasan alam, bahkan melewati daerah terpencil. Reli Paris-Dakkar dan Six Day Endurance adalah contohnya. Balap motor enduro atau Reli jenis lain yang berbasis pada pengumpulan poin yang di raih pembalap dan tidak terfokus mutlak pada waktu tempuh keseluruhan peserta. Reli-reli di lombakan dalam waktu beberapa hari dan ribuan mil, dengan poin-poin bonus yang diberikan jika berhasil sampai di tujuan dan tempat yang di perintahkan. The Iron Butt Association adalah badan yang sering menyelenggarakan reli-reli semacam itu.

7. Trial Motor

Adalah jenis perlombaan yang peserta mengendarai motor yang dibentuk khusus dengan berat yang ringan dan dengan suspensi yang fleksibel. Peserta harus menaklukkan beragam rintangan buatan seperti kotak, ban, tong yang bertumpuk dan rintangan-rintangan lain. Lomba juga dilakukan di rintangan alam berupa batu-batuan. Peserta di haruskan melewati...(more)

Answered Apr 11, 2018

Question Overview


4 Followers
2772 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Siapa yang bakal keluar sebagai juara catur dunia yang saat ini sedang berhadapan antara Magnus Carlsen melawan Sergey Karjakin?

Apakah berolahraga memiliki pengaruh secara langsung terhadap perkembangan mental?

Apakah kerugian dari memiliki tubuh berotot?

Bagaimana cara Anda menyiasati kemalasan berolahraga pada pagi hari?

Apa tujuan terbesar Anda ketika berolahraga?

Bagaimana budaya populer diterapkan dalam dunia olahraga?

Siapa atlet Indonesia yang paling fenomenal?

Mengapa olahraga Indonesia mengalami kemunduran drastis sejak 2000an?

Apa yang membuat sepak bola Indonesia tidak berkembang?

Kenapa beberapa klub sepak bola mandiri/profitable, sementara sebagian klub sepak bola lainnya mengandalkan dana APBN?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif untuk memastikan kondisi kendaraan selalu prima?

Apa tips terbaik untuk membuat mobil/kendaraan yang kita miliki tampak selalu kinclong (bersih mengkilap)?

Bagaimana sistem pembayaran driver Gojek? Apakah mereka menerima semua atau ada sistem komisi dengan perusahaan Gojek?

Mengapa banyak orang Indonesia yang memakai sepeda motor namun tidak menuruti aturan seperti tidak memakai helm, tidak menyalakan lampu, dsb?

Apakah kamu tahu fungsi dan kegunaan Yellow box yang ada di lampu merah?

Mengapa masih banyak orang tua yang memberikan kendaraan motor beroda dua kepada anak-anaknya yang belum cukup umur?

Kenapa mayoritas orang Indonesia lebih memilih membeli motor dengan brand Yamaha dan Honda, dibandingkan dengan brand motor yang lain?

Mengapa Orang Indonesia lebih menyukai MotoGP dibandingkan dengan F1?

Motor jenis apa yang Anda suka?

Mengapa busi bisa pecahkan kaca mobil?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan membeli mobil baru dan mengapa hal itu penting?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan membeli mobil bekas (seken) mengapa hal itu penting?

Apa pengalaman menarikmu saat pertama kali belajar mengendarai mobil?

Apa saja perbedaan-perbedaan antara mobil buatan Amerika dan mobil buatan Jepang?

Mengapa Rolls-Royce sering menggunakan istilah hantu untuk mobil-mobilnya?

Mengapa produksi mobil Ferrari tidak sebanding dengan Toyota?

Apa kelebihan mobil-mobil pabrikan Daihatsu?

Apa tips membeli mobil bekas?

Bagaimana cara membeli mobil bekas berkualitas?

Mengapa Toyota menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia, apa rahasianya dan bagaimana caranya ia bertumbuh?

Mengapa Honda menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia, apa rahasianya dan bagaimana caranya ia bertumbuh?

Mengapa Mercedes-Benz menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia, apa rahasianya dan bagaimana caranya ia bertumbuh?

Mengapa Volvo menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia, apa rahasianya dan bagaimana caranya ia bertumbuh?

Mengapa Rolls-Royce menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia? Apa rahasianya dan bagaimana cara ia bertumbuh?

Mengapa Hyundai menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia, apa rahasianya dan bagaimana caranya ia bertumbuh?

Mengapa Mazda menjadi perusahaan otomotif raksasa dunia, apa rahasianya dan bagaimana caranya ia bertumbuh?